Langsung ke konten utama

Mudahnya Buka Rekening BRI dengan E-Form

BRI adalah satu bank yang bagi saya agak asing. Yang terlintas di benak saya adalah bank untuk masyarakat pedesaan. Yang saya amati lebih mudah menemukan ATM dan cabang bank BRI di pedesaan daripada di perkotaan. Namun beberapa waktu belakangan ini saya menerima transferan dari teman saya yang adalah nasabah bank BRI. Saya yang tidak memiliki tabungan BRI, teman saya agak keberatan jika dikenakan biaya tambahan 5 ribu untuk biaya transfer berbeda bank. Akhinya saya "mengalah" dan buka tabungan BRI.

Saya akhirnya konfirmasi ke BRI Call mengenai cabang terdekat sesuai domisili KTP saya dan diarahkan ke salah satu cabang di daerah Mangga Dua. Pada tanggal 1 April 2014 akhirnya saya mendatangi salah satu cabang BRI untuk membuka rekening dan saya mencari informasi di gogole dan menemukan situs layanan e-form BRI https://eform.bri.co.id/home dan saya mencoba melakukan pembukaan rekening via e-form dan setelah selesai saya mendapatkan no referensi.Saya kaget untuk pertama kali BRI sudah menggunakan layanan e-form sudah mengurangi penggunaan kertas.



Pada 1 April 2014 saya sampai sekitar jam 8.30 di salah satu cabang BRI di daerah Mangga Dua dan ternyata sudah banyak yang mengantri, saya memberitakukan maksud kedatangan saya kepada satpam bank dan diberikan no antrian ke Customer Service. Customer Service menjelaskan jenis tabungan dan karakteristik dari tabungan yang dimiliki BRI. Saya agak kaget kedua kalinya saat dijelaskan jika transfer sesama BRI dikenakan biaya Rp 500 via ATM BRI. Kalau mau gratis transfer sesama BRI harus melalui Internet Banking itupun terbatas dalam 1 hari maksmimal hanya 5x transaksi finansial. Akhirnya saya memilih tabungan BRI Simpedes.

Saya tinggal memberitahukan no referensi kepada Customer Service karena sebelumnya saya mengisi data pribadi via e-form. Hal ini mempermudah dan menghemat waktu di Customer Service untuk pembukaan rekening serta tidak perlu mengisi form. Setelah itu Customer Service konfirmasi beberapa data pribadi dan segera mengambil ATM serta buku tabungan.. Setelah menandatangani buku tabungan dan membuat PIN ATM, tidak lupa mendaftarkan SMS Banking, Intenet Banking dan membantu saya mendownload aplikasi BRI Mobile setelah semua selesasi saya diminta ke Teller untuk melakukan setoran pertama kali.

Saat menunggu dipanggil Teller saya mendengar Teller berkata pada nasabah lain yang akan melakukan setoran bahwa setoran luar kota dikenakan biaya Rp 5.000. Saya kaget untuk ketiga kalinya, setelah sesama kena biaya sekarang setoran beda kota ada biaya lagi. Tapi karena memang tujuan pembukaan rekening saya untuk menerima transferan dari teman yang adalah nasabah BRI maka hal tersebut belum menjadi masalah bagi saya.

BRI saya ajungkan jempol semua transaksi sangat minim dalam menggunakan kertas. Pembukaan rekening bisa namun biaya-biaya yang dibebankan pada nasabah perlu disosialisasikan dengan baik agar nasabah tidak merasa dirugikan.

Komentar

  1. E-Form BRI hanya formulir dalam bentuk elektronik, transaksi tetap harus dilakukan di cabang dengan menyebutkan kode yang didapatkan dari E-Form BRI.

    BalasHapus
  2. Selamat siang Pak, Khusus Pada Kolom Unit Kerja Transaksi kok gak bisa ya? maksutnya gimanasih?

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  4. Stelah mengisi e form transfer dan mendapatkan nomor referensi apakah ada persyaratan lain.?

    BalasHapus
  5. saya sudah punya rekening,apa harus nyetor lagi kalau mengisi eform

    BalasHapus
  6. saya sudah punya rekening,apa harus nyetor lagi kalau mengisi eform

    BalasHapus
  7. Unit kerja transaksi ny hrus di isi apa ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kantor cabang/unit pembuka rekening, pilih yang lokasinya terdekat dengan tempat tinggal.

      Hapus
    2. Iyh ka??DiKolom Unit Kerja Transaksi Harus isi apa yh

      Hapus
    3. Unit kerja itu diisi kantor cabang yang ingin didatangi.

      Hapus
  8. Knp nik suami aku g terdaftar penerima umkm

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa coba ditanyakan kepada dinas koperasi dan UMKM di daerah tempat tinggal!

      Hapus
  9. Maaf pak mau nanya, setelah ngisi eform transfer ke bank lain, dan dapat eformnya, selanjutnya kita menyiapkan lagi pak?? 🙏🙏
    Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menyiapkan uangnya, bawa kartu ATM, dan buku tabungan menuju ke kantor cabang BRI.

      Hapus
  10. Kenapa sudah terdaftar belum dapat SMS dari unit kerja BRI efrom

    BalasHapus
  11. Kenapa saya Uda terdaftar belum ada pemberitahuan sampah sekarg dari unit kerja bri

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Transfer Berbeda Bank, Tak Kunjung Sampai? Bisa Jadi Ini Penyebabnya

Proses transfer berbeda bank berapa lama ya? Pertanyaan yang kerap kali ditanyakan kepada saya. Terlebih bagi freelancer termasuk saya, momen menunggu pembayaran dari pemberi kerja adalah momen menegangkan. Kabar dari bagian keuangan perihal dimulai proses pembayaran, bagaikan menemukan oase di tengah padang gurun yang gersang. Namun, setelah ditunggu-tunggu seraya, memerika mutasi rekening. Kerapkali berujung pada di-PHP-in. Katanya sudah ditransfer, kok belum masuk juga ya? Jangan-jangan bagian keuangannya belum memproses. Perasaan menjadi gundah gulana dan galau, tagihan sudah "mengantri" untuk dibayarkan. Namun, apa daya saldo di rekening tabungan belum bertambah. Sampai suatu hari, saya mengujungi salah bank yang ada di Mal Kota Kasablanka. Untuk melakukan pencetakan buku tabungan. Saya masuk ke bank, satpam meminta saya mengambil nomor antrian. Saya duduk dan menunggu nomor dipanggil. Tiba saat nomor antrian saya dipanggil, saya menuju petugas teller. Saya se

Mencoba Kartu Flazz BCA JakLingko, Tarif Rp5.000 Transjakarta dalam Tiga Jam

Akhirnya tersedia juga kartu Flazz BCA edisi JakLingko. Untuk yang belum tahu, sistem JakLingko memberikan tarif penggunaan Transjakarta maksimal Rp5.000 dalam tiga jam. Selain Flazz BCA sebelumnya sudah tersedia kartu JakLingko kerjasama dengan bank lainnya. Kartu JakLingko Flazz BCA Selain dapat digunakan pada bus Transjakarta, kartu JakLingko dapat digunakan pada angkot atau mikrotrans di Jakarta. Tinggal tap in dan tap out pada alat tap.  Untuk mendapatkan kartu JakLingko Flazz BCA, saya menemukannya tersedia pada vending machine. Harga kartu Flazz BCA JakLingko sebesar Rp40ribu dengan isi saldo Rp15ribu. Pembayaran dapat dilakukan dengan scan QRIS dan uang tunai. Perjalanan saya dimulai dari Kota Tangerang menuju Jakarta menggunakan bus tujuan Poris-Bundaran Senayan. Durasi perjalanan berlangsung sekitar satu jam. Saya turun di halte Gelora Bung Karno, kemudian naik bus tujuan Kota dan turun di halte Bendungan Hilir. Perjalanan berlangsung sekitar sepuluh menit. Saat tap out dike

Apa Perbedaan Tahapan dan Tahapan Expresi?

Tahapan dan Tahapan BCA keduanya produk rekening Tabungan BCA. Namun apa saja perbedaan antara Tahapan dan Tahapan Expresi? Setelah saya mencari-cari informasi dari berbagai sumber, ini dia ternyata perbedaan rekening Tahapan dan Tahapan Expresi: 1. Setoran Awal Setoran awal Tahapan BCA minimal 500 ribu (lumayan besar ya) dan Tahapan Xpresi minimal 50 ribu ( ini lebih sesuai dengan kantong). 2. Jenis Kartu ATM yang Diberikan Kartu ATM Tahapan tersedia dalam 3 (tiga) pilihan, yaitu: Silver, Gold dan Platinum. Setiap kartu berbeda limit transaksinya. Kalau Tahapan Xpresi BCA kartu ATMnya terdiri dari berbagai pilihan multidesain dan juga bisa menggunakan foto pribadi. Kan seru nih kartu ATMnya ada foto sama teman, keluarga atau pacar (abaikan yang terakhir). Saat ini baru bisa pakai desain multidesain di cabang tertentu dan My BCA. Kalau pakai kartu ATM Tahapan Xpresi pernah mau pakai bayar di kasir supermarket dan kartunya ditolak. Katanya sih desain kartunya kok beda, setela