Senin, 16 November 2015

Peran Teknologi dalam Pengolahan Sampah

Hampir setiap hari kita menghasilkan sampah. Dimulai dari plastik belanjaan, tisu, kertas dan lainnya. Ya tentu saja, kita menggunakan berbagai produk untuk memenuhi kebutuhan kita. Di samping masyarakat yang menghasilkan sampah dari kegiatan konsumsi, begitu juga pelaku usaha yang menghasilkan sampah. Dari proses produksi perusahaan biasanya ada hasil sisa. Tentu saja sampah dari perusahaan, perlu dikelola dahulu sebelum bisa dibuang ke tempat pembungan.

Dari perusahaan dalam proses produksi menggunakan bahan kimia. Bahan kimia tergolong ke dalam jenis sampah B3 (Bahan Kimia Berbahaya). Karena hal itu tentu perlu ada aturan dan standarisasi, bagaimana standar untuk pengelolaan sampah. Tentu saja pengolahan sampah dengan berbagai teknologi, ada yang dibakar, ditimbun, dan didaur ulang.

Pada tanggal 11-12 November 2015, Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan menyelenggarakan acara seminar dan workshop. Selama dua hari dibahas poin demi poin, target standar yang lingkungan hidup dibahas. Dilanjutkan dengan diskusi dengan berbagai topik. Dari hasil diskusi dipaparkan resumenya.


Diskusi Kementrian Lingkungan Hidup
Diskusi yang Sedang Berlangsung

Seminar Kementrian Lingkungan Hidup
Seminar yang Sedang Berlangsung

Tentu saja saya senang, rekan-rekan di Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan ternyata memang bekerja. Bekerja membuat standar lingkungan, namun yang menarik bagi saya di bagian diskusi teknologi pengolahan sampah.

Beberapa perwakilan dari perusahaan swasta, berbagi bagaimana mereka mengelola hasil sisa produksi. Sehingga saat dibuang sampah sudah tidak mengandung bahan kimia berbahaya. Hal ini tentu saja meminimalisir dampak pencemaran lingkungan.

Saya pribadi pernah berkunjung ke salah satu perusahaan. Dalam urusan pengolahan sampah sudah menggunakan teknologi terkini. Namun sayangnya saya tidak diperbolehkan mengambil foto di areal produksi.  Mari, kita dukung bersama kerja Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Di samping itu juga acara pameran produk ramah lingkungan juga sekali acara seminar dan workshop berlangsung. Ini beberapa produk yang dipamerkan seperti batik ramah lingkungan dan kemasan produk Ecolabel

Plastik Ecolabel, Kemasan Ramah Lingkungan
Plastik Ecolabel, Kemasan Ramah Lingkungan

Batik Aceh Ramah Lingkungan
Batik Aceh Ramah Lingkungan

Semoga acara sejenis dan sosialisasi ke masyarakat dilakukan! Mengingat terkadang ada informasoi yang bermanfaat, terkadang tidak banyak orang yang mengetahuinnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar