Langsung ke konten utama

Hasil Nyata #Kerja3esama Perkembangan Ekonomi Kemaritiman Indonesia Tiga Tahun Terakhir

Tak terasa tiga tahun terakhir cukup banyak perubahan yang terjadi di Indonesia, khususnya di sektor ekonomi yang kini memperhatikan sektor kemaritiman. Pada momen tiga tahun pemerintahan presiden Joko Widodo dam Jusuf Kalla, saya berkesempatan untuk mengetahui secara detail perkembangan ekonomi Indonesia di sektor kemaritiman. Pada Rabu, 18 Oktober 2018 bertempat di Kantor Staf Kepresidenan, Gedung Bina Graha berlangsung acara Forum Merdeka Barat no 9 (FMB 9) yang memberi kesempatan pada saya untuk mendengar langsung kinerja pemerintah dalam membangun ekonomi kemaritiman Indonesia.


Acara diawali dengan sambutan dari pak Teten Masduki, Kepala Staf Presiden dan acara dimoderatori oleh Pak Johan Budi, Juru Bicara Presiden. Dilanjutkam pemaparan oleh pak Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Koodinasi Kemaratimiman (Menko Kemaritiman) yang menyampaikan sejak pemerintahan Joko Widodo dan Jusuf Kalla, sektor kemaritiman menjadi perhatian. Ada potensi besar di sektor kemaritiman Indonesia, diiringi dengan tantangan Indonesia sebagai negara kepulauan terbesar di dunia.


Pembangunan kini tak hanya berfokus di Pulau Jawa dengan adanya berbagai proyek: 5 pelabuhan laut, 19 feder Ports, 100 sub-feeder ports, 15 bandara baru, pengembangan 9 bandara, program Tol Laut, dan Pelabuhan Patimban. Hal ini sudah ada dalam proyek stategis nasional, dana desa dan pembangunan di Papua, dan rencana pembangunan jalan tol hingga tahun ini mencapai 568 km. Hal ini bisa terjadi karena sinergi Kementerian ESDM, Kementerian Perhubungan, Kementerian Kelautan dan Perikanan, dan Kementerian Pariwisata di sektor ekonomi kemaritiman.


Bu Susi Pudjiastuti, Menteri Kelautan dan Perikanan turut hadir memaparkan pencapaian Kementerian Kelauatan dan Perikanan (KKP) lewat program unggulan Pemberantasan IUU Fishing, Pengelolaan Sumber Daya Ikan dan Laut Berkelanjutan, dan Peningkatan Kesejahteraan Stakehodler KKP. KKP memberikan bantuan kepada nelayan berupa alat tangkap, pembudidaya ikan, bantuan pengolahan dan pemasaran, bantuan pada petambak garam, dan penyuluhan & pelatihan. Sepanjang tiga tahun terakhir sudah 317 kapal ilegal yang ditenggelamkan.


Pak Arief Yahya, Menteri Pariwisata juga memaparkan besarnya kontribusi pariwisata terhadap perekonomian kemaritiman. Saat ini baru 10% kontribusi wisata bahari secara keseluriham jika dibandingkan kontribusi total, sehingga masih besar potensi wisata bahari yang bisa dikembangkan. Indonesia sudah meraih peringkat ke-47 di dunia di sektor pariwisata dengan nilai 79,1 di World Economy Forum 2017, tak hanya itu Indonesia meraih 46 penghargaan dari 22 negara.



Lewat branding Wonderfull Indonesia di 10 negara Indonesia meraih 21 penghargaan. Kini Kementerian Pariwisata memiliki program 10 Destinasi Bali Baru. Hal ini akan membawa pertumbuhan ekonomi berupa investasi, sampai Juni 2017 sudah ada 929,14 Juta Dollar Investasi yang mencapai target 53% dari target pada akhir tahun 2017. Dengan jumlah pulau terbesar di Indonesia dan garis pantai terbesar kedua di dunia, Indonesia punya potensi besar untuk pengembangan wisata bahari.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Transfer Berbeda Bank, Tak Kunjung Sampai? Bisa Jadi Ini Penyebabnya

Proses transfer berbeda bank berapa lama ya? Pertanyaan yang kerap kali ditanyakan kepada saya. Terlebih bagi freelancer termasuk saya, momen menunggu pembayaran dari pemberi kerja adalah momen menegangkan. Kabar dari bagian keuangan perihal dimulai proses pembayaran, bagaikan menemukan oase di tengah padang gurun yang gersang. Namun, setelah ditunggu-tunggu seraya, memerika mutasi rekening. Kerapkali berujung pada di-PHP-in. Katanya sudah ditransfer, kok belum masuk juga ya? Jangan-jangan bagian keuangannya belum memproses. Perasaan menjadi gundah gulana dan galau, tagihan sudah "mengantri" untuk dibayarkan. Namun, apa daya saldo di rekening tabungan belum bertambah. Sampai suatu hari, saya mengujungi salah bank yang ada di Mal Kota Kasablanka. Untuk melakukan pencetakan buku tabungan. Saya masuk ke bank, satpam meminta saya mengambil nomor antrian. Saya duduk dan menunggu nomor dipanggil. Tiba saat nomor antrian saya dipanggil, saya menuju petugas teller. Saya se

Mencoba Kartu Flazz BCA JakLingko, Tarif Rp5.000 Transjakarta dalam Tiga Jam

Akhirnya tersedia juga kartu Flazz BCA edisi JakLingko. Untuk yang belum tahu, sistem JakLingko memberikan tarif penggunaan Transjakarta maksimal Rp5.000 dalam tiga jam. Selain Flazz BCA sebelumnya sudah tersedia kartu JakLingko kerjasama dengan bank lainnya. Kartu JakLingko Flazz BCA Selain dapat digunakan pada bus Transjakarta, kartu JakLingko dapat digunakan pada angkot atau mikrotrans di Jakarta. Tinggal tap in dan tap out pada alat tap.  Untuk mendapatkan kartu JakLingko Flazz BCA, saya menemukannya tersedia pada vending machine. Harga kartu Flazz BCA JakLingko sebesar Rp40ribu dengan isi saldo Rp15ribu. Pembayaran dapat dilakukan dengan scan QRIS dan uang tunai. Perjalanan saya dimulai dari Kota Tangerang menuju Jakarta menggunakan bus tujuan Poris-Bundaran Senayan. Durasi perjalanan berlangsung sekitar satu jam. Saya turun di halte Gelora Bung Karno, kemudian naik bus tujuan Kota dan turun di halte Bendungan Hilir. Perjalanan berlangsung sekitar sepuluh menit. Saat tap out dike

Apa Perbedaan Tahapan dan Tahapan Expresi?

Tahapan dan Tahapan BCA keduanya produk rekening Tabungan BCA. Namun apa saja perbedaan antara Tahapan dan Tahapan Expresi? Setelah saya mencari-cari informasi dari berbagai sumber, ini dia ternyata perbedaan rekening Tahapan dan Tahapan Expresi: 1. Setoran Awal Setoran awal Tahapan BCA minimal 500 ribu (lumayan besar ya) dan Tahapan Xpresi minimal 50 ribu ( ini lebih sesuai dengan kantong). 2. Jenis Kartu ATM yang Diberikan Kartu ATM Tahapan tersedia dalam 3 (tiga) pilihan, yaitu: Silver, Gold dan Platinum. Setiap kartu berbeda limit transaksinya. Kalau Tahapan Xpresi BCA kartu ATMnya terdiri dari berbagai pilihan multidesain dan juga bisa menggunakan foto pribadi. Kan seru nih kartu ATMnya ada foto sama teman, keluarga atau pacar (abaikan yang terakhir). Saat ini baru bisa pakai desain multidesain di cabang tertentu dan My BCA. Kalau pakai kartu ATM Tahapan Xpresi pernah mau pakai bayar di kasir supermarket dan kartunya ditolak. Katanya sih desain kartunya kok beda, setela