Langsung ke konten utama

Indonesia Investment Forum 2018: BUMN dan Swasta Bersama Membangun Indonesia

Sebuah kebanggaan Indonesia bisa menjadi  tuan rumah berlangsungnya Annual Meetings of the International Monetary Fund and World Bank Group di Bali. Ada berbagaj kegiatan menarik yang berlangsung, salah satunya: Indonesia Investment Forum 2018 (Forum Investasi Indonesia 2018 dalam rangkaiam acara Annual Meeting IMF dan World Bank.

Kegiatan Indonesia Investment Forum 2018 diselenggarakan Bank Indonesia, Kementerian BUMN, Kementerian Keuangan, dan Otoritas Jasa Keuangan, serta didukung oleh Bank Mandiri dengan topik "A New Paradigm in Infrastructur Financing". Topik yang menarik bagi Indonesia sebagai negara berkembang, masih memerlukan pembangunan infrastruktur.


Kunci sukses dalam pembangunan adalah
pembiayaan yang tak hanya bergantung pada pemerintah, tetapi juga didukung oleh pembiayaan dari sektor swasta. Melalui kegiatan Indonesia Investment Forum 2018, wujud komitmen pemerintah mendukung peranan swasta dalam pembangunan infrastruktur, mulai dari kebijakan dan inovasi instrumen keuangan pembiayaan infrastruktur.

Menteri BUMN, Rini Soemarno memaparkan berbagai peluang investasi di Indonesia. Pembangunan infrastruktur sudah dilakukan beberapa tahun terakhir. Banyak peluang investasi yang bisa dimanfaatkan oleh para investor.


Demi bersama-sama membangun Indonesia, ada 21 perusahan BUMN menjadi agen pembangunan pada 78 proyek yang akan berjalan Dengan biaya yang diperlukan untuk proyek tersebut sebesar 85,8 juta Dollar. Sehingga adanya peluang investasi sebesar 42,1 juta Dollar bagi sektor swasta.



Pada periode 2016 sampai Juni 2018 sudah diselesikam sebanyak 32 Proyek Strategis Nasional di Indonesia. Pembangunan yang membawa manfaat bagi kehidupan masyarakat.  Mulai dari bandara, jalan tol, akses jalan baru, bendungan, dan PLBN (Pos Lintas Batas Negara).


Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjito menyampaikan apresiasi bagi investor yang sudah berinvestasi di Indonesia. Bagi investor yang belum berinvestrasi, belum terlambat karena masih banyak potensi bisnis yang ada.

Direktur Utama Bank Mandiri, pak Kartika Wirjoatmodjo memaparkan dampak positif pembangunan infrastuktur, terhadap keadaan ekonomi Indonesia. Alternatif pembiayaan infrastruktur melalui pasar modal, dapat dimanfaatkan perusahaan di bidang infrastruktur untuk mendapatkan sumber pendanaan yang efektif dengan biaya yang terukur.  Inisiatif yang akan membantu pendalaman pasar keuangan domestik melalui penambahan produk investasi berbasis proyek infrastruktur.



Bank Mandiri sebagai perbankan nasional telah menyalurkan pembiayaan langsung yang signifikan ke sektor infrastruktur hingga mencapai hampir 24% dari total portofolio kredit perseroan. Pada akhir Semester I-2018, nilainya mencapai Rp165,8 triliun dari total komitmen Rp255,3 triliun yang sudah diberikan ke proyek-proyek infrastruktur. Penyaluran itu naik 23% secara year on year.



Berlangsung penandatanganan kerjasama investasi dan pembiayaan pada Penandatanganan itu disaksikan oleh Menteri Koordinator Perekonomian, Menteri Badan Usaha milik Negara (BUMN) Rini Soemarno, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo, dan Kepala Otoritas Jasa Keuangan Wimboh Santoso.


Indonesia Investment Forum 2018 diciptakan untuk menghubungkan para investor dan para pemangku proyek dalam menciptakan investasi yang dapat mendukung pertumbuhan Indonesia. Sehingga pembiayaan infrastruktur tidak hanya dibiayai oleh APBN, dan BUMN tetapi juga oleh swasta dengan berbagai skema termasuk menarik penanaman modal untuk pembiayaan infrastruktur.

Terdapat penandatangan kesepakatan kerjasama ini diinisiasi oleh Bank Indonesia (BI), Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Kementerian Keuangan dan Kementerian BUMN. Adapun 19 kerjasama investasi dan pembiayaan yang ditandatangan, nilai investasi langsung senilai USD 13,5 Milyar atau 200 Triliun pada 21 proyek Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang dipimpin dikoordinasikasikan investasi langsung oleh Bank Mandiri.

Sekretaris Perusahaan Bank Mandiri Rohan Hafas menyampaikan, kegiatan Indonesia Forum Investment sangat penting untuk menciptakan sinergi antara investor, pemangku kepentingan dan berbagai peluang investasi yang dapat mendukung pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Bank Mandiri membantu mengkoordinasikan forum investasi Indonesia ini, di mana nantinya ratusan investor akan mengeksplorasi potensi-potensi investasi di Indonesiae. Melalui penandatanganan tersebut Bank Mandiri mengkoordinasikan investasi langsung senilai Rp 200 triliun di 21 proyek Badan Usaha Milik Negara (BUMN) besaran investasi langsung yang mana 95% di antaranya berasal dari luar negeri.



Kegiatan Indonesia Investment Forum 2018 pada rangkaian acara Annual Meetings of the International Monetary Fund and World Bank Group di Bali memberikan manfaat yang besar bagi Indonesia. Dengan nilai investasi yang mencapai Rp 200 Triliun yang dikoordinasikan oleh Bank Mandiri, jumlah investasi yang bermanfaat bagi pembiayaan pembangunan infrastruktur di Indonesia. Selain itu Bank Mandiri memberikan layanan perbankan pada Annual Meeting IMF World Bank Group seperti: mesin EDC, ATM, dan money changer selama Annual Meeting IMF dan World Bank Group berlangsung. (Sumber Foto-Foto: Jadi Mandiri )

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Transfer Berbeda Bank, Tak Kunjung Sampai? Bisa Jadi Ini Penyebabnya

Proses transfer berbeda bank berapa lama ya? Pertanyaan yang kerap kali ditanyakan kepada saya. Terlebih bagi freelancer termasuk saya, momen menunggu pembayaran dari pemberi kerja adalah momen menegangkan. Kabar dari bagian keuangan perihal dimulai proses pembayaran, bagaikan menemukan oase di tengah padang gurun yang gersang. Namun, setelah ditunggu-tunggu seraya, memerika mutasi rekening. Kerapkali berujung pada di-PHP-in. Katanya sudah ditransfer, kok belum masuk juga ya? Jangan-jangan bagian keuangannya belum memproses. Perasaan menjadi gundah gulana dan galau, tagihan sudah "mengantri" untuk dibayarkan. Namun, apa daya saldo di rekening tabungan belum bertambah. Sampai suatu hari, saya mengujungi salah bank yang ada di Mal Kota Kasablanka. Untuk melakukan pencetakan buku tabungan. Saya masuk ke bank, satpam meminta saya mengambil nomor antrian. Saya duduk dan menunggu nomor dipanggil. Tiba saat nomor antrian saya dipanggil, saya menuju petugas teller. Saya se

Mencoba Kartu Flazz BCA JakLingko, Tarif Rp5.000 Transjakarta dalam Tiga Jam

Akhirnya tersedia juga kartu Flazz BCA edisi JakLingko. Untuk yang belum tahu, sistem JakLingko memberikan tarif penggunaan Transjakarta maksimal Rp5.000 dalam tiga jam. Selain Flazz BCA sebelumnya sudah tersedia kartu JakLingko kerjasama dengan bank lainnya. Kartu JakLingko Flazz BCA Selain dapat digunakan pada bus Transjakarta, kartu JakLingko dapat digunakan pada angkot atau mikrotrans di Jakarta. Tinggal tap in dan tap out pada alat tap.  Untuk mendapatkan kartu JakLingko Flazz BCA, saya menemukannya tersedia pada vending machine. Harga kartu Flazz BCA JakLingko sebesar Rp40ribu dengan isi saldo Rp15ribu. Pembayaran dapat dilakukan dengan scan QRIS dan uang tunai. Perjalanan saya dimulai dari Kota Tangerang menuju Jakarta menggunakan bus tujuan Poris-Bundaran Senayan. Durasi perjalanan berlangsung sekitar satu jam. Saya turun di halte Gelora Bung Karno, kemudian naik bus tujuan Kota dan turun di halte Bendungan Hilir. Perjalanan berlangsung sekitar sepuluh menit. Saat tap out dike

Apa Perbedaan Tahapan dan Tahapan Expresi?

Tahapan dan Tahapan BCA keduanya produk rekening Tabungan BCA. Namun apa saja perbedaan antara Tahapan dan Tahapan Expresi? Setelah saya mencari-cari informasi dari berbagai sumber, ini dia ternyata perbedaan rekening Tahapan dan Tahapan Expresi: 1. Setoran Awal Setoran awal Tahapan BCA minimal 500 ribu (lumayan besar ya) dan Tahapan Xpresi minimal 50 ribu ( ini lebih sesuai dengan kantong). 2. Jenis Kartu ATM yang Diberikan Kartu ATM Tahapan tersedia dalam 3 (tiga) pilihan, yaitu: Silver, Gold dan Platinum. Setiap kartu berbeda limit transaksinya. Kalau Tahapan Xpresi BCA kartu ATMnya terdiri dari berbagai pilihan multidesain dan juga bisa menggunakan foto pribadi. Kan seru nih kartu ATMnya ada foto sama teman, keluarga atau pacar (abaikan yang terakhir). Saat ini baru bisa pakai desain multidesain di cabang tertentu dan My BCA. Kalau pakai kartu ATM Tahapan Xpresi pernah mau pakai bayar di kasir supermarket dan kartunya ditolak. Katanya sih desain kartunya kok beda, setela