Langsung ke konten utama

Program Nusantara Sehat, Bukti Nyata Kerja Kementrian Kesehatan

Kementrian Kesehatan Tidak Bekerja, Benarkah?

Suatu pagi dalam perjalanan saya menuju ke Tanah Abang. Saat ada di dalam bus menghadapi kemacetan. Hal itu membuat saya memilih mendengarkan radio, sambil sesekali mengakses akun Twitter. Salah satu kemudahan saat membaca timeline Twitter, saya bisa mengetahui berbagai berita. Tanpa saya harus berkunjung ke semua situs berita.

Di dalam bus saya asyik membaca membaca berita, juga timeline postingan akun yang saya follow. Namun tiba-tiba saya terkaget, saat membaca postingan beberapa berita online. Belum selesai sampai di situ, teman-teman ikut berkomentar dengan sahut-menyahut. Berita itu tentang masker N95 yang "katanya" tidak diperbolehkan untuk digunakan oleh Bu Nila F.Moelek, selaku Menteri Kesehatan. Dari berbagai media menjelaskan pernyataan Bu Nila, yang "seolah-olah" kontroversial. Berikut ini contoh beritanya





Ditambah dengan komentar-komentar atas berita tersebut, yang memojokan Bu Nila Moelek. Seakan-akan Bu Nila Moelek "tidak ada kerjaan" memberikan pernyataan tentang masker N95. Namun saya yang di dalam bus tidak mau percaya begitu saja.

Yang saya tahu Bu Nila Moelek, dipilih pak presiden Joko Widodo untuk bekerja. Tidak bijak jika saya hanya mendapatkan informasi dari satu sisi. Saya juga ingin tahu seperti apa tanggapan Kementrian Kesehatan, atas segala berita yang beredar di berbagai media.

Tak lama akhirnya bus yang saya tumpangi sampai di Jalan Biak. Saya memasukan handphone saya ke dalam tas, lalu turun bus. Saya lanjutkan perjalanan menuju Tanah Abang dengan mobil angkot. Karena mobil angkot yang cukup lama "ngetem", akhirnya saya mengeluarklan handphone. Saya yang tadi sudah membaca di Twitter, rasanya ingin membuka akun  Facebook.

Saat saya membuka akun Facebook, tiba-tiba saya melihat ada pemberitahuan di grup Facebook "Sahabat JKN". Ada informasi akan adanya acara tentang "Nusantara Sehat". Seolah ini sebuah "jawaban" atas keingintahuan saya atas apa yang dilakukan Kementrian Kesehatan. Secepatnya saya mendaftar, saya ingin tahu program "Nusantara Sehat" seperti apa.

Ada yang Luput Diberitakan Media

Akhirnya pada hari Selasa, 13 Oktober 2015 di Artotel, Jalan Sunda. Kementrian Kesehatan menjelaskan pada saya dan peserta lainnya, program Nusantara Sehat. Program Nusantara Sehat, program dari Kementrian Kesehatan.

Diskusi Nusantara Sehat
Di mana anak-anak muda secara sukarela, diikirim ke daerah terpencil dan pedalaman, untuk memberikan edukasi tentang kesehatan pada masyarakat. Setiap tim Nusantara Sehat beranggotakan sembilan orang. Dengan satu sampai dua dokter, anggota lainnya tenaga kesehatan lain. Setiap tim akan memberikan edukasi kesehatan selama dua tahun.

Pembahasan terkait program Nusantara Sehat, memberikan saya sebuah jawaban. Di berita yang beredar di media "seolah-olah" Kementrian Kesehatan tidak bekerja. Namun ternyata itu semua salah, buktinya program Nusantara Sehat. Sepanjang saya membaca timeline di media sosial. Rasanya tak pernah ada yang berkomentar tentang Nusantara Sehat..

Program Nusantara Sehat

Seolah-olah program "Nusantara Sehat" luput dari pemberitaan media. Seolah bagi masyarakat program Nusantara Sehat, rasanya tidak keren. Lebih keren kalau membuat acara di perkotaan. Padahal edukasi kesehatan di pesolok adalah hal yang penting. Yang mungkin luput dari pemberitaan media dan perhatian masyarakat.Yang diekspos berlebihan terkait, Bu Nila Moelek "tampak" hanya memberikan pernyataan terkait makser N95 saja.

Kurangnya Publikasi, Namun...

Dalam kesempatan sesi tanya jawab dengan Kementrian Kesehatan. Saya menanyakan perihal publikasi program Nusantara Sehat. Pihak Kementrian Kesehatan  mengakui bahwa, memang program Nusantara Sehat kurang publikasi. Ternyata program Nusantara Sehat tidak ingin "heboh di awal". Setelah program Nusantara Sehat berjalan, tim Nusantara Sehat  yang akan berbagi kisah kepada masyarakat.

Program Nusantara Sehat sudah mengirmkan dua puluh tim ke daerah pelosok dan terpencil.Yang dilakukan oleh anggota tim Nusantara Sehat, rasanya tak pernah saya temukan di media. Kementrian Kesehatan bersama dengan tim Nusantara Sehat, bekerja dalam diam. Tanpa liputan dan pemberitaan di media.

Mungkin lebih menarik pemberitaan di perkotaan, dibandingkan pemberitaan di daerah pelosok Indonesia.
Bekerja dalam diam, tanpa sorotan kamera, dan tanpa heboh pemberitaan di awal. Saya akhirnya mengapresiasi pilihan Kementrian Kesehatan. Kerja, kerja dan kerja sesuai slogan pak Presiden Joko Widodo.

Yang terpenting ternyata bukanlah pemberitaan di media. Bukti nyatanya adalah program Nusantara Sehat, bukti nyata kerja dari bu Nila Moelek. Bu Nila Moelek tak bersantai-santai. Hanya memang program Nusantara Sehata kurang dipublikasikan. Sehingga timbul kesan Kementrian Kesehatan tidak bekerja.

Lebih Dekat Mengenal Program Nusantara Sehat

Lebih lanjut tentang program Nusantara Sehat, ternyata ada cerita dan kisah yang dialami moleh tim Nusantara Sehat. Bayangkan kehidupan di daerah terpencil, sulitnya akses kendaraan dan tidak adanya tempat hiburan.

 Untuk transportasi dengan speedboat yang dipinjam dari kepala daerah, selain itu juga dengan ketinting. Bayangkan betapa mahalnya biaya transportasi, belum lagi kalau kehabisan bahan bakar. Apa jadinya saat kehabisan bahan bakar, terkatung-kantung di sungai. Menjadi hal mungkin saja dialami.

Di pedalaman tidak ada mal atau pusat perbelanjaan. Bayangkan dua tahun rekan-rekan tim Nusantara Sehat, seperti apa pengorbanannya. Belum cukuyp di situ, ada hal lain yang lebih dari itu. Selama dua tahun tidak bertemu dengan orang tua dan keluarga yang dicintai. Betapa tulusnya anggota tim Nusantara Sehat, sebagai relawan untuk membantu masyarakat.

Saat ini dibuka pendaftaran lagi untuk menjadi anggota tim Nusantara Sehat. Dengan ikut berpartisipasi menjadi tim Nusanatara Sehat, menjadi bukti kecintaan kita pada Indonesia (dikutip dari pernyataan Mas Maman Suherman).

Masih belum percaya dengan program Nusantara Sehat? Mari kita lihat foto dari salah satu anggota Tim Nusantara Sehat,bernama mba Putri Indah Nirmala 

Penyuluhan Jajanan Sehat di Posyandu

Pemberian Kapsul Vitamin A kepada Masyarakat

Disttibusi Kapsul Vitamin A kepada Masyarakat
Melayani dan memberikan edukasi kesehatan, kepada masyarakat dengan setulus hati. Tentu kita juga patut memberikan apresiasi kepada anggota tim Nusantara Sehat. Contohnya mba Putri yang mengujungi  Puskesmas di daerah Long Pahangai, Kalimantan Timur.

Puskesmas di Long Pahangai, Kalimantan Timur
Kesimpulan

Jadi, pada akhirnya mari kita menilai. Pernyataan Bu Nila Moelek yang "dikutip dan dipotong" media, sehingga timbul kesan Kementrian Kesehatan ":tidak bekerja" Ataukah lebih percaya pada foto dari salah satu anggota tim Nusantara Sehat, sebagai bukti kerja dari Kementrian Kesehatan. Silahkan dinilai sendiri! Saya lebih percaya pada foto anggota Nusantara Sehat, kalau Anda bagaimana?






Komentar

  1. saya atas nama BPK. SAMSUL dari MADURA ingin mengucapkan banyak terimah kasih kepada MBAH KARYO,kalau bukan karna bantuannya munkin sekaran saya sudah terlantar dan tidak pernaah terpikirkan oleh saya kalau saya sdh bisa sesukses ini dan saya tdk menyanka klau MBAH KARYO bisa sehebat ini menembuskan semua no,,jika anda ingin seperti saya silahkan hubungi MBAH KARYO no ini 082301536999 saya yakin anda tdk akan pernah menyesal klau sudah berhubungan dgn MBAH KARYO dan jgn percaya klau ada yg menggunakan pesan ini klau bukan nama BPK. SAMSUL dan bukan nama MBAH KARYO krna itu cuma palsu.m

    BalasHapus
  2. Assalamualaikum wrb, saya mohon maaf kalau postingan saya menyinggung perasaan anda semua tapi saya lillahi ta’ala hanya mau menceritakan pengalaman pribadi saya saya berharap ada yang sama seperti saya.perkenalkan terlebih dahulu saya aini andari tinggal di Padang,dulu saya penjual kue keliling himpitan ekonomi yang membuat saya seperti ini,saya tidak menyerah dengan keadaan saya tetap usaha,pada suatu malam saya buka internet tidak sengaja saya lihat postingan seseorang yang sama seperti saya tapi sudah berhasil,dia dibantu oleh nyi rawih tampa pikir panjang saya hubungi beliau saya dikasi pencerahaan dan dikasi solusi,awalnya saya tidak mau tapi sya beranikan diri mengikuti saran beliau,alhamdulillah berjalan lancar sekarang saya punya toko bangunan Jaya Abadi didaerah Padang,terimah kasih saya ucapkan pada Nyi rawih berkat beliau saya seprti ini,mungkin banyak orang yang menyebut saya mengada-ada tapi saya buktikan sendiri,khusus yang serius mau bantuan silahkan hub beliau nyi rawih beliau UNTUK INFO LEBIH JELAS KLIK DISINIangnya baik ini nomor beliau 085377783434 atau klik ini pengalaman pribadi saya percaya atau tidak semua tergantung pembaca demi Allah ini nyata sekian dan terima kasih ,Assalamualaikum Wrb....allahuakbar....allahuakbar....allahuakbar

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Transfer Berbeda Bank, Tak Kunjung Sampai? Bisa Jadi Ini Penyebabnya

Proses transfer berbeda bank berapa lama ya? Pertanyaan yang kerap kali ditanyakan kepada saya. Terlebih bagi freelancer termasuk saya, momen menunggu pembayaran dari pemberi kerja adalah momen menegangkan. Kabar dari bagian keuangan perihal dimulai proses pembayaran, bagaikan menemukan oase di tengah padang gurun yang gersang. Namun, setelah ditunggu-tunggu seraya, memerika mutasi rekening. Kerapkali berujung pada di-PHP-in. Katanya sudah ditransfer, kok belum masuk juga ya? Jangan-jangan bagian keuangannya belum memproses. Perasaan menjadi gundah gulana dan galau, tagihan sudah "mengantri" untuk dibayarkan. Namun, apa daya saldo di rekening tabungan belum bertambah. Sampai suatu hari, saya mengujungi salah bank yang ada di Mal Kota Kasablanka. Untuk melakukan pencetakan buku tabungan. Saya masuk ke bank, satpam meminta saya mengambil nomor antrian. Saya duduk dan menunggu nomor dipanggil. Tiba saat nomor antrian saya dipanggil, saya menuju petugas teller. Saya se

Mencoba Kartu Flazz BCA JakLingko, Tarif Rp5.000 Transjakarta dalam Tiga Jam

Akhirnya tersedia juga kartu Flazz BCA edisi JakLingko. Untuk yang belum tahu, sistem JakLingko memberikan tarif penggunaan Transjakarta maksimal Rp5.000 dalam tiga jam. Selain Flazz BCA sebelumnya sudah tersedia kartu JakLingko kerjasama dengan bank lainnya. Kartu JakLingko Flazz BCA Selain dapat digunakan pada bus Transjakarta, kartu JakLingko dapat digunakan pada angkot atau mikrotrans di Jakarta. Tinggal tap in dan tap out pada alat tap.  Untuk mendapatkan kartu JakLingko Flazz BCA, saya menemukannya tersedia pada vending machine. Harga kartu Flazz BCA JakLingko sebesar Rp40ribu dengan isi saldo Rp15ribu. Pembayaran dapat dilakukan dengan scan QRIS dan uang tunai. Perjalanan saya dimulai dari Kota Tangerang menuju Jakarta menggunakan bus tujuan Poris-Bundaran Senayan. Durasi perjalanan berlangsung sekitar satu jam. Saya turun di halte Gelora Bung Karno, kemudian naik bus tujuan Kota dan turun di halte Bendungan Hilir. Perjalanan berlangsung sekitar sepuluh menit. Saat tap out dike

Apa Perbedaan Tahapan dan Tahapan Expresi?

Tahapan dan Tahapan BCA keduanya produk rekening Tabungan BCA. Namun apa saja perbedaan antara Tahapan dan Tahapan Expresi? Setelah saya mencari-cari informasi dari berbagai sumber, ini dia ternyata perbedaan rekening Tahapan dan Tahapan Expresi: 1. Setoran Awal Setoran awal Tahapan BCA minimal 500 ribu (lumayan besar ya) dan Tahapan Xpresi minimal 50 ribu ( ini lebih sesuai dengan kantong). 2. Jenis Kartu ATM yang Diberikan Kartu ATM Tahapan tersedia dalam 3 (tiga) pilihan, yaitu: Silver, Gold dan Platinum. Setiap kartu berbeda limit transaksinya. Kalau Tahapan Xpresi BCA kartu ATMnya terdiri dari berbagai pilihan multidesain dan juga bisa menggunakan foto pribadi. Kan seru nih kartu ATMnya ada foto sama teman, keluarga atau pacar (abaikan yang terakhir). Saat ini baru bisa pakai desain multidesain di cabang tertentu dan My BCA. Kalau pakai kartu ATM Tahapan Xpresi pernah mau pakai bayar di kasir supermarket dan kartunya ditolak. Katanya sih desain kartunya kok beda, setela