Langsung ke konten utama

Kenali Potensi MLM Syariah di Indonesia

Pada bulan Ramadan kali ini, saya berkesempatan mengenal lebih dalam tentang ekonomi syariah, khusunya tentang MLM Syariah. Hah? MLM pasti banyak di antara orang-orang yang agak anti dengan MLM. Sayapun awalnya agak ragu untuk mengenal MLM Syariah, tapi saya pikir tak ada salahnya mencoba. Sampai datanglah kesempatan saya berkesempatan datang ke acara Ramadan Festival 1438 H. Ada sesi acara seminar tentang MLM Syariah.


Pastinya saat mendengar kata "K-Link" pasti akan teringat salah satu produk unggulannya, yaitu: klorofil. Ternyata K-Link tidak hanya menjual klorofil saja, ada 180 jenis produk yang dijual oleh K-Link. Penjualangan produk-produk K-Link menggunakan cara penjualan langsung lewat agen MLM. Ternyata selain K-Link sebagai MLM Syariah.

Acara Ramadan Festival 1438 H digelar di Ballroom K-Link Tower, ada berbagai kegiatan yang menarik. Mulai dari bazzar, demo masak, tutorial hijab lebaran, dan seminar tentang MLM Syariah bisa diikuti. Saat saya datang kami diajak berkeliling beberapa area di kantor K-Link, mulai dari area lobi gedung. Pada dinding-dinding lobi gedung terdapat Hand of Fame, terdapat foto dan jejak telapak tangan agen MLM dengan prestasi mencapai target penjualan K-Link.


Masuk ke area lebih dalam lobi K-Link Tower terdapat area toko, banyak sekali barang yang dijual oleh K-Link ada 180 jenis barang yang dijual. Mulai dari K-Liquid Chlorophyll, makanan dan miniman kesehatan, pemelihara kesehatan, perawatan tubuh, dan produk penunjang lainnya.


Terdapat juga area lounge untuk para agen K-Link, ruangan customer service, dan ruangan konsultasi dengan dokter. Sehingga anggota K-Link bisa meminta saran produk yang baiknya direkomendasikan pada pembeli produk K-Link.


Selanjutnya kami dibawa berkeliling menuju area rooftop dan ruangan meeting yang ada di K-Link Tower, banyak ruangan meeting yang tersedia dan bisa digunakan para agen K-Link. Selain itu juga K-Link punya perhatian khusus dengan perempuan, ada Ladies Beauty Club (LBC) dengan fasilitas House Beauty yang didedikasikan khusus untuk perempuan yang menjadi agen K-Link. Sejak September 2013 K-Link dibentuk dan beranggotakan perempuan anggota K-Link.


Berlanjutlah kami ke ruangan di mana para anggota K-Link "Top Member" sedang berkumpul untuk saling berbagi. Anggota K-Link yang hadir berasal dari berbagai daerah di Indonesia hingga ke Indonesia Timur, bahkan ada anggota K-Link yang berasal dari Timor Leste. Aura yang saya rasakan adalah orang-orang yang positif dan percaya diri untuk mencapai target.



Tibalah ke sesi yang paling dinantikan, seminar MLM Syariah tentang K-Link Syariah. K-Link mendapatkan sertifikat PLBS dan DSN MUI sejak tahun 2010, kini K-Link Syariah menjadi MLM Syariah yang bertahan paling lama. K-Link tiga kali berturut-turut pada 2010, 2013, dan 2017 mendapatkan sertifikat syariah DSN MUI.



K-Link memiliki Dewan Pengawas Nasional yang kompeten dan aktif di kantor K-Link, posisi DPS memiliki hubungan horizontal dengan presiden direktur. K-Link berhasil mememuhi 12 kriteria MLM Syariah sesuai prinsip syariah.


Ada tiga Dewan Pengawas Syariah di K-Link, yaitu:
-Prof. Dr. Jaih Mubarak SH, MH
-Iing Solihin Norgiena SE, MA
-HM Sofwan Jauhari, Lc, M.Ag.ASPM

K-Link Syariah memiliki potensi yang besar untuk digali, MLM syariah menjadi salah satu bagian dari perekonomian syariah. Perekonomian syariah mulai dikenal dengan berkembangnya bank syariah, kini sudah sampai pada berkembangnya MLM Syariah. K-Link memiliki marketing plan yang sesuai dengan kepatuhan pada prinsip syariah dan regulasi pemerintah. K-Link anti money game, anggota K-Link menjual produk yang memiliki manfaat yang teruji.


Sudah hadir juga Presiden Direktur K-Link Indonesia, Dato DR.H.MD. Radzi Saleh yang berbagi kisah membangun K-Link sejak tahun 2002 berawal dari ruko di kawasan Mangga Dua hingga kini memiliki kantor di K-Link Tower. Pesan dari Dato DR.H.MD. Radzi Saleh agar dalam menjalankan bisnis, jangan ada keraguan. Berkat prinsip itulah K-Link bisa terus berkembang di Indonesia, jadi tak perlu ragu lagi dengan MLM Syariah khususnya K-Link.

Komentar

  1. Paling kenal sama K-Liquid Chlorophyll karena orang tua sempat pakai. Wah ternyata produknya cukup banyak dan beragam ya

    BalasHapus
  2. K-Link ini selalu mengingatkan aku sama klorofil. Soalnya kayanya itu produk unggulannya di awal-awal melejit ya.
    Aku baru mengerti kenapa K-Link berani menyatakan dirinya sebagai MLM Syraiah. Bagus juga.

    BalasHapus
  3. Dulu saya pernah kerja di perusahaan jasa pembuatan website program MLM dan kenal juga beberapa top member k-link di Jogja .. perusahaan MLM ini termasuk yg awet dan bertahan lama karena memang sistem M nya yang bagus dan tidak akan merugikan member Krn memiliki produk yang bagus juga.

    Ternyata sekarang ada MLM Syariah juga ya. Bagus ini berarti yg ikut dan memasarkannya akan berusaha utk bekerja dengan baik

    BalasHapus
  4. Baru tau kalau K-Link itu MLM Syariah ya?
    Dulu sepupuu ikutan, gak tau sekarang sih Produk yg terkenal emang klorofilnya itu, katanya sangat bagus buat kesehatan. Cukup lama juga ya MLM ini eksisnya :D
    TFS

    BalasHapus
  5. wew, keren ya. ada MLM yang syariah. saya baru tahu.

    tapi kok saya nggak pernah melihat produk k-link ada di depan mata saya ya? maksudnya: nggak pernah liat temen-temen kampus bawa produk k-link. ah, jember jauh dari ibukota siiih wkwkwk

    BalasHapus
  6. Saya belum pernah coba langsung produknya sih, tapi pernah dengar tentang klorofil itu. Ternyata ada ratusan produk lain di bawah k-link ya. Pun saya baru ngeh kalau sistem penjualannya MLM Syariah.

    BalasHapus
  7. sering sih dengan tentang MLM K-Link, tapi nggak pernah bersinggungan langsung. jadi nggak tau modelnya gimana. ternyata ada yang berbasis syariah ya.

    BalasHapus
  8. baru tahu MLM syariah

    baru tau juga MLM K-Link, belum pernah coba produknya, hehehe

    BalasHapus
  9. MLM Syariah K-Link, baru denger ini deh. Skrg apa2 yg syariah mulai dilirik. Saya yakin peminatnya banyak, apalagi saat produk dan progamnya bagus

    BalasHapus
  10. Blm coba produk K-link. Baru tahu jg kalau MLM ini syariah

    BalasHapus
  11. K-link identik bgt sm chlorophylnya, dulu pernah beli.
    Wah k-link mengerti betul pangsa pasar diindonesia dgn masyarakat mayoritas muslim, pasti bnyak yg berminat dgn mlm syariah.

    BalasHapus
  12. Saya baru tahu kalau k-link itu mlm syariah, mlm ini salah satu favorit soalnya khasiatnya tuh semacam nyata banget. Selain k-link, mlm yang aku suka itu Oriflame. keren banget ya k-link syariah, sesuai lah sama orang indonesia yang mayoritas beragama Islam.

    BalasHapus
  13. mlm ini sebenernya salah satu solusi ibu ibu seperti saya yg pengangguran tp mau mencari penghasilan sendiri tanpa meninggalkan rumah. Cuma itu terbentur dgn skemanya yang kurang sesuai dgn agama kepercayaan yg saya anut.

    Tpi kalau sistemnya sudah diubah dan diusahakan posisi teratas tidak sekedar menikmati kerjakeras downlinenya wah ini patut di apresiasi.

    BalasHapus
  14. dulu pernah punya teman yang member KLink tapi sayanya ga tertarik MLMan dari dulu jadi ga ngenal jauh. Ternyata ada juga ya unit syariahnya. wah harus belajr banyak lagi nih ttg KLink. Seru ya Koh acaranya...

    BalasHapus
  15. Paling suka sama program Ladies Beauty Club-nya. Sayang banget pas di House of Beauty gak kebagian masuk karena penuh heu. Padahal kalo liat fotonya, cantik gitu. Kan... kuingin menjadikannya begron foto instagram. Eh. Hahaha.

    BalasHapus
  16. Aku kudet banget deeh...
    MLM ada yang syariah gini.

    Semoga makin menebar manfaat untuk umat.
    Aamiin.

    BalasHapus
  17. Aku baru tahu ada KLink Syariah.
    Keren yak. Dulu waktu aku ditawrin gabung MLm ogah banget gegara upline tinggal ongkang-ongkang kaki menikmati hasil kerja downline. Nyebelin gitu rasanya. 😂😂😂

    BalasHapus
  18. Wiwww..... aku baru tahu ada MLM syariah. ini luar biasa untuk mengakomodir penduduk Indonesia yang mayoritas muslim. keren nih

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Transfer Berbeda Bank, Tak Kunjung Sampai? Bisa Jadi Ini Penyebabnya

Proses transfer berbeda bank berapa lama ya? Pertanyaan yang kerap kali ditanyakan kepada saya. Terlebih bagi freelancer termasuk saya, momen menunggu pembayaran dari pemberi kerja adalah momen menegangkan. Kabar dari bagian keuangan perihal dimulai proses pembayaran, bagaikan menemukan oase di tengah padang gurun yang gersang. Namun, setelah ditunggu-tunggu seraya, memerika mutasi rekening. Kerapkali berujung pada di-PHP-in. Katanya sudah ditransfer, kok belum masuk juga ya? Jangan-jangan bagian keuangannya belum memproses. Perasaan menjadi gundah gulana dan galau, tagihan sudah "mengantri" untuk dibayarkan. Namun, apa daya saldo di rekening tabungan belum bertambah. Sampai suatu hari, saya mengujungi salah bank yang ada di Mal Kota Kasablanka. Untuk melakukan pencetakan buku tabungan. Saya masuk ke bank, satpam meminta saya mengambil nomor antrian. Saya duduk dan menunggu nomor dipanggil. Tiba saat nomor antrian saya dipanggil, saya menuju petugas teller. Saya se

Mencoba Kartu Flazz BCA JakLingko, Tarif Rp5.000 Transjakarta dalam Tiga Jam

Akhirnya tersedia juga kartu Flazz BCA edisi JakLingko. Untuk yang belum tahu, sistem JakLingko memberikan tarif penggunaan Transjakarta maksimal Rp5.000 dalam tiga jam. Selain Flazz BCA sebelumnya sudah tersedia kartu JakLingko kerjasama dengan bank lainnya. Kartu JakLingko Flazz BCA Selain dapat digunakan pada bus Transjakarta, kartu JakLingko dapat digunakan pada angkot atau mikrotrans di Jakarta. Tinggal tap in dan tap out pada alat tap.  Untuk mendapatkan kartu JakLingko Flazz BCA, saya menemukannya tersedia pada vending machine. Harga kartu Flazz BCA JakLingko sebesar Rp40ribu dengan isi saldo Rp15ribu. Pembayaran dapat dilakukan dengan scan QRIS dan uang tunai. Perjalanan saya dimulai dari Kota Tangerang menuju Jakarta menggunakan bus tujuan Poris-Bundaran Senayan. Durasi perjalanan berlangsung sekitar satu jam. Saya turun di halte Gelora Bung Karno, kemudian naik bus tujuan Kota dan turun di halte Bendungan Hilir. Perjalanan berlangsung sekitar sepuluh menit. Saat tap out dike

Apa Perbedaan Tahapan dan Tahapan Expresi?

Tahapan dan Tahapan BCA keduanya produk rekening Tabungan BCA. Namun apa saja perbedaan antara Tahapan dan Tahapan Expresi? Setelah saya mencari-cari informasi dari berbagai sumber, ini dia ternyata perbedaan rekening Tahapan dan Tahapan Expresi: 1. Setoran Awal Setoran awal Tahapan BCA minimal 500 ribu (lumayan besar ya) dan Tahapan Xpresi minimal 50 ribu ( ini lebih sesuai dengan kantong). 2. Jenis Kartu ATM yang Diberikan Kartu ATM Tahapan tersedia dalam 3 (tiga) pilihan, yaitu: Silver, Gold dan Platinum. Setiap kartu berbeda limit transaksinya. Kalau Tahapan Xpresi BCA kartu ATMnya terdiri dari berbagai pilihan multidesain dan juga bisa menggunakan foto pribadi. Kan seru nih kartu ATMnya ada foto sama teman, keluarga atau pacar (abaikan yang terakhir). Saat ini baru bisa pakai desain multidesain di cabang tertentu dan My BCA. Kalau pakai kartu ATM Tahapan Xpresi pernah mau pakai bayar di kasir supermarket dan kartunya ditolak. Katanya sih desain kartunya kok beda, setela