Jumat, 30 Oktober 2020

Pengalaman Membuka Rekening BRI Britama X secara Digital

Saya akhirnya kembali membuka rekening BRI, tetapi kali ini tabungan BRI Britama X (Britama Muda). Beberapa tahun lalu saya sudah punya tabungan BRI Simpedes, tetapi saya tidak gunakan karena sudah jarang digunakan bertransaksi. Berhubung saya mendapatkan hadiah, saya perlu membuka rekening BRI terlebih dahulu.


Kartu ATM dan Buku Tabungan Britama X atau Britama Muda
Kartu ATM dan Buku Tabungan
 Britama X 


Kalau beberapa tahun lalu saya membuka rekening BRI melalui e-form, nanti masih perlu verifikasi ulang di kantor cabang BRI (semi digital). Ternyata saat ini pembukaan rekening BRI sudah bisa dilakukan secara digital, cukup melalui website "https://bukarekening.bri.co.id/digital-saving/" saja. Pilih buka rekening, siapkan dokumen yang yang diperlukan, dan pilih jenis tabungan Britama X (Britama Muda). 


Website Pembukaan Rekening Tabungan BRI secara Digital
Website Pembukaan Rekening
 Tabungan BRI secara Digital


Setelah saya pelajari biaya administrasi Britama X (Britama Muda) hanya Rp5.000 per bulan. Selain itu saldo minimal Britama X (Britama Muda) hanya Rp10.000. (Jika membukan rekening BRI Britama X (Britama Muda) melalui kantor cabang BRI saldo minimalnya Rp50.000). Pilih kantor cabang pembuka rekening yang diinginkan, pilih yang paling dekat dengan tempat tinggal.

Setelah itu foto KTP, foto selfie sambil memegang KTP, foto NPWP, foto tanda tangan di atas kertas putih, dan lakukan pengambilan video sesuai teks yang akan tampil. Setelah itu tunggu proses verifikasi, lakukan refresh secara berkala pada mobile browser.


Proses Verifikasi Data Pribadi Berhasil


Jika proses verifikasi sudah selesai dan data-data pribadi sudah valid, maka selanjutkan akan diminta memasukan kode OTP sebagai verifikasi tanda tangan digital. Lalu periksa kembali data berupa nama, No KTP, jenis tabungan, dan kantor cabang pembuka rekening yang dipilih, dan pilih konfirmasi. Setelah itu akan diminta melakukan setoran awal melalui BRI Virtual Account (BRIVA).


Setoran Britama X dengan
 Transfer BRI Virtual Account


Muncul sebuah masalah transfer dari bank lain ke  BRI Virtual Account (BRIVA) gagal terus. Bisa saja setoran tunai di kantor cabang BRI, tetapi niatnya ingin buka rekening tanpa pergi ke kantor cabang. Saya meminta bantuan teman yang merupakan nasabah BRI untuk transfer ke BRI Virtual Account (BRIVA). 

Saya mengira proses pembukaan rekening akhirnya selesai, saat membaca tulisan "Selamat rekening Anda telah terbentuk". Namun, seketika kebahagian itu sirna saat membaca tulisan "Untuk dapat bertransaksi finansial secara digital silakan aktifkan rekening tersebut di kantor BRI". Pada akhirnya saya tetap harus datang ke kantor cabang BRI untuk aktivasi finansial agar dapat bertransaksi



Rekening BRI Sudah Jadi, Tetapi Perlu Aktivasi Finansial di Kantor Cabang BRI
Rekening BRI Sudah Jadi, Tetapi Perlu Aktivasi Finansial di Kantor Cabang BRI

Saya akhirnya pergi mendatangi kantor cabang BRI sesuai dengan kantor pembuka rekening yang saya pilih. Lalu, saya mengambil nomor antrean customer service dan menunggu dipanggil. Sekitar 10 menit akhirnya nomor antrean saya dipanggil, lalu saya menjelaskan kepada petugas customer service.


Petugas customer service meminta saya memperlihatkan bukti email pembukaan rekening sudah berhasil. Kemudiian petugas customer service melakukan input data dan pencetakan buku tabungan dan meminta saya membuat PIN Kartu ATM.Kartu ATM Britama X (Britama Muda) sebenarnya ada tiga pilihan desain. Namun, hanya tersedia satu jenis di kantor cabang yang saya datangi.  Tidak dikenakan biaya pembuatan kartu ATM untuk ATM Britama X (Britama Muda). 

Setelah itu saya dibantu registrasi BRI Internet Banking untuk dapat bertransaksi dengan aplikasi BRImo. Diminta memasukan PIN pada alat gesek kartu, lalu diminta membuat User ID dan password melalui website BRI Internet Banking. Setelah itu saya diminta logout, kemudian login menggunakan aplikasi BRImo.

Syukurlah selesai juga proses pembukaan rekening BRI Britama X (Britama Muda). Walaupun niat awalnya secara digital, tetapi tetap saja perlu mengurus aktivasi finansial, kartu ATM, dan buku tabungan di kantor cabang BRI. Semoga ke depannya prosesnya  bisa sepenuhnya digital, tanpa ke kantor cabang sama sekalu! Misalnya kartu ATM dan buku tabungan dikirimkan ke rumah.

Selesai keperluan di kantor cabang BRI, saya sudah lapar dan akhirnya mampir ke HokBen dulu. Kebetulan sedang ada promo diskon BRI sebesar Rp25.000 dengan minimal transaksi Rp50.000 untuk 25 pelanggan per outlet. Saya coba menanyakan kepada pelayan di HokBen, syukurlah belum ada pelanggan yang menggunakan promo BRI.


Promo Diskon HokBen dengan BRImo
Promo Diskon HokBen dengan BRImo



Setelah memesan makanan untuk takeway, saya melakukan pembayaran dari menu QR pada aplikasi BRImo. Nanti QR Code diarahkan ke alat pembaca QR dari DANA, kemudian transaksi berhasil dilakukan. Lumayan setelah buka rekening BRI, bisa langsung mendapatakan manfaat berupa diskon Rp25.000 di HokBen.

81 komentar:

  1. gampilll banget nih cara buka rekening BRI Britama X.
    memang di era digital ini, dunia perbankan semakin mudah diakses ya
    duh, ada diskon di HokBen pulaakk.

    BalasHapus
  2. Wah mudah banget ya buka rekening britama zaman sekarang. Itu kartunya nanti dikirim apa hrus ke kantor cabang? Lumayan banget dpt promo hokben

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harus k kantor cabang KK.. karena ada yg harus di tanda tangani

      Hapus
  3. Ternyata hampir semua produk perbankan sekarang ada fitur buka rekening secara digital ya, dan rata-rata juga ada desain debit card yang kustom juga.

    BalasHapus
  4. kok mantep banget ini
    habis buka rekening BRI, diakhiri dengan makan promo BRI di hokben
    perpaduan yang sempurna antara tabungan dan isi perut, hahaha

    BalasHapus
  5. wah ini nih... kemudahan masa kini yang paripurna banget. bisa buka rekening tanpa harus ke kantor cabang. jadi mudah dan simpel tanpa membuang waktu untuk antri

    BalasHapus
  6. Buka rekening sekarang memudahkan banget ya Koh.
    Senangnya dapet tutorial ini, aku belum punya BRI.
    Udah aku follow blognya ya Koh. POlbek.

    BalasHapus
  7. Wah sekarang bisa dibuka secara online ya. Suatu kemajuan nih buat bank plat merah hehe
    Enaknya punya BRI tuh kalau buat transfer ke saudara di desa, lebih gampang, krn BRI ada di mana2 :D

    BalasHapus
  8. Ga perlu ke Bank, bisa langsung buka rekening sendiri secara online ya :) wah, sangat dipermudah ya dalam mendapatkan layanan perbankan saat ini

    BalasHapus
  9. Selamat yaa...sudah tergabung dalam keluarga besar BRI Britama X.
    Dan siap-siap mencari merchant yang bekerjasama dengan BRI agar mendapat fasilitas maksimalnya.

    BalasHapus
  10. Wkwkwk ujung2nya datang ke BRI dan antri juga ya. Padahal itu yang dihindari. Sama kaya pas aku ke bca kemaren, gak bisa videocall ujung2nya harus ke bca juga dtg

    BalasHapus
  11. Ini nih buat kesel, katanya mobile, tapi ujung-ujungnya juga harus ke bank terdekat, sama aja bohong, hahahaha. Bayangkan jika sedang buka rekening tapi lokasi sedang di tengah perkebunan pedalaman, kapan ada waktu ke bank?. ckckckkck. Mungkin bisa jadi bahan koreksi, memang pihak bank takut ada penipuan, we know that, tapi kan ada validasi data via VC dan data KTP, kenapa belum cukup juga?.

    BalasHapus
  12. Kalo dibandingkan dengan simpedes, apa ada kelemahan lain dari britama x ini min?
    Mohon dijawab

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak ada. Malahan karena kartu Britama X berlogo MasterCard dapat promo khusus. Kalau Simpedes kartu GPN, ada promo yang tidak bisa digunakan.

      Hapus
  13. Jadi ini punya buku tabungan ya pak. Saya pikir mirip mandiri tabungan now sama bca expresi

    Bagaimana mendapat kartu debit mastercard bukan yg gpn. Saya baca di forum banyak yang dikasih kartu gpn
    Soalnya untuk penerimaan uang dari luar negeri

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya mendapatkan buku tabungan, tetapi warna buku tabungannya hitam. Kalau Britama buku tabungannya biru tua.

      Kalau Britama X perihal kartu ATM tergantung persediaan di kantor cabang. Jika pada suatu cabang tersedia GPN, bisa minta ganti ke MasterCard di kantor cabang lain.

      Hapus
  14. Sebelumnya saya sudah mencoba mendaftar dengan web tersebut, tapi waktu pembuatan video verifikasi selalu ditolak, akhirnya saya langsung ke cabang bri terdekat, eh.. Malah telernya ngga tau. Haduhh, jadinya saya membuka simpedes

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tipsnya videonya dengan pencahayaan yang baik. Lalu gunakan earphone agar suara terekam dengan jelas.

      Hapus
  15. Itu datang ke kantor nya atau ke cabang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pembukaannya secara online. Namun, ambil kartu ATM dan buku tabungannya tetap di kantor cabang.

      Hapus
  16. Saya Sudah aktivasi Rekening Britama X di kcp cikarang SGC Saya tinggal. Tapi tidak Mendapatkan buku Tabungan Saya cuman Mendapatkan kartu ATM saja. Apa untuk Pembukaan tabungan britama x melalui digital saving tidak Mendapatkan buku Tabungan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin kebijakan dari kantor cabang. Soalnya saya dapat, ada foto buku tabungan juga di foto.

      Hapus
  17. Pembukaan tabungan britamaX melalui digital saving (online) tidak dapat buku tabungan hanya kartu ATM saja. Untuk didaerah Saya cikarang

    BalasHapus
  18. Sekarang ngaktifkan rekeningnya gak perlu datang ke bank lagi. Senuanya cukup lewat email.

    BalasHapus
  19. Ko apakah waktu verifikasi video langsung berhasil dengan mudah? Saya udah berulang kali ngulang gagal terus gatU apa yg salah. Padahal foto uda jelas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saat verifikasi video, baiknya gunakan earphone agar suara terekam dengan jelas.

      Hapus
  20. saat melakukan pencetakan buku tabungan, persyaratan yang harus dibawa apa saja ya? terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saat saya cetak buku tabungan , hanya bawa buku tabungan. Lalu, petugas konfirmasi bahwa buku tabungan atas nama sendiri. Palingan bawa KTP juga.

      Hapus
  21. menarik juga. seperti pengalaman saya waktu kmrn buka tab britama muda lewat digital. dapat atm dan buku tab. kalo di bbrapa ulsan lain sebenarnya kalo britama x digital itu tidak dibuat buku tab tp berupa laporan. tp ada juga cab bri yg memberikan buku tabungan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin kebijakan kantor cabang atau kebetulan buku tabungannya sedang habis ya.

      Hapus
  22. Balasan
    1. Hanya ada biaya administrasi bulanan saja, tidak ada biaya kartu ATM lagi untuk Britama X.

      Hapus
  23. Mau sedikit curhat mas. Saya buka Digital Saving BRI tgl 20/12/20 dan sudah topup atau setoran awal pakai BRIVA dan sukses, tetapi status di websitenya masih belum berubah sampai 5 hari kemudian jadi expired. Setelah itu saya lapor ke Contact BRI dan sudah diberi nomor pelaporan yang estimasi selesai 7 hari kerja. Setelah estimasi habis saya hubungi kembali Contact BRI dan CS nya bilang bahwa nomor rekening sudah terbentuk tetapi tidak bisa terlihat dan harus ke Cabang terdekat untuk mengetahui nomor rekening dan mencetak Buku Rekening beserta Kartu Debitnya. 04/01/21 saya pergi ke Cabang terdekat (dan yg dipilih ketika pembukaan digital saving), menurut keterangan dari CS cabang tsb, nomor rekening sudah terbentuk tetapi setoran awal belum masuk (padahal sudah saya perlihatkan bukti trx Brivanya). Dan lagi lagi saya diharuskan menunggu sampai waktu yang tidak ditentukan (jadi harus dicek ke cabang secara berkala karena saya diberi Ticket ID).

    Maaf panjang hehehe, cuma mau sharing aja. Yang awalnya mau simpel seperti tabungan digital lainnya (yang saya sudah punya), hanya tinggal klik klik klik dan tinggal duduk manis utk kartu debitnya diantar ke rumah.

    BalasHapus
  24. Niatnya mau buka britama x secara digital, tapi kalo akhirnya untuk aktivasi finansial perlu ke kantor cabang bri langsung ya akan aku hindari,

    BalasHapus
  25. Jadi klo saldo min 10.000 harus buka lewat digital ya. Pantes q buka lewat cs kok saldo min 50rb 😑

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang demikian, ada perbedaan ketentuan saldo minimal.

      Hapus
  26. Pada waktu membuat video dan foto selfi dg KTP itu, supaya tdk gagal harus bagaimana ya mas william ?, dan Tabungan Britama x itu, batasan umurnya sampai berapa ya? terima kasih atas responnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Batasan usia saat pembukaan adalah 35 tahun. Membuat video dan foto selfienya pada hari dengan pencahayaan alami.

      Hapus
  27. Kalau membukanya melalui e form terus ke bri apa saldo minimalnya juga Rp 10.000 ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berbeda ketentuan saldo minimal. Kalau pakai e-form, nanti tetap dibukakan rekeningnya oleh kantor cabang.

      Hapus
  28. kok saldo minimal britama x saya berubah dari 10rb jadi 50rb
    padahal minggu kemarin masih bisa nyisain belasan ribu, pas tadi siang gk bisa (harus 50rb)
    itu kenapa ya gan?
    mohon dijawab jika tau 🙏

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pembukaannya secara online? Saya coba masih bisa saldonya kurang dari 50ribu.

      Hapus
  29. Setoran awal britama x sekarang kan 100000, nah saya mau tarik 50000 kok ga bisa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pembukaannya secara online atau melalui kantor cabang?

      Hapus
  30. saya tambahkan dikit boleh ya. ternyata pembukaan britama muda yang dibuka melalui kantor cabang (datang langsung) dengan pembukaan rekening britama x via online ada perbedaan. salah satunya adalah biaya administrasi dan saldo mengendap.
    britama muda yg dibuka di cabang ada biaya admin 5000 rupiah
    dan biaya admin kartu 1000 rupiah. jadi total 6000 rupiah
    saldo mengendap 50000 rupiah.
    munculnya biaya admin kartu di bulan desember 2020 setelah saya cek mutasi rekening di aplikasi brimo (sebelumnya cuma 5000 rupiah)
    dan u/ britama x (digital) yg dibuka via online
    biaya admin cukup 5000 rupiah sudah termasuk biaya admin kartu
    saldo memgendap 10000 rupiah
    dan u/ britama x yg dibuka secara online tidak mendapatkan buku tabungan, hanya kartu debit saja.
    karna saya punya 2 rekening britama muda dan britama x digital.
    terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya mendapatkan buku tabungan, tetep diberikan oleh petugas di kantor cabang.

      Hapus
  31. Lah kirain udah full digital. Ini masih harus datang ke kantor. Ayo donk inovasinya BRI.

    BalasHapus
  32. Britama X ini bisa untuk tabungan anak/remaja gak ya? Maksudnya yang masih sekolah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika masih sekolah, ada produk BRI Junio. Memang tabungan untuk anak-anak yang belum punya KTP.

      Hapus
  33. Izin bertanya ko, saya buka rekening britama x di kantor cabang kok kartunya gada label mastercard ya, malah label gpn?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Perihal ketersediaan kartu, setiap cabang berbeda-beda. Bisa coba ganti kartu di kantor cabang lain yang memiliki stok kartu Master Card.

      Hapus
  34. Jadi kalo mau narik uang dalam jumlah yg banyak gmn kak kalo gaada buku tabungan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika tidak ada, maka tidak bisa. Karena buku tabungannya akan difotokopi oleh petugas teller, jika nilai transaksinya sangat besar.

      Hapus
  35. Kak kalo kita sudah melakukan pembukaan rekening lalu kita sudah tf sebesar 100rb kemudian saya tidak datang ke bank dalam 2 minggu apakah masih belaku ngga yah pendaftaran saya itu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setelah melalukan setoran awal. Jika ada email nomor rekening, berarti rekening berhasil dibuat.

      Rekeningnya sudah jadi, tinggal ke kantor cabang untuk urusan kartu ATM, Mobile Banking, dan buku tabungan.

      Hapus
  36. Per bulannya beneran gadikenain biaya kartu kah?total biaya bulanan hanya 5k?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, benar. Asalkan produk tabungannya Britama X (Britama Muda), bukan Britama Regular.

      Hapus
  37. Tapi kenapa pada saat saya coba untuk buka harus menisi data pekerjaan ya kak?, Mulai dari perusahaan jabatan dll. Sedangkan saya
    sendiri bukan pekerja 😶

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika masih mahasiswa, bisa mengisi pekerjaan sebagai mahasiswa. Tempat kerja diisi dengan tempat kuliah.

      Hapus
  38. Kak mau tanya, atm langsung dapat atau tidak ya ? Kemudian apa setoranawal bisa di tarik kembali walau cuman 50rb

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kartu ATMnya perlu ambil di kantor cabang. Penarikan bisa dilakukan, asalkan tersisa Rp10.000. Karena saldo Rp10.000 merupakan saldo minimal ditahan.

      Hapus
  39. Saya kemarin daftar britama muda tapi kok dikasihnya kartu britama reguler ya, ada yang sama?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Daftarnya lewat apa? Cs atau online?

      Hapus
    2. Saat datang kantor cabang, apakah menunjukan email dari BRI? Ada email berisikan informasi, rekeningnya Britama X.

      Hapus
    3. Sama aku juga gitu saat daftar online padahal pilih BritamaX, Tapi pas ambil kartu ATM nya dikasih kartu ATM Britama Reguler... Berarti masuknya tetep yang britama X atau reguler ya, kalau reguler kena biaya pemeliharaan kartu dong per bulan? Hmmm

      Hapus
  40. Maaf bang wiliam mau tanya, kalo daftar lewat digital britama muda harus ada npwp nya ya? Kalo gapunya Npwp gimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silakan ditanyakan kepada petugas call center BRI, perihal NPWP!

      Hapus
  41. Maaf bang wiliam mau tanya, kalo daftar lewat digital britama muda harus ada npwp nya ya? Kalo gapunya Npwp gimana?

    BalasHapus
  42. Selain itu saldo minimal Britama X (Britama Muda) hanya Rp10.000. (Jika membukan rekening BRI Britama X (Britama Muda) melalui kantor cabang BRI saldo minimalnya Rp50.000).
    Maksudnya gimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika buka rekening secara online, saldo minimal Rp10.000. Sedangkan jika membuka di kantor cabang, saldo minimal Rp50.000

      Bagian mana yang kurang jelas?

      Hapus
  43. Mas mau tanya kalo buka rekening di kantor cabang yang berbeda dengan kecamatan saya apakah bisa? Atau harus di kecamatan yang sama? Soalnya kantor cabang yang terdekat malah kantor cabang kecamatan lain

    BalasHapus
  44. Mas mau tanya, kalo buat rekening di kantor cabang yang berbeda dengan kecamatan saya apakah bisa? Atau harus di kecamatan yang sama? Soalnya yang terdekat kantor cabang kecamatan lain

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selama masih ada di kota/kabupaten yang sama, kemungkinan bisa. Alternatif lain, buka secara online. Datang ke kantor cabang, untuk ambil buku tabungan dan kartu ATM.

      Hapus
  45. Mas mau tanya, kalo buka rekening secara online pada saat memilih kantor cabang apakah bisa memilih kantor cabang kecamatan lain?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada pilihan kantor cabangnya. Bisa dipilih yang sesuai.

      Hapus
  46. kemarin saya baru buka rekening britama x juga, tapi sudah dapat langsung bertransaksi scara digital, mungkin sudah ada pembaharuan ya.. omong2 saat pengambilan buku tabungan apa hanya diminta perlihatkan email dari bri?? atau memerlukan dokumen lainya??

    BalasHapus