Minggu, 09 Juli 2017

Bank BNI dan Oppo Ajak Masyarakat Lestarikan Cagar Budaya Lewat Fotografi

Bank Negara Indonesia atau yang dikenal BNI, tahun ini memasuki tahun ke-71. Bank BNI berdiri sejak 5 Juli 1946 hingga saat ini, tentunya banyak hal berarti dan sejarah yang dilewati. Salah satunya gedung bersejarah BNI di wilayah Jakarta Kota yang menjadi cagar budaya dan dilindungi pemerintah. Dahulu juga Gedung BNI Jakarta Kota pernah menjadi gedung kantor pusat Bank BNI sebelum pindah ke daerah Sudirman. Barang dan foto bersejarah sepanjang perjalanan, BNI tersimpan di Museum BNI yang ada di Gedung BNI wilayah Jakarta Kota.



Pada Sabtu, 8 Juli 2017 Junk BNI didukung Oppo, mengadakan BNI Heritage Digital Photography Contest. Bertujuan untuk melestarikan cagar budaya dengan nilai sejarah. Oppo dengan tagline "Camera Phone" dengan keunggulan di sisi kamera, tak hanya kamera depan juga kamera belakang. Oppo yang peduli pada pelestarian cagar budaya, sehingga mendukung dan bekerjasama dengan Bank BNI. Selain itu juga hasil foto yang diambil dengan smartphone Oppo, hasilnya tidak kalah bagus dengan kamera profesional.


Pada pemilihan pemenang BNI Heritage Digital Photography Contest tidak ada perbedaan antara hasil foto dari kamera profesional dan smartphone, konten foto yang bagus dan sesuai dengan kriteria yang akan menang. Peserta lomba terbuka untuk umum, pelajar dan mahasiswa diperkenankan ikut serta dalam BNI Heritage Digital Photography Contest. Dengan hadiah total sebesar 26 juta, khusus pemenang juara pertama mendapatkan Oppo F3 edisi Reza Rahardian.


Sayapun berkesempatan untuk memasuki Museum BNI Museum BNI tidak dibuka untuk umum, sehingga hanya bisa dikunjungi pada momen-momen tertentu.


Di dalam Museum BNI terdapat: mesin tik manual di masa perjuangan, mesin penghitung uang,  lemari besi yang berasal dari BNI cabang Garut, mesin hitung NCR, mesin telex, mesin cetak Oeang Republik Indonesia, mesin potong Oeang Republik Indonesia Darah Aceh, dan aneka foto bersejarah BNI yang berperan dalam perjuangan bangsa Indonesia.

36 komentar:

  1. Wah, aku baru tau BNI x OPPO ngadain lomba. Kira-kira periodenya dari kapan sampe kapan ya Ko? Tertarik nih. Terus Asik banget bisa mengunjungi museum BNI :"")

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lombanya sudah selesai, tapi ada lomba foto lainnya dari BNI di Instagram.

      Hapus
  2. Wah museum BNI ya? Aku belum pernah, pengen kesamaan. Udah pernah ke museum bank BI aja asyik. Jadi pengen keliling

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lombanya sudah selesai, tapi ada lomba foto lainnya dari BNI di Instagram.

      Isinya Museum BNI beberapa benda mirip dengan Museum BNI, hanya saja ada beberapa alat yang berbeda.

      Hapus
  3. Koko Gio, itu lombanya cuma hari itu aja atau udah tutup? Kok pengen ikutan aku.... masih bisa ga ya?
    Sayang banget Museum BNI-nya ga dibuka untuk umum, aku kan mau juga masuk.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lombanya sudah selesai, tapi ada lomba foto lainnya dari BNI di Instagram. Bisa masuk, nanti jadi nasabah prioritas dulu.

      Hapus
  4. Wah, di sebelah mananya Kota sih ya? Kalo tau ada Museum BNI dan lomba bareng OPPO waktu itu bakalan singgah, pas jalan-jalan ke Kota Tua. :D
    Nanti pas jalan-jalan lagi mau ke Museum BNI juga, lah.. #Tfs ya, Gio!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di Gedung BNI Jakarta Kota, memang adanya di dalam jadinya tak terlihat dari luar.

      Hapus
  5. Wow, BNI ternyata udh 71 tahun, yaaa....
    Aku sering lewatin museum ini, tapi gak pernah masuk.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sudah 71 tahun, sudah lama berdiri. Memang tak bisa untuk umum.

      Hapus
  6. idem sama pertanyaan lain.. mau ikutaaan hehe.. hadiahnya bikin ngiler..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lombanya kebetulan sudah selesai, tapi ada lomba foto lainnya dari BNI.

      Hapus
  7. Apa ini berarti dipinjami Oppo untuk menghasilkan foto berkualitas?
    Hiihii....**kesempatan

    Jaman digital saat ini...hasil foto berkualitas HP layaknya kamera DSLR.

    Kerren!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pakai handphone sendiri juga boleh,kalau Oppo nanti hadiahnya.

      Hapus
  8. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  9. Kok jadi pengen ikutan lomba ya hehe
    Eh pengen ke museum BNI juga haha sering banget lewat tapi tak pernah masuk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kebetulan memang area terbatas, jadi tidak dibuka untuk umum.

      Hapus
  10. Info lebih lanjut tentang program ini dimana ya?
    Foto yang seperti apa yang bisa diikutkan lomba?
    Caranya ikut gimana? Dan Periodenya berlangsung berapa lama?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lombanya sudah selesai, tapi ada lomba foto lainnya dari BNI.

      Hapus
  11. BNI tuh salah satu bank paling bersejarah di Indonesia ya sampe punya museum gini. Nanti kalau ke sana lagi ajak-ajak dong, Gio. Kalau bukan hari spesial kan cuma nasabah priotitas doang yang boleh masuk. Huhu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nanti kalau ada kesempatan diajakin ya.

      Hapus
  12. Penting banget nih. Walaupun mungkin nanti kita ngga bisa melihat fisik bangunannya lagi tapi paling tidak masih ada fotonya kalau bisa sih yang detil biar bisa ada gambaran komplitnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada foto-foto BNI jaman perjuangan Indonesia dahulu.

      Hapus
  13. BNI ada musiumnya ternyata, sayangnya tdk buka tiap hari. Untuk lombanya, menarik ini mah. Kudu cari infonya sapa tahu bisa dapat Oppo

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hanya buka pada momen tertentu saja, lombanya sudah berlangsung. Tapi BNI sendiri ada lomba foto lainnya di Instagram.

      Hapus
  14. Wah!BNI ada museumnya. Kalau di daerah cabang gak ada ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Museum BNI sementara waktu hanya adai di daerah Jakarta Kota saja.

      Hapus
  15. Wah Keren nih. Bank bersinergi dengan pabrikan HP besar bikin kontes foto.

    Aku nasabahnya kok ga diajakin ya? Hahahah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kali ini yang diajak nasabaha BNI di bawah wilayah Jakarta Kota dulu, mungkin lain waktu wilayah lainnya.

      Hapus
  16. Isi museumnya mgkn hampir sama dengan museum Bank BI yg di kota tua ya mas?

    Wahh asyikk juga nih kalau ada kontes mobile photography.. apalagi hadiah yang ditawarkan juga Oppo F3 limited edition Reza Rahardian. Coba ikutan dan cari informasi lomba lengkapnya dulu mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mirip, tapi ada sedikit perbedaan. BNI sempat jadi bank sentral dari 1946-1949, baru kemudian peranaannya digantikan Bank Indonesia. Ada mesin cetak uang yang digunakan saat BNI menjadi bank sentral.

      Hapus
  17. Belum pernah ke museum BNI, ternyta cuma dibuka pada momen2 khusus ya? Knp ya?
    Itu lomba fotonya berarti udah ada pemenangnya ya mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Karena letaknya ada di kantor wilayah BNI, memasuki area kerja bank memang agak terbatas. Lomba fotonya sudah berlangsung Sabtu kemarin.

      Hapus
  18. Aku sukaaaa sekali main ke museum! Hwaaaa! Udah lama kayaknya gak main ke museum wkwkwk

    Itu ada yang typo kayaknya, Koh. "... tak hanya kamera depan juga kamera depan."

    Aku sebetulnya pas masih pake BNI, tuh, suka. Karena... biaya adminnya cuma lima rebu wkwkwk tapi itu yang barengan sama KTM, sih. Enaknya itu aja. Tapi karena jarang dipake, mati deh.

    Emang sih sekarang mah kamera smartphone sama kamera profesional udah susah dibedain.

    BalasHapus
  19. wah beruntung banget koh bisa mengunjungi museum BNI yang mana museum ini dibuka untuk acara tertentu. Makin penasaran dalamannya apa ja yang ada disana nih.

    BalasHapus
  20. ini yang lomba kemaren ya ?

    malah lupaa :)

    BalasHapus