Rabu, 14 Mei 2014

Mari Persiapkan Pensiun Sejak Muda

                 Pensiun adalah kata yang bagi sebagian orang menakutkan karena yang ada dibayangannya ada;ah kondisi dimana tidak bekerja lagi dan meraskan kehilangan rutinitas. Di sisi lain ada yang menyenangkan saat membayangkan menikmati masa tua yang bahagia bersama keluarga termasuk anak dan cucu.

                Bagi seorang yang masih muda (termasuk saya masih berumur 20 tahun) rasanya pensiun masih jauh sekali. Umur pensiun dimulai di usia 55 tahun sampai 85 (umur harapan hidup Indonesia), masih 35 tahun bagi saya untuk menghadapi masa pensiun.Rasanya tidak perlu dipikirkan dari sekarang ya? Namun ternyata tidak, kita perlu mempersiapkannya karena biaya hidup kita di masa pensiun sangat besar. Ternyata pensiun itu bukan titik tapi periode dengan perkiraan selama 30 tahun.

               Dalam kurun waktu 30 tahun kita tetap perlu hidup dan membutuhkan dana yang tidak sedikit. Saya mencoba menghitung jika biaya hidup saya saat ini 2 juta per bulan berapa biaya hidup saya di 35 tahun yang akan datang dari salah satu website di saya cari lewat google dan hasilnya Rp 56.204.873,70 dan dana yang perlu disiapkan agar saya dapat pensiun sebesar Rp 15.206.145.197,73.






Sekalipun masa pensiun masih sangat jauh namun ternyata dana yang perlu disiapkan untuk masa pensiun cukup besar ya? Jika kita tidak memiliki dana sebesar itu maka kita tidak bisa pensiun dan perlu tetap bekerja untuk hidup. Sudah di usia yang cukup tua kita harus tetap bekerja, tentu bukan hal yang diinginkan ya? Selagi masih muda mari kita bersama-sama mempersiapkan dana yang cukup besar untuk memasuki masa pensiun yang tenang karena sudah punya dana yang cukup Lalu bagaimana kita mempersiapakan dana sebesar itu? Dan caranya adalah ………. (mempersiapkan dana pensiun dengan BNI Simponi salah satunya)  http://bit.ly/BNI_Simponi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar