Langsung ke konten utama

Pengalaman Ganti Kartu ATM Magnetik menjadi Kartu ATM Chip

Kartu ATM chip sudah dikeluarkan oleh beberapa bank, sehingga nasabah bisa mengganti kartu ATM magnetik yang sebelum sudah dimiliki menjadi kartu ATM Chip. Dari sisi keamanan kartu ATM chip pun lebih aman dan cepat. Hal ini dikarenakan adanya teknologi terbaru yang membuat data kartu tidak mudah digandakan. Terlebih cukup marak aksi kejahatan skimming, penggandaan kartu ATM oleh oknum tertentu untuk digunakan bertransaksi.

Kebetulan beberapa kartu ATM yang saya miliki, sejak awal pembukaan rekening tabungan sudah mendapatkan kartu ATM chip. Namun, pada rekening tabungan Bank Mandiri yang sudah lama saya miliki, masih menggunakan kartu ATM dengan pita magnetik. Sehingga saya berinisiatif untuk mengganti kartu ATM pita magnetik menjadi kartu ATM chip.

Kartu ATM Chip Mandiri Visa
Kartu ATM Chip Mandiri Visa Silver

Persiapkan KTP, buku tabungan, dan kartu ATM, kemudian datang ke kantor cabang bank. Saya pun mendatangi kantor cabang Bank Mandiri yang ada di daerah Tangerang, tetapi sayangnya persediaan kartu ATM chip berjenis Silver sedang habis.

Pada akhirnya saya mengganti kartu pada kantor cabang Bank Mandiri di daerah Jakarta Barat. Saat melakukan penggantian menjadi kartu ATM chip, tersedia pilihan kartu ATM Mandiri berlogo Visa atau kartu ATM berlogo GPN.

Kartu ATM Mandiri Chip GPN
Pilihan Kartu ATM Mandiri Chip GPN

Saya memilih kartu ATM chip Silver dengan Visa Bank Mandiri, karena sudah memiliki kartu ATM chip GPN BCA. Selain itu alasan saya masih setia dengan kartu ATM Silver, karena memang belum memerlukan limit transaksi yang besar dengan administrasi kartu hanya Rp2.500 per bulan (Per 30 September 2018 menjadi Rp4.500) untuk kartu ATM Mandiri Visa. Tersedia juga pilihan lain, kartu ATM Mandiri Visa Gold dan Platinum.

Pilihan Kartu ATM Mandiri Chip Visa
Pilihan Kartu ATM Mandiri Chip GPN

Saya pun lebih sering bertransaksi melalui aplikasi mobile banking dan internet banking, dibandingkan transaksi melalui ATM. Transaksi di ATM sebatas melakukan penarikan tunai dan mengisi saldo kartu e-Money saja.

Proses penggantian kartu ATM magnetik menjadi kartu ATM chip cukup mudah dan cepat, cukup menyerahkan kartu ATM magnetik, buku tabungan, dan KTP. Petugas customer service meminta saya mengisi data-data pada formulir yang disediakan, kemudian melakukan verifikasi data-data pribadi. Setelah proses selesai kartu lama magnetik digintung, kemudian saya diberikan kartu ATM chip.

Petugas customer service mempersilakan menuju counter teller, dilakukan proses pembuatan PIN kartu ATM baru. Setelah proses pembuatan PIN kartu ATM baru selesai, kemudian kembali ke meja customer service untuk aktivasi kartu ATM baru. Saya pun meminta agar kartu ATM chip tercetak nama saya, ternyata hanya bisa dilakukan cetak nama bisa, tidak bisa cetak timbul. Baiklah, tidak apa jika tak bisa tercetak timbul.

Proses penggantian kartu ATM magnetik menjadi kartu ATM chip, cukup mudah dan cepat, serta tidak dikenakan biaya penggantian kartu. Namun, petugas customer service memberitahukan, bahwa kartu ATM chip baru bisa digunakan 15 menit kemudian. Kemudian KTP dan buku tabungan milik saya dikembalikan, selesailah proses penggantian kartu ATM magnetik menjadi kartu ATM chip.

Saya menyarankan menelepon ke kantor cabang yang akan didatangi, memastikan jenis kartu ATM chip yang tersedia. Baik jenis kartu silver, gold, dan platinum ataupun kartu ATM berjenis Visa dan kartu ATM GPN. Selain itu juga lebih baik datang pada pagi hari, sehingga bisa menghindari antrian lama di customer service bank

Komentar

  1. Kalau ga salah sekarang biaya bulananya bukan 2.500 tapi 4.500 deh mas soalnya kemaren saya cek transaksi dipotong 4.500 sedangkan yang gold 5.000

    BalasHapus
    Balasan
    1. Per 30 September 2018 ada perubahan biaya bulanan kartu ATM Silver menjadi 4.500. Sudah saya tambahan informasi ya pada tulisan.

      Hapus
  2. Balasan
    1. Kartu ATM khusus untuk transaksi dalam negeri, penjelasan selengkapnya bisa diklik pada penjelasan di atas.

      Hapus
  3. Kalau CIMB Niaga sudah bisa pake cetak nama gak kartu ATMnya?

    BalasHapus
  4. Mohon sedikit penjelasan mengganti atau naik limit debit mandiri gold ke platinum. Apakah bisa langsung selesai hari itu juga. Terimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa, selama di kantor cabang tersedia kartunya dan tidak ada gangguan pada jaringan.

      Hapus
  5. Apa kartu jenis chip ini bisa digunakan untuk pembayaran saat masuk ke jalan tol/ e-tol

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk kartu ATM Bank Mandiri dengan chip, tidak dilengkapi fitur e-Money.

      Hapus
  6. Kartu debit ini apakah bener per bulan nya cuma ditarik 4500? Setau saya liat di web produk tabungan mandiri biaya admin per bln nya dikenakan 12500

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang berubah itu biaya bulanan kartu ATM. Pada tabungan Bank Mandiri, biaya administrasi bulnan dan biaya kartu bulanan dipotong secara terpisah.

      Hapus
    2. Belum paham saya bang, masih bingung

      Hapus
  7. Kalau saya pengguna kartu atm mandiri untuk beasiswa bidikmisi, apa mungkin bisa diganti dengan kartu GPN (Chip)?

    BalasHapus
  8. Boleh bertanya kah? Saya kan daftar online karena bukan domisili nya. Kira kira kalo belum dtg terus bisa saya ajukan lagi ke bank agar segera dapat kartunya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biasanya kalau saat ini sudah dapat kartu dengan chip dari bank.

      Hapus
  9. Mas apakah kalo sudah diganti ke atm chip nomer rekeningnya ikut berubah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf klo kartu Debit saya ga d ganti sama debit chip juga tidak masalah kan ya coz posisi saya d LN

      Hapus
  10. Kalow kartu nya platinum buka tabung baru setoran awal nya berapa yah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Perihal setoran awal pembukaan sama dengan jenis kartu lain: Rp500.000

      Hapus
  11. Kalau mau ganti kartu bisa ngga mas dri yg gold ke chip yang gold

    BalasHapus
  12. Apakah harus di wajibkan penggunaan Kartu chip ini ??

    BalasHapus
  13. Apakah dengan alasan ingin ganti dengan dari kartu magnetik ke chip itu sudah cukup? Meski kartu atmnya masih bisa digunakan (tidak rusak)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cukup, memang sudah aturan Bank Indonesia yang mewajibkan migrasi dari kartu magnetik ke kartu chip.

      Hapus
    2. Iya betul, karna setiap bank khususnya mandiri tujuan kedepannya semuanya kartu atm harus pake chip

      Hapus
  14. Kalau kartu VISA baik Gold dan Silver biaya adminnya saat ini sama. Berbeda jika kartu GPN Gold dan Visa, biayanya berbeda. Kalau penggantian kartu ATM dikenakan biaya.

    BalasHapus
  15. Kalo visa gold biaya adminnya 4500 ya ka? Sama seperti visa silver?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Peraturan yang baru kartu VISA Silver sama dengan kartu VISA Gold, baik limit dan biaya adminnya

      Hapus
  16. Apakah dikenakan biaya apabila ganti ATM mandiri chip.lantas no rek n pin apa berubah?

    BalasHapus
  17. Ganti kartu MANDIRI GPN KE MANDIRI VISA bisa gak ya? Bayarnya berapa?

    BalasHapus
  18. Ganti kartu mandiri gpn ke mandiri VISA bisa gak? Kalau bisa kena biaya brpa ya?

    BalasHapus
  19. bisa, datang saja ke kantor cabang, minta downgrade kartu, kena biaya sih biasanya

    BalasHapus
  20. utk kartu ATM silver yg visa harus di perbaharui mas?

    BalasHapus
  21. Untuk melakukan pergantian kartu dari magnetik ke chip apakah bisa dilakukan kalau buku tabungan nya hilang ..?

    BalasHapus
  22. Apa kah benar Kartu ATM mandiri pemblokiran mandiri Debit chip visa krn info SMS banking

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kartu yang diblokir hanya kartu ATM magnetik. Namun, jika memang ada penyalahgunaan kartu ATM chip. Coba diperiksa ke Mandiri Call.

      Hapus
  23. Sy punya kartu ATM mandiri silver GPN apakah hrs diganti kartu ATM chip ?

    BalasHapus
  24. Bisa ngga ganti kartu atm dari mandiri gold ke silver

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa, tetapi saat ini kartu Silver hanya tersedia kartu GPN.

      Hapus
  25. Balasan
    1. Maksudnya tabungan yang dicetak? Buku tabungan atau kartu ATMnya ya?

      Hapus
  26. Di tempat sy kata petugas hanya ada 2 kartu yaitu silver gpn dan platinum visa...apakah mmg seluruh tempat dmkn? Soalnya agak sayang juga selisih biayanya klo mau visa. Silver gpn 2500, platinum visa 8500.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setiap kantor cabang, mempunyai persedian yang berbeda-beda. Bisa coba ke kantor cabang lain

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Transfer Berbeda Bank, Tak Kunjung Sampai? Bisa Jadi Ini Penyebabnya

Proses transfer berbeda bank berapa lama ya? Pertanyaan yang kerap kali ditanyakan kepada saya. Terlebih bagi freelancer termasuk saya, momen menunggu pembayaran dari pemberi kerja adalah momen menegangkan. Kabar dari bagian keuangan perihal dimulai proses pembayaran, bagaikan menemukan oase di tengah padang gurun yang gersang. Namun, setelah ditunggu-tunggu seraya, memerika mutasi rekening. Kerapkali berujung pada di-PHP-in. Katanya sudah ditransfer, kok belum masuk juga ya? Jangan-jangan bagian keuangannya belum memproses. Perasaan menjadi gundah gulana dan galau, tagihan sudah "mengantri" untuk dibayarkan. Namun, apa daya saldo di rekening tabungan belum bertambah. Sampai suatu hari, saya mengujungi salah bank yang ada di Mal Kota Kasablanka. Untuk melakukan pencetakan buku tabungan. Saya masuk ke bank, satpam meminta saya mengambil nomor antrian. Saya duduk dan menunggu nomor dipanggil. Tiba saat nomor antrian saya dipanggil, saya menuju petugas teller. Saya se

Mencoba Kartu Flazz BCA JakLingko, Tarif Rp5.000 Transjakarta dalam Tiga Jam

Akhirnya tersedia juga kartu Flazz BCA edisi JakLingko. Untuk yang belum tahu, sistem JakLingko memberikan tarif penggunaan Transjakarta maksimal Rp5.000 dalam tiga jam. Selain Flazz BCA sebelumnya sudah tersedia kartu JakLingko kerjasama dengan bank lainnya. Kartu JakLingko Flazz BCA Selain dapat digunakan pada bus Transjakarta, kartu JakLingko dapat digunakan pada angkot atau mikrotrans di Jakarta. Tinggal tap in dan tap out pada alat tap.  Untuk mendapatkan kartu JakLingko Flazz BCA, saya menemukannya tersedia pada vending machine. Harga kartu Flazz BCA JakLingko sebesar Rp40ribu dengan isi saldo Rp15ribu. Pembayaran dapat dilakukan dengan scan QRIS dan uang tunai. Perjalanan saya dimulai dari Kota Tangerang menuju Jakarta menggunakan bus tujuan Poris-Bundaran Senayan. Durasi perjalanan berlangsung sekitar satu jam. Saya turun di halte Gelora Bung Karno, kemudian naik bus tujuan Kota dan turun di halte Bendungan Hilir. Perjalanan berlangsung sekitar sepuluh menit. Saat tap out dike

Apa Perbedaan Tahapan dan Tahapan Expresi?

Tahapan dan Tahapan BCA keduanya produk rekening Tabungan BCA. Namun apa saja perbedaan antara Tahapan dan Tahapan Expresi? Setelah saya mencari-cari informasi dari berbagai sumber, ini dia ternyata perbedaan rekening Tahapan dan Tahapan Expresi: 1. Setoran Awal Setoran awal Tahapan BCA minimal 500 ribu (lumayan besar ya) dan Tahapan Xpresi minimal 50 ribu ( ini lebih sesuai dengan kantong). 2. Jenis Kartu ATM yang Diberikan Kartu ATM Tahapan tersedia dalam 3 (tiga) pilihan, yaitu: Silver, Gold dan Platinum. Setiap kartu berbeda limit transaksinya. Kalau Tahapan Xpresi BCA kartu ATMnya terdiri dari berbagai pilihan multidesain dan juga bisa menggunakan foto pribadi. Kan seru nih kartu ATMnya ada foto sama teman, keluarga atau pacar (abaikan yang terakhir). Saat ini baru bisa pakai desain multidesain di cabang tertentu dan My BCA. Kalau pakai kartu ATM Tahapan Xpresi pernah mau pakai bayar di kasir supermarket dan kartunya ditolak. Katanya sih desain kartunya kok beda, setela