Langsung ke konten utama

Kisahku dengan 4G LTE Smartfren

Dari berbagai operator yang memiliki layanan 4G LTE, saya sampai ini masih memilih menggunakan Smartfren. Atas pertimbangan harga dan kualitas, saya tahu ada operator lain yang punya layanan 4G, namun belum semua komesial. Akan jadi tidak bijak jika saya membandingkan harga terhadap layanan 4G LTE yang masih trial dan sudah komersial.

Saat ini setahu saya baru dua operator, yang memberikan layanan 4G LTE komersial. Namun saat ini saya sebagai pengguna Smartfren, akan berbagi pengalaman satu bulan menggunakan layanan 4G LTE Smartfren. Saat itu Smartfren baru meluncurkan Andromax dengan perangkat smartphone dan Mifi. 

HP 4G LTE dari Smartfren

Harga HP dengan layanan 4G LTE yang saat ini beredar, harganya sebagian besar masih mahal. Untuk itu Smartfren menyediakan pilihan smartphone, Andromax dengn suppoprt 4G LTE dengan harga terjangkau. Dengan lima varian: Andromax Es, Andromax Ec, Andromax Q, Andromax Qi, dan Andromax R.

Saya sendiri memilih Andromax Q untuk menikmati layanan 4G LTE Smartfren. Selain alasan 4G LTE, saya juga mempertimbangkan Andromax Q karena Cyanogen OS. Andromax Q bisa didpatkan dengan harga Rp
1.299.000.
Smartphone Andromax Q


Spesifikasi Andromax Q

Saat awal penggunaan saya diberikan bonus kuota 2GB berlaku 24 jam dan 4GB berlaku di jam 00-06. Kuota bonus berlaku selama 7 hari. Setelah kuota habis, selanjutnya saya membeli layanan paket Smartfren Plan di Aplikasi My Smartfren, yang ada di Andromax Q. Berikut ini pilihan paket yang tersedia di aplikasi My Smartfren

Tarif Standar Paket Smartplan

Keunggulan membeli paket di aplikasi My Smartfren, saya bisa menggeser jumlah kuota internet, telepon dan SMS di paket yang akan dibeli. Saya memilih paket Smarplan Gold, dengan 100 ribu saya mendapatkan kuota 9-10GB berlaku 24 jam, 10 menit telepon dan 10 SMS yang berlaku selama 30 hari (Tidak dapat diakumulasikan ke bulan berikutnya).

Paket Smartplan Standar

Paket Smartplan setelah Slider Digeser

Untuk kecepatan dan user experience lebih lengkap :

Mau Nonton Periscope Lancar? Ini Smartphone, yang Cocok Untukmu 



Launching Komersial Layanan 4G LTE

Pada 19 Agustus 2015 akhirnya Smartfren melaunching 4G LTE, dengan layanan 4G LTE Advance. Saat peluncuran dijelaskan bahwa Smartfren adalah operator pertama di dunia yang menggunakan LTE TDD dan FDD. Sehingga dapat memberikan layanan 4G LTE yang lebih baik pada pelanggan.


Lauching Komersial 4G LTE Smartfren

Dalam rangka laucnhing 4G LTE Advance Smartfren, Smartfren juga memberikan tarif promo sampai 31 Oktober 2015. Promo dapat kuota dua kali dengan, minimal pembelian paket Smartplan dengan harga 60 ribu. Dengan 60 ribu pada waktu normal kita akan mendapatkan 2 GB, namun  maka kita akan mendapatkan kuota 4GB.

Smartfren juga memberikan perubahan paket dengan nama 4G LTE Limitless. Setelah kuota sudah habis, maka tetap bisa berinternetan dengan kecepatan yang disesuaikan.

Artikel Terkait: Nuansa Indonesia Mewarnai, Launching 4G LTE Smartfren


Mifi Andromax 4G LTE dari Smartfren

Selain smartphone dengan dukungan 4G LTE, Smartfren juga memiliki Mifi (Mobile Wifi). Smartfren memiliki beberapa varian dan pilihan Mifi. Mifi hadir menjadi solusi bagi :
- Masyarakat yang ingin menikmati layanan 4G LTE dengan harga yang terjangkau
- Masyarakat yang sudah memiliki HP 3G dengan harga yang mahal. Sayang jika dijual, namun ingin menikmati layanan 4G LTE Smartfren.


Mifi Andromax M2S

Sehingga apapun smartphone yang dimiliki oleh masyarakat, bisa menikmati layanan 4G LTE Smartfren dengan Mifi. Selain itu juga Mifi bisa digunakan untuk perangkat lain seperti laptop. Kemampuan Mifi Andromax M2S bisa digunakan, sampai dengan 15 perangkat yang tersambung. Mifi Andromax M2S dapat dimiliki dengan harga Rp 499.000 saja. Tersedia dalam tiga varian warna: Merah, Hitam dan Biru.Ini spesifikasi lengkap Mifi Andromax M2S.

Spesifikasi Mifi Andromax M2S

Saat awal penggunaan Mifi Andromax M2S, maka kita akan mendapatkan kuota 1,5 GB untuk 24 jam dan 3 GB untuk kuota malam (jam 00-06). Masa berlaku selama 7 hari. Bisa mencoba dahulu kecepatannya 4G LTE. Kalau sudah habis, kita bisa beli paket internet. Cukup dengan isi pulsa akan otomatis jadi kuota internet.

Kuota Connect EVO di Mifi Andromax M2S

Untuk pembelian paket selanjutnya selama 12 bulan, dengan melakukan isi ulang minimal 100 ribu. Maka kita akan mendapatkan kuota sebesar 19GB dengan detail: 5 GB Kuota Utama (24 Jam), 12 GB Kuota Malam(00-06),  dan 2GB Kuota Bonus (24 Jam). Masa berlakunya 30 hari. Detail paket EVO Smartfren:

Tarif Paket Smartfren Connet EVO

NB: Kuota Paket Utama Internet Smartfren pada EVDO dan 4G LTE tidak ada perbedaan, yang membedakan hanya kecepatan dan kuota bonus EVO pada Mifi 4G LTE Andromax.

Kesimpulan

Smartfren memberikan pilihan untuk menikmati layanan 4G LTE Advance, baik smartphone dan mifi dengan harga terjangkau. Selama saya menggunakan layanan  4G LTE Advance, saya cukup puas dengan layanan 4G LTE Advance Smartfren. Jadi, tunggu apa lagi. Mari, menikmati layanan 4G LTE Advance dari Smartfren!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Transfer Berbeda Bank, Tak Kunjung Sampai? Bisa Jadi Ini Penyebabnya

Proses transfer berbeda bank berapa lama ya? Pertanyaan yang kerap kali ditanyakan kepada saya. Terlebih bagi freelancer termasuk saya, momen menunggu pembayaran dari pemberi kerja adalah momen menegangkan. Kabar dari bagian keuangan perihal dimulai proses pembayaran, bagaikan menemukan oase di tengah padang gurun yang gersang. Namun, setelah ditunggu-tunggu seraya, memerika mutasi rekening. Kerapkali berujung pada di-PHP-in. Katanya sudah ditransfer, kok belum masuk juga ya? Jangan-jangan bagian keuangannya belum memproses. Perasaan menjadi gundah gulana dan galau, tagihan sudah "mengantri" untuk dibayarkan. Namun, apa daya saldo di rekening tabungan belum bertambah. Sampai suatu hari, saya mengujungi salah bank yang ada di Mal Kota Kasablanka. Untuk melakukan pencetakan buku tabungan. Saya masuk ke bank, satpam meminta saya mengambil nomor antrian. Saya duduk dan menunggu nomor dipanggil. Tiba saat nomor antrian saya dipanggil, saya menuju petugas teller. Saya se

Mencoba Kartu Flazz BCA JakLingko, Tarif Rp5.000 Transjakarta dalam Tiga Jam

Akhirnya tersedia juga kartu Flazz BCA edisi JakLingko. Untuk yang belum tahu, sistem JakLingko memberikan tarif penggunaan Transjakarta maksimal Rp5.000 dalam tiga jam. Selain Flazz BCA sebelumnya sudah tersedia kartu JakLingko kerjasama dengan bank lainnya. Kartu JakLingko Flazz BCA Selain dapat digunakan pada bus Transjakarta, kartu JakLingko dapat digunakan pada angkot atau mikrotrans di Jakarta. Tinggal tap in dan tap out pada alat tap.  Untuk mendapatkan kartu JakLingko Flazz BCA, saya menemukannya tersedia pada vending machine. Harga kartu Flazz BCA JakLingko sebesar Rp40ribu dengan isi saldo Rp15ribu. Pembayaran dapat dilakukan dengan scan QRIS dan uang tunai. Perjalanan saya dimulai dari Kota Tangerang menuju Jakarta menggunakan bus tujuan Poris-Bundaran Senayan. Durasi perjalanan berlangsung sekitar satu jam. Saya turun di halte Gelora Bung Karno, kemudian naik bus tujuan Kota dan turun di halte Bendungan Hilir. Perjalanan berlangsung sekitar sepuluh menit. Saat tap out dike

Apa Perbedaan Tahapan dan Tahapan Expresi?

Tahapan dan Tahapan BCA keduanya produk rekening Tabungan BCA. Namun apa saja perbedaan antara Tahapan dan Tahapan Expresi? Setelah saya mencari-cari informasi dari berbagai sumber, ini dia ternyata perbedaan rekening Tahapan dan Tahapan Expresi: 1. Setoran Awal Setoran awal Tahapan BCA minimal 500 ribu (lumayan besar ya) dan Tahapan Xpresi minimal 50 ribu ( ini lebih sesuai dengan kantong). 2. Jenis Kartu ATM yang Diberikan Kartu ATM Tahapan tersedia dalam 3 (tiga) pilihan, yaitu: Silver, Gold dan Platinum. Setiap kartu berbeda limit transaksinya. Kalau Tahapan Xpresi BCA kartu ATMnya terdiri dari berbagai pilihan multidesain dan juga bisa menggunakan foto pribadi. Kan seru nih kartu ATMnya ada foto sama teman, keluarga atau pacar (abaikan yang terakhir). Saat ini baru bisa pakai desain multidesain di cabang tertentu dan My BCA. Kalau pakai kartu ATM Tahapan Xpresi pernah mau pakai bayar di kasir supermarket dan kartunya ditolak. Katanya sih desain kartunya kok beda, setela