Senin, 19 November 2018

Pengalaman Ganti Kartu ATM Tahapan Xpresi BCA menjadi Kartu ATM Chip

Setelah beberapa waktu lalu saya melakukan ganti kartu ATM Chip BCA dengan Flazz menjadi kartu ATM Chip BCA GPN. Selanjutnya saya melakukan migrasi kartu ATM Tahapan Xpresi magnetic stripe ke kartu ATM Tahapan Xpresi Chip MasterCard. Sejak awal Oktober 2018 nasabah Tahapan Xpresi BCA sudah bisa menukarkan kartu ATM magnetic stripe menjadi kartu ATM Chip Tahapan Xpresi berlogo MasterCard.

Kartu ATM Chip Tahapan Xpresi BCA
Kartu ATM Chip Tahapan Xpresi BCA

Kemudahan Pelayanan di My BCA

Pada tanggal 1 November 2018 saya mendatangi My BCA di Kota Kasablanka, disambut ramah oleh petugas dan ditanya perihal keperluannya. Kemudian petugas akan meminta KTP dan menanyakan nomor rekening BCA, setelah itu saya menerima SMS dan perkiraan waktu akan dilayani.

My BCA Kota Kasablanka
My BCA Kota Kasablanka

Namun, karena hanya menunggu satu nasabah yang dilayani, maka saya memilih duduk untuk menunggu. Sambil menunggu dipanggil oleh petugas, petugas mempersilahkan untuk melihat dahulu desain kartu ATM Chip Tahapan Xpresi yang tersedia.

Aneka Desain ATM BCA Chip Tahapan Xpresi
Pilihan Jenis Desain ATM BCA Chip Tahapan Xpresi

Desain Kartu ATM Tahapan Xpresi BCA
 Desain Kartu ATM Tahapan Xpresi BCA Lainnya

Pengalaman Pertama Mencoba Video Call Banking BCA

Sekitar pukul 13.25 akhirnya nama saya dipanggil oleh petugas, kemudian dipersilahkan masuk ke dalam ruangan untuk Video Call Banking dengan petugas Halo BCA. Petugas My BCA menjelaskan tempat untuk mengambil kartu ATM baru, memasukan kartu ATM baru, dan tempat untuk tandatangan.

Petugas Halo BCA melakukan konfirnasi keperluan saya untuk ganti kartu ATM Magnetic menjadi kartu ATM Chip Tahapan Xpresi. Kemudian petugas Halo BCA meminta izin untuk mengambil foto, sehingga saya diharapkan duduk dalam posisi tegak dan memandang ke arah kamera.

Kemudian dikonfirmasi kembali nomor rekening, data-data pribadi, data-data transaksi terakhir, dan diminta tandatangan dengan pena stylus. Kemudian petugas Halo BCA memonta saya menunggu sebentar, dikarenakan perlu persetujuan dari supervisor Halo BCA.

Setelah mendapatkan persetujuan saya diminta konfirmasi kembali nomor rekening dengan menekan tombol pada layar untuk konfirmasi setuju. Lalu memilih alasan penggantian kartu ATM Tahapan Xpresi karena migrasi dan menekan tombol setuju.

Tidak lama kemudian kartu ATM baru Tahapan Xpresi sudah tercetak, petugas Halo BCA meminta untuk mendiamkan selama lima detik karena cetakannya masih basah. Setelah kartu ATM Chip Tahapan Xpresi saya terima, petugas Halo BCA meminta saya memasukan kartu ATM pada tempat yang disediakan untuk membuat PIN kartu ATM.

Video Call Banking dengan Petugas Halo BCA
Ruangan Video Call Banking dengan petugs Halo BCA

Setelah membuat PIN kartu ATM maka proses migrasi proses migrasi kartu ATM magnetik ke kartu ATM Tahapan Xpresi BCA  sudah selesai. Kemudian petugas Halo BCA berpesan untuk login ke Klik BCA, dikarekan akan diminta untuk mengganti PIN login ke Klik BCA.

Keuntungan Memiliki Kartu ATM Chip Tahapan Xpresi BCA

Manfaat bagi nasabah Tahapan Xpresi BCA transaksi yang dilakukan menjadi lebih aman. Juga sesuai peraturan Bank Indonesia batas akhir waktu penggunaan kartu ATM magnetic stripe sampai akhir 2021, sehingga harus ganti kartu ke kartu chip demi keamanan.

Selain itu selama bulan November 2018 nasabah Tahapan Xpresi BCA yang memiliki kartu ATM chip, bisa menikmati promo diskon 50% untuk nonton di CGV Cinemas. Promo berlaku pada hari Jumat, Sabtu, dan Minggu. (Jika belum menggunakan menggunakan kartu ATM chip, promo hanya berlaku hari Sabtu).

Promo Diskon Nonton Tahapan Xpresi BCA
Promo Diskon Nonton Kartu ATM Chip Tahapan Xpresi BCA 

Proses pelayanan mengganti kartu ATM oleh petugas Halo BCA melalui Video Call berlangsung sekitar 30 menit di My BCA, layanan My BCA ada di beberapa mal.
Proses ganti kartu ATM Tahapan Xpresi BCA menjadi Kartu ATM Chip juga bisa dilakukan pada kantor cabang BCA terdekat.

9 komentar:

  1. Oo i see.. Aku baru ngurus atm yg ketelen tadi. Ada logo master cardnya.... Sebelumnya ga ada... Ahahha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Transaksinya lebih aman dan kartunya bisa digunakan di luar negeri.

      Hapus
  2. Wihhh desain kartunya unik tuh, ku belum sempat juga urusin ganti kartu debit biasa ke kartu yg ada chipnya nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk penukaran bisa dilakukan setiap hari di gerai My BCA, jadi tak terpaku dengan jam operasional kantor cabang.

      Hapus
  3. Balasan
    1. Untuk penggantian ke kartu ATM Chip tidak dikenakan biaya.

      Hapus
  4. Balasan
    1. Tidak dikenakan biaya untuk penggantian ke kartu ATM Chip.

      Hapus
  5. Mohon info, apa ada perubahan biaya administrasinya? Terima kasih.

    BalasHapus