Rabu, 11 Juli 2018

Berkenalan dengan MNC Vision dan Teknologi Dolby Audio

Menikmati hiburan dengan menonton tayangan film di TV, saat ini menjadi salah satu pilihan kegiatan. Terkadang tidak sempat untuk menonton film di bioskop karena kesibukan pekerjaan, tetapi seriring berkembangnya teknologi. Suasana menonton di bioskop, kini sudah bisa dirasakan di rumah dengan layanan TV berbayar yang menyajikan berbagai pilihan tayangan menarik, seperti MNC Vision.

Mungkin masih yang tak banyak mengenal MNC Vision, tetapi mengenal Indovision, Top TV, dan Okevision. Sejak Desember 2018 MNC Vision hadir sebagai identitas baru dari Indovisoon, Top TV, dan Okevision dengan kualitas layanan yang lebih maksimal.

Secara total saat ini MNC Vision meraih market share pada layanan TV berbayar sebesar 60%. Terlebih beberapa waktu terakhir MNC Vision menghadirkan teknologi Dolby Audio pada beberapa tayanagan dengan kualitas suara yang jernih, seperti yang kota rasakan saat mendengarkan suara saat menonton film di bioskop.



Pada Sabtu, 7 Juli 2018 rekan-rekan blogger berkesempatan, mengujungi dan mengelilingi kantor MNC Vision di daerah Green Garden, Jakarta Barat. MNC Vision sudah menghadikan teknologi Dolby Audio. Hal yang cukup membuat saya penasaran, bagaimana proses sejak awal hingga akhirnya bisa menikmati tayangan dengan kualitas suara jernih Dolby Audio?

Saya bersama blogger lainnya di kelompok 2, mengawali kunjungan #CeritaDiMNCVision menuju ke Antenna Farm. Di sinilah terdapat banyak antena penerima dan pemancar yang disebut ground station. Ternyata ada proses panjang dari menerima tayangan dari penyedia (provider) konten channel, kemudian diolah dahulu oleh tim MNC Vision, baru keluar dikirimkan ke satelit, dan diterima oleh antena pelanggan di rumah.




MNC Vision menggunakan satelit S Band, sehingga tahan terhadap cuaca. Dalam keadaan cuaca hujan, pelanggan tetap bisa menikmati tayangan MNC Vision dengan baik. Inilah satu satu keunggulan dari layanan MNC Vision.

Selanjutnya kami menuju  Walk In Centre di area lobi MNC Vision Tower, tempat pelanggan mengurus langganan dan penambahan layanan. MNC Vision punya beberapa pilihan paket unggulan: paket Venus, paket Galaxy, dan paket Super Galaxy. Pelanggan juga bisa menambah channel sesuai keinginan dengan paket Add On, bahkan juga layanan jariangan internet yang bekerjasama dengan operator selular.



Selanjutnya kami berkesempatan menuju studio yang ada di MNC Vision Tower. Di area studio inilah, tempat embuat konten acara sendiri, juga disewakan kepada pihak ketiga untuk keperluan training dan acara. Usai melihat berbagai perlengkapan di studio, kami berjalan menuju area Customer Care.



Bagi yang masih ragu dengan layanan MNC Vision, ataupun pelanghan yang mengalami masalah.  Ada petugas customer care yang siap melayani pelanggan selama 24 jam. Setiap harinya ada sekitar 6.500 panggilan yang dilayani oleh petugas customer care. Tidak hanya melalui telepon, MNC Vision membuka layanan melalui media sosial untuk memberikan pelayanan terbaik kepada calon pelanggan dan pelanggan.



Selanjutnya sesi kunjungan terakhir, saatnya merasakan teknologi Dolby Audio. Dengan teknologi Dolby Audio, memberikan kesan adegan-adegan pada film menjadi lebih nyata. Dalam dekoder terbaru MNC Vision sudah terdapat teknologi Dolbu Audio, suara yang dihasilkan jernih. Pada channel yang sudah mendukung teknologi Dolby Audio: RCTI, HBO, dan Fox Movies terdapat logo Dolby pada bagian informasi channel.



Usai berkeliling kantor MNC Vision dan merasakan langsung. Bagaimana teknologi Dolby Audio memberikan kesan lebih nyata. Kini Bu Radmadani, Dept Head Marketing MNC Vision menjelaskan berbagai fitur dan layanan terbaru. Tidak hanya layanan MNC Vision saja, tetapi dengan hadirya layanan MNC Play dan MNC Now sehingga kapan pun dan di mana pun, bisa menonton tayangan favorit melalui streaming. Jangkauan MNC Vision pun luas menjangkau berbagai daerah di Indonesia.



Ada beberapa alasan mengapa MNC Vision, wajib menjadi pilihan TV berbayar bagi masyarakat. Mulai dari penggunaan Satelit S Band sehingga tahan dari gangguan cuaca, tersedia multi dekoder, kualitas tayangab HD, teknologi Dolby Audio, Parental Lock, layanan Super Bundle (layanan tv berbayar dan internet), panduan menonton untuk 7 hari ke depan, dan layanan MNC Vision Plus untuk mengakses tayangan yang sudah lewat, maksimal 7 hari ke belakang.


Selain itu MNC Vision jaringannya luas dengan 101 cabang dan 1.000 teknisi yang siap melayani. MNC Vision menyediakan 139 channel, 24 channel In-House, dan 33 Channel Exclusive. Pelayanan dan kualiatas konten yang bekualitas membawa MNC Vision menerima berbagai penghargaan, seperti: Indonesia Prestige Brand Award, Indonesia Wow Brand Award, dan Indonesia Most Innovative Business Award pada tahun 2018.

MNC Vision menyediakan lauanan internet Super Bundle untuk 80GB seharga 239.000 per bulan, channel Be Smart sehingga anak-anak bisa belajar layaknya mengikuti bimbel di rumah. Selain itu juga melalui MNC Plus kita bisa menonton channel favorit dari gadget, terdiri dari 80 channel selama 6 bulan gratis, dengan 7 hari catch up, untuk yang suka bola bisa menyaksikan Liga Inggris di MNC Vision.



Kemudian para blogger diajak untuk belajar tentang tata suara dan teknologi Dolby Audio dari mas Khikmawan Santosa atau disapa dengan Kiki. Mas Kiki juga memiliki Crossfade Erkata, studio yang mendapatkan lisensi Dolby Approved Studio dari Dolby Laboratories. Mas Kiki menjelasjan pentingnya tata suara pada film, membuat penonton bisa merasa dahsyatnya ledakan dan suara gedung runtuh.


Ternyata suara tersebut melalui proses tata suara oleh orang yang memiliki pengalaman dalam audio studio post. Suara punya peranan untuk mendramatisasi, baik dialog dan efek suara. Misalnya dalam film dinosaurus  kita bisa melihat tulang-tulang dinosaurus, tetapi kita tidak mengetahui suaranya. Namun, berkat kreatifitas seorang sound designer kita jadi percaya suara dinosaurus menjadi nyata.

Elemen suara sekecil apapun menjadi hal-hal penting, sesuai dengan kebutuhan film oleh sound designer. Suara di dalam film, bersama dengan gambar membentuk kesatuan emosi, ruang, ritme dan waktu secara realitas dan fungsional. Hal ini yang menyebabkan kita merasa lebih puas menonton di bioskop daripada di rumah.



Mas Kiki mengawali karir sebagai sound assitant, hingga saat ini menjadi sound designer. Hal yang paling disukai sebagai folley editor, mimiliki tugas membuat suara sambul mengikuti gerakan dalam film. Seperti orang berjalan,maka folley editor membuat gerakan berjalan, maka juga akan mengikuti dengan gerakan jalan.

Unsur-unsur suara dalam film terdiri dari speech (monolog, dialog, narration, dan direct address), musik (musik fungsional dan musik.realitas) secara tidak sadar membuat emosi penonton jadk terbawa masuk ke dalam adegan dan merasakan apa yang dialami tokoh dlm film, dan efek (efek fungsional dan efel reatias).

Senangnya saya berkesempatan berkeliling dan melihat beragam fasilitas di MNC Vision Tower, mulai dari proses awal hingga tayangan bisa ditonton pelanggan. Terlebih dengan fitur Dolby Audio memberikan, pengalaman yang lebih nyata saat menonton film di berbagi channel MNC Vision. "MNC Vision Bukan yang Lain", tagline yang sesuai saya rasakan dengan fasilitas dan pelayanan prima. Tunggu apalagi, rasakan pengalaman berbeda menonton dengan Dolby Audio di MNC Vision.

9 komentar:

  1. Abis ngambil brosur mereka. ternyata harganya murmer loh dibanding tv kabel sebelah. hihihi jadi tertarik make mnc vision.

    BalasHapus
  2. bisa langganan paket internet juga yaa di MNC Vision

    BalasHapus
  3. Pantes tayangan tetap bagus walaupun ada hujan badai ya

    BalasHapus
  4. Pantes tayangan tetap bagus walaupun ada hujan badai ya

    BalasHapus
  5. Dulu Indovisian sekarang MNC Vision makin kuat deh brandingnya dengan DOLBY Audio

    BalasHapus
  6. Kalau udah pakai dolby kayaknya kudu beli TV dan audio baru yg lbh gede nih biar mantap kyk di bioskop hehe :D

    BalasHapus
  7. puas banget ya liat liat 'dapur'nya MNC Vision, jadi ga ragu lagi deh pake MNC Vision... hehehe...

    BalasHapus
  8. Seru banget touring ke MNC Vision Tower. Ternyata selama ini yg kita nikmati tontonan dari proses yg lumayan panjang ya

    BalasHapus
  9. Keren ya pengalaman kita kemarin, aku baru itu deh masuk ke MNC semoga kedepannya paket internetnya murah hehe

    BalasHapus