Langsung ke konten utama

Untung dan Rugi Transaksi di ATM Link Himbara

ATM LINK Himbara adalah, jaringan ATM antar bank BUMN : Mandiri, BNI, BRI, dan BTN.  Sebenarnya sudah sejak tahun 2015 audah  ada ATM Link, pada ahun 2016 jumlahnya diperbanyak. Saya punya pengalaman kurang baik dan baik menggunakan ATM LINK Himbara di akhir tahun 2016.

ATM Link Himbara di Salah Satu Mininarket
ATM Link Himbara di Salah Satu Mininarket
Berawal dari keinginan saya mengisi saldo kartu e-Money, datanglah saya ke ATM Mandiri di salah satu minimarket dekat rumah. Betapa terkejutnya sesudah memasukan kartu ATM dan PIN, tak ada menu uang elektronik di ATM Mandiri. Menu ATMnya  berubah, saya jadi tak bisa mengisi saldo kartu e-Money lagi di ATM Link.

Tampilan Menu Utama ATM Link Himbara
Tampilan Menu Utama ATM Link Himbara

Saya keluarkan kartu ATM dan menyadari tampilan di layar ATM Mandiri sudah berubah menjadi ATM Link. Sayapun kembali memasukan kartu ATM dan PIN, menu yang tersedia di ATM Link lebih sedikit dan susunannya berubah.

Tampilan Menu Lanjutan ATM Link Himbara
Tampilan Menu Lanjutan ATM Link Himbara

Akhirnya saya mencari ATM Mandiri yang belum menjadi ATM Link di minimarket lain untuk mengisi saldo kartu e-Money. Pengalaman kurang baiknya di ATM Link, saya tak lagi bisa mengisi saldo kartu e-Money. Selain itu pilihan pembayaran di ATM Link berkurang, transaksi pembayaran menjadi lebih terbatas.

Tampilan Menu Pembayaran di ATM Link Himbara
Tampilan Menu Pembayaran di ATM Link Himbara

Sayapun mencari tahu berita tentang ATM Link, ternyata memang ATM bank BUMN beberapa diubah menjadi ATM Link. Namun ternyata juga ada keuntungan yang didapatkan dengan bertransaksi di ATM Link, biaya transaksi antar bank BUMN yang lebih murah.

Untuk membuktikan hal tersebut saya melakukan transaksi cek saldo dan tarik tunai di ATM BNI yang berubah menjadi ATM Link dengan kartu ATM Bank Mandiri. Ternyata memang saat melakukan tarik tunai dan cek saldo tidak dikenakan biaya.

Selanjutnya saya melakukan transaksi transfer dari BNI ke rekening Bank Mandiri di ATM BNI yang diubah ke ATM Link. Biaya transfer yang dikenakan, ternyata hanya sebesar Rp 4.000 saja. Jika dibandingkan melakukan transfer ke antar bank BUMN di ATM bukan Link biaya yang dikenakan sebesar Rp 6.500.

Biaya Transfer di ATM Link Himbara
Biaya Transfer di ATM Link Himbara Lebih Rendah
Keuntungan dari ATM Link adalah transfer ke antar bank BUMN baik Mandiri, BNI, BRI, dan BTN dikenakan biaya Rp 4.000. Sedangkan untuk transaksi tarik tunai dan cek saldo tidak dikenakan biaya alias gratis. Juga memudahkan nasabah bank BUMN tak perlu antri panjang di ATM bank tertentu, tarik tunai dan cek saldo bisa dilakukan di ATM Link.


Komentar

  1. kemaren sy tarik tunai di bri link ada notif maaf transaksi anda tidak dapat diproses sy pake bni uang gak keluar malah saldo berkurang,sdh pengaduan kira2 balik gak ya saldo sya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa dilaporkan ke call center bank, nantinya akan dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu.

      Hapus
  2. Saya mau tanya saya transaksi pembayaran kartu krediy ini melakukan menu pembayaran(bkn menu transfer) tgl.30 okt 18 malam 19:34, kira2 besok tgl 31 apakah sudah masuk...menu pembayaran itu kliring brp hari, tolong infokan butuh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Prosesnya akan berlangsung selama 2-3 hari untuk pembayaran kartu kredit.

      Hapus
  3. Di tgl 2 sy melakukan transaksi transfer dri via atm mandiri link ke BCA,notif transaksi berhasil tapi uang tidak masuk ke rek BCA

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Transfer Berbeda Bank, Tak Kunjung Sampai? Bisa Jadi Ini Penyebabnya

Proses transfer berbeda bank berapa lama ya? Pertanyaan yang kerap kali ditanyakan kepada saya. Terlebih bagi freelancer termasuk saya, momen menunggu pembayaran dari pemberi kerja adalah momen menegangkan. Kabar dari bagian keuangan perihal dimulai proses pembayaran, bagaikan menemukan oase di tengah padang gurun yang gersang. Namun, setelah ditunggu-tunggu seraya, memerika mutasi rekening. Kerapkali berujung pada di-PHP-in. Katanya sudah ditransfer, kok belum masuk juga ya? Jangan-jangan bagian keuangannya belum memproses. Perasaan menjadi gundah gulana dan galau, tagihan sudah "mengantri" untuk dibayarkan. Namun, apa daya saldo di rekening tabungan belum bertambah. Sampai suatu hari, saya mengujungi salah bank yang ada di Mal Kota Kasablanka. Untuk melakukan pencetakan buku tabungan. Saya masuk ke bank, satpam meminta saya mengambil nomor antrian. Saya duduk dan menunggu nomor dipanggil. Tiba saat nomor antrian saya dipanggil, saya menuju petugas teller. Saya se

Mencoba Kartu Flazz BCA JakLingko, Tarif Rp5.000 Transjakarta dalam Tiga Jam

Akhirnya tersedia juga kartu Flazz BCA edisi JakLingko. Untuk yang belum tahu, sistem JakLingko memberikan tarif penggunaan Transjakarta maksimal Rp5.000 dalam tiga jam. Selain Flazz BCA sebelumnya sudah tersedia kartu JakLingko kerjasama dengan bank lainnya. Kartu JakLingko Flazz BCA Selain dapat digunakan pada bus Transjakarta, kartu JakLingko dapat digunakan pada angkot atau mikrotrans di Jakarta. Tinggal tap in dan tap out pada alat tap.  Untuk mendapatkan kartu JakLingko Flazz BCA, saya menemukannya tersedia pada vending machine. Harga kartu Flazz BCA JakLingko sebesar Rp40ribu dengan isi saldo Rp15ribu. Pembayaran dapat dilakukan dengan scan QRIS dan uang tunai. Perjalanan saya dimulai dari Kota Tangerang menuju Jakarta menggunakan bus tujuan Poris-Bundaran Senayan. Durasi perjalanan berlangsung sekitar satu jam. Saya turun di halte Gelora Bung Karno, kemudian naik bus tujuan Kota dan turun di halte Bendungan Hilir. Perjalanan berlangsung sekitar sepuluh menit. Saat tap out dike

Apa Perbedaan Tahapan dan Tahapan Expresi?

Tahapan dan Tahapan BCA keduanya produk rekening Tabungan BCA. Namun apa saja perbedaan antara Tahapan dan Tahapan Expresi? Setelah saya mencari-cari informasi dari berbagai sumber, ini dia ternyata perbedaan rekening Tahapan dan Tahapan Expresi: 1. Setoran Awal Setoran awal Tahapan BCA minimal 500 ribu (lumayan besar ya) dan Tahapan Xpresi minimal 50 ribu ( ini lebih sesuai dengan kantong). 2. Jenis Kartu ATM yang Diberikan Kartu ATM Tahapan tersedia dalam 3 (tiga) pilihan, yaitu: Silver, Gold dan Platinum. Setiap kartu berbeda limit transaksinya. Kalau Tahapan Xpresi BCA kartu ATMnya terdiri dari berbagai pilihan multidesain dan juga bisa menggunakan foto pribadi. Kan seru nih kartu ATMnya ada foto sama teman, keluarga atau pacar (abaikan yang terakhir). Saat ini baru bisa pakai desain multidesain di cabang tertentu dan My BCA. Kalau pakai kartu ATM Tahapan Xpresi pernah mau pakai bayar di kasir supermarket dan kartunya ditolak. Katanya sih desain kartunya kok beda, setela