Jumat, 30 Oktober 2020

Pengalaman Membuka Rekening BRI Britama X secara Digital

Saya akhirnya kembali membuka rekening BRI, tetapi kali ini tabungan BRI Britama X (Britama Muda). Beberapa tahun lalu saya sudah punya tabungan BRI Simpedes, tetapi saya tidak gunakan karena sudah jarang digunakan bertransaksi. Berhubung saya mendapatkan hadiah, saya perlu membuka rekening BRI terlebih dahulu.


Kartu ATM dan Buku Tabungan Britama X atau Britama Muda
Kartu ATM dan Buku Tabungan
 Britama X 


Kalau beberapa tahun lalu saya membuka rekening BRI melalui e-form, nanti masih perlu verifikasi ulang di kantor cabang BRI (semi digital). Ternyata saat ini pembukaan rekening BRI sudah bisa dilakukan secara digital, cukup melalui website "https://bukarekening.bri.co.id/digital-saving/" saja. Pilih buka rekening, siapkan dokumen yang yang diperlukan, dan pilih jenis tabungan Britama X (Britama Muda). 


Website Pembukaan Rekening Tabungan BRI secara Digital
Website Pembukaan Rekening
 Tabungan BRI secara Digital


Setelah saya pelajari biaya administrasi Britama X (Britama Muda) hanya Rp5.000 per bulan. Selain itu saldo minimal Britama X (Britama Muda) hanya Rp10.000. (Jika membukan rekening BRI Britama X (Britama Muda) melalui kantor cabang BRI saldo minimalnya Rp50.000). Pilih kantor cabang pembuka rekening yang diinginkan, pilih yang paling dekat dengan tempat tinggal.

Setelah itu foto KTP, foto selfie sambil memegang KTP, foto NPWP, foto tanda tangan di atas kertas putih, dan lakukan pengambilan video sesuai teks yang akan tampil. Setelah itu tunggu proses verifikasi, lakukan refresh secara berkala pada mobile browser.


Proses Verifikasi Data Pribadi Berhasil


Jika proses verifikasi sudah selesai dan data-data pribadi sudah valid, maka selanjutkan akan diminta memasukan kode OTP sebagai verifikasi tanda tangan digital. Lalu periksa kembali data berupa nama, No KTP, jenis tabungan, dan kantor cabang pembuka rekening yang dipilih, dan pilih konfirmasi. Setelah itu akan diminta melakukan setoran awal melalui BRI Virtual Account (BRIVA).


Setoran Britama X dengan
 Transfer BRI Virtual Account


Muncul sebuah masalah transfer dari bank lain ke  BRI Virtual Account (BRIVA) gagal terus. Bisa saja setoran tunai di kantor cabang BRI, tetapi niatnya ingin buka rekening tanpa pergi ke kantor cabang. Saya meminta bantuan teman yang merupakan nasabah BRI untuk transfer ke BRI Virtual Account (BRIVA). 

Saya mengira proses pembukaan rekening akhirnya selesai, saat membaca tulisan "Selamat rekening Anda telah terbentuk". Namun, seketika kebahagian itu sirna saat membaca tulisan "Untuk dapat bertransaksi finansial secara digital silakan aktifkan rekening tersebut di kantor BRI". Pada akhirnya saya tetap harus datang ke kantor cabang BRI untuk aktivasi finansial agar dapat bertransaksi



Rekening BRI Sudah Jadi, Tetapi Perlu Aktivasi Finansial di Kantor Cabang BRI
Rekening BRI Sudah Jadi, Tetapi Perlu Aktivasi Finansial di Kantor Cabang BRI

Saya akhirnya pergi mendatangi kantor cabang BRI sesuai dengan kantor pembuka rekening yang saya pilih. Lalu, saya mengambil nomor antrean customer service dan menunggu dipanggil. Sekitar 10 menit akhirnya nomor antrean saya dipanggil, lalu saya menjelaskan kepada petugas customer service.


Petugas customer service meminta saya memperlihatkan bukti email pembukaan rekening sudah berhasil. Kemudiian petugas customer service melakukan input data dan pencetakan buku tabungan dan meminta saya membuat PIN Kartu ATM.Kartu ATM Britama X (Britama Muda) sebenarnya ada tiga pilihan desain. Namun, hanya tersedia satu jenis di kantor cabang yang saya datangi.  Tidak dikenakan biaya pembuatan kartu ATM untuk ATM Britama X (Britama Muda). 

Setelah itu saya dibantu registrasi BRI Internet Banking untuk dapat bertransaksi dengan aplikasi BRImo. Diminta memasukan PIN pada alat gesek kartu, lalu diminta membuat User ID dan password melalui website BRI Internet Banking. Setelah itu saya diminta logout, kemudian login menggunakan aplikasi BRImo.

Syukurlah selesai juga proses pembukaan rekening BRI Britama X (Britama Muda). Walaupun niat awalnya secara digital, tetapi tetap saja perlu mengurus aktivasi finansial, kartu ATM, dan buku tabungan di kantor cabang BRI. Semoga ke depannya prosesnya  bisa sepenuhnya digital, tanpa ke kantor cabang sama sekalu! Misalnya kartu ATM dan buku tabungan dikirimkan ke rumah.

Selesai keperluan di kantor cabang BRI, saya sudah lapar dan akhirnya mampir ke HokBen dulu. Kebetulan sedang ada promo diskon BRI sebesar Rp25.000 dengan minimal transaksi Rp50.000 untuk 25 pelanggan per outlet. Saya coba menanyakan kepada pelayan di HokBen, syukurlah belum ada pelanggan yang menggunakan promo BRI.


Promo Diskon HokBen dengan BRImo
Promo Diskon HokBen dengan BRImo



Setelah memesan makanan untuk takeway, saya melakukan pembayaran dari menu QR pada aplikasi BRImo. Nanti QR Code diarahkan ke alat pembaca QR dari DANA, kemudian transaksi berhasil dilakukan. Lumayan setelah buka rekening BRI, bisa langsung mendapatakan manfaat berupa diskon Rp25.000 di HokBen.

9 komentar:

  1. gampilll banget nih cara buka rekening BRI Britama X.
    memang di era digital ini, dunia perbankan semakin mudah diakses ya
    duh, ada diskon di HokBen pulaakk.

    BalasHapus
  2. Wah mudah banget ya buka rekening britama zaman sekarang. Itu kartunya nanti dikirim apa hrus ke kantor cabang? Lumayan banget dpt promo hokben

    BalasHapus
  3. Ternyata hampir semua produk perbankan sekarang ada fitur buka rekening secara digital ya, dan rata-rata juga ada desain debit card yang kustom juga.

    BalasHapus
  4. kok mantep banget ini
    habis buka rekening BRI, diakhiri dengan makan promo BRI di hokben
    perpaduan yang sempurna antara tabungan dan isi perut, hahaha

    BalasHapus
  5. wah ini nih... kemudahan masa kini yang paripurna banget. bisa buka rekening tanpa harus ke kantor cabang. jadi mudah dan simpel tanpa membuang waktu untuk antri

    BalasHapus
  6. Buka rekening sekarang memudahkan banget ya Koh.
    Senangnya dapet tutorial ini, aku belum punya BRI.
    Udah aku follow blognya ya Koh. POlbek.

    BalasHapus
  7. Wah sekarang bisa dibuka secara online ya. Suatu kemajuan nih buat bank plat merah hehe
    Enaknya punya BRI tuh kalau buat transfer ke saudara di desa, lebih gampang, krn BRI ada di mana2 :D

    BalasHapus
  8. Ga perlu ke Bank, bisa langsung buka rekening sendiri secara online ya :) wah, sangat dipermudah ya dalam mendapatkan layanan perbankan saat ini

    BalasHapus
  9. Selamat yaa...sudah tergabung dalam keluarga besar BRI Britama X.
    Dan siap-siap mencari merchant yang bekerjasama dengan BRI agar mendapat fasilitas maksimalnya.

    BalasHapus