Langsung ke konten utama

Inovasi Asuransi Kesehatan untuk Freelancer, Content Creator, dan Pekerja Sektor Informal

Saat ini berbagai pilihan pekerjaan semakin beragam, pekerjaan-pekerjaan baru mulai bermunculan seiring perkembangan zaman dan teknologi. Profesi di sektor informal seperti freelancer dan content creator menjadi pilihan profesi masa kini, kebebasan untuk berkarya dan bekerja sesuai dengan passion yang diinginkan. Hal ini didukung dengan data Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukan pada Februari 2018, pekerja di sektor informal mencapai 30,24 juta orang atau sekitar 23,8% dari total angkatan kerja.

Namun, sayangnya pekerja di sektor informal baru sekitar 2% yang memiliki asuransi, jika dibandingkan dengan pekerja di sektor formal yang mencapai 40%.
Padahal asuransi merupakan hal yang penting untuk dimiliki oleh siappun. Khusuznya pada asuransi kesehatan karena setiap orang berpotensi untuk menderita penyakit, sehingga memerlukan proteksi (perlindungan) jika harus dirawat di rumah sakit.

Jika seorang freelancer dan pekerja sektor informal harus dirawat di rumah sakit, besaran biaya rawat inap ditanggung sendiri dan berpotensi menguras tabungan. Padahal bagi freelancer dengan mekanisme penghasilan yang tidak tetap, sangat penting untuk memiliki tabungan yang cukup sebagai dana darurat.

Pandangan umum masyarakat, termasuk freelancer sebagai pekerja informal bahwa biaya iuran (premi) asuransi yang dibayarkan cukup mahal, lebih baik digunakan untuk keperluan lain saja. Padahal saat ini sudah hadir inovasi asuransi kesehatan yang cocok bagi freelancer dan pekerja sektor informal. Dengan besaran premi yang dibayarkan terjangkau setara dengan harga kopi di cafe, tetapi manfaat yang didapatkan lengkap dan proses pembelian & klaim ya mudah.

Inovasi FWD Life Hadirkan Asuransi Kesehatan untuk Freelancer

FWD Life Indonesia sebagai perusahaan asuransi jiwa berbasis digital di Indonesia, memperkenalkan inovasi Asuransi Kesehatan berbasis Syariah bernama Asuransi Bebas Handal. FWD Life menghadirkan Asuransi Bebas Handal untuk masyarakat yang khususnya bekerja sebagai freelancer, content creator, dan pekerjaan sektor di sektor informal lainnya.



Pak Choo Sin Fook, Direktur Utama FWD Life Indonesia menyampaikan visi FWD untuk mengubah cara pandang masyarakat tentang asuransi. Kehadirnya Asuransi Bebas Handal yang menawarkan manfaat rawat inap dan tindakan bedah, besaran kontrubusi mulai dari 75ribu per bulan dengan pilihan manfaat tahunan sebesar 50 juta dan 100 juta.



Berdasarkan data statistik FWD Life pada tahun 2017, besaran biaya kesehatan masyarakat 95% dari masyarakat Indonesia untuk manfaat rawat inap sebesar 50 juta. Besaran manfaat rawat inap yang diberikan Asuransi Bebas Handal disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat. Sehingga nasabah membayar besaran kontribusi asuransi Bebas Handal tidak mahal, besaran manfaat sudah disesuaikan dengan kebutuhan.



Keunggulan dan Manfaat Asuransi Bebas Handal

Pak Ade Bungsu, Chief Product Proposition & Shariah FWD Life menjelaskan inovasi Asuransi Bebas Handal yang memiliki diferensiasi yang unik. Asuransi Bebas Handal hadir diluncurkan sebagai asuransi kesehatan berbasis syariah, sehingga bisa dimiliki oleh masyarakat Indonesia.


Terdapat tiga keunggulan Asuransi Bebas Handal yang dibahas dalam sesi talkshow bersama pada content creator:

1) Terjangkau

Bagi seorang content creator dan host acara TV, bagi seorang Alfian Phang memandang untuk memiliki asuransi biaya yang perlu dibayarkan cukup mahal. Bagi seorang pekerja informal memilih untuk digunakan hal lainnya saja, tetapi anggapan memiliki asuransi biaya mahal kini bisa teratasi.

Pak Ade Bungsu menjelaskan dengan besaran premi asuransi yang terjangkau, nilainya hanya setara dengan harga kopi di cafe yang biasanya kita minum. Memiliki asuransi tidak boleh memberatkan, kalau memiliku Asuransi Bebas Handal dengan premi 75ribu per bulan tentunya tidak akan memberatkan, cukup pembelian segelas kopi yang biasanya diminum saja.

2) Simpel

Lain hal lagi dengan seorang Travel Vlogger bernama Cia Wardhana, juga seorang penyiar. Dengan berbagai pekerjaan harus diselesaikan, sering bepergian untuk keperluan pekerjaan dan membuat konten. Sehinggga tidak memiliki waktu untuk membeli asuransi, pandamgan mba Cia Wardhana kalau beli asuransi merupakan hal yang ribet dan memerlukan waktu yang lama.

Pak Ade Bungsu menjelaskan kalau membeli Asuransi Bebas Handal mudah dilakukan, tidak perlu sampai butuh waktu seharian untuk memiliki asuransi karena bisa dibeli secara online. Semudah berbelanja online untuk dengan akses website FWD saja, cukup dengan tiga langkah mudah untuk mendapatkan perlindungan asuransi kesehatan: pilih produk, isi data diri & pertanyaan kesehatan, dan lakukan pembayaran.

3) Lengkap

Kalau seorang Mompreneur, Dhatu Rembulan memiliku pengalaman tentang suaminya yang memiluki asuransi. Namun, sayangnya hal ada item-item tertentu saja yang ditanggung oleh pihak perusahaan asuransi. Sehingga ada hal tertentu yang harus dibayarkan sendiri karena tak ditanggung, apalagi prosesnya pun menggunakan sistem reimburse.


Pak Ade Bungsu menjelaskan pengalaman tersebut tidak akan dialami dengan manfaat lengkap Asuransi Bebas Handal, FWD Life memberikan manfaat asuransi yang lengkap. Mulai dari biaya kamar, biaya dokter, obat-obatan, perawatan setelah rawat inap, dan biaya tindakan bedah.

Keuntungan Memiliki Asuransi Bebas Handal FWD Life

Untuk urusan klaim mudah digunakan, nasabah FWD Life yang memiliki Asuransi Bebas Handal akan mendapatkan kartu yang bisa diswipe di rumah sakit, sehingga tidak repot dengan sistem reimburse. Belum lagi jika pada umumnya untuk rawat inap di rumah sakit diperlukan biaya deposit, cukup swipe kartu FWD Life dan akan segera ditangani untuk mendapatkan perawatan.

Selain itu proses "double claim" jika nasabah dirawat dengan BPJS Kesehatan, kekurangan dari hal yang tidak ditanggung akan dicover oleh FWD Life. Bahkan akan mendapatkan besaran santunan selama perawatan di rumah sakit, hal ini bagian dari manfaat dan perhatian yang diberikan FWD Life. Tidak perlu "merasa rugi" jika tidak melakukan klaim, FWD Life menjaga hubungan baik dengan nasabah melalui benefit dari merchant yang bekerjasama melalui aplikasi FWD Max.

Komentar

  1. Kalo blogger masuk kategori freelancer nggak koh? 🤔😂

    BalasHapus
  2. Boleh nih Asuransi Bebas Handal buat asuransi kesehatanku. 75k doang, okelah

    BalasHapus
  3. Jangan lupa mas, ibu rumah tangga juga perlu asuransi kesehatan :)

    BalasHapus
  4. Mudah, Lengkap, dan Murah. Keren, terobosan baru bagi dunia asuransi nih ya berarti.

    BalasHapus
  5. buat yang penguna bpjs ga perlu khawatir karena bisa double claim jadi lebih meringankan lagi

    BalasHapus
  6. Asuransi menjadi sesuatu yang sangat penting ya mbak, apalagi pekerjaan yang tdk memiliki gaji tetap seperti kita. Kudu wajib punya

    BalasHapus
  7. sekarang gak ngantor pun bisa punya asuransi kesehatan yah...

    BalasHapus
  8. Cocok buat freelancer jadi skg tdk perlu khawatir dengan 75 ribu bisa buat asuransi yaitu Asuransi bebas handal

    BalasHapus
  9. Kontribusi hanya 75rb tapi fasilitas lengkap ya

    BalasHapus
  10. tau aja ya kalo para freelancer mah cari nya yang murah-murah... hehehe... alamat diserbu ama blogger juga nih...

    BalasHapus
  11. Lengkap banget ya fasilitas yang diberikan Asuransi Bebas Handal ini

    BalasHapus
  12. Asuransi ini cocok banget nih buat freelancer seperti aku, mudah, murah dan lengkap

    BalasHapus
  13. Sakit yang ditanggung sendiri itu menguras tabungan...bikin bangkrut 😅. Kl ada asuransi kan jadi tenang, apalagi yg murah kayak ini

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Transfer Berbeda Bank, Tak Kunjung Sampai? Bisa Jadi Ini Penyebabnya

Proses transfer berbeda bank berapa lama ya? Pertanyaan yang kerap kali ditanyakan kepada saya. Terlebih bagi freelancer termasuk saya, momen menunggu pembayaran dari pemberi kerja adalah momen menegangkan. Kabar dari bagian keuangan perihal dimulai proses pembayaran, bagaikan menemukan oase di tengah padang gurun yang gersang. Namun, setelah ditunggu-tunggu seraya, memerika mutasi rekening. Kerapkali berujung pada di-PHP-in. Katanya sudah ditransfer, kok belum masuk juga ya? Jangan-jangan bagian keuangannya belum memproses. Perasaan menjadi gundah gulana dan galau, tagihan sudah "mengantri" untuk dibayarkan. Namun, apa daya saldo di rekening tabungan belum bertambah. Sampai suatu hari, saya mengujungi salah bank yang ada di Mal Kota Kasablanka. Untuk melakukan pencetakan buku tabungan. Saya masuk ke bank, satpam meminta saya mengambil nomor antrian. Saya duduk dan menunggu nomor dipanggil. Tiba saat nomor antrian saya dipanggil, saya menuju petugas teller. Saya se

Mencoba Kartu Flazz BCA JakLingko, Tarif Rp5.000 Transjakarta dalam Tiga Jam

Akhirnya tersedia juga kartu Flazz BCA edisi JakLingko. Untuk yang belum tahu, sistem JakLingko memberikan tarif penggunaan Transjakarta maksimal Rp5.000 dalam tiga jam. Selain Flazz BCA sebelumnya sudah tersedia kartu JakLingko kerjasama dengan bank lainnya. Kartu JakLingko Flazz BCA Selain dapat digunakan pada bus Transjakarta, kartu JakLingko dapat digunakan pada angkot atau mikrotrans di Jakarta. Tinggal tap in dan tap out pada alat tap.  Untuk mendapatkan kartu JakLingko Flazz BCA, saya menemukannya tersedia pada vending machine. Harga kartu Flazz BCA JakLingko sebesar Rp40ribu dengan isi saldo Rp15ribu. Pembayaran dapat dilakukan dengan scan QRIS dan uang tunai. Perjalanan saya dimulai dari Kota Tangerang menuju Jakarta menggunakan bus tujuan Poris-Bundaran Senayan. Durasi perjalanan berlangsung sekitar satu jam. Saya turun di halte Gelora Bung Karno, kemudian naik bus tujuan Kota dan turun di halte Bendungan Hilir. Perjalanan berlangsung sekitar sepuluh menit. Saat tap out dike

Apa Perbedaan Tahapan dan Tahapan Expresi?

Tahapan dan Tahapan BCA keduanya produk rekening Tabungan BCA. Namun apa saja perbedaan antara Tahapan dan Tahapan Expresi? Setelah saya mencari-cari informasi dari berbagai sumber, ini dia ternyata perbedaan rekening Tahapan dan Tahapan Expresi: 1. Setoran Awal Setoran awal Tahapan BCA minimal 500 ribu (lumayan besar ya) dan Tahapan Xpresi minimal 50 ribu ( ini lebih sesuai dengan kantong). 2. Jenis Kartu ATM yang Diberikan Kartu ATM Tahapan tersedia dalam 3 (tiga) pilihan, yaitu: Silver, Gold dan Platinum. Setiap kartu berbeda limit transaksinya. Kalau Tahapan Xpresi BCA kartu ATMnya terdiri dari berbagai pilihan multidesain dan juga bisa menggunakan foto pribadi. Kan seru nih kartu ATMnya ada foto sama teman, keluarga atau pacar (abaikan yang terakhir). Saat ini baru bisa pakai desain multidesain di cabang tertentu dan My BCA. Kalau pakai kartu ATM Tahapan Xpresi pernah mau pakai bayar di kasir supermarket dan kartunya ditolak. Katanya sih desain kartunya kok beda, setela