Kamis, 12 September 2019

Freelancer Cerdas Finansial: Mulai Pisahkan Keuangan Pribadi dan Bisnis

Dalam urusan finansial ada berbeda pada freelancer, termasuk saya sebagai blogger dan freelancer contenct writer. Ada saat tertentu penghasilan banyak, tetapi di saat yang lain tidak ada penghasilan. Sehingga freelancer harus cerdas finansial dalam mengatur keuangan secara bijak.

Masalah keuangan freelancer karena merasa banyak penghasilan yang diterima. Namun, ternyata saat diperiksa di rekening uang yang dimiliki tak banyak. Hal ini bisa terjadi karena tercampurnya uang untuk keperluan pribadi dan keperluan pekerjaan (bisnis).

Memang ada proyek tertentu yang bayarannya besar, tetapi dalam pengerjaannya ternyata harus mengeluarka  modal yang cukul besar. Alhasil setelah dihitung margin keuntungan diperoleh tidaklah besar, salah satu yang menjadi perhatian saya adalah biaya transportasi.

Dalam pengerjaan suatu proyek tertentu, terkadang freelancer masih perlu datang ke kantor klien untuk pitching dan briefing. Mau tak mau ada biaya transportasi yang perlu dikeluarkan, baik itu menggunakan motor atau mobil.

Setelah semua tugas selesai, saatnya freelancer melakukan pengiriman tagihan. Sepengalaman saya dengan beberapa kantor klien, mereka masih meminta lembaran tagihan (invoice) secara fisik. Penyebabnya untuk keperluan administrasi dan peraturan dari bagian keuangan, mau tak mau saya harus mengeluarkan biaya tambahan untuk pengiriman lembar tagihan ke kantor klien.

Pentingnya Memisahkan Antara Keuangan Pribadi dan Bisnis

Para freelancer terkadang tidak mencatat, pengeluaran transportasi dan pengiriman dokumen. Nominalnya memang tidak terlalu besar, tetapi jika diakumulasikan ternyata cukup besar dan berdampak pada margin keuntuangan suatu proyek yang ditangani.Rasanya margin keuntungan besar, padahal ternyata ada biaya-biaya operasional yang terlupa. Sehingga dimasukan ke dalam pengeluaran pribadi, padahal harusnya dimasukan ke dalam pengeluaran bisnis.

Freelancer harus cerdas finansial mulai dengan memisahkan antara keuangan pribadi dan pekerjaan, dimulai dengan pencatatannya. Namun, timbul masalah jika harus dicatat secara manual satu per satu, perlu waktu yang cukup panjang.



Syukurlah saya bisa mengenal layanan yang memudahkan freelancer seperti saya, dalam mengatur keuangan dengan lebih mudah dan cepat. Pada acara Bincang Produktif bersama Grab dan Kompascom pada 28 Agustus 2019 di Jakarta. Saya diajak untuk mengenal layanan Grab For Business, sebuaah layanan yang dapat membantu freelancer, dalam hal memisahkan pencatatan pengeluaran pribadi dan pekerjaan.

Grab for Business yang Membantu Freelancer Mengatur Keuangan

Grab For Business memiliki empat jenis layanan: Grab for Business Corporate Portal, Business Profile, Grab Concierge, dan Grab Gift. Untuk kemudahan memisahkan pencatatan pengeluaran transportasi dan logistis Grab sebagai manfaat dari penggunaan Business Profile (Profil Bisnis) di aplikasi Grab. Cukup buka menu profil pada aplikasi Grab, pilih "Add a Businesa Profile", masukan email dan kode verifikasi yang masuk, dan profil bisnis siap digunakan.



Nantinya dalam jangka waktu tertentu kita akan mendapatkan kiriman laporan penggunaan layanan Grab dengan tag bisnis/business secara berkala: mingguan atau bulanan. Pastikan dalam setiap penggunan layanan GrabBike, GrabCar, dan GrabExpress pilih tag bisnis/business sebelum menekan tombol "Book". Jika ada teman freelancer yang menggunakan aplikasi pengelolaan keuangan (SAP Concur, Chrome River, dan Expenaify), bisa juga diintegrasikan dengan Grab for Business.



Setelah penggunaan dalam waktu seminggu atau sebulan, maka ada muncul link untuk mengunduh (download) laporan penggunaan dengan Profil Bisnis di aplikasi Grab. Selain itu bisa juga diakses dengan login pada website Grab for Business, kemudian pilih tanggal yang diinginkan.

Seperti inilah tampilan laporan mingguan yang saya dapatkan, melalui link download dari email yang dikirimkan Grab. Ada detail rincian penggunaan layanan Grab selama seminggu terakhir, hal ini memudahkan saya dapat pencatatan pengeluaran untuk keperluan bisnis/pekerjaan di proyek yang saya kerjakan.



Reward dan Bonus Menggunakan Profil Bisnis

Tak hanya kemudahan dalam pencatatan pengeluaran keperluan pekerjaan, ada reward dan bonus yang bisa didapatkan dengan menggunakan Profil Bisnis, salah satu layanan Grab for Business:

1) Weekly Rewards: RabuUntung, Pangkal Hemat 

Cukup gunakan layanan GrabBike, GrabCar, GrabCard Plus, GrabCar 6, dan GrabExpress dengan tag bisnis, ada tiga jenis kategori hadiah berupa kode promo yang bisa digunakan.

Pada minggu pertama karena saya baru mengetahui layanan Profil Bisnis, penggunaan selama semiggu sebanyak 4x maka saya bisa menggunakan kode promo "UNTUNGAJA"  berupa voucher 2x15ribu (penggunaan 3-4x seminggu).



Pada minggu selanjutnya karena semakin rajin menggunakan profil bisnis, saya menggunakannya sebanyak 12x dalam semingggu. Maka dengan penggunan lebih dari 7x seminggu, saya bisa menggunakan kode promo "UNTUNGBANGET" berupa voucher 6x15ribu.



Sedangkan jika teman freelancer menggunakan Grab dengan profil bisnis sebanyak 5-6x dalam seminggi, maka bisa menggunakan kode "UNTUNGLUMAYAN" berupa voucher 4x15ribu. Untuk frekuensi penghitungannya dihitung dari hari Minggu ke Sabtu (berlaku hingga 30 September 2019), kode promo mulai bisa digunakan setiap hari Rabu.

2) Season Rewards: GrabMazing Race
Yang tak menarik penawaran untuk mendapatkan Samsung Galaxy Watch Activate untuk 10 orang pengguna Profil Bisnis dengan Tag Bisnis terbanyak dalam periode 15 Juli-30 September 2019

Kesimpulan:
Memanfaatkan layanan profil bisnis, Grab for Business di aplikasi Grab membuat pencatatan pengeluaran untuk pekerjaan. Pencatatannya dilakukan lebih mudah karena ada laporan yang dikirim secara berkala oleh Grab melalui email. Sehingga pengeluaran untuk keperluan pribadi dan pekerjaan tidak tercampur, sehingga mendapatkan informasi pengeluaran untuk keperluan pekerjaan secara detail dan mudah. Tak repot screenshot satu per satu, kemudian mencatat besaran pengeluarannya.

5 komentar:

  1. APAKAH ANDA MEMBUTUHKAN PINJAMAN YANG LUAR BIASA HARI INI?

    Apakah Anda seorang pengusaha atau wanita? Apakah Anda mengalami kesulitan keuangan? Apakah Anda memerlukan pinjaman untuk memulai usaha kecil dan menengah yang bagus? Apakah Anda memiliki skor kredit yang rendah dan Anda merasa kesulitan untuk mendapatkan pinjaman modal dari bank lokal dan lembaga keuangan lainnya? Apakah Anda memerlukan uang untuk berinvestasi di bidang spesialisasi tertentu? Apakah Anda memiliki proyek yang belum selesai di ujung jari Anda karena dana yang tidak mencukupi? Ini adalah kesempatan untuk mendapatkan pinjaman Anda hari ini untuk menyelesaikan semua masalah keuangan Anda.

    Kami telah menyediakan lebih dari $ 1 Miliar dalam pinjaman bisnis untuk lebih dari 15.000 pemilik bisnis seperti Anda. Kami menggunakan teknologi risiko kami sendiri yang ditunjuk untuk memberi Anda pinjaman bisnis yang tepat sehingga Anda dapat mengembangkan bisnis Anda. Layanan kami cepat dan dapat diandalkan, pinjaman disetujui dalam waktu 24 jam setelah aplikasi berhasil.

    Kredit kami dijamin 100% untuk keamanan maksimum adalah prioritas kami, tujuan utama kami adalah untuk membantu Anda mendapatkan layanan keuangan asli yang layak Anda dapatkan, program kami adalah cara tercepat untuk mendapatkan pinjaman yang Anda butuhkan. suku bunga murah untuk mengurangi tekanan pada pengeluaran bulanan. Dapatkan fleksibilitas untuk digunakan untuk tujuan apa pun - mulai dari liburan, pendidikan, hingga pembelian unik.
    hubungi saya untuk informasi lebih lanjut:
    (helenwilson719@gmail.com)
    WhatsApp: + 1-585-326-2165

    Kami menawarkan berbagai layanan keuangan yang meliputi: Pinjaman Pribadi, Pinjaman Konsolidasi Utang, Pinjaman Bisnis, Pinjaman Pendidikan, Pinjaman yang Dijamin Pinjaman, Pinjaman Hipotek, Pinjaman Bayaran, Pinjaman Siswa, Pinjaman Komersial, Pinjaman Kredit Otomatis, Pinjaman Investasi, Pinjaman untuk Pembangunan, Pinjaman Pembelian, Pinjaman Konstruksi, dengan Suku Bunga Rendah 2% kami memberikan pinjaman kepada Perorangan, Perusahaan dan Agen. Dapatkan yang terbaik untuk keluarga dan rumah impian Anda dan skema pinjaman umum kami.


    Jika Anda tertarik untuk mendapatkan pinjaman, silakan hubungi kami dengan permintaan pinjaman Anda.
    Silakan hubungi kami untuk informasi lebih lanjut:
    (helenwilson719@gmail.com)

    Salam,
    Nyonya HELEN WILSON
    helenwilson719@gmail.com
    WhatsApp: + 1-585-326-2165

    BalasHapus
  2. kesaksian nyata dan kabar baik !!!

    Nama saya mohammad, saya baru saja menerima pinjaman saya dan telah dipindahkan ke rekening bank saya, beberapa hari yang lalu saya melamar ke Perusahaan Pinjaman Dangote melalui Lady Jane (Ladyjanealice@gmail.com), saya bertanya kepada Lady jane tentang persyaratan Dangote Loan Perusahaan dan wanita jane mengatakan kepada saya bahwa jika saya memiliki semua persyarataan bahwa pinjaman saya akan ditransfer kepada saya tanpa penundaan

    Dan percayalah sekarang karena pinjaman rp11milyar saya dengan tingkat bunga 2% untuk bisnis Tambang Batubara saya baru saja disetujui dan dipindahkan ke akun saya, ini adalah mimpi yang akan datang, saya berjanji kepada Lady jane bahwa saya akan mengatakan kepada dunia apakah ini benar? dan saya akan memberitahu dunia sekarang karena ini benar

    Anda tidak perlu membayar biayaa pendaftaran, biaya lisensi, mematuhi Perusahaan Pinjaman Dangote dan Anda akan mendapatkan pinjaman Anda

    untuk lebih jelasnya hubungi saya via email: mahammadismali234@gmail.comdan hubungi Dangote Loan Company untuk pinjaman Anda sekarang melalui email Dangotegrouploandepartment@gmail.com

    BalasHapus
  3. Halo semuanya! Bantu saya berterima kasih kepada Bunda Esther

    Saya Widodo saya tinggal di Medan di Indonesia, saya telah mencari pinjaman selama beberapa tahun. Saya 6 kali menjadi korban penipuan dengan pemberi pinjaman palsu yang telah menghancurkan hidup saya, saya memang mencoba bunuh diri karena mereka. Karena saya punya hutang dan tagihan yang harus dibayar. Saya pikir ini sudah berakhir untuk saya, saya tidak lagi memiliki perasaan hidup. Saya hampir menyerah, tidak sampai saya mencari saran dari teman SISKA WIBOWO (siskawibowo71@gmail.com) yang kemudian mengarahkan saya ke pemberi pinjaman yang sangat andal, Ny. ESTHER PATRICK yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 150 juta Rupiah dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau tekanan pada tingkat bunga lebih rendah dari 2%. (estherpatrick83@gmail.com)

    Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah pinjaman yang saya terapkan langsung ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan, karena saya berjanji akan membagikan kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres . silakan hubungi ibu sekarang estherpatrick83@gmail.com

    Dan saya tahu sebagian besar dari Anda juga telah menjadi korban penipuan, Anda tidak perlu repot lagi karena saya harus menyampaikan kabar baik dan satu-satunya pemberi pinjaman yang dapat Anda percayai, Jadi saya tidak dapat menyimpan ini untuk diri saya sendiri sehingga saya harus mulai dengan membagikan kesaksian tentang mengubah hidup ini bahwa Anda dapat menghubungi saya melalui email (widodocepi@gmail.com) Ny. Esther Patrick Saya selamanya Bersyukur atas Segala yang telah Anda lakukan untuk saya.

    BalasHapus
  4. Are you in financial crisis, looking for money to start your own business or to pay your bills?
    GET YOUR BLANK ATM CREDIT CARD AT AFFORDABLE PRICE*
    We sell this cards to all our customers and interested buyers worldwide,Tho card has a daily withdrawal limit of $5000 and up to $50,000 spending limit in stores and unlimited on POS.
    **WHAT WE OFFER**
    *1)WESTERN UNION TRANSFERS/MONEY GRAM TRANSFER*
    *2)BANKS LOGINS*
    *3)BANKS TRANSFERS*
    *4)CRYPTO CURRENCY MINNING*
    *5)BUYING OF GIFT CARDS*
    *6)LOADING OF ACCOUNTS*
    *7)WALMART TRANSFERS*
    *8)BITCOIN INVESTMENTS*
    *9)REMOVING OF NAME FROM DEBIT RECORD AND CRIMINAL RECORD*
    *10)BANK HACKING*
    email blankatmmasterusa@gmail.com
    you can also call or whatsapp us Contact us today for more enlightenment

    +1(539) 888-2243
    WE ARE REAL AND LEGIT...........2019 FUNDS/FORGET ABOUT GETTING A LOAN..

    IT HAS BEEN TESTED AND TRUSTED

    whatsapp only ===>>   +1(539) 888-2243

    BalasHapus