Langsung ke konten utama

Manajemen Foto dan Video dengan Seagate FireCuda 2,5"

Tak terasa sudah empat tahun blog ini eksis di internet, banyak tulisan dan foto yang sudah dipublikasikan. Sehari-harinya saya sesekali datang ke berbagai acara untuk mengabadikan momen dalam bentuk foto dan video. Baru kemudian foto dan video saya pilih untuk disertakan menjadi pendukung tulisan di blog. Setiap kali acara banyak sekali foto dan video yang diambil, sehingga setiap momen penting bisa diabadikan.

Yang saya rutin lakukan seusai acara, biasanya akan mengelompokan foto-foto ke dalam folder-folder di laptop. Hal ini saya lakukan secara berkala, sehingga mudah untuk menceri foto atau video yang diperlukan saat menulis di blog. Selain itu juga menjadi backup data, seandainya tidak sengaja foto dan video yang ada di smartphone terhapus.

Namun karena sudah empat tahun banyak sekali foto, video, dan tulisan yang tersimpan. Hal ini mengakibatkan memori hardisk pada laptop penuh  Padahal masih banyak foto-foto yang belum sempat dicopy dari smartphone ke harddisk di laptop.
Terpaksa menyimpannya di smartphone dan kamera, sayapun kesulitan dalam mencari file karena tak bisa mengelompokan foto dan video ke dalam folder-folder yang disusun. Salah satu foto yang belum sempat saya simpan di harddisk adalah foto ketika ada acara di Bali.

Harddisk Internal Seagate Firecuda


Sampai akhirnya saya memutuskan untuk mencari harddisk dengan kapasitas yang lebih besar, sehingga mampu menampung semua foto dan video yang saya miliki. Akhirnya saya menelusuri berbagai website e-commerce dan saya menjatuhkan pilihan pada harddisk Seagate FireCuda 2.5 dengan kapasitas 2 TB ( 2048 GB).

Karena saya membutuhkan harddisk yang memiliki kapasitas besar, sehingga semakin banyak foto dan video. Seagate Firecuda 2,5" bisa didapatkan dengan mudah di toko-toko,  baik online ataupun offline.


Harddisk pilihan saya akhirnya datang juga, Seagate FireCuda yang dinantikan dengan kapasitas 2 TB. Kesan pertama saat melihat Seagate FireCuda adalah tampilannya imut, ukurannya tipis hanya 7 milimeter.




Tak bisa dianggap remeh, ungkapan "Kecil-Kecil Cabe Rawit" pantas disematkan pada Seagate FireCuda 2.5. Mari kita coba memindahkan beberapa foto dan video yang belum dicopy ke harddisk!


Kecepatan untuk mengcopy file dari kartu memori smartphone dan kamera bisa hingga batas maksimal, berkisar 30-40 MB/s untuk mencopy file sebesar 12GB hanya perlu waktu kira-kira lima menit saja.



Ternyata kecepatan real Seagate FireCuda dengan aplikasi Crystal Disk Mark menunjukan angka yang menakjubkan bagi saya, kecepatan read data mencapai 128,7 MB/s dan write data mencapai 123,6 MB/s. Wus-wus pokonya urusan copy dan paste file.

Speed Saegate Firecuda 2,5"
Speed Saegate Hitachi

Menakjubkan bagi saya dengan performa Seagate FireCuda 2,5" lebih unggul dibandingkan dengan hardisk yang saya gunakan saat ini. Selain itu ada hal yang tidak kalah spesial dari Seagate FireCuda 2,5 adalah teknologi Adaptive Memory & Fastest hard disk with 8GB NAND Flash Technology, teknologi ini akan memberikan produktivitas kerja yang lebih baik. Misalnya saat terburu-buru ingin membuka aplikasi dan mengakses data yang ada di laptop, tak perlu menunggu lama sehingga pekerjaan bisa dilanjutkan dengan cepat.



Dibandingkan harus menunggu proses yang lama, itulah fitur Seagate FireCuda 2,5" yang membuat saya bisa lebih mudah mencari foto dan video yang tersimpan. Contoh sederhananya saat saya melakukan copy data kecepatan Seagate FireCuda 2,5".

Seagate FireCuda 2,5" memiliki garansi yang panjang, bayangkan selama lima tahun.  Jadinya saat menggunakan Seagate FireCuda 2,5" saya pun juga tenang, tidak cemas seandainya hal buruk terjadi. Bisa menyimpan berbagai foto, video, dan dokumen penting lainnya di Seagate FireCuda 2,5" dengan kapasitas 2 TB yang besar.

Komentar

  1. iya, saya juga lagi nyari harddisk external
    harddisk laptop udah gak muat, hanya karena menyimpan foto2 dan video demi hasrat eksis di dunia maya, ah elah

    btw, itu berapa harganya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berkisar 1,5-1,7 juta, ini kebetulan harddisk internal bukan eksternal.

      Hapus
  2. wih mantap ya hardisknya. bener2 cabe rawit, bisa jadi rujukan kalau butuh hardisk nich

    BalasHapus
  3. Mantep nih harddisknya. Harganya juga ya lumayan, hampir dua jutaan.

    BalasHapus
  4. woahh mangstabb nih HD nya, 2 tera ya koh gio. kecepatan koasnya skrg jg perlu bgt tp kdg laptopnya yg lemot jg ba berpengaruh ga meski HD nya udah canggih?

    BalasHapus
  5. Wuih keceee.
    Kebetulan lagi HD nyari juga, buat simpen foto dan video ntr kurekomen ke suami ah TFS infonya mas

    BalasHapus
  6. speed read writenya kenceng juga mas.. mindahin foto dan video bergiga-giga sepertinya tidak membutuhkan waktu lama.. tapi ini internal hd kan mas dari bentuknya ? saya baru cari hd external apa ya yang rekomended..

    BalasHapus
  7. Aq juga lagi nyari HD nih, banyak doto2 yg gak muat di laptop. Tiap beli HD eksternal rusak mulu padahal udah 1 Tera. Eh tapi ini internal ya? Bukan eksternal?

    BalasHapus
  8. Ternyata Ko Gio memang rajin. Mungkin kalau Ko Gio lihat isi notebook-ku akan ngomel-ngomel tujuh hari tujuh malam wkwkwk isinya berantakan sekali. Dan memang benar, sih, suka susah kalau mau cari file dengan kondisi file yang jauh dari rapi. Seringkali berniat untuk merapikan tapi ujungnya tetap menjadi wacana semata. Ah, apalah aku ini. Malasnya tak kunjung sudah.

    BalasHapus
  9. Saya juga sedang butuuh nih. 2tB kegedean sih tapi. Harganya berapa ya? Yg eksternalnya?

    BalasHapus
  10. Aku lagi cari Hardisk nih, Gioo. Berapaan yah Hardisk ini?? Hardisk laptop aku nggak bisa ngeinstal Huhu

    BalasHapus
  11. Wah wahhh.. Bikin mupeng. Aku juga memory leptop udh mulai menipis, butuh Hd eksternal

    BalasHapus
  12. Ih gw lagi pengen beli ini belom kesampean T-T

    BalasHapus
  13. Emang penting banget ya mas sedia hardisk yang kapasitasnya besar, apalagi aku sekarang selain ngeblog sambil bikin video juga jadi makin butuh banyak memory untuk nyimpen foto dan video

    BalasHapus
  14. Kapasitasnya 2 TB wow...
    Mantap juga ya, gak perlu khawatir mau nyimpen data" penting di mana.

    BalasHapus
  15. Gilss... gede banget kapasitasnya. Kalo aku punya HD segede itu, pasti isinya kebanyakan cuma foto & video. Lol

    BalasHapus
  16. Aaah...pingib banget punya hd 2 Terra boo...

    Kapan yaa?

    Heehe...ini drama Korea uda penuh..dan gak rela untuk dibuang gitu aja.
    Heuheuu~~

    BalasHapus
  17. kalo upgrade gitu mahal banget yaa buat hardiskk gitu :(

    BalasHapus
  18. wah luar biasa nih. saya belum nemu di Pontianak. semogantar klo masuk ke sini saya mau beli buatnambah senjata

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Transfer Berbeda Bank, Tak Kunjung Sampai? Bisa Jadi Ini Penyebabnya

Proses transfer berbeda bank berapa lama ya? Pertanyaan yang kerap kali ditanyakan kepada saya. Terlebih bagi freelancer termasuk saya, momen menunggu pembayaran dari pemberi kerja adalah momen menegangkan. Kabar dari bagian keuangan perihal dimulai proses pembayaran, bagaikan menemukan oase di tengah padang gurun yang gersang. Namun, setelah ditunggu-tunggu seraya, memerika mutasi rekening. Kerapkali berujung pada di-PHP-in. Katanya sudah ditransfer, kok belum masuk juga ya? Jangan-jangan bagian keuangannya belum memproses. Perasaan menjadi gundah gulana dan galau, tagihan sudah "mengantri" untuk dibayarkan. Namun, apa daya saldo di rekening tabungan belum bertambah. Sampai suatu hari, saya mengujungi salah bank yang ada di Mal Kota Kasablanka. Untuk melakukan pencetakan buku tabungan. Saya masuk ke bank, satpam meminta saya mengambil nomor antrian. Saya duduk dan menunggu nomor dipanggil. Tiba saat nomor antrian saya dipanggil, saya menuju petugas teller. Saya se

Mencoba Kartu Flazz BCA JakLingko, Tarif Rp5.000 Transjakarta dalam Tiga Jam

Akhirnya tersedia juga kartu Flazz BCA edisi JakLingko. Untuk yang belum tahu, sistem JakLingko memberikan tarif penggunaan Transjakarta maksimal Rp5.000 dalam tiga jam. Selain Flazz BCA sebelumnya sudah tersedia kartu JakLingko kerjasama dengan bank lainnya. Kartu JakLingko Flazz BCA Selain dapat digunakan pada bus Transjakarta, kartu JakLingko dapat digunakan pada angkot atau mikrotrans di Jakarta. Tinggal tap in dan tap out pada alat tap.  Untuk mendapatkan kartu JakLingko Flazz BCA, saya menemukannya tersedia pada vending machine. Harga kartu Flazz BCA JakLingko sebesar Rp40ribu dengan isi saldo Rp15ribu. Pembayaran dapat dilakukan dengan scan QRIS dan uang tunai. Perjalanan saya dimulai dari Kota Tangerang menuju Jakarta menggunakan bus tujuan Poris-Bundaran Senayan. Durasi perjalanan berlangsung sekitar satu jam. Saya turun di halte Gelora Bung Karno, kemudian naik bus tujuan Kota dan turun di halte Bendungan Hilir. Perjalanan berlangsung sekitar sepuluh menit. Saat tap out dike

Apa Perbedaan Tahapan dan Tahapan Expresi?

Tahapan dan Tahapan BCA keduanya produk rekening Tabungan BCA. Namun apa saja perbedaan antara Tahapan dan Tahapan Expresi? Setelah saya mencari-cari informasi dari berbagai sumber, ini dia ternyata perbedaan rekening Tahapan dan Tahapan Expresi: 1. Setoran Awal Setoran awal Tahapan BCA minimal 500 ribu (lumayan besar ya) dan Tahapan Xpresi minimal 50 ribu ( ini lebih sesuai dengan kantong). 2. Jenis Kartu ATM yang Diberikan Kartu ATM Tahapan tersedia dalam 3 (tiga) pilihan, yaitu: Silver, Gold dan Platinum. Setiap kartu berbeda limit transaksinya. Kalau Tahapan Xpresi BCA kartu ATMnya terdiri dari berbagai pilihan multidesain dan juga bisa menggunakan foto pribadi. Kan seru nih kartu ATMnya ada foto sama teman, keluarga atau pacar (abaikan yang terakhir). Saat ini baru bisa pakai desain multidesain di cabang tertentu dan My BCA. Kalau pakai kartu ATM Tahapan Xpresi pernah mau pakai bayar di kasir supermarket dan kartunya ditolak. Katanya sih desain kartunya kok beda, setela