Kamis, 05 Juli 2018

Berkenalan dengan Inovasi Jaringan dan Paket Terbaru Smartfren

Smartfren sebagai salah satu operator selular yang cukup mengejutkan, ketika saya mendapatkan informasi, berdasarkan Open Signal terntara Smartfren menjadi operator kedua dalam hal kecepatan internet jaringan 4G di Indonesia. Saya pun jadi penasaran dengan data dan penjelasan secara lengkapnya, apa yang menyebabkan Smartfren bisa meraih pencapaian tersebut.

Kebetulan saya mendapatkan kesempatan, menghadiri acara Halalbihalal Smartfren bersama dengan rekan-rekan media, blogger, dan youtuber, sehingga bisa mengetahui perkembangan terbaru Smartfren. Bu Riana Darmaranti, Head of Digital Smartfren menyapa para peserta yang sudah hadir dan senang bisa bertemu di suasana usai libur Idulfitri.



Acaranya cukup santai dengan penjelasan dari beberapa narasumber, diselingi dengan berbagai permainan berhadiah menarik. Penjelasan perkembangan jaringan Smartfren dijelaskan oleh Pak Munir Syahda Prabowo, VP Network Relation and Special Project Smartfren



Tenyata Smartfren tidak hanya sekedar memberikan jaringan yang cepat, Smartfren memberikan layanan kecepatan yang stabil. Contohnya: Smartfren terus berupaya untuk meningkatkan kualitas, sehingga waktu buffering saat akses YouTube berkurang drastis. Bagi pengguna biasa, kestabilan dalam kecepatan juga menjadi penting, tidak semata-semata cepat tetapi tidak stabil.


Pada tahun 2020 Smartfren menargetkan jumlah BTS naik 2x lipat. Semua BTS yang dimiliki hanya 4G, tidak ada 2G dan 3G lagi di Smartfren. Sampai saat ini jangkauan 4G Smartfren sudah mencapai 70% secara nasional dan 90% di Pulau Jawa. Smartfren terus melakukan perbaikan berkelanjutan, sehingga pada tahun ini dengan teknologi MIMO sudah memasuki era Pre 5G.



Dengan teknologi Massive MiMo, maka jaringan internet akan semakin cepat. Diibaratkan seperti melewati jalan lewat 64 jalan tol atau disebut Masive MiMo. Dengan perkembangan teknologi 4G Smartfren dan Massive MiMo bisa mencapai kecepatan 196 Mbps.

Selanjutnya Pak Hanasto, Service Innovation Smartfren menjelaskan mekanisme paket Unlimited terbaru dengan kualitas yang lebih baik. Demi menjaga kualitas jaringan yang baik, diberlakukan FUP (Fair Usage Policy) dengan berbagai pilihan paket yang tersedia.



Mulai dari paket harian, paket mingguan, dan paket bulanan yang memberikan pilihan tanpa dan dengan FUP yang bisa dipilih sesuai kebutuhan. Untuk paket bulanan tersedia dalam pilihan 50.000 (tanpa FUP dengan kecepatan 512 kbps), 60.000 (FUP 1 GB per hari ), dan 100.000 (FUP 1,5 GB per hari)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar