Senin, 04 Mei 2015

Kapan Bank Mengenakan Biaya Administrasi Rekening?

Memiliki rekening bank dengan berbagai tujuan untuk penerimaan gaji, menabung, investasi dan lainnya. Dengan memiliki rekening kita dapat menggunakan layanan dan fasilitas perbankan seperti membayar belanjaan, menarik tunai uang di ATM, keamanan penyimpanan uang di bank, lebih mudah dalam bertranskasi seperti transfer, bayar tagihan dan isi pulsa. Fasilitas perbankan berupa ATM, Internet Banking dan Mobile banking yang disediakan oleh bank tentu membutuhkan biaya operasional.

Salah satu sumber pendapatan untuk fasilitas perbankan yang kita bisa nikmati bersama adalah lewat biaya administrasi perbankan. Bank dalam mengenakan biaya adminitrasi rekening di rekening nasabah berdasarakn jenis rekening dan limit transkasi kartu dan besarannya sudah diketahui.


Namun belum banyak nasabah tahu kapan tanggal bank mengenakan biaya adminitrasi rekening, sehingga ada nasbah yang merasa tiba-tiba saldonya berkurang tanpa melakukan transaksi apapun. Kita perlu tahu kapan bank mengenakan biaya administrasi. Pada beberapa bank biaya adminitasi rekening dan biaya kartu ATM terpisah. Untuk biaya administrasi rekening dan ATM juga ada yang mengenakan di tanggal yang sama dan berbeda. Sebagai contoh:

-Bank Central Asia (BCA), pada rekening Tahapan BCA mengenakan biaya adminitrasi sesuai jenis kartu ATM Silver sebesar Rp 15.000, kartu Gold sebesar Rp 17.000 dan untuk kartu ATM Platinum Rp 20.000. Pengenaan biaya adminitrasi rekening dilakukan setiap hari Jumat minggu ketiga setiap bulan.

-Bank Rakyat Indonesia (BRI) mengenakan biaya administasi rekening dan kartu ATM secara terpisah di tanggal yang sama. Jenis tabungan Simpedes dikenakan biaya adminitasi rekening Rp 5.500 dan biaya kartu private label BRI sebesar Rp 500 dan kartu berlogo Master Card sebesar Rp 1.000.

Untuk tabungan Britama dikenakan biaya administasi rekening Rp 11.000 (jika saldo kurang dari 10 juta) dan Rp12.000 (jika saldo lebih dari 10 juta) dan kartu kartu ATM berlogo Master Card Classic sebesar Rp 2.000 dan Gold sebesar Rp 6.500. Pengenaan biaya administrasi rekening dan biaya kartu ATM dilakukan setiap tanggal 16 setiap bulan.

Untuk tabungan Britama Muda atau Britamax dikenakan administrasi rekening sebesar Rp 4.000 dan biaya kartu ATM berlogo Master Card sebesar Rp 1.000

-Bank Mandiri mengenakan biaya administasi rekening dan kartu ATM secara terpisah di tanggal berbeda. Jenis tabungan Mandiri Regular dikenakan biaya adminitrasi rekening sebesar Rp 12.500 setiap akhir bulan. Memang ada kenaikan sebesar Rp 1.000 dari sebelumnya Rp 11.000.

Biaya kartu ATM beragam untuk Silver Rp2.500, Gold Rp 5.500 dan Platinum Rp8.500 dikenakan pada setiap bulannya di tanggal saat pertama kali menggunakan kartu ATM. Misalkan pada saat pembukaan rekening tanggal 6 dan langsung menerima kartu ATM instan (tanpa nama) maka setiap tanggal 6 setiap bulannya akan dinakan biaya kartu ATM.

-Bank Negara Indonesia (BNI) mengenakan biaya administrasi rekening dan kartu ATM secara terpisah di tanggal yang sama. Jenis rekening Taplus BNI dikenakan biaya administrasi rekening Rp11.000 dan untuk biaya kartu ATM Silver Rp 2.000, Gold Rp 7.500 dan Platinum Rp 10.000. Biaya administasi rekening dan kartu ATM dikenakan setiap akhir bulan.

Setelah tahu besaran biaya administrasi rekening  tentu akan sebanding dengan fasilitas perbankan yang diberikan bank. Seperti tersedianya banyak ATM, layanan mobile banking, dan layanan internet banking yang memberikan kemudahan transaksi.


5 komentar: