Langsung ke konten utama

Smartphone Minimalis, Mendukung VoLTE : Andromax E2

Pada Februari lalu Smartfren secara resmi menggelar layanan VoLTE bagi pengguna 4G LTE Smartfren. Selain itu juga diluncurkan dua smartphone yang sudah mendukung VoLTE: Andromax R2 dan Andromax E2.  Saya seminggu terakhir menggunakan Andromax E2. Ini pendapat dan pengalaman saya seminggu menggunakan Andromax E2.

1. Unpacking Andromax E2

Sebelum digunakan pastinya Andromax E2 dibuka dulu dari kardusnya. Kardus Andromax E2 tampil dengan warna merah, berbeda dengan seri Andromax sebelumnya yang berwarna hitam. 

Kardus Andromax E2

Saat dibuka terdapat smartphone,baterai, kabel data, kepala charger, eraphone, buku petunjuk dan kartu garansidalam paket penjualan Andromax E2. Yang saya miliki Andromax E2 berwarna hitam.

Kelengkapan Isi Kardus Andromax E2

2. Pengalaman Penggunaan Andromax E2

A. Jaringan dan Layanan VoLTE (Voice Over LTE)
Salah satu fitur unggulan Andromax E2 adalah layanan VoLTE (Voice over LTE). Layanan komunikasi suara yang menggunakan jalur internet 4G LTE. Dengan VoLTE suara yang dihasilkan lebih jernih. Untuk penggunaan video sifatnya opsional, saat melakukan panggilan VoLTE diawali dengan panggilan suara. Penelepon bisa meminta layanan video call, saat penerima telepon menyetujui baru layanan suara berpindah ke layanan video. Pastikan icon VoLTE connected sudah tampil di bar notifikasi Andromax E2.

Notifikasi VoLTE Connected

 Untuk menjaga kestabilan saat menggunakan VoLTE, disarankan menggunakan pilihan LTE Only. Tinggal menuju menu telepon, maka akan ada pilihan panggilan suara dan panggilan video. Baik dari panggilan suara dapat beralih ke penggilan video dengan mudah. Berikut tampilan saya yang melakukan panggilan lewat layanan VoLTE

Video Call VoLTE Andromax E2




Selain itu juga ada manfaat tambahan dari Andomax E2, bisa menikmati paket True Unlimited seharga 75 ribu dari Andromax E2 dengan nomor yang dibundling. Namun syarat dan ketentuan berlaku ya. Untuk melakukan panggilan VoLTE dikenakan pulsa pada panggilan suara biasa. Namun bagi pengguna yang berlangganan paket True Unlimited dan Smartplan, sudah tersedia bonus telepon yang bisa digunakan.


B.Tampilan dan Fisik

Andromax E2 dengan tampilan depan  dengan ukuran layar 4,5 inchi beresolusi 480x854 dengan kerapatan layar  159 dpi. Pada kelasnya Andromax E2 tampil dengan cukup baik. Di sisi atas layar terdapat kamera depan dan flash.



Tampilan Depan Andromax E2


Tampilan Belakang Andromax E2

Di sisi belakang terdapat cover berbahan plastik yang agak licin, di bagian atas terdapat kamera belakang, flash dan bagian bawah terdapat speaker. Pada kelasnya Andromax E2, salah satu smartphone yang secara tampilan dan desain cukup bagus.

C. Processor dan Penyimpanan

Andromax E2 diperlengkap dengan processor Quadcore ARM Cortex A7 1,3 GHz dari Snapdragon. Dengan memori internal 8GB dan RAM 1 GB cukup untuk bagi pengguna smartphone biasa. Kalau yang kelas berat untuk download aplikasi pastinya akan kurang.

Sisa Memori Internal Andromax E2

Sisa RAM Andromax E2

Sisa memori internal sekitar 3,23 GB tersisa untuk digunakan dari 8 GB dan RAM tersisa 419 MB dari 1 GB. Andromax E2 mendukung memori ekternal dengan micro SD dengan kapasitas maksimal 32 GB. Kekurangan dari Andromax E2 dari sisi memori, dengan tidak mendukung USB on The Go (USB OTG).

D. Kamera dan Video

Andromax E2 diperlengkapi dengan kamera depan dan kamera belakang dengan resolusi sama-sama 5 Megapiksel dan memiliki flash juga pada kedua kameranya. Hasil gambar dari Andromax E2 cukup baik dengan fokus yang baik. Berikut ini hasil dari jepretan kameradi dua sisi  di dalam dan luar ruangan.


Hasil Kamera Belakang Indoor

Hasil Kamera Belakang Outdoor




Hasil Kamera Depan Outdoor
Hasil Kamera Depan Indoor

Kedua sisi kamera bisa melakukan perbesaran gambar hingga 6x. Namun tentu saja dengan konsekuensi hasil gambar kualitasnya berkurang. Untuk video Andromax E2 menghasilkan maksimal resolusi HD 720p (1280 x 720).


E. Antutu Score dan SensorBox

Skor Antutu Andromax E2

Sensor Box Andromax E2
Hasil Antutu Benchamark Andromax E2 menghasilkan skor 17.890. Sensor yang terdapat pada Andromax E2 terbilang standard. Ketiadaan sensor giroskop tidak tersedia. Hal ini bisa dimaklumi pada smartphone kelas low end.


F.Suara dan Baterai

Andromax E2 didukung dengan pilihan efek suara DTS  dan Snapdragon Audio+ yang bisa dipilih sesuai keinginan. Dari sisi baterai Andromax E2 diperlengkapi dengan baterai berkapasitas 2.000 mAh.


DTS  dan Snapdragon Audio Plus di Andromax E2


G. Kesimpulan
Andromax E2 cocok digunakan oleh pengguna, yangg ingin menikmati layanan VoLTE dari Smartfren dengan harga terjangkau. Dengan kekurangan pada sensor dan belum support USB OTG dapat diterima. Dengan pertimbangan kelebihan di layanan VoLTE, serta dan manfaat tambahan dari paket True Unlimited dengan harga 75 ribu. 

Andromax E2 menjadi rekomendasi smartphone 4G dengan harga terjangkau, Andromax E2 didapat cukup dengan merogok kocek 899 ribu. Andromax E2 dengan harga di bawah satu jutaan, menghadirkan fitur yang cukup memuaskan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Transfer Berbeda Bank, Tak Kunjung Sampai? Bisa Jadi Ini Penyebabnya

Proses transfer berbeda bank berapa lama ya? Pertanyaan yang kerap kali ditanyakan kepada saya. Terlebih bagi freelancer termasuk saya, momen menunggu pembayaran dari pemberi kerja adalah momen menegangkan. Kabar dari bagian keuangan perihal dimulai proses pembayaran, bagaikan menemukan oase di tengah padang gurun yang gersang. Namun, setelah ditunggu-tunggu seraya, memerika mutasi rekening. Kerapkali berujung pada di-PHP-in. Katanya sudah ditransfer, kok belum masuk juga ya? Jangan-jangan bagian keuangannya belum memproses. Perasaan menjadi gundah gulana dan galau, tagihan sudah "mengantri" untuk dibayarkan. Namun, apa daya saldo di rekening tabungan belum bertambah. Sampai suatu hari, saya mengujungi salah bank yang ada di Mal Kota Kasablanka. Untuk melakukan pencetakan buku tabungan. Saya masuk ke bank, satpam meminta saya mengambil nomor antrian. Saya duduk dan menunggu nomor dipanggil. Tiba saat nomor antrian saya dipanggil, saya menuju petugas teller. Saya se

Mencoba Kartu Flazz BCA JakLingko, Tarif Rp5.000 Transjakarta dalam Tiga Jam

Akhirnya tersedia juga kartu Flazz BCA edisi JakLingko. Untuk yang belum tahu, sistem JakLingko memberikan tarif penggunaan Transjakarta maksimal Rp5.000 dalam tiga jam. Selain Flazz BCA sebelumnya sudah tersedia kartu JakLingko kerjasama dengan bank lainnya. Kartu JakLingko Flazz BCA Selain dapat digunakan pada bus Transjakarta, kartu JakLingko dapat digunakan pada angkot atau mikrotrans di Jakarta. Tinggal tap in dan tap out pada alat tap.  Untuk mendapatkan kartu JakLingko Flazz BCA, saya menemukannya tersedia pada vending machine. Harga kartu Flazz BCA JakLingko sebesar Rp40ribu dengan isi saldo Rp15ribu. Pembayaran dapat dilakukan dengan scan QRIS dan uang tunai. Perjalanan saya dimulai dari Kota Tangerang menuju Jakarta menggunakan bus tujuan Poris-Bundaran Senayan. Durasi perjalanan berlangsung sekitar satu jam. Saya turun di halte Gelora Bung Karno, kemudian naik bus tujuan Kota dan turun di halte Bendungan Hilir. Perjalanan berlangsung sekitar sepuluh menit. Saat tap out dike

Apa Perbedaan Tahapan dan Tahapan Expresi?

Tahapan dan Tahapan BCA keduanya produk rekening Tabungan BCA. Namun apa saja perbedaan antara Tahapan dan Tahapan Expresi? Setelah saya mencari-cari informasi dari berbagai sumber, ini dia ternyata perbedaan rekening Tahapan dan Tahapan Expresi: 1. Setoran Awal Setoran awal Tahapan BCA minimal 500 ribu (lumayan besar ya) dan Tahapan Xpresi minimal 50 ribu ( ini lebih sesuai dengan kantong). 2. Jenis Kartu ATM yang Diberikan Kartu ATM Tahapan tersedia dalam 3 (tiga) pilihan, yaitu: Silver, Gold dan Platinum. Setiap kartu berbeda limit transaksinya. Kalau Tahapan Xpresi BCA kartu ATMnya terdiri dari berbagai pilihan multidesain dan juga bisa menggunakan foto pribadi. Kan seru nih kartu ATMnya ada foto sama teman, keluarga atau pacar (abaikan yang terakhir). Saat ini baru bisa pakai desain multidesain di cabang tertentu dan My BCA. Kalau pakai kartu ATM Tahapan Xpresi pernah mau pakai bayar di kasir supermarket dan kartunya ditolak. Katanya sih desain kartunya kok beda, setela