Kamis, 22 Maret 2018

Mudahkan Interaksi Nasabah Generasi Milenial, Bank Mandiri Hadirkan Layanan MITA

Bank Mandiri terus berinovasi untuk meningkatkan kualitas layanan kepada nasabah.Salah satunya dengan memperbarui tampilan website dan dan menambahkan fitur pada website Bank Mandiri dengan nama #SaatnyaTanyaMITA layanan Mandiri Intelligence Assistant (MITA).

Bu Lila Noya selaku Group Head Customer Care Bank Mandiri. Bu Lila Noya menjelaskan bahwa layanan MITA adalah sebuah layanan customer service virtual sebagai bentuk peningkatan layanan terhadap nasabah Bank Mandiri dengan teknologi chatbot.

MITA adalah layanan chatbot yang berperan sebagai customer service virtual yang dapat melayani nasabah selama 7x24 jam. Pada saat ini MITA  membantu memberikan informasi tentang produk dan layanan Bank Mandiri, selain itu juga akan membantu proses pemblokiran kartu ATM.



Dalam perubahan dan penyegaran tampilan website Bank Mandiri dan layanan MITA Mandiri diperkenalkan pada Senin, 19 Maret 2018 di Plaza Mandiri, Jakarta Selatan. Dihadiri juga oleh pak Ogi Prastomiyono selaku Direktur Operations Bank Mandiri  dan pak Rico Usthavia Frans, selaku Direktur Digital Banking & Technology Bank Mandiri.

Pak Ogi Prastomiyono menyampaikan bahwa layanan MITA merupakan salah satu langkah transformasi dan inovasi digital Bank Mandiri dalam memberikan layanan yang lebih mudah, lebih baik, dan berorientasi pada nasabah.

Memahami Perubahan Pola Interaksi Nasabah Generasi Milenial

Terlebih saat ini Bank Mandiri memiliki sebanyak 21,9 juta nasabah tabungan dan 1,8 juta nasabah kredit hingga akhir Desember 2017. Sebesar 43% nasabah Bank Mandiri adalah generasi minenial yang serba mobile dan akses informasi dari gadget. Pada acara peluncuran MITA dan tampilan baru website Bank Mandiri, hadir juga nasabah Bank Mandiri dari universitas yang bekerjasama. Langkah ini dapat membantu Bank Mandiri memenangkan persaingan di industri keuangan.


Dikarenakan saat ini layanan yang diberikan harus dapat memudahkan akses informasi dan peningkatan pelayanan bagi nasabah. Apalagi generasi muda seperti mahasiswa yang menjadi nasabah Bank Mandiri terbiasa menggunakan platform digital. Melalui peluncuran layanan MITA sebagai chatbot customer service virtual merupakan bentuk adaptasi perseroan terhadap tren dan kebutuhan layanan contact center yang sesuai perkembangan zaman.

Berkenalan dengan MITA, Layanan Customer Service Virtual

Pada tahun 2017 interaksi nasabah dan non nasabah Bank Mandiri melalui layanan contact center digital Bank Mandiri, yakni email dan media sosial mencapai 10% dari total interaksi ke contact center dann ada peningkatan frekuensinya terjadi sekitar 40% dari tahun sebelumnya.


Dari rasio tersebut, Interaksi nasabah di layanan email dan media sosial terdiri dari permintaan informasi sebanyak 51%, permintaan bantuan 28% dan keluhan 21%. Bahkan diperkirakan ke depannya trend interaksi nasabah melalui media digital yang dimiliki Bank Mandiri akan semakin meningkat.

Kehadiran layanan MITA menjadi jawaban atas kendala yang dialami oleh nasabah kesulitasn menghubungi contact center. Pada saat staf contact center ditelepon oleh nasabahbuntuk keperluan blokir kartu ATM misalnya, lewat MITA nasabah bisa meminta blokir kartu ATM dan nantinya akan ditelepon oleh staf contavt center untuk konfirmasi pemblokiran kartu ATM. Layanan MITA hadir untuk memenuhi kebutuhan layanan contact center saat ini.

Selain memberikan informasi produk & layanan Bank Mandiri dan melayani permintaan pemblokiran kartu. Bisa juga melakukan pengecekan Mandiri Fiestapoin, rencana ke depannya MITA akan semakin banyak memberikan kemudahan layanan. Saat ini MITA masih dalam tahap untuk belajar, sehingga jika ada hal yang tidak bisa dijawab MITA masih akan dibantu juga oleh petugas contact center.

Interaksi nasabah melalui media teknologi  digital semakin diminati nasabah dan non nasabah Bank Mandiri. Seiring dengan perkembangan telepon seluler, diharapkan chatbot yang memanfaatkan metode Natural Language Processing apat mempercepat dan memudahkan interaksi nasabah dengan bank.

Untuk menggunakan Layanan MITA sangat mudah,  baik nasabah maupun non nasabah Bank Mandiri bisa menggunakannya  melalui website Bank Mandiri dan aplikasi chatting di smartphone, seperti: aplikasi LINE di akun resmi @bankmandiri, Facebook messenger di @bankmandiri, dan pada aplikasi Telegram di @bankmandiri_officialbot

Penyegaran dengan Tampilan Baru Website Bank Mandiri

Selain mengenalkan layanan chatbot MITA, Bank Mandiri juga memperkenalkan perwajahan baru website Bank Mandiri. Pak Rico Frans Ustavia menjelaskan website Bank Mandiri hadir dengan tampilan yang mobile friendly sesuai dengan profil nasabah generasi milenial. Rat-rata pengunjung website Bank Mandiri tercatat sebesar 155.000 visitor per hari.



Melalui pembaruan diharapkan adanya meningkatkan kualitas dan pola komunikasi perusahaan kepada nasabah Bank Mandiri dan regulator, sehingha terbuka juga atas ruang-ruang perbaikan lain guna mengembangkan website bank Mandiri. Sehingga langkah penyegaran tampulan website Bank Mandiri perlu untuk memudahkan masyarakat berinteraksi dan mencari informasi tentang Bank Mandiri, baik produk, layanan maupun informasi lain yang mendukung keterbukaan informasi perusahaan.

Pak Rico Usthavia Frans, Direktur Digital Banking & Technology Bank Mandiri  menjelaskan bahwa perubahan tampulan website adalah merupakan respon Bank mandiri terhadap saran dan masukan nasabah, stakeholder dan berbagai kalangan di masyarakat serta kajian internal perusahaan.

Sehingga pada 19 Maret 2018 Bank Mandiri memperkenalkan #SaatnyaTanyaMITA sebagai layanan yang juga menjadi fitur yang dapat diakses di website Bank Mandiri. Website Bank Mandiri dengan tampilan baru hadir dengan versi desktop dan versi mobile yang mudah diakses kapan pun dan di manapun.

24 komentar:

  1. Ini semacam chatbot juga kan yah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, chatbot juga nanti akan dijawab oleh robot.

      Hapus
  2. Wahh sepertinya aku harus belajar tanya MITA nih. Karena memang medsos bank mandiri biasanya di pake untuk nyari informasi doank sih. Keluhan cm kadang2

    BalasHapus
  3. Mbak MITA ini pasti akan membantu banget ya bagi para nasabah Bank Mandiri :).
    Perkembangan era digital memang menuntut semua pihak untuk ikut menyesuaikan diri dengan kebutuhan pasar.

    BalasHapus
  4. Wuih keren ada customer service virtual, soalnya suka bete ih kalau ke cs trus dapat pelayanan yang lama dan kurang memuaskan

    BalasHapus
  5. semakin deh bank mandiri ini soal pelayanan selalu di tingkatkan jadi kalau gini kadang gak perlu ke cs d bank mandiri lah ya kalau masalah general bisa ke chatbox bank mandiri aja nih

    BalasHapus
  6. Sdah lama saya berhenti jadi nasabah Mandiri, ternyata Mandiri terus berinovasi ya.

    Sepertinya harus jadi nasabahnya lagi nih karena sudah ada di sekitar tempat tinggal Saya. Dulu harus ke Kota kalau mau nabung atau terjadi sesuatu dengan ATM :)

    BalasHapus
  7. Hehehe, generasi milenial emang lebih nyaman via online, ya? Bagus banget Mandiri rekruite Mbak Mita jadi teman generasi Milenial, hehehe

    BalasHapus
  8. ini bank Mandiri kreatif juga, ada mbak Mita sekarang berarti. BTW aku belum pernah nabung di Mnadiri, kayaknya bagus ya

    BalasHapus
  9. Sekarang kalau customer mau "berkeluh kesah" lbh mudah ya krn si Mita ini hehe. Soalnya kyknya lbh praktis dan cepet ketimbang zaman dulu yg kudu datang ke CS langsung TFS

    BalasHapus
  10. Oalah jadi teh Mita ini nantinya semacam chatbot ya? Kaya di fitur OA Linenya beberapa minimarket gitu hihi

    BalasHapus
  11. Asik juga nih chat sama MITA. Skrg kalau mau nyampaiin keluhan enak pakai online sih. Kalopun nunggu krn banyak antrian, chatbot jg cukup bantu, gak sampai dikacangin krn nunggu

    BalasHapus
  12. Kreatif! Senang sekali sebagai pengguna Bank Mandiri dengan adanya MITA ini. Semakin memudahkan nasabahnya. Ingat waktu dompet hilang dan ngurus pemblokiran kartu kredit agak ribet, tapi kalau ada MITA ini bakalan dimudahkan banget.

    BalasHapus
  13. Hemm jadi sekarang mandiri sudah menggunakan chatbot ya. Inovasi yang sangat bagus banget untuk memudahkan banget untuk consumer jaman now ya koh.

    BalasHapus
  14. Ya ampun MITA hadir setelah aku gak di mandiri, kita blm kenalan. Semoga dengan adanya inovasi baru Bank Mandiri semakin dekat dengan nasabahnya, dan pelayanan nya makin terpercaya.

    BalasHapus
  15. Kalo udah ada layanan MITA jadinya segala sesuatunya bisa jadi fast respon. Bener-bener memudahkan nasabah untuk mendapatkan solusi dari setiap permasalahannya. :D

    BalasHapus
  16. Aku baru tahu ada MITA. Layanan jadi fast respon yaaa, jadi gak riweh nelp ke call centet yang dipingpong sana sini. Semoga semakin kece ya bank Mandiri

    BalasHapus
  17. wah keren yah.. padahal layanan virtual selain memberikan informasi-informasi yang dibutuhkan customer sekaligus bisa blokir kartu atm juga, lama2 tenaga manusia mulai tergeser teknologi ya

    BalasHapus
  18. Ini sama layanan bank sebelah yang via LINE apa beda? Seru banget inovasinya.

    BalasHapus
  19. Koko Gio kurusan? Hehe... wah skrg ada MITA bank mandiri makin keren nih. Ga rugi jd nasabahnya sampai saat ini.

    BalasHapus
  20. Itu mitanya seksi banget ya hehehe.
    Btw..di era digital ini bank sbg layanan jasa mng hrs terus berinovasi biar memberikan kemudahan pd nasabah.

    BalasHapus
  21. Wah jadi pengen punya mandiri karena ada MITA Bank..
    mempermudah nasabah banget yah

    BalasHapus
  22. semakin oke aja mandiri ini, aku penasaransama Mita nih

    BalasHapus