Langsung ke konten utama

BCA Mengajak Masyarakat Berbagi Kebaikan lewat Gerakan "Buku untuk Indonesia"

Bank Central Asia (BCA) dalam rangka ulang tahun ke-60 dengan nilai perusahaan (corporate value) yang diusung, yaitu Lebih Baik. BCA berkomitmen mewujudkan tiga pilar dari nilai Lebih Baik: Belajar Lebih Baik, Memberi Lebih Baik, dan Melayani Lebih Baik.

Program Buku untuk Indonesia BCA
Program Buku untuk Indonesia


Mewujudkan salah satu pilar Lebih Baik: Memberi Lebih Baik, BCA lewat gerakan "Buku untuk Indonesia" bertujuan menumbuhkaan minat membaca hingga pelosok-pesolok Indonesia.

Persebaran buku yang ada di Indonesia, ini belum merata dan mencapai pelosok-pelosok Indonesia. Tak semua masyarakat mendapatkan akses yang sama untuk membaca buku. Padahal buku adalah jendela dunia, sumber inspirasi, dan, sarana penunjang belajar.

Diawali Acara Zumba Party di CFD Jakarta
Diawali Acara Zumba Party di CFD Jakarta

Untuk itu pada hari Minggu, 26 Maret 2017 pada Car Free Day Thamrin, Jakarta dilakukan sosialisasi program "Buku untuk Indonesia" oleh BCA. Diawali dengan Zumba Party, mengajak masyarakat ikut serta berolahraga.

Wakil Presiden Direktur BCA dan
 Direktur Transaksi BCa

Seusai berolahraga bersama, dilanjutkan acara di area panggung. Turut hadir pak Armand W.Hartono (Wakil Presiden Direktur BCA) dan pak Santoso (Direktur Transaksi Perbankan BCA) mengajak masyarakat, turut ambil bagian dalam dalam program "Buku untuk Indonesia".

Masyarakat yang Sedang Berdonasi
Masyarakat yang Sedang Berdonasi

Masyarakat bisa ambil bagian, cukup melakukan donasi minimal 100 ribu. Donasi bisa dilakukan di website www.bukuuntukindonesia.com yang difasilitasi oleh Blibli, ada apresiasi berupa kaos dari BCA. Khusus pada acara sosialisasi program di CFD, bagi 50 orang pertama mendapatkan  tambahan apresiasi berupa voucher belanja sebesar 50 ribu.

Bagi pak Armand Hartono, Wakil Presiden Direktur BCA kehidupan harus seimbang, salah satunya dengan berbagi kebaikan. Seiring  komitmen BCA untuk menjadi #LebihBaik "dengan pilar Berbagi Lebih Baik" yang menjadi nilai perusahaan (corporate value) BCA untuk berbagi kebaikan.

Penampilan Giring Ganesha (Nidji)
Penampilan Giring Ganesha (Nidji)

Hadir juga mas Giring Ganesha (Nidji) berbagi cerita tentang manfaat membaca buku dan buku favorit.. Mulai dari  Buku Laskar Pelangi menginspirasi mas Giring Ganesha, berani menaklukan tantangan dengan berdoa dan bersyukur kepada Tuhan.

Untuk belajar menjadi pembicara yang baik, mas Giring belajar dari buku public speaking. Belajar menjaga keuangan, mas Giring belajar dari  buku keuangan dan investasi sehingga bisa belajar mengelola keuangan, dan saat memiliki anak dari buku untuk mengatahui cara menjadi ayah dan suami yang baik.

Duta Baca 2011-2015 mas Andy. F Noya punya buku favorit yang berbeda, yaitu: Donald Bebek dengan karakter Paman Gober seraya tertawa saat mengatakannya. Mas Andy F. Noya turuut menantang mas Giring Ganesha untuk membawakan lagu "Laskar Pelangi".  Pengunjung turut bersama menyanyikan lagu Laskar Pelangi.

Betapa besarnya manfaat membaca bagi mas Giring Ganesha. Lewat gerakan Buku untuk Indonesia, kita bisa ambil bagian dan berkontribusi mencerdaskan masyarakat untuk mendapatkan akses kepada buku sampai ke pelosok Indonesia.

Keseruan Kuis dan Lomba
Keseruan Kuis dan Lomba

Tak hanya mengajak masyarakat berbagi kebaikan, ada bagi-bagi hadiah juga di acara sosialiasi pada Car Free Daya. Pak Santoso memberikan pertanyaan limit tarik tunai Paspor BCA Gold, demikian juga pak Armand menyanakan merchant yang menerima Flazz pada Paspor BCA dengan Flazz.

Mobil Perpustakaan Keliling
Mobil Perpustakaan Keliling

Juga diadakan lomba menghitung jumlah kata pada suatu halaman buku dan membuat pose seperti logo BCA. Masyarakat juga bisa membaca berbagai buku, tersedia di mobil perpustakaan keliling yang menarik dibaca.

Komentar

  1. Unyu banget mobil perpustakaan kelilingnya hahahak

    Program yang bagus banget ini. Bener, nih, masih sangat belum merata persebaran buku bacaan di Indonesia. Teman-teman di Klub Buku kadang suka ngeluh susah dapat buku ini-itu. Bahkan, beli online pun suka kepentok sama ongkir yang mahal. Program kayak gini dibutuhkan banget untuk menyebarkan buku ke seluruh pelosok negeri. Dengan gitu, minat baca Indonesia yang seringkali dibilang rendah juga bisa diperbaiki.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, nantinya perpusatakaan keliling akan tersedia di berbagai daerah.

      Hapus
  2. Ini yang bareng sama Uni ya, Koh? Pengen banget lah dateng ke acara ini, pan kapan ajak dong.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kapan-kapan diajak ya, tapi acaranya rata-rata pagi. Nanti kasihan Oky habis begadang di kantor, subuh-subuh udah bangun lagi

      Hapus
  3. Itu donasi minimal 100rb ya?atau melakukan transaksi belanja 100rb? Kalau untuk pengguna non-bca piye koh?
    Maap salah pokus sm pejabat BCA-nya, kok ganteng sih haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Donasinya lewat Blibli, nanti ada pilihan untuk donasi. Yang non nasabah BCA bisa pilih jenis pembayaran lain di Blibli. Misalnya Indomaret, Kantor Pos, atau transfer dari bank lain.

      Hapus
  4. oalah ini acara yg di HI itu dari BCA juga yaa penyelenggaranya ternyata?
    wah aku juga suka bgt sama komik Donald Bebek muehehe..
    btw mobilnya perpus kelilingnya gemes bgt sih pink. warna favoritku pula jadi pengen bawa pulang #eh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, warnanya lucu. Kalau ketemu mobilnya, bisa baca berbagai buku gratis.

      Hapus
  5. wah tumbentumbenan nih bank gede concernnya malah ke buku. biasanya kan yang tetap berhubungan dengan masalah financial. tapi lebih bagus ini sih, berbagi buku

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, sesekali ada gerakan selain yang berhubungan dengan finansial.

      Hapus
  6. Wah asyik tuch bisa donasi dan 50 pertama dapat voucher. Paman gober dan donal selalu jadi inspirasiku aaat mengelola keuangan. Gagal fokus mobil kelilinganya warnyanya njrengg oy

    BalasHapus
    Balasan
    1. Warnanya ngejreng agar menarik perhatian masyarakat,sehingga masyarakat tertarik membaca bukun.

      Hapus
  7. Ini CFD barengan sama uni ya ko??? keren ni programnya. Gak nyangka buku favoritnya Andi F Noya itu Dobal Bebek 😁😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, CFD bersama Uni dan beberapa blogger lainnya. Biar bisa mencontoh Bapak Gober yang kaya, tapi pelitnya jangan ya.

      Hapus
  8. kerja bagus untuk program CSR, semoga makin banyak bank yang perduli dengan literasi. semoga terus berkembang dan semakin banyak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, semoga nanti di pelosok Kalimantan juga bisa menikmati akses buku.

      Hapus
    2. Semoga nantinya bukunya sampai ke pelosok-pelosok Kalimantan juga ya! Sehingga anak-anak di sana bisa belajar lewat buku.

      Hapus
  9. Semoga tercapai niat baik BCA, ya. Yuk ah kita sambangi pelosok negri.

    BalasHapus
  10. Huaaaaa rame banget acaranyaaaa

    Di kotaku kok jarang banget ada ginian ya, cuma ada bis buku tiap minggu pagi. Kurang seru siiiih
    Pengen seseru yg diadain bca 😝

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kan momennya pas Car Fee Day. Nanti kalau di sana ada Car Free Day, pasti juga akan ramai dan seru.

      Hapus
  11. Mobil bukunya biar menarik perhatian makanya dikasih warna pink ya, padahal klo BCA kan warna utamanya biru.. Mantab nih programnya, smg banyak yang berbagi buku..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin mobil berikutmya warna biru, warna pink agar menarik perhatian masyarakat.

      Hapus
  12. Andai donasinya enggak cuma berupa uang, tapi juga buku. Trus box-nya ada di cabang2 kantor BCA tertentu. Wahh... aku pasti semangat banget menyumbangkan buku-bukuku. Udah numpuk, pengin disumbangin tapi bingung ke siapa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin ke depannya. Saat ini untuk kemudahan cara menyumbang, jadi tiap daerah bisa disesuaikan kebutuhan jenis bukunya.

      Hapus
  13. BCA di Jakarta berbagi buku, Jepara blm ada ya. Eh bukan blm, tp aku yg gak tau krn udah lama gak ke BCA. Tp acaranya seru jg krn sambil zumba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin ke depannya akan ke kota-kota lainnya ya. Karena masih awal-awal sosialisasi di Jakarta.

      Hapus
  14. Donasinya uang aja ya. Mgkn lain waktu bs buku langsung yg dikasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sementara baru dalam bentuk uang saja, menyesuaikan kebutuhan di tiap daerah yang bisa saja berbeda-beda.

      Hapus
  15. berguna banget nih program Bank BCA untuk memberikan pengetahuan kepada semua orang supaya gemar membaca dan menambah pengetahuan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tentu, lewat gerakan ini BCA punya tujuan agar masyarakat pengetahuannya bertambah.

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Transfer Berbeda Bank, Tak Kunjung Sampai? Bisa Jadi Ini Penyebabnya

Proses transfer berbeda bank berapa lama ya? Pertanyaan yang kerap kali ditanyakan kepada saya. Terlebih bagi freelancer termasuk saya, momen menunggu pembayaran dari pemberi kerja adalah momen menegangkan. Kabar dari bagian keuangan perihal dimulai proses pembayaran, bagaikan menemukan oase di tengah padang gurun yang gersang. Namun, setelah ditunggu-tunggu seraya, memerika mutasi rekening. Kerapkali berujung pada di-PHP-in. Katanya sudah ditransfer, kok belum masuk juga ya? Jangan-jangan bagian keuangannya belum memproses. Perasaan menjadi gundah gulana dan galau, tagihan sudah "mengantri" untuk dibayarkan. Namun, apa daya saldo di rekening tabungan belum bertambah. Sampai suatu hari, saya mengujungi salah bank yang ada di Mal Kota Kasablanka. Untuk melakukan pencetakan buku tabungan. Saya masuk ke bank, satpam meminta saya mengambil nomor antrian. Saya duduk dan menunggu nomor dipanggil. Tiba saat nomor antrian saya dipanggil, saya menuju petugas teller. Saya se

Mencoba Kartu Flazz BCA JakLingko, Tarif Rp5.000 Transjakarta dalam Tiga Jam

Akhirnya tersedia juga kartu Flazz BCA edisi JakLingko. Untuk yang belum tahu, sistem JakLingko memberikan tarif penggunaan Transjakarta maksimal Rp5.000 dalam tiga jam. Selain Flazz BCA sebelumnya sudah tersedia kartu JakLingko kerjasama dengan bank lainnya. Kartu JakLingko Flazz BCA Selain dapat digunakan pada bus Transjakarta, kartu JakLingko dapat digunakan pada angkot atau mikrotrans di Jakarta. Tinggal tap in dan tap out pada alat tap.  Untuk mendapatkan kartu JakLingko Flazz BCA, saya menemukannya tersedia pada vending machine. Harga kartu Flazz BCA JakLingko sebesar Rp40ribu dengan isi saldo Rp15ribu. Pembayaran dapat dilakukan dengan scan QRIS dan uang tunai. Perjalanan saya dimulai dari Kota Tangerang menuju Jakarta menggunakan bus tujuan Poris-Bundaran Senayan. Durasi perjalanan berlangsung sekitar satu jam. Saya turun di halte Gelora Bung Karno, kemudian naik bus tujuan Kota dan turun di halte Bendungan Hilir. Perjalanan berlangsung sekitar sepuluh menit. Saat tap out dike

Apa Perbedaan Tahapan dan Tahapan Expresi?

Tahapan dan Tahapan BCA keduanya produk rekening Tabungan BCA. Namun apa saja perbedaan antara Tahapan dan Tahapan Expresi? Setelah saya mencari-cari informasi dari berbagai sumber, ini dia ternyata perbedaan rekening Tahapan dan Tahapan Expresi: 1. Setoran Awal Setoran awal Tahapan BCA minimal 500 ribu (lumayan besar ya) dan Tahapan Xpresi minimal 50 ribu ( ini lebih sesuai dengan kantong). 2. Jenis Kartu ATM yang Diberikan Kartu ATM Tahapan tersedia dalam 3 (tiga) pilihan, yaitu: Silver, Gold dan Platinum. Setiap kartu berbeda limit transaksinya. Kalau Tahapan Xpresi BCA kartu ATMnya terdiri dari berbagai pilihan multidesain dan juga bisa menggunakan foto pribadi. Kan seru nih kartu ATMnya ada foto sama teman, keluarga atau pacar (abaikan yang terakhir). Saat ini baru bisa pakai desain multidesain di cabang tertentu dan My BCA. Kalau pakai kartu ATM Tahapan Xpresi pernah mau pakai bayar di kasir supermarket dan kartunya ditolak. Katanya sih desain kartunya kok beda, setela