Langsung ke konten utama

Memiliki Mobil Tak Sekedar Angan, Kenali Cara Cerdas Pilih Mobil Impian

Tak terasa saat ini kita sudah ada di penghujung tahun 2017, dua belas bulan berlalu. Banyak pencapaian yang sudah diraih, tetapi ada yang belum tercapai ? Masih ada waktu untuk meraiah setiap impian di tahun ini. Ada momen pada akhir tahun yang dinantikan,  yaitu: Bonus Tahunan. Bonus tahunan merupakan penghasilan yang didapatkan di luar penghasilan rutin setiap bulan, sehingga masuk ke dalam penghasilan tahunan. Bagaimana cara bijak menggunakan penghasilan tahunan?



Bijak Menggunakan Penghasilan Tahunan

Menurut Financial Planner, Bu Ghita Argasasmita kita perlu bijak dalam menggunakan bonus tahunan dan mengatur cashflow untuk hal-hal tertentu yang penting, seperti:

Pertama, membayar pajak bangunan dan kendaraan, memang jatuh temponya masih lama. Namun, perlu uang untuk membayar pajak perlu dipersiapkan sejak saat ini.

Kedua, membayar utang, bagi yang memiliki utang khusunya kartu kredit dan utang lainnya bisa dilunasi dengan penghasilan tahunan.

Ketiga, Membeli aset, salah satunya kendaraan impian. Pada akhir tahun biasanya bersama keluarga berencana untuk liburan. Salah satu pilihan kendaraan untuk bepergian adalah mobil, membeli mobil dengan baik secara kredit/cash dengan penghasilan tahunan.

Keuntungan dan Potensi Risiko Membeli Mobil Bekas

Setiap orang pastinya memiliki impian untuk memiliki mobil impian dengan berbagai jenis sesuai kebutuhan dan keinginan, lalu kapan bagaimana cara mewujudkan keinginan memiliki mobil impian? Namun, seringkali keterbatasan dana menjadi tantangan dalam keinginan mewujudkan kendaraan impian. Salah satu solusinya memiliki mobil impian dengan dana terbatas adalah membeli mobil bekas, ada juga beberapa keuntungan membeli mobil bekas dibandingkan mobil baru.

-Pertama, biaya pajak kendaraan premi asuransi yang dibayarkan lebih rendah karena mengikuti tahun saat awal pembelian.

-Kedua, nilai penyusutan aset mobil relatif lebih rendah. Biasanya penyusutan nilai terjadi paling besar di tahun pertama dan kedua. Pada tahun tertentu nilai mobil akan tetap dan tidak mengalami penurunan nilai lagi.

Dengan adanya beberapa keunggulan membeli mobil bekas, patut untuk dipertimbangkan membeli mobil bekas. Namun, ada beberapa risiko yang bisa terjadi pada saat membeli mobil bekas. Sehingga perlu cerdas dalam memilih tempat membeli mobil bekas terpercaya.
Membeli Mp

Layanan Prima Purna Jual Mobil 88 Astra

Pak Halomoan Ficher, Chief Operation Officer Mobil 88 Astra menjelaskan bahwa mobil saat ini tak sekedar menjadi alat transportasi, tetapi juga mendukung aktivitas harian dan memiliki nilai prestige (gaya) bagi seseorang. Salah satu langkah mewujudkan impian solusi memiliki mobil impian dengan memilih mobil bekas. Namun, perlu teliti dalam membeli mobil bekas karena ada risiko terjadinya penipuan dan mobil yang kurang berkualitas sehingga bermasalah saat digunakan.


Mobil 88 Astra memastikan bahwa mobil bekas yang dijual masih memiliki kualitas yang baik, tahun maksimal mobil bekas yang tersedia adalah keluaran 2010 yang didukung oleh layanan purna jual yang prima. Mobil yang tersedia di Mobil 88 bukan bekas tabrakan, bekas banjir, ataupun memiliki masalah hukum atas kepemilikan mobil bekas.

Layanan prima Mobil 88 Astra dibuktikan saat terjadi suatu kasus tak terduga, saat konsumen yang mobilnya pernah disita KPK setelah dua tahun dibeli karena mobil tersebut pernah dimiliki terduga kasus pencucian uang. Mobil 88 Astra selalu setia membantu, membeli kembali mobil tersebut, menggantinya dengan mobil lainnya dan melakukan pendampingan hukum sehingga konsumen terbantu. Layanan tersebut belum tentu bisa didapatkan di tempat lainnya.

Jika mobil yang dibeli di Mobil 88 Astra mengalami masalah, tenang saja layanan Emergency Roadside Assitance (ERA) siap membantu dalam keadaan darurat selama 24 jam dan layanan service resmi di Auto 2000. Tidak ada keraguan membeli mobil bekas di Mobil 88 Astra dengan layanan yang prima dan lengkap.

Membeli Mobil Impian Secara Tunai atau Kredit?

Setelah mengetahui keunggulan dan tempat membeli mobil bekas terpercaya di Mobil 88 Astra, lebih baik membeli secara tunai atau kredit ya? Saran dari Bu Ghita Argasasmita, maksimal rasio cicilan adalah 30% sehingga pastikan memiliki kemampuan untuk membyara cicilan. Jika memilih secara tunai, tetapi memiliki dana terbatas bisa dilakukan dengan "menabung" di Reksa Dana Pasar Uang selama kurun waktu tertentu. Sehingga seolah-olah budget yang bisa dialokasikan ke pembayaran cicilan menjadi "tabungan" untuk membeli mobil secara tunai.



Sehingga pilihan untuk membeli mobil impian secara tunai atau kredit disesuaikan dengan keadaan keuangan seseorang. Jika memutuskan pembelian kredit, manfaatkan penawaran spesial Year End Sale 2017  Mobil 88 Astra. Pada 15-17 Desember 2017 ada penawaran spesial dengan cashback 29 juta, Down Payment mulai dari 8 juta, dan diskon hingga 20 juta untuk pembelian mobil impian.

Komentar

  1. Wah cuma 3 hari ya promonya, harus buru buru ke Mobil88 tuk lihat mobilnya,mkch infonya

    BalasHapus
  2. Zaman sekarang mobil epertinya udah menjadi kebutuhan setiap keluarga, maklum kalau ada mobil jadi mudah ke mana-mana bareng keluarga, mesti pintar cari mobil yang tepat seuai dengan kantong keluarga ya

    BalasHapus
  3. kalau sudah punya anak, mobil jadi penting banget, apalagi di daerahku yang kendaraan umumnya susah. Situs kaya Mobil88 ini ngebantu banget buat beli mobil. Apalagi yang ga ngerti mobil sama sekali, jadi lebih tenang...

    BalasHapus
  4. Mobil sebenarnya menurutku lebih baik cash sih mengingat nilainya turun kecuali dipake untuk keperluan produktif. Btw situs mobil88 ini jadi nmenambah deretan pemain di ranah situs penjualan mobil sih, makin ketat persaingan deh

    BalasHapus
  5. sebelum punya mobil banyak banget yang harus di pertimbangin terutama pajak kendaraan dan suransi. kalo bekas harus tahu juga track record kendaraan. untung masa itu sudah berlalu, jadi sekarang udah tinggal bayar bayar aja.

    BalasHapus
  6. Uwaa, aku udah kenalan sama mobil 88 dari lama. Itu semua karena mostly mama beli mobil dan jual di sana. Terus semenjak mobil 88 sudah dibekali online website dan penjualan, jadi lebih mudah juga ngakses dan lihat mobil apa aja yang available. Tapi sayangnya aku sendiri berpikir 10 kali untuk beli mobil, karena aku mahasiswa belum punya penghasilan sendiri dan aku belum butuh punya mobil :")

    BalasHapus
  7. Untuk mobil pertama, saran saya sih lebih baik membeli mobil bekas dahulu. Karena, ketika dalam proses latihan menyetir kan terkadang ada kecerobohan dalam berkendara, misalnya nyenggol tembok dsb,

    Jika mobil baru kan jadi sayang sama mobilnya, beda sama mobil bekas wkwk
    .

    BalasHapus
  8. Aku juga mbak mobil........tapi eh tapi kayaknya untuk sekarang belum bisa beli cash hehee...kalau aku sepertinya adalah golongan yang masih menggunakan kredit hehe

    BalasHapus
  9. Wihh cashbacknya gedhe banget. Tapi promonya cum 3 hari, padahal tabungan belum kumpul. Kayaknya masih harus sabar nabung dulu, semoga kalau dah kumpul next ada promo lagi ya *ngarep banget

    BalasHapus
  10. Setuju, kita perlu bijak mengelola pendapatan tahunan. Membeli sesuatu jangan hanya sekedar keinginan, tapi dipertanyakan kebutuhannya. Seperti membeli mobil, butuh perhitungan yang matang untuk mmebeli sebuah mobil. Karena mobil merupakan aset yang nilainya semakin menyusut.

    BalasHapus
  11. Karena bkn pekerja kantoran, aku gak bakal dapat bonus akhir tahun deh

    Tapi memang kalau beli apa2, kaya mobil bekas itu hrs teliti. Suka doang sementara mesin jelek, bisa berabe

    BalasHapus
  12. Aku baru denger deh itu soal layanan ERA,siap 24 jam lagi. Kira2 layanan itu ada juga gak ya di Kaltim. Kalo ada di berbagai daerah enak banget

    BalasHapus
  13. Mobil ini salah satu wishlist, mengingat keluarga kecilku gak muat lagi naik motor berempat hahaha :P
    Memang kyknya lbh menguntungkan ya beli mobil bekas, tapi kudu beli di tempat terpercaya seperti mobil 88 ini TFS

    BalasHapus
  14. Bagusnya.. kalau mau beli mobil nabung dulu, cari sesuai kebutuhan..dan tunai..

    Karena kalo kredit harga jauh lebih mahal dan tentunya termakan riba...

    BalasHapus
  15. Membeli mobil bekas memang lebih berisiko ya seperti ditulis di atas. Tapi keuntungannya juga bisa bikin kita mikir, terutama buat yg pengin ngirit atau emang perlunya mobil bekas aja :)

    BalasHapus
  16. Walaupun mobil bekas. Mobil88 ini cukup bagus juga untuk direkomendasikan karena, harganya pun bersaing dan kualitas mobilnya sudah sangat jelas dan detail

    BalasHapus
  17. dulu waktu aku dan suami cari mobil juga sempet cari-cari di mobile 88, alhamdulillah akhirnya dapet yang cocok juga untuk di bawa pulang ke rumah hehe

    BalasHapus
  18. Aku juga lagi pengen mobil, cuma bingung...
    Bingung belinya gimana kwkwkw....

    BalasHapus
  19. Kalo koko Gio, mau belinya cash atau tunai?

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Transfer Berbeda Bank, Tak Kunjung Sampai? Bisa Jadi Ini Penyebabnya

Proses transfer berbeda bank berapa lama ya? Pertanyaan yang kerap kali ditanyakan kepada saya. Terlebih bagi freelancer termasuk saya, momen menunggu pembayaran dari pemberi kerja adalah momen menegangkan. Kabar dari bagian keuangan perihal dimulai proses pembayaran, bagaikan menemukan oase di tengah padang gurun yang gersang. Namun, setelah ditunggu-tunggu seraya, memerika mutasi rekening. Kerapkali berujung pada di-PHP-in. Katanya sudah ditransfer, kok belum masuk juga ya? Jangan-jangan bagian keuangannya belum memproses. Perasaan menjadi gundah gulana dan galau, tagihan sudah "mengantri" untuk dibayarkan. Namun, apa daya saldo di rekening tabungan belum bertambah. Sampai suatu hari, saya mengujungi salah bank yang ada di Mal Kota Kasablanka. Untuk melakukan pencetakan buku tabungan. Saya masuk ke bank, satpam meminta saya mengambil nomor antrian. Saya duduk dan menunggu nomor dipanggil. Tiba saat nomor antrian saya dipanggil, saya menuju petugas teller. Saya se

Mencoba Kartu Flazz BCA JakLingko, Tarif Rp5.000 Transjakarta dalam Tiga Jam

Akhirnya tersedia juga kartu Flazz BCA edisi JakLingko. Untuk yang belum tahu, sistem JakLingko memberikan tarif penggunaan Transjakarta maksimal Rp5.000 dalam tiga jam. Selain Flazz BCA sebelumnya sudah tersedia kartu JakLingko kerjasama dengan bank lainnya. Kartu JakLingko Flazz BCA Selain dapat digunakan pada bus Transjakarta, kartu JakLingko dapat digunakan pada angkot atau mikrotrans di Jakarta. Tinggal tap in dan tap out pada alat tap.  Untuk mendapatkan kartu JakLingko Flazz BCA, saya menemukannya tersedia pada vending machine. Harga kartu Flazz BCA JakLingko sebesar Rp40ribu dengan isi saldo Rp15ribu. Pembayaran dapat dilakukan dengan scan QRIS dan uang tunai. Perjalanan saya dimulai dari Kota Tangerang menuju Jakarta menggunakan bus tujuan Poris-Bundaran Senayan. Durasi perjalanan berlangsung sekitar satu jam. Saya turun di halte Gelora Bung Karno, kemudian naik bus tujuan Kota dan turun di halte Bendungan Hilir. Perjalanan berlangsung sekitar sepuluh menit. Saat tap out dike

Apa Perbedaan Tahapan dan Tahapan Expresi?

Tahapan dan Tahapan BCA keduanya produk rekening Tabungan BCA. Namun apa saja perbedaan antara Tahapan dan Tahapan Expresi? Setelah saya mencari-cari informasi dari berbagai sumber, ini dia ternyata perbedaan rekening Tahapan dan Tahapan Expresi: 1. Setoran Awal Setoran awal Tahapan BCA minimal 500 ribu (lumayan besar ya) dan Tahapan Xpresi minimal 50 ribu ( ini lebih sesuai dengan kantong). 2. Jenis Kartu ATM yang Diberikan Kartu ATM Tahapan tersedia dalam 3 (tiga) pilihan, yaitu: Silver, Gold dan Platinum. Setiap kartu berbeda limit transaksinya. Kalau Tahapan Xpresi BCA kartu ATMnya terdiri dari berbagai pilihan multidesain dan juga bisa menggunakan foto pribadi. Kan seru nih kartu ATMnya ada foto sama teman, keluarga atau pacar (abaikan yang terakhir). Saat ini baru bisa pakai desain multidesain di cabang tertentu dan My BCA. Kalau pakai kartu ATM Tahapan Xpresi pernah mau pakai bayar di kasir supermarket dan kartunya ditolak. Katanya sih desain kartunya kok beda, setela