Langsung ke konten utama

Menelusuri Terowongan MRT Jakarta di Setiabudi

Mass Rapid Transit (MRT) menjadi alteratif bagi masyarakat yang berkegiatan di Jakarta. MRT menjadi transportasi dengan tujuan agar, pengguna kendaraan pribadi berpindah menggunakan kendaraan umum.

Memang sudah ada KRL Commuter Line dan Transjakarta, namun semakin tingginya produktivitas masyarakat kebutuhan untuk berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya menjadi hal penting.

Saya berkesempatan untuk mengujungi area pengerjaan proyek MRT Jakarta di daerah Setiabudi. Untuk menuju area proyek, saya dan rekan-rekan lainnya dipandu staf MRT Jakarta menyebrang dari Mid Plaza menuju ke tengah jalan area proyek. Melewati pos penjagaan dan berjalan menuju tangga ke terowongan bawah tanah MRT.


Dengan menggunakan sepatu sneaker, helm dan jaket proyek saya menuruni tangga demi tangga. Sampailah kami di area proyek. Selama 24 jam pekerja-pekerja, giat menyelesaikan berbagai bagian.



Saat berjalan berkeliling, saya mengamati pekerja yang sedang melakukan penjelasan. Percikan api tampak saat pekerja mengelas, tentunya  pekerja dengan lengkap menggunakan perlengkapan keselamatan kerja. Proses pengeboran menggunakan Bor Antareja, hampir selesai dilakukan di Stasiun MRT Setiabudi.


Kami menelusuri terowongan seraya diberikan penjelasan tentang MRT. Saat ini sedang berlangsung pengerjaan MRT fase pertama, Lebak Bulus-Bundaran Hotel Indonesia. Diperkirakan prosea pengerjaan akan selesai pada akhir 2018 dan mulai beroperasi secara komersial. Sayapun tak sabar menantikan MRT Jakarta resmi beroperasi.



Dalam sekali angkut MRT Jakarta bisa membawa 1.200 orang. Satu rangkaian akan memiliki enak kereta, satu kereta dalam membawa 200 orang. Setiap lima menit rangkaian kereta akan berhenti di tiap-tiap stasiun MRT. Jadi tak perlu berebut untuk masuk saat penuh, tinggal menunggu rangkaian kereta berikutnya.


Total kereta yang tersedia sebanyak 16 kereta: 14 kereta dioperasikan dan 2 kereta cadangan. Crossing arah kereta akan berlangsung di Stasiun Bundaran Senayan. Titik integrasi MRT dengan LRT, Commuter Line, dan Transjakarta bisa dilakukan di Stasiun Dukuh Atas.



Mekanismenya tarif integrasi masih dalam tahap perundingan. Termasuk juga tarif MRT, tiga bulan sebelum resmi beroperasi komersial baru akan diumumkan. Selain itu juga rencananya akan diberlakukan satu kartu yang digagas Pemprov DKI Jakarta. Bernama "Jakarta One" dari Bank BPD DKI sebagai alat pembayaran di berbagai moda transportasi, termasuk MRT Jakarta.


Upaya mengajak masyarakat beralih dari kendaraan pribadi ke kendaraan umum dilakukan pemerintah, termasuk lewat pembangunan MRT Jakarta. Dimulai dari fase pertama dan memiliki akses integrasi dengan moda transportasi umum lainnya.

Saya dan rekan-rekan lainnya jadi memahami, betapa panjangnya proses pelaksanaan proyek MRT Jakarta. Sehingga fasilitas transportasi umum perlu bersama-sama dijaga oleh masyarakat.


Mulai dari lingkungan seputar transportasi publik, perilaku pengguna kendaraan umum, hingga penggunaan transportasi perlu dijaga dan diubah agar Jakarta menjadi lebih baik.

Komentar

  1. ih ini seru banget bisa liat terowongan mrt :|
    tiap hari lewat sini. kupikir tadinya itu restricted area O_O

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Transfer Berbeda Bank, Tak Kunjung Sampai? Bisa Jadi Ini Penyebabnya

Proses transfer berbeda bank berapa lama ya? Pertanyaan yang kerap kali ditanyakan kepada saya. Terlebih bagi freelancer termasuk saya, momen menunggu pembayaran dari pemberi kerja adalah momen menegangkan. Kabar dari bagian keuangan perihal dimulai proses pembayaran, bagaikan menemukan oase di tengah padang gurun yang gersang. Namun, setelah ditunggu-tunggu seraya, memerika mutasi rekening. Kerapkali berujung pada di-PHP-in. Katanya sudah ditransfer, kok belum masuk juga ya? Jangan-jangan bagian keuangannya belum memproses. Perasaan menjadi gundah gulana dan galau, tagihan sudah "mengantri" untuk dibayarkan. Namun, apa daya saldo di rekening tabungan belum bertambah. Sampai suatu hari, saya mengujungi salah bank yang ada di Mal Kota Kasablanka. Untuk melakukan pencetakan buku tabungan. Saya masuk ke bank, satpam meminta saya mengambil nomor antrian. Saya duduk dan menunggu nomor dipanggil. Tiba saat nomor antrian saya dipanggil, saya menuju petugas teller. Saya se

Mencoba Kartu Flazz BCA JakLingko, Tarif Rp5.000 Transjakarta dalam Tiga Jam

Akhirnya tersedia juga kartu Flazz BCA edisi JakLingko. Untuk yang belum tahu, sistem JakLingko memberikan tarif penggunaan Transjakarta maksimal Rp5.000 dalam tiga jam. Selain Flazz BCA sebelumnya sudah tersedia kartu JakLingko kerjasama dengan bank lainnya. Kartu JakLingko Flazz BCA Selain dapat digunakan pada bus Transjakarta, kartu JakLingko dapat digunakan pada angkot atau mikrotrans di Jakarta. Tinggal tap in dan tap out pada alat tap.  Untuk mendapatkan kartu JakLingko Flazz BCA, saya menemukannya tersedia pada vending machine. Harga kartu Flazz BCA JakLingko sebesar Rp40ribu dengan isi saldo Rp15ribu. Pembayaran dapat dilakukan dengan scan QRIS dan uang tunai. Perjalanan saya dimulai dari Kota Tangerang menuju Jakarta menggunakan bus tujuan Poris-Bundaran Senayan. Durasi perjalanan berlangsung sekitar satu jam. Saya turun di halte Gelora Bung Karno, kemudian naik bus tujuan Kota dan turun di halte Bendungan Hilir. Perjalanan berlangsung sekitar sepuluh menit. Saat tap out dike

Apa Perbedaan Tahapan dan Tahapan Expresi?

Tahapan dan Tahapan BCA keduanya produk rekening Tabungan BCA. Namun apa saja perbedaan antara Tahapan dan Tahapan Expresi? Setelah saya mencari-cari informasi dari berbagai sumber, ini dia ternyata perbedaan rekening Tahapan dan Tahapan Expresi: 1. Setoran Awal Setoran awal Tahapan BCA minimal 500 ribu (lumayan besar ya) dan Tahapan Xpresi minimal 50 ribu ( ini lebih sesuai dengan kantong). 2. Jenis Kartu ATM yang Diberikan Kartu ATM Tahapan tersedia dalam 3 (tiga) pilihan, yaitu: Silver, Gold dan Platinum. Setiap kartu berbeda limit transaksinya. Kalau Tahapan Xpresi BCA kartu ATMnya terdiri dari berbagai pilihan multidesain dan juga bisa menggunakan foto pribadi. Kan seru nih kartu ATMnya ada foto sama teman, keluarga atau pacar (abaikan yang terakhir). Saat ini baru bisa pakai desain multidesain di cabang tertentu dan My BCA. Kalau pakai kartu ATM Tahapan Xpresi pernah mau pakai bayar di kasir supermarket dan kartunya ditolak. Katanya sih desain kartunya kok beda, setela