Langsung ke konten utama

Mudahkan Interaksi Nasabah Generasi Milenial, Bank Mandiri Hadirkan Layanan MITA

Bank Mandiri terus berinovasi untuk meningkatkan kualitas layanan kepada nasabah.Salah satunya dengan memperbarui tampilan website dan dan menambahkan fitur pada website Bank Mandiri dengan nama #SaatnyaTanyaMITA layanan Mandiri Intelligence Assistant (MITA).

Bu Lila Noya selaku Group Head Customer Care Bank Mandiri. Bu Lila Noya menjelaskan bahwa layanan MITA adalah sebuah layanan customer service virtual sebagai bentuk peningkatan layanan terhadap nasabah Bank Mandiri dengan teknologi chatbot.

MITA adalah layanan chatbot yang berperan sebagai customer service virtual yang dapat melayani nasabah selama 7x24 jam. Pada saat ini MITA  membantu memberikan informasi tentang produk dan layanan Bank Mandiri, selain itu juga akan membantu proses pemblokiran kartu ATM.



Dalam perubahan dan penyegaran tampilan website Bank Mandiri dan layanan MITA Mandiri diperkenalkan pada Senin, 19 Maret 2018 di Plaza Mandiri, Jakarta Selatan. Dihadiri juga oleh pak Ogi Prastomiyono selaku Direktur Operations Bank Mandiri  dan pak Rico Usthavia Frans, selaku Direktur Digital Banking & Technology Bank Mandiri.

Pak Ogi Prastomiyono menyampaikan bahwa layanan MITA merupakan salah satu langkah transformasi dan inovasi digital Bank Mandiri dalam memberikan layanan yang lebih mudah, lebih baik, dan berorientasi pada nasabah.

Memahami Perubahan Pola Interaksi Nasabah Generasi Milenial

Terlebih saat ini Bank Mandiri memiliki sebanyak 21,9 juta nasabah tabungan dan 1,8 juta nasabah kredit hingga akhir Desember 2017. Sebesar 43% nasabah Bank Mandiri adalah generasi minenial yang serba mobile dan akses informasi dari gadget. Pada acara peluncuran MITA dan tampilan baru website Bank Mandiri, hadir juga nasabah Bank Mandiri dari universitas yang bekerjasama. Langkah ini dapat membantu Bank Mandiri memenangkan persaingan di industri keuangan.


Dikarenakan saat ini layanan yang diberikan harus dapat memudahkan akses informasi dan peningkatan pelayanan bagi nasabah. Apalagi generasi muda seperti mahasiswa yang menjadi nasabah Bank Mandiri terbiasa menggunakan platform digital. Melalui peluncuran layanan MITA sebagai chatbot customer service virtual merupakan bentuk adaptasi perseroan terhadap tren dan kebutuhan layanan contact center yang sesuai perkembangan zaman.

Berkenalan dengan MITA, Layanan Customer Service Virtual

Pada tahun 2017 interaksi nasabah dan non nasabah Bank Mandiri melalui layanan contact center digital Bank Mandiri, yakni email dan media sosial mencapai 10% dari total interaksi ke contact center dann ada peningkatan frekuensinya terjadi sekitar 40% dari tahun sebelumnya.


Dari rasio tersebut, Interaksi nasabah di layanan email dan media sosial terdiri dari permintaan informasi sebanyak 51%, permintaan bantuan 28% dan keluhan 21%. Bahkan diperkirakan ke depannya trend interaksi nasabah melalui media digital yang dimiliki Bank Mandiri akan semakin meningkat.

Kehadiran layanan MITA menjadi jawaban atas kendala yang dialami oleh nasabah kesulitasn menghubungi contact center. Pada saat staf contact center ditelepon oleh nasabahbuntuk keperluan blokir kartu ATM misalnya, lewat MITA nasabah bisa meminta blokir kartu ATM dan nantinya akan ditelepon oleh staf contavt center untuk konfirmasi pemblokiran kartu ATM. Layanan MITA hadir untuk memenuhi kebutuhan layanan contact center saat ini.

Selain memberikan informasi produk & layanan Bank Mandiri dan melayani permintaan pemblokiran kartu. Bisa juga melakukan pengecekan Mandiri Fiestapoin, rencana ke depannya MITA akan semakin banyak memberikan kemudahan layanan. Saat ini MITA masih dalam tahap untuk belajar, sehingga jika ada hal yang tidak bisa dijawab MITA masih akan dibantu juga oleh petugas contact center.

Interaksi nasabah melalui media teknologi  digital semakin diminati nasabah dan non nasabah Bank Mandiri. Seiring dengan perkembangan telepon seluler, diharapkan chatbot yang memanfaatkan metode Natural Language Processing apat mempercepat dan memudahkan interaksi nasabah dengan bank.

Untuk menggunakan Layanan MITA sangat mudah,  baik nasabah maupun non nasabah Bank Mandiri bisa menggunakannya  melalui website Bank Mandiri dan aplikasi chatting di smartphone, seperti: aplikasi LINE di akun resmi @bankmandiri, Facebook messenger di @bankmandiri, dan pada aplikasi Telegram di @bankmandiri_officialbot

Penyegaran dengan Tampilan Baru Website Bank Mandiri

Selain mengenalkan layanan chatbot MITA, Bank Mandiri juga memperkenalkan perwajahan baru website Bank Mandiri. Pak Rico Frans Ustavia menjelaskan website Bank Mandiri hadir dengan tampilan yang mobile friendly sesuai dengan profil nasabah generasi milenial. Rat-rata pengunjung website Bank Mandiri tercatat sebesar 155.000 visitor per hari.



Melalui pembaruan diharapkan adanya meningkatkan kualitas dan pola komunikasi perusahaan kepada nasabah Bank Mandiri dan regulator, sehingha terbuka juga atas ruang-ruang perbaikan lain guna mengembangkan website bank Mandiri. Sehingga langkah penyegaran tampulan website Bank Mandiri perlu untuk memudahkan masyarakat berinteraksi dan mencari informasi tentang Bank Mandiri, baik produk, layanan maupun informasi lain yang mendukung keterbukaan informasi perusahaan.

Pak Rico Usthavia Frans, Direktur Digital Banking & Technology Bank Mandiri  menjelaskan bahwa perubahan tampulan website adalah merupakan respon Bank mandiri terhadap saran dan masukan nasabah, stakeholder dan berbagai kalangan di masyarakat serta kajian internal perusahaan.

Sehingga pada 19 Maret 2018 Bank Mandiri memperkenalkan #SaatnyaTanyaMITA sebagai layanan yang juga menjadi fitur yang dapat diakses di website Bank Mandiri. Website Bank Mandiri dengan tampilan baru hadir dengan versi desktop dan versi mobile yang mudah diakses kapan pun dan di manapun.

Komentar

  1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  2. Wahh sepertinya aku harus belajar tanya MITA nih. Karena memang medsos bank mandiri biasanya di pake untuk nyari informasi doank sih. Keluhan cm kadang2

    BalasHapus
  3. Mbak MITA ini pasti akan membantu banget ya bagi para nasabah Bank Mandiri :).
    Perkembangan era digital memang menuntut semua pihak untuk ikut menyesuaikan diri dengan kebutuhan pasar.

    BalasHapus
  4. Wuih keren ada customer service virtual, soalnya suka bete ih kalau ke cs trus dapat pelayanan yang lama dan kurang memuaskan

    BalasHapus
  5. semakin deh bank mandiri ini soal pelayanan selalu di tingkatkan jadi kalau gini kadang gak perlu ke cs d bank mandiri lah ya kalau masalah general bisa ke chatbox bank mandiri aja nih

    BalasHapus
  6. Hehehe, generasi milenial emang lebih nyaman via online, ya? Bagus banget Mandiri rekruite Mbak Mita jadi teman generasi Milenial, hehehe

    BalasHapus
  7. Sekarang kalau customer mau "berkeluh kesah" lbh mudah ya krn si Mita ini hehe. Soalnya kyknya lbh praktis dan cepet ketimbang zaman dulu yg kudu datang ke CS langsung TFS

    BalasHapus
  8. Oalah jadi teh Mita ini nantinya semacam chatbot ya? Kaya di fitur OA Linenya beberapa minimarket gitu hihi

    BalasHapus
  9. Asik juga nih chat sama MITA. Skrg kalau mau nyampaiin keluhan enak pakai online sih. Kalopun nunggu krn banyak antrian, chatbot jg cukup bantu, gak sampai dikacangin krn nunggu

    BalasHapus
  10. Kreatif! Senang sekali sebagai pengguna Bank Mandiri dengan adanya MITA ini. Semakin memudahkan nasabahnya. Ingat waktu dompet hilang dan ngurus pemblokiran kartu kredit agak ribet, tapi kalau ada MITA ini bakalan dimudahkan banget.

    BalasHapus
  11. Hemm jadi sekarang mandiri sudah menggunakan chatbot ya. Inovasi yang sangat bagus banget untuk memudahkan banget untuk consumer jaman now ya koh.

    BalasHapus
  12. Ya ampun MITA hadir setelah aku gak di mandiri, kita blm kenalan. Semoga dengan adanya inovasi baru Bank Mandiri semakin dekat dengan nasabahnya, dan pelayanan nya makin terpercaya.

    BalasHapus
  13. Kalo udah ada layanan MITA jadinya segala sesuatunya bisa jadi fast respon. Bener-bener memudahkan nasabah untuk mendapatkan solusi dari setiap permasalahannya. :D

    BalasHapus
  14. Aku baru tahu ada MITA. Layanan jadi fast respon yaaa, jadi gak riweh nelp ke call centet yang dipingpong sana sini. Semoga semakin kece ya bank Mandiri

    BalasHapus
  15. wah keren yah.. padahal layanan virtual selain memberikan informasi-informasi yang dibutuhkan customer sekaligus bisa blokir kartu atm juga, lama2 tenaga manusia mulai tergeser teknologi ya

    BalasHapus
  16. Ini sama layanan bank sebelah yang via LINE apa beda? Seru banget inovasinya.

    BalasHapus
  17. Koko Gio kurusan? Hehe... wah skrg ada MITA bank mandiri makin keren nih. Ga rugi jd nasabahnya sampai saat ini.

    BalasHapus
  18. Itu mitanya seksi banget ya hehehe.
    Btw..di era digital ini bank sbg layanan jasa mng hrs terus berinovasi biar memberikan kemudahan pd nasabah.

    BalasHapus
  19. Wah jadi pengen punya mandiri karena ada MITA Bank..
    mempermudah nasabah banget yah

    BalasHapus
  20. semakin oke aja mandiri ini, aku penasaransama Mita nih

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Transfer Berbeda Bank, Tak Kunjung Sampai? Bisa Jadi Ini Penyebabnya

Proses transfer berbeda bank berapa lama ya? Pertanyaan yang kerap kali ditanyakan kepada saya. Terlebih bagi freelancer termasuk saya, momen menunggu pembayaran dari pemberi kerja adalah momen menegangkan. Kabar dari bagian keuangan perihal dimulai proses pembayaran, bagaikan menemukan oase di tengah padang gurun yang gersang. Namun, setelah ditunggu-tunggu seraya, memerika mutasi rekening. Kerapkali berujung pada di-PHP-in. Katanya sudah ditransfer, kok belum masuk juga ya? Jangan-jangan bagian keuangannya belum memproses. Perasaan menjadi gundah gulana dan galau, tagihan sudah "mengantri" untuk dibayarkan. Namun, apa daya saldo di rekening tabungan belum bertambah. Sampai suatu hari, saya mengujungi salah bank yang ada di Mal Kota Kasablanka. Untuk melakukan pencetakan buku tabungan. Saya masuk ke bank, satpam meminta saya mengambil nomor antrian. Saya duduk dan menunggu nomor dipanggil. Tiba saat nomor antrian saya dipanggil, saya menuju petugas teller. Saya se

Mencoba Kartu Flazz BCA JakLingko, Tarif Rp5.000 Transjakarta dalam Tiga Jam

Akhirnya tersedia juga kartu Flazz BCA edisi JakLingko. Untuk yang belum tahu, sistem JakLingko memberikan tarif penggunaan Transjakarta maksimal Rp5.000 dalam tiga jam. Selain Flazz BCA sebelumnya sudah tersedia kartu JakLingko kerjasama dengan bank lainnya. Kartu JakLingko Flazz BCA Selain dapat digunakan pada bus Transjakarta, kartu JakLingko dapat digunakan pada angkot atau mikrotrans di Jakarta. Tinggal tap in dan tap out pada alat tap.  Untuk mendapatkan kartu JakLingko Flazz BCA, saya menemukannya tersedia pada vending machine. Harga kartu Flazz BCA JakLingko sebesar Rp40ribu dengan isi saldo Rp15ribu. Pembayaran dapat dilakukan dengan scan QRIS dan uang tunai. Perjalanan saya dimulai dari Kota Tangerang menuju Jakarta menggunakan bus tujuan Poris-Bundaran Senayan. Durasi perjalanan berlangsung sekitar satu jam. Saya turun di halte Gelora Bung Karno, kemudian naik bus tujuan Kota dan turun di halte Bendungan Hilir. Perjalanan berlangsung sekitar sepuluh menit. Saat tap out dike

Apa Perbedaan Tahapan dan Tahapan Expresi?

Tahapan dan Tahapan BCA keduanya produk rekening Tabungan BCA. Namun apa saja perbedaan antara Tahapan dan Tahapan Expresi? Setelah saya mencari-cari informasi dari berbagai sumber, ini dia ternyata perbedaan rekening Tahapan dan Tahapan Expresi: 1. Setoran Awal Setoran awal Tahapan BCA minimal 500 ribu (lumayan besar ya) dan Tahapan Xpresi minimal 50 ribu ( ini lebih sesuai dengan kantong). 2. Jenis Kartu ATM yang Diberikan Kartu ATM Tahapan tersedia dalam 3 (tiga) pilihan, yaitu: Silver, Gold dan Platinum. Setiap kartu berbeda limit transaksinya. Kalau Tahapan Xpresi BCA kartu ATMnya terdiri dari berbagai pilihan multidesain dan juga bisa menggunakan foto pribadi. Kan seru nih kartu ATMnya ada foto sama teman, keluarga atau pacar (abaikan yang terakhir). Saat ini baru bisa pakai desain multidesain di cabang tertentu dan My BCA. Kalau pakai kartu ATM Tahapan Xpresi pernah mau pakai bayar di kasir supermarket dan kartunya ditolak. Katanya sih desain kartunya kok beda, setela