Langsung ke konten utama

Rahasia Memotret Makanan, Sehingga Tampak Menggoda

Foto makanan yang menggoda di Instagram, biasa kita lihat hampir setiap harinya. Terpikirkah kita bagaimana cara memotret makanan menggoda? Bagaimana cara memotretnya, hingga orang lain sejenak kita berhenti scrolling dan memberi love di Instagram. Juga bagi food blogger dalam setiap postingan makanan,  disertai foto-foto makanan di antara tulisan blog. 

KMK Online dan Jenius bekerjasama pada acara BrightspotxJenius membuat talkshow #JeniusWay to be Food Blogger. Narasumbernya tentu tak lagi asing, Fellaxandro Ruby (biasa dipanggil mas Ruby) pemilik akun Instagram @CaptainRuby yang juga salah satu content creator di vidio.com. 



Fellexandro Ruby Berbagi Tips Memotret Makanan
Fellexandro Ruby Berbagi Tips Memotret Makanan

Mas Ruby juga adalah fotografer makanan untuk berbagai restoran dan brand perusahaan ternama. Juga pemilik blog Wanderbites.com yang sudah mulai menulis blog sejak tahun 2009. Mas Ruby berbagai "rahasia" memotret makanan yang tampak menggoda saat dilihat. Apa saja yang harus diperhatikan dan bagaimana caranya? Ini dia cara memotret makanan sehingga tampak menggoda:

1. Know Your Audience dan Buat Foto yang Unik

Kenali audience kita. Siapa yang akan melihat foto kita? Foto seperti apa yang akan membuat orang tertarik melihat? Foto makanan, foto makanan dengan bagian objek seperti tangan, atau foto objek memegang makanan. Pilih fokus foto yang akan menarik bagi audience kita.

Contoh Foto yang Disukai di Instagram
Contoh Foto yang Disukai di Instagram
Ciptakan foto makanan yang unik dari sisi komposisi, detail, dan warna. Mas Ruby menunjukan perbandingan beberapa foto, blogger diminta menebak mana foto yang dilike paling banyak? Tentu saja yang banyak dilike adalah foto yang unik.

2. Pencahayaan

Mas Ruby dengan teknik KKB, awalnya saya agak bingung dengan KKB. Mas Ruby kembali memperlihatkan beberapa foto dan meminta blogger menebak arah datangnya cahaya. Ternyata KKB singkatan dari Kiri, Kanan, dan Bawah dari arah datangnya cahaya saat menotret makanan. Bertemanlah dengan jendela, cahaya terbaik adalah cahaya alama yaitu cahaya matahari.


Contoh Foto dengan Sumber Cahaya dari Arah Kiri
Contoh Foto dengan Sumber Cahaya dari Arah Kiri

 .
"Shoot your lunch and eat your dinner" qoute dari mas Ruby, kalau cahaya tak memungkinkan sebaiknya tak memotret Hindari penggunaan flash kamera, jika ingin menggunakan cahaya buatan. Tambahankan soft box untuk memperhalus cahaya yang dihasilkan flash.

3. Angle dan Cerita

Saat memotret makanan, berbeda angle akan berbeda cerita yang didapatkan. Angle pengambilan makanan dari atas, menurut mas Ruby paling aman. Namun beda makanan angle yang menarik juga berbeda Menotret steak, roti isi, dan burger tentu saja berbeda-beda anglenya dan cerita yang diangkat. Mana yang terbaik? Ikuti saja brief yang diinginkan ;)

Contoh Pengambilan dari Sudut 45 Derajat
Contoh Pengambilan dari Sudut 45 Derajat

Angle terbaik pengambilan burger 45 derajat, sisi daging dan isi burger terlihat. Rajin-rajinlah berselfie, maka akan melatih kita mencari angle foto terbaik.  

4. Tips Tambahan

-Bersihkan lensa kamera sebelum digunakan, hasilnya foto bisa lebih baik.

-Tekan tombol fokus, baru tekan tombol kamera 

-Hindari zoom in, dekati objek jika bisa. Jika tidak bisa lakukan cropping saja, sehingga kualitas foto tetal bagus dan detail. Hasil foto zoom in akan kurang detail dan pecah.

-Tips Memotret Asap, gunakan asap yang berbeda dari sumber asap. Ada zat kimia khusus untuk memotret asap.

-Saat memotret makanan di restoran, ambil dari sisi sudut sehingga tampak luas.

-Cahaya kuning mengesankan "warm" pada makanan, namun cahaya putih bisa digunakan. Sesuaikan foto dengan brief yang diinginkan.



Foto Mas Ruby dengan Blogger

Ternyata 80% hasil foto di Instagram @captainruby diambil dengan smartphone, yaitu iPhone. Mas Ruby menyarankan blogger, menggunakan smartphone yang fitur kamera terbilang baik. Hindari memotret dengan smartphone dengan fitur yang kurang mendukung fitur fotografi. Sudah banyak smartphone lain yang fitur fotografinya  dan hasil fotonya sebaik iPhone. Sudah siap memotret dengan smartphonemu?



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Transfer Berbeda Bank, Tak Kunjung Sampai? Bisa Jadi Ini Penyebabnya

Proses transfer berbeda bank berapa lama ya? Pertanyaan yang kerap kali ditanyakan kepada saya. Terlebih bagi freelancer termasuk saya, momen menunggu pembayaran dari pemberi kerja adalah momen menegangkan. Kabar dari bagian keuangan perihal dimulai proses pembayaran, bagaikan menemukan oase di tengah padang gurun yang gersang. Namun, setelah ditunggu-tunggu seraya, memerika mutasi rekening. Kerapkali berujung pada di-PHP-in. Katanya sudah ditransfer, kok belum masuk juga ya? Jangan-jangan bagian keuangannya belum memproses. Perasaan menjadi gundah gulana dan galau, tagihan sudah "mengantri" untuk dibayarkan. Namun, apa daya saldo di rekening tabungan belum bertambah. Sampai suatu hari, saya mengujungi salah bank yang ada di Mal Kota Kasablanka. Untuk melakukan pencetakan buku tabungan. Saya masuk ke bank, satpam meminta saya mengambil nomor antrian. Saya duduk dan menunggu nomor dipanggil. Tiba saat nomor antrian saya dipanggil, saya menuju petugas teller. Saya se

Mencoba Kartu Flazz BCA JakLingko, Tarif Rp5.000 Transjakarta dalam Tiga Jam

Akhirnya tersedia juga kartu Flazz BCA edisi JakLingko. Untuk yang belum tahu, sistem JakLingko memberikan tarif penggunaan Transjakarta maksimal Rp5.000 dalam tiga jam. Selain Flazz BCA sebelumnya sudah tersedia kartu JakLingko kerjasama dengan bank lainnya. Kartu JakLingko Flazz BCA Selain dapat digunakan pada bus Transjakarta, kartu JakLingko dapat digunakan pada angkot atau mikrotrans di Jakarta. Tinggal tap in dan tap out pada alat tap.  Untuk mendapatkan kartu JakLingko Flazz BCA, saya menemukannya tersedia pada vending machine. Harga kartu Flazz BCA JakLingko sebesar Rp40ribu dengan isi saldo Rp15ribu. Pembayaran dapat dilakukan dengan scan QRIS dan uang tunai. Perjalanan saya dimulai dari Kota Tangerang menuju Jakarta menggunakan bus tujuan Poris-Bundaran Senayan. Durasi perjalanan berlangsung sekitar satu jam. Saya turun di halte Gelora Bung Karno, kemudian naik bus tujuan Kota dan turun di halte Bendungan Hilir. Perjalanan berlangsung sekitar sepuluh menit. Saat tap out dike

Apa Perbedaan Tahapan dan Tahapan Expresi?

Tahapan dan Tahapan BCA keduanya produk rekening Tabungan BCA. Namun apa saja perbedaan antara Tahapan dan Tahapan Expresi? Setelah saya mencari-cari informasi dari berbagai sumber, ini dia ternyata perbedaan rekening Tahapan dan Tahapan Expresi: 1. Setoran Awal Setoran awal Tahapan BCA minimal 500 ribu (lumayan besar ya) dan Tahapan Xpresi minimal 50 ribu ( ini lebih sesuai dengan kantong). 2. Jenis Kartu ATM yang Diberikan Kartu ATM Tahapan tersedia dalam 3 (tiga) pilihan, yaitu: Silver, Gold dan Platinum. Setiap kartu berbeda limit transaksinya. Kalau Tahapan Xpresi BCA kartu ATMnya terdiri dari berbagai pilihan multidesain dan juga bisa menggunakan foto pribadi. Kan seru nih kartu ATMnya ada foto sama teman, keluarga atau pacar (abaikan yang terakhir). Saat ini baru bisa pakai desain multidesain di cabang tertentu dan My BCA. Kalau pakai kartu ATM Tahapan Xpresi pernah mau pakai bayar di kasir supermarket dan kartunya ditolak. Katanya sih desain kartunya kok beda, setela