Langsung ke konten utama

Serunya Menjelajah Kota Bandung Bersama BCA dan Prima

Wisata Belanja di Kota Bandung, mungkin sudah biasa, Namun menjadi berbeda jika wisata belanja dengan tantangan budget yang minimal dan cara pembayaran yang berbeda. Pastinya ketika berbelanja kita akan mengeluarkan kartu Debit BCA, namun kali ini membayar belanjaan dengan kartu bank lain di EDC BCA. Memangnya bisa ya?

Ternyata bisa setelah saya mengikuti acara BCA Prima Amazing Experience. Bersama sembilan belas rekan blogger lainnya dan sepuluh rekan media, kami menjelajahi berbagai toko yang ada di Bandung. Pastinya di toko kami berbelanja, namun tak sekedar belanja bisa. Kami berbelanja sesuai dengan petunjuk yang diberikan, fashion dan kuliner jenis barang yang harus kami cari. Barang fashion yang kami beli, nantinya akan dikenakan saat fashion show.

Mengawali perjalanan kami dari Menara BCA, Jakarta Pusat dengan bus menuju BCA KCU Dago, Bandung. Di lantai 7 ruang serbaguna BCA KCU Dago. Kami dibagi menjadi beberapa tim dan diberikan petunjuk untuk menjalankan misi berbelanja. Saya terpilih menjadi anggota tim 3 bersama ketiga rekan blogger dan satu rekan media. Saya sendiri Giovanni, mas Imam, Mba Andiyani, mba Winda, mas Imam, dan mba Dwi siap menjalankan tugas.


Anggota Tim 3 BCA Prima Amazing Experience
Anggota Tim 3, BCA Prima Amazing Experience

Kami menuju Museum BCA yang ada di depan BCA KCU Dago. Kami dipandu menuju Museum BCA, lalu diperkenalkan berbagai alat bersejarah yang pernah digunakan BCA. Mulai dari alat penghitung uang koin, alat cetak biylet giro, alat pengundian Gebyar  Tahapan, dan kursi kayu berukiran logo BCA & candi. Setelah diajak berkeliling, kami menerima misison card yang pertama.

Benda Koleksi di Museum BCA
Benda Koleksi di Museum BCA

Pada mission card pertama, tugas adalah berfoto selfie di depan alat penghitung uang dan menjawab pertanyaan tentang kursi kayu di Museum BCA. Setelah memposting foto dan menjawab ukiran yang ada di kursi kayu, kami menerima mission card dan kartu ATM. Namun, kartu yang kami terima adalah kartu ATM bank lain berlogo Prima dan Prima Debit.

Untungnya kami sudah diberitahukan, kartu ATM bank apapun yang berlogo Prima dan Prima Debit bisa digunakan di ATM dan EDC Bank BCA. Tugas pertama dalam mission card, kami diminta melakukan transaksi transfer dari bank lain ke BCA dan sukses. Kami bergegas menuju ATM BCA yang ada BCA KCU Dago. Ternyata dengan Jaringan Prima, transfer ke BCA bisa dilakukan dengan mudah. Asalnya kartu ATM bank lain memiliki logo Prima, maka bisa bertransaksi di ATM BCA dengan jaringan Prima


Mudahnya Transfer dari Bank Lain ke BCA
Tugas kedua adalah membeli beberapa barang fashion di toko dengan clue tertentu bertemakan Colourfull. Setiap barang yang kami beli, budgetnya dibatasi.  Kamipun mendatangi satu per satu toko sesuai dengan clue di daerah Dago. Saat melakukan pembayaran belanja, kami mencoba melakukan pembayaran dengan kartu bank lain lain berlogo Prima Debit di EDC BCA. 

Ternyata mudahnya pembayaran dengan kartu  bank berlogo Prima Debit di EDC BCA. Pastikan di kartu debit bank lain terdapat logo Prima Debit maka transaksi bisa dilakukan dengan EDC BCA.  Toko-toko yang kami datangi dari Jetset, Blossom,  dan Donatello semuanya menerima pembayaran kartu debit berlogo Prima Debit.

Bayar Belanjaan di Factory Outlet Dago dengan EDC BCA

Di akhir tempat berbelanja kami adalah “toko merah putih” yang ternyata adalah sebuah minimarket. Di minimarket kami diminta melakukan transaksi, isi ulang pulsa dan menarik tunai. Mengisi ulang pulsa tentunya mudah dilakukan di ATM BCA, tarik tunai dengan kartu ATM bank lain di ATM BCA ternyata juga bisa. Tak perlu repot mencari ATM bank tertentu, asalkan ada logo Prima bisa tarik tunai di ATM mana saja bisa. Karena ATM BCA ada di mana-mana, pastinya mudah tarik tunai di ATM BCA. 

Tarik Tunai Bank Lain di ATM BCA

Di luar “toko merah putih” ada pria bertopi putih, kamipun harus menyebutkan kata kunci. Setelah menyebutkan kata kunci, kami menerima mission card ketiga.Tugas kami di mission card ketiga, berisi alamatJl.Ir.H.Djuanda No 127, Bandung tinggal cari dengan Google.Hasilnya menunjukan alamat restoran Dago Panyawangan.


Rumah Makan Dago Panyawangan
Sesampainya di restoran Dago Panyawangan, kami menerima mission card keempat. Mission card berisi tugas makan siang. Namun, satu orang dibatasi hanya boleh maksimal 75 ribu. Untuk menyiasati budget yang terbatas, kami berlima memutuskan memilih menu yang bisa saling berbagi. Dengan budget terbatas harus kreatif, tak lupa bayar makanan dengan Prima Debit di EDC BCA yang tersedia di restoran Dago Panyawangan.

Menu Hemat di Rumah Makan Dado Panyawangan

Seusai makan siang dan istirahat sejenak di bus, kami melanjutkan perjalanan ke daerah Setiabudi. Sampailah kami di Rumah Mode untuk melanjutkan misi selanjutnya. Di Rumah Mode kami kembali mendapatkan mission card kelima, tugas kami selanjutnya di Rumah Mode berfoto selfie dengan latar belakang patung Sarasvati dan mempostiongnya ke media sosial.

Sesudah berfoto selfie, selanjutnya kami mencari laki-laki misterius yang akan memberikan mission card. Setelah kami menyebutkan kata kunci “Amazing BCA Experience” kami menerima mission card keenam, tugas kami melakukan tarik tunai di ATM mana saja yang berlogo Prima. Tak perlu repot mencari ATM, tinggal melihat ada logo Prima kamipun melakukan tarik tunai. Lalu kami mencari perempuan misterius lagi, sebutkan kata kunci “Amazing BCA Experience” untuk mendapatkan mission card selanjutnya.


Tarik Tunai di ATM Bank berlogo Prima
Kamipun  menerima mission ketujuh. Tugas kami membeli Sambal Mertua dengan uang tunai yang tadi kami ambil. Setelah membeli Sambal Mertua, kami kembali mencari perempuan misterius pemberi mission card. Setelah kami menemukannya, tak lupa menyebutkan kata kunci “Amazing BCA Experience” dan kami menerima mission card kedelapan.

Mission Card yang menyenangkan, sekaligus mendebarkan dan menantang kami.Tugas kami membeli aksesoris kalung, kamipun membayar dengan kartu berlogo Prima Debit. Untunglah transaksi mudah dilakukan di EDC BCA. 

Bayar Belanjaan dengan Prima Debit di EDC BCA
Bayar Belanjaan dengan Prima Debit di EDC BCA

Dilanjutkan berbelanja aneka cemilan. Namun, betapa kagetnya kami saat kasir menolak kartu bank lain selain kartu debit Bank BCA. Setelah berusaha menjelaskan dan membujuk  kasir, kasir meminta ijin menanyakan kepada supervisor toko. Syukurlah kartu Debit Prima akhirnya diterima oleh kasir. Kami kini bisa membayar cemilan yang kami beli.

Misi belanja kami yang terakhir di Rumah Mode, membeli  topi “Buricak Burinong” kamipun awalnya bingung topi apaan ya? Ternyata topi “Buricak Burinong” adalah topi yang gemerlapan dengan kelap-kelip. Ya ampun, kami kira topi seperti apa. Tugas kami menggunakan topi “Buricak Burinong” menuju Hotel Regata, tempat kami menginap. Berhubung hujan deras, perjalanan dari Rumah Mode menuju Hotel Regata ya pakai topi jas hujan.

 Akhirnya tiba juga saat-saat yang menegangkan di malam hari. Tiba saatnya setiap tim dengan dua perwakilan, berjalan dan mengenakan barang fashion yang sudah dibeli tadi siang. Diawali tim pertama hingga tim enam. Perwakilan dua anggota dari tim kami, mba Andiyani dan mas Imam. 

Busana yang Dikenakan Anggota Tim Tiga
Saat tiba saatnya mereka berjalan di catwalk, ada hal yang menarik terjadi. Mba Andiyani tak mau berpegangan tangan dengan mas Imam, katanya bukan muhrim. Mas Imam tak.kalah menarik perhatian, kaos kaki kedodoran sukses menyita perhatian Setelah keenam perwakilan dari masing-masing kelompok berjalan, tiba saat pengumuman pemenang. Tim 3 ternyata belum terpilih sebagai pemenang, namun tiap anggota tim 3 memenangkan kategori lomba lainnya.

Saya, Mba Andiyani, dan mba Windah terpilih sebagai pemenang best live post. Mas Imam dengan kaos kaki kedodoran memperoleh hadiah vouche Hotel Regata. Mba Andiyani juga mendapatkan hadiah voucher Hotel Regata, keunikannya saat berjalan di catwalk yang tak mau berpegangan tangan dengan mas Imam. Keseruan kami selama acara #AmazingBCAPrima menggunakan Jaringan Prima di ATM dan EDC BCA, serta ATM lainnya berlogo Prima bisa dilihat juga di video berikut:



Ternyata sangat mudah bertransaksi di ATM BCA, kartu ATM bank manapun bisa bertransaksi asalkan ada logo Prima. Tak perlu repot dan cemas transaksi transfer dari/ ke Bank BCA dengan bank lain jadi mudah. Membayar belanjaan di EDC BCA mudah dilakukan, asalnya ada logo Prima Debit di kartu ATM bank lain.

Ingin tahu informasi lebih lengkap tentang layanan BCA dan Jaringan Prima, tinggal cari tahu di website BCA dan website Jaringan Prima transaksi jadi mudah di ATM dan EDC BCA dengan Jaringan Prima.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Transfer Berbeda Bank, Tak Kunjung Sampai? Bisa Jadi Ini Penyebabnya

Proses transfer berbeda bank berapa lama ya? Pertanyaan yang kerap kali ditanyakan kepada saya. Terlebih bagi freelancer termasuk saya, momen menunggu pembayaran dari pemberi kerja adalah momen menegangkan. Kabar dari bagian keuangan perihal dimulai proses pembayaran, bagaikan menemukan oase di tengah padang gurun yang gersang. Namun, setelah ditunggu-tunggu seraya, memerika mutasi rekening. Kerapkali berujung pada di-PHP-in. Katanya sudah ditransfer, kok belum masuk juga ya? Jangan-jangan bagian keuangannya belum memproses. Perasaan menjadi gundah gulana dan galau, tagihan sudah "mengantri" untuk dibayarkan. Namun, apa daya saldo di rekening tabungan belum bertambah. Sampai suatu hari, saya mengujungi salah bank yang ada di Mal Kota Kasablanka. Untuk melakukan pencetakan buku tabungan. Saya masuk ke bank, satpam meminta saya mengambil nomor antrian. Saya duduk dan menunggu nomor dipanggil. Tiba saat nomor antrian saya dipanggil, saya menuju petugas teller. Saya se

Mencoba Kartu Flazz BCA JakLingko, Tarif Rp5.000 Transjakarta dalam Tiga Jam

Akhirnya tersedia juga kartu Flazz BCA edisi JakLingko. Untuk yang belum tahu, sistem JakLingko memberikan tarif penggunaan Transjakarta maksimal Rp5.000 dalam tiga jam. Selain Flazz BCA sebelumnya sudah tersedia kartu JakLingko kerjasama dengan bank lainnya. Kartu JakLingko Flazz BCA Selain dapat digunakan pada bus Transjakarta, kartu JakLingko dapat digunakan pada angkot atau mikrotrans di Jakarta. Tinggal tap in dan tap out pada alat tap.  Untuk mendapatkan kartu JakLingko Flazz BCA, saya menemukannya tersedia pada vending machine. Harga kartu Flazz BCA JakLingko sebesar Rp40ribu dengan isi saldo Rp15ribu. Pembayaran dapat dilakukan dengan scan QRIS dan uang tunai. Perjalanan saya dimulai dari Kota Tangerang menuju Jakarta menggunakan bus tujuan Poris-Bundaran Senayan. Durasi perjalanan berlangsung sekitar satu jam. Saya turun di halte Gelora Bung Karno, kemudian naik bus tujuan Kota dan turun di halte Bendungan Hilir. Perjalanan berlangsung sekitar sepuluh menit. Saat tap out dike

Apa Perbedaan Tahapan dan Tahapan Expresi?

Tahapan dan Tahapan BCA keduanya produk rekening Tabungan BCA. Namun apa saja perbedaan antara Tahapan dan Tahapan Expresi? Setelah saya mencari-cari informasi dari berbagai sumber, ini dia ternyata perbedaan rekening Tahapan dan Tahapan Expresi: 1. Setoran Awal Setoran awal Tahapan BCA minimal 500 ribu (lumayan besar ya) dan Tahapan Xpresi minimal 50 ribu ( ini lebih sesuai dengan kantong). 2. Jenis Kartu ATM yang Diberikan Kartu ATM Tahapan tersedia dalam 3 (tiga) pilihan, yaitu: Silver, Gold dan Platinum. Setiap kartu berbeda limit transaksinya. Kalau Tahapan Xpresi BCA kartu ATMnya terdiri dari berbagai pilihan multidesain dan juga bisa menggunakan foto pribadi. Kan seru nih kartu ATMnya ada foto sama teman, keluarga atau pacar (abaikan yang terakhir). Saat ini baru bisa pakai desain multidesain di cabang tertentu dan My BCA. Kalau pakai kartu ATM Tahapan Xpresi pernah mau pakai bayar di kasir supermarket dan kartunya ditolak. Katanya sih desain kartunya kok beda, setela