Senin, 29 Juni 2015

Cara Mudah Menabung, Tanpa Ribet

Menabung, hal sudah hampir banyak orang ketahui sampai ada lagu berjudul Mari Menabung, "bang bing bung yuk kita nabung , tang ting tung hei jangan dihitung, tau-tau kita nanti dapat untung" *kemudian ikutan nyanyi*. Menabung hal yang sepertinya mudah namun sulit untuk dilakukan. Benar atau bener?

Baru juga mau niat menabung eh, tahu-tahu ada barang diskonan. Dalam hati kita berkata “ Mumpung lagi diskon, kapan lagi bisa beli kalau gak sekarang”. Ayo ngaku siapa yang pernah “membobol tabungan” untuk membeli barang yang sebenarnya belum diperlukan, tapi karena ingin. Karena lucu, warnanya bagus dan diskon. Ini ada beberapa tips yang mudah dilakukan agar kita bisa mulai menabung:

1. Sisihkan Bukan Sisakan Budget untuk Menabung

Saya awalnya juga susah sekali menabung namun setelah saya membaca buku “Habiskan Saja Gajimu” karya pak Ahmad Gozali saya menemukan cara agar saya dapat menabung. Saat mendapatkan penghasilan biasanya yang kita lakukan adalah belanja, bayar tagihan dan untuk hiburan seperti makan bersama teman-teman. Kalau ada sisanya baru deh kita menabung, iya gak sih? Hayo ngaku?

Ternyata ini cara yang salah, cara yang benar adalah saat kita menerima penghasilan bulanan, maka kita harus membagi uang tersebut ke berbagai keperluan.  Ada untuk zakat/perpuluhan, tabungan/investasi, kebutuhan sehari-hari dan gaya hidup. Jika kita sejak awal sudah menyisihkan maka sudah ada budget tersendiri untuk menabung. Paling mudah untuk memisahkan uang untuk berbagai keperluan dengan amplop. Jadi, setiap bulannya ada budget tersedniri untuk menabung.

             2. Menabung dari Uang Kembalian Belanjaan

      Saya juga punya tips menabung ala saya sendiri, biasanya saat kita berbelanja dengan uang pecahan besar maka sering mendapat kembalian dalam bentuk uang recehan. Terkadang memegang uang recehan di dompet agak merepotkan. Akhirnya saya punya tempat khusus untuk menyimpan uang recehan, setiap saya berbelanja dan mendapatkan uang recehan saya masukan ke dalam tempat khusus.

     Setelah beberapa lama tidak terasa akhirnya penuh juga, tinggal ditukarkan ke warung atau minimarket. Setelah uang recehan dari kembalin belanjaan tersebut ditukarkan menjadi pecahan besar, maka uang itu bisa digunakan untuk menambah uang tabungan.

Setelah ada yang tabungannya, sekarang kita bisa memilih beberapa tempat untuk menaruh uang kita:

            A. Celengan

Celengan cara mudah yang bisa kita lakukan, secara regular baik harian, mingguan atau bulanan kita memasukan uang yang sudah kita pisahkan tersendiri untuk menabung. Namun hati-hati jangan tergoda untuk membongkar celengan, kalau tidak untuk keperluan yang mendesak. Selain itu menabung di celengan tidak aman, nanti bisa hilang atau dicuri

B.Tabungan di Bank

Dengan menabung di bank tentu saja uang kita lebih aman dan juga dengan fasilitas yang disediakan bank maka kita dapat lebih mudah melakukan penyetoran uang ke bank. Menabung di bank maka kita bisa mendapatkan bunga ataupun bagi hasil jika di bank syariah. Namun selain mendapatkan bunga, maka kita akan dikenakan biaya administrasi. Kita perlu mempertimbangkan jenis tabungan yang akan kita pilih dari berbagai bank. Kita dapat memiliki bank dengan biaya administrasi yang terjangkau. Kita bisa memilih berbagai jenis tabungan di website ini.

3. Miliki Rekening Khusus Tabungan

Saat kita membuka rekening di bank biasanya kita akan diberikan fasilitas kartu ATM, di berbagai bank sudah ada ATM, setoran tunai. Kita dapat dengan mudah menyetorkan uang yang ingin kita tabunng ke rekening kita. Untuk mengantisipasi uang tabungan kita tidak mudah terpakai karena fasilitas kartu ATM, maka sebaiknay kita memiliki lebih dari satu rekening di bank,

Ada rekening untuk keperluan belanja dan ada rekening untuk keperluan khusus menabung, Kartu ATM yang kita bawa cukup kartu ATM dari rekening yang khusus untuk keperluan belanja. Kartu ATM dari rekening khusus untuk tabungan kita tinggalkan di rumah, jangan dibawa-bawa nanti uang tabungannya terpakai! Kalau masih cemas akan terpakai , maka kita bisa meminta agar tidak diberikan fasilitas kartu ATM oleh bank saat ingin membuka rekening. Untuk penarikan uang hanya bisa via teller saja.

Selamat mencoba dua tips menabung yang dilakukan dengan mudah! Dimulai dari hal yang sederhana dan kecil maka kita pasti bisa menabung. Semoga bermanfaat! ^^  




Tulisan ini diikusertakan dalam Lomba Blog Share Tips Menabungmu bersama Blog Emak Gaoel dan Cermati.

1 komentar:

  1. KABAR BAIK!!!

    Nama saya Aris Mia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu untuk Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran dimuka, tetapi mereka adalah orang-orang iseng, karena mereka kemudian akan meminta untuk pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, sehingga hati-hati dari mereka penipuan Perusahaan Pinjaman.

    Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial dan putus asa, saya telah tertipu oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan digunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Cynthia, yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp800,000,000 (800 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dan tingkat bunga hanya 2%.

    Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya diterapkan, telah dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

    Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan menghubungi dia melalui email nyata: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan oleh kasih karunia Allah ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda menuruti perintahnya.

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan Sety yang memperkenalkan dan bercerita tentang Ibu Cynthia, dia juga mendapat pinjaman baru dari Ibu Cynthia, Anda juga dapat menghubungi dia melalui email-nya: arissetymin@gmail.com sekarang, semua akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya bahwa saya kirim langsung ke rekening mereka bulanan.

    Sebuah kata yang cukup untuk bijaksana.

    BalasHapus