Selasa, 10 November 2015

Review Aplikasi NFC: Bank BCA vs Bank BNI

Pada artikel sebelumnya, saya sudah membuat perbandingan aplikasi e-Money Isi Ulang dan Info Saldo Flazz BCA. Ternyata beberapa waktu terakhir, ada Bank BNI memanfaatkan teknologi NFC.Teknologi NFC di Bank BNI digunakan saat ini hanya untuk cek saldo dan riwayat transaksi. Namun ada sedikit perbedaan antara antara aplikasi milik bank BCA dan BNI. Ingin tahu? Mari, kita lihat bersama! :)

Artikel Terkait : Review Aplikasi NFC: Bank Mandiri dan Bank BCA

1. Bank BCA:  Info Saldo Flazz di BCA Mobile
 
Pada Bank BCA menempatkan aplikasi dengan layanan NFC di aplikasi BCA Mobile. Tinggal update versi terbaru (versi 1.2.0) jika sudah memiliki aplikasi, yang belum bisa download dari Google Play Store .

Tampilan Awal BCA Mobile
Tampilan Awal BCA Mobile

BCA Mobile  Versi 1.2.1
BCA Mobile  Versi 1.2.1
Tinggal pilih menu Info Saldo Flazz, tempelkan kartu Flazz BCA di belakang smartphone dan tahan. Maka akan tampil, jumlah saldo kartu Flazz BCA dan jumlah isi ulang yang terakhir dilakukan.

Info Saldo dan Nilai Isi Ulang Flazz BCA
Info Saldo dan Nilai Isi Ulang Flazz BCA

Ada bagian di kanan, ada menu "Info Transaksi" untuk mengetahui informasi transaksi, berisi nominal yang kita gunakan. Namun sayangnya tidak ada detail nama merchant, hanya tertera transaksi sale dan top up saja.

Info Transaksi Flazz BCA
Info Transaksi Flazz BCA

Saat ini hanya bisa digunakan, untuk mengetahui informasi saldo dan transkasi. Semoga ke depannya, juga bisa melakukan isi ulang Flazz BCA. Jadi, gak repot cari EDC atau ATM Non Tunai BCA. Kalau pakai aplikasi bisa lebih mudah dan cepat. Sekian deh review aplikasi layanan NFC dari Bank Mandiri dan Bank BCA. Kalau ada fitur baru, akan segera saya update.

2. Bank BNI:  Tapcash di Aplikasi BNI Experience

Pada Bank BNI, terdapat di dalam aplikasi BNI Experience. Serupa dengan BCA yang menaruh di aplikasi yang sudah ada. Kita memilih icon Tapcash. Seperti ini tampilan aplikasi BNI Experience mulai dari versi 1.2.2

Tampilan BNI Experience
Tampilan BNI Experience

Saat memilih icon Tapcash tampilan seperti ini yang akan muncul seperti ini

Tampilan Menu TapCash
Tampilan Menu TapCash

Kemudian letakan kartu BNI Tapcash di belakang handphone. Tidak lama maka saldo kartu ditampilkan. Seperti ini  tampilan dari saldo Tapcash saya. Saldo kartu Tapcash saya tinggal Rp 800. Ada yang berminat mengisi kartu saya?

Tampilan Saldo Tapcash
Tampilan Saldo Tapcash
Di menu sebelah kanan ada menu mutasi, mari kita lihat tampilan mutasinya!
.
Tampilan Mutasi Tapcash
Tampilan Mutasi Tapcash
Ini dia tampilan dari mutasi kartu Tapcash BNI saya. Dengan jenis transaksi, nilai transaksi, dan jam transaksi. Di aplikasi Tapcash ada rincian jam penggunaan kartu, hal ini lebih detail daripada aplikasi Info Saldo Flazz.

 Selain itu saya juga menemukan suatu perbedaan lain di aplikasi Tapcash BNI, dibandingkan dengan Info Saldo Flazz. Saat saya menekan back, akan tampilan data kartu tersimpan yang pernah dicek saldo dan mutasinya.

Tampilan Data Kartu Tapcash Tersimpan
Tampilan Data Kartu Tapcash Tersimpan

Tentu saja hal ini akan memudahkan nasabah, sehingga tidak perlu berkali-kali menempelkan kartu. Selain itu juga bisa membandingkan jumlah saldo dari waktu ke waktu, setiap kali menempelkan kartu.

 Ada dua kelebihan kecil aplikasi Tapcash dibandingkan dengan Info Saldo Flazz.  Namun saya berharap ke depannya, bisa melakukan isi ulang di menu Tapcash, Sehingga memudahkan nasabah melakukan isi ulang kartu Tapcash BNI.

Baik aplikasi Info Saldo Flazz maupun Tapcash BNI, keduanya memiliki manfaat aplikasi yang sama. Tentunya dengan pengembangan dan perbaikan, tentu aplikasi akan bermanfaat bagi nasabah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar