Kamis, 05 Januari 2017

Untung dan Rugi Transaksi di ATM Link Himbara

ATM LINK Himbara adalah, jaringan ATM antar bank BUMN : Mandiri, BNI, BRI, dan BTN.  Sebenarnya sudah sejak tahun 2015 audah  ada ATM Link, pada ahun 2016 jumlahnya diperbanyak. Saya punya pengalaman kurang baik dan baik menggunakan ATM LINK Himbara di akhir tahun 2016.

ATM Link Himbara di Salah Satu Mininarket
ATM Link Himbara di Salah Satu Mininarket
Berawal dari keinginan saya mengisi saldo kartu e-Money, datanglah saya ke ATM Mandiri di salah satu minimarket dekat rumah. Betapa terkejutnya sesudah memasukan kartu ATM dan PIN, tak ada menu uang elektronik di ATM Mandiri. Menu ATMnya  berubah, saya jadi tak bisa mengisi saldo kartu e-Money lagi di ATM Link.

Tampilan Menu Utama ATM Link Himbara
Tampilan Menu Utama ATM Link Himbara

Saya keluarkan kartu ATM dan menyadari tampilan di layar ATM Mandiri sudah berubah menjadi ATM Link. Sayapun kembali memasukan kartu ATM dan PIN, menu yang tersedia di ATM Link lebih sedikit dan susunannya berubah.

Tampilan Menu Lanjutan ATM Link Himbara
Tampilan Menu Lanjutan ATM Link Himbara

Akhirnya saya mencari ATM Mandiri yang belum menjadi ATM Link di minimarket lain untuk mengisi saldo kartu e-Money. Pengalaman kurang baiknya di ATM Link, saya tak lagi bisa mengisi saldo kartu e-Money. Selain itu pilihan pembayaran di ATM Link berkurang, transaksi pembayaran menjadi lebih terbatas.

Tampilan Menu Pembayaran di ATM Link Himbara
Tampilan Menu Pembayaran di ATM Link Himbara

Sayapun mencari tahu berita tentang ATM Link, ternyata memang ATM bank BUMN beberapa diubah menjadi ATM Link. Namun ternyata juga ada keuntungan yang didapatkan dengan bertransaksi di ATM Link, biaya transaksi antar bank BUMN yang lebih murah.

Untuk membuktikan hal tersebut saya melakukan transaksi cek saldo dan tarik tunai di ATM BNI yang berubah menjadi ATM Link dengan kartu ATM Bank Mandiri. Ternyata memang saat melakukan tarik tunai dan cek saldo tidak dikenakan biaya.

Selanjutnya saya melakukan transaksi transfer dari BNI ke rekening Bank Mandiri di ATM BNI yang diubah ke ATM Link. Biaya transfer yang dikenakan, ternyata hanya sebesar Rp 4.000 saja. Jika dibandingkan melakukan transfer ke antar bank BUMN di ATM bukan Link biaya yang dikenakan sebesar Rp 6.500.

Biaya Transfer di ATM Link Himbara
Biaya Transfer di ATM Link Himbara Lebih Rendah
Keuntungan dari ATM Link adalah transfer ke antar bank BUMN baik Mandiri, BNI, BRI, dan BTN dikenakan biaya Rp 4.000. Sedangkan untuk transaksi tarik tunai dan cek saldo tidak dikenakan biaya alias gratis. Juga memudahkan nasabah bank BUMN tak perlu antri panjang di ATM bank tertentu, tarik tunai dan cek saldo bisa dilakukan di ATM Link.


2 komentar:

  1. kemaren sy tarik tunai di bri link ada notif maaf transaksi anda tidak dapat diproses sy pake bni uang gak keluar malah saldo berkurang,sdh pengaduan kira2 balik gak ya saldo sya

    BalasHapus