Senin, 05 Juni 2017

Pengalaman Bayar Iuran BPJS Kesehatan di ATM BCA

Membayar iuran BPJS Kesehatan, salah satu budget yang dipersiapkan setiap bulannya. Apalagi dengan iuran keanggotaan BPJS Kesehatan, masyarakat bisa mendapatkan layanan kesehatan sesuai program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Manfaat yang didapatkan saat terasa saat kita sakit, iuran yang dibayarkanpun tidak besar. Kini pembayaran iuran BPJS Kesehatan, bisa dilakukan di ATM BCA. Setelah sebelumnya pembayaran hanya bisa dilakukan di bank BUMN.


Sejak 20 Juni 2016 BPJS Kesehatan sudah bekerjasama dengan Bank BCA, pembayaran iuran BPJS Kesehatan bisa dilakukan lewat autodebet kartu kredit. Kini pembayaran iuran BPJS Kesehatan, sudah bisa juga dilakukan lewat channel ATM BCA. Cara melakukan pembayaran iuran BPJS Kesehatan di ATM BCA sangat mudah, berikut ini langkah demi lengkahnya: 

1. Masukan kartu ATM dan PIN



2. Pilih menu Transaksi Lainnya



3. Pilih menu Pembayaran



4. Pilih menu Layar Berikut



5. Pilih menu BPJS



6. Pilih menu Kesehatan


7. Masukan nomor bayar sesuai yang tertera pada kartu anggota BPJS Kesehatan, bukan nomor virtual akun. Contohnya: 0001830xxxxxx



8. Akan tampil rincian dan konfirmasi pembayaran. Pembayaran iuran BPJS Kesehatan di channel ATM BCA dikenakan biaya admin 2.500. Jika sudah benar, lakukan konfirmasi dengan menekan menu Ya.


9. Transaksi akan diproses dan tunggu hingga prosesnya selesai.



10. Jika proses pembayaran berhasil, maka struk ATM akan keluar sebagai bukti pembayaran iuran BPJS Kesehatan




Kini pembayaran iuran BPJS Kesehatan semakin mudah dilakukan di ATM BCA. Namun, awalnya akan membingungkan karena ada perbedaan:

-Biasanya membayar di ATM bank BUMN kita diminta memasukan nomor virtual account (VA), pada ATM BCA diminta memasukan nomor kartu.

-Selain itu juga dikenakan biaya administrasi tambahan sebesar Rp 2.500 pembayaran melalui ATM BCA.

Catatan: Penulis sebagai pihak yang tidak sedang terafiliasi dengan BCA dan BPJS Kesehatan. Tulisan dibuat berdasarkan pengalaman pribadi, mungkin saja bisa berbeda dengan pengalaman orang lain. 

20 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa difotokopi atau difoto juga, sehingga tetap bisa terbaca.

      Hapus
  2. Aku gak pake BPJS.
    Tapi layanan kemudahan pembayaran ini cukup membantu.

    Alhamdulillah...

    BalasHapus
  3. Bayar BPJS bisa lebih mudah ya... saya juga suka bayarnya lewat ATM, tapi bank lainnya, Koh :)

    BalasHapus
  4. Dulu sih BPjs bayar sendiri langsung ke ATM kadang suka lupa. Untung blm telat. Tapi sekarang lbh gampang karena BPJS ku dah dibayarin ama kantor. Cmiww

    BalasHapus
  5. Wah makasih infonya mas. Bisa nih kalau kapan2 kelupaan bayar, bisa langsung cus ke ATM BCA terdekat. Yg deket ATM BCA doank soalnya, tingal koprol hihihi

    BalasHapus
  6. Terima kasih koh gio informasinya, saya suka pakai bca, belanja, beli pulsa, transfer uang dll selalu pakai bca. Eh kebetulan bisa bayar bpjs pula. . hmmm makin lengkap aja

    BalasHapus
  7. Baiklah, ini (nanti) bermanfaat. Nunggu bikin BPJS dulu deh. Skrg masih lum punya, lum urus-urus. Maklum aneh masih freelancer :D :D

    BalasHapus
  8. Asik dong ya, gak perlu ribet lagi jika ingin membayar iuran BPJS. Eh tapi iuran BPJS ku langsung dipotong dari gaji suamik sih, hahaha

    BalasHapus
  9. Kaya bayar belanja online dg virtual akun sih. Enggak ribet ternyata

    Biasanya sih langsung potong gaji, entah brapa adminnya

    BalasHapus
  10. Ah itu langsung ada pilihan bpjs kesehatan atau ketenagakerjaan ya

    BalasHapus
  11. Enak ya sekarang udah lebih mudah dengan adanya sistem pembayaran kayak gini. Sebagai orang yang males ribet, ini mah bakal jadi pilihan aku banget hahaha

    BalasHapus
  12. Wah, pake internet banking juga bisa ya ? Semua semakin mudah ya sekarang nggak ada alasan malas terus nunggak bayaran

    BalasHapus
  13. wahh mantebb nih.. saya dari dl bayar bpjs masih pake BRI mas..
    kalau ada BCA gini kan enak... tapi ternyata sudah bisa dari tahun 2016 ya dan saya baru tau sekarang mas #doh

    BalasHapus
  14. lebih mudah ya sekarang koh, Jadi ga ada alasan lagi buat telat bayar dan kena denda. Suami biasa bayar pake atm juga yg buat ortu.

    BalasHapus
  15. Sekarang sangatlah praktis ya membayar semua kebutuhan serba menggunakan ATM saja sudah bisa selesai permasalahan pembayaran iuran tagihan kewajiban yang harus kita bayar

    BalasHapus
  16. Akhirnya BCA udah bisa bayar MPJS. kemaren kemaren selalu bayar VIA kantor Pos sekalian listrik ama air. semua semakin mdah dan menyenangkan!

    BalasHapus
  17. pas banget aku pakainya rekening BCA. sekarang apa-apa udah gampang ya. Bayar BPJS pun udah bisa dari BCA. eh, audtodebet bisa nggak ya?!

    BalasHapus
  18. Salam

    Saya ingin tanyakan mengenai pembayaran BPJS Kesehatan melalui Klik BCA Bisnis bagaimana caranya yah?

    Karena yang saya ingin bayarkan adalah BPJS Kesehatan Badan Usaha.

    Dipilihan Klik BCA Bisnis tertera harus memasukan no VA Badan Usaha, tetapi yang saya miliki selama ini adalah untuk VA Mandiri, BNI dan BRI.

    Apakah untuk BCA ada perbedaan No VA atau sama dengan bank lainnya?

    Mohon penjelasannya yah, terima kasih

    BalasHapus