Langsung ke konten utama

Ngobrol Seru Bareng BUMN, Kegiatan dan Program Menarik HUT Kementerian BUMN ke-21

Kementerian BUMN pada 13 April 2019 akan memperingati HUT ke-21. Mulai tahun 2016 berlangsung acara perayaan satu bulan sebelum dan satu bulan setelah tanggal HUT Kementerian BUMN. Untuk mengetahui apa saja kegiatan yang berlangsung pada rangkaian acara HUT Kementerian BUMN ke-21, saya menyaksikan acara "Ngobrol Seru Bareng BUMN" disiarkan pada channel Id.Ku yang bisa disaksikan melalui UseeTV.

Kegiatan HUT Kementerian BUMN ke-21 mulai yang sudah berlangsung mulai dari BUMN Goes to Campus (berbagi ilmu berguna dengan bibit unggul Indonesia), Bersih-Bersih Kampung Sehat (kampung makin cantik, hidup warga makin ciamik), dan Aktivasi LinkAja (Beres tanpa cash pakai linkaja, Indonesia makin keren aja).

Hal-hal Baru di Kegiatan HUT Kementerian BUMN 

Pada acara "Ngobrol Seru Bareng BUMN" dipandu oleh Duo Mantul: Vina dan Bisma dengan beberapa narasumber. Ada pak Fajar Harry, Deputi Kementerian BUMN menjelaskan ada dua hal yang baru pada rangkaian acara HUT BUMN tahun ini: mengenalkan Link Aja dan produk-produk retail BUMN: beras dan minyak.


Masyarakat bisa ikutan dalam keseruan acara HUT BUMN, syaratnya cukup memiliki LinkAja. Masyarakat di daerah Sumut, Jabar, dan Jawa Tengah sudah mencoba transksi dengan LinkAja, pada 6 April 2019 akan berlangsung acara di Sidoarjo, Jawa Timur.

Pada HUT BUMN ke-21 mengangkat tema "One Nation, One Vision, dan One Family"  perusahaan-perusahaan BUMN yang berjumlah 140an angka dikumpulkan untuk bersama merayakan HUT Kementerian BUMN.  Masyarakat mendapatkan manfaat melalui Program Padat Karya Tunai dan Kampung Sehat Kampung Bersih di Cikini dan Cipinang.

Di daerah Tebing Tinggi Menteri BUMN, Bu Rini Soemarno sudah mencoba membeli ikan teri dengan LinkAja. Program aktivasi LinkAja dibantu oleh para milenial BUMN yang turut serta. Akan ada sekitara 100 ribu orang darj keluarga BUMN akan berkumpul di Sidoarjo untuk berbagai kegiatan seperti zumba dan lari, bertujuan untuk mensinergikan dan saling mengenal antara anggota keluarga BUMN.

Dukungan Bank BTN di HUT Kementerian BUMN ke-21

Hadir juga pak Yossi Istanto, Direktur Human Capital Bank BTN menyampaikan kegiatan yang sudah dilakukam Bank BTN. Mulai dari Islamic Next Gen 26-27 Jan 2019 di Bandung, Jawa Barat dengan tiga kegiatan: kompetisi Nada Islami, Hijab Hunt, dan Santripreneur.


Ada hal yang menarik dari acara Islamic Next Gen, ada produk bernama Keripik Si Mantan dikarena rasanya pedas. Target awal peserta Islamic Next Gen hanya 100 orang, tetapi peserta yang datang melampaui target mencapai 350 orang. Kegiatan-kegiatan dilakukan BTN sebagai wadah bagi milenial untuk diarahkan dan saling berkompetisi.

Lalu ada kegiatan di Bekasi dan Ciamis ada bersih-bersih kampung, memberikan fasilitas pembuangan sampah, sanitasi, dan penanaman pohon agar lebih sejuk. Kemudian promosi LinkAja kepada masyarakat dengan penjualan produk retail BUMN senilai 42.500, tetapi dijual 10.000 kepada masyarakat dan laris terjual.

Bersih Bersih Kampung Sehat dilakukan oleh milenial BUMN dan masyarakat: renovasi masjid, gotong royong bersihkan kampung. Dilakukam juga penjualan 1.000 paket sembako di Bekasi dalam waktu 4 jam habis. Ada juga kegiatan Padat Karya Tunai di Tebing Tinggi, masyarakat dibiasakan beli kerupuk dan ikan dengan Link Aja.Kegiatan HUT BUMN sudah dilakukam sejak 2016 secara konsisten bersama masyarakat dan para para milenial BUMN.

Selain melalu kegiatan di pondok pesantren di Jawa Barat dengan standarisasi, program CSR dan Bina Lingkungan. Bank BTN punya program KPR Gaess untuk milenial, BTN sebagai bank dengan core bisnis di bidang KPR sudah melakukan pembiayaan 786.000 rumah bagu segmen masyarakar menegah ke bawah. Terlebih kini era digitalisasi perbankan, BTN mendigitalisasikan prosesnya.

Pandangan Masyarakat Terhadap Kegiatan Kementerian BUMN

Ada mas Rendy Herison, analis media sosial melihat partisipasi milenial BUMN di daerah Jatinegara dan Ciamis ada keramaian tersendiri. Para milenial diajak dalam kegiatan, pastinya akan posting di socmed, telebih postong foto selfie dengan latar belakang kegiatan yang berlangsung.


Pak Fajar Harry, Deputi Kementerian BUMN menjelaskan bahwa BUMN pada  2014 meraih keuntungan 149 Triliun dan pada tahun 2017 meraih laba  188 Triliun. Ada missinformasi ada konten yang disebarkan bahwa BUMN merugi, padahal tiap tahun semakin meningkat.

Kita harus lebih cermat saat menerima informasi, tanyakan dan cari tahu dahulu sumbernya. Lalu konteksnya, beda konteks, beda maknanya. Jika ragu lebih baik hentikan, jangan disebarkan. Karena lebih banyak distributor hoax dbandingkan pabrik hoax, bisa jadi tanpa sadar kita penyebar hoax.

Pengalaman Pertama Wendy Marc Mengikuti acara BUMN

Sudah hadir juga sosok yang sudah mengikuti rangkaian acara Kementerian BUMN, yaitu: Wendy Marc. Ia datang ke Banyuwangi untuk mengikuti Mandiri Banyuwangi Half Marathon, ada kategori 5k, 10k, dan 21k. Mas Wendy mengikuti kategori lari 5k dan pada garis finish merasakan ada kebanggan tersendiri saat pertama kali ikutan kegiatan BUMN.


Acaranya luar biasa dengan adanya sinergi antara BUMN, pemerintah daerah, dan masyarakat yang juga ikutan lari bersama juga. Anak-anak sekolah datang untuk mendukung di pinggir jalan dan penampilan tarian-tarian khas daerah.


Filosofi Logo dan Program Menarik HUT Kementerian BUMN

Pada HUT Kementerian BUMN ke-21 ada yang unik dengan logo badak memiliki filosofi besar, kuat, dan lincah. Karena Badak Jawa memiliki satu cula, memiliki berat 2,5 ton, tetapi lincah bergerakan karena kakinya yang panjang. Rangkaian acara HUT Kementerian BUMN berlangsung di Sidoarjo pada 6 April 2019 di Sidoarjo dan 13 April di Jakarta.

Bank BTN juga punya program Housing Finance Cenfe yang melatih generasi milenial untuk mendiduk jiwa wirausaha di bidang properti. Sudah ada   1.500 calon wirausaha milenial yang akan masuk sektor properti dengan terlebih dahulu memperlajari analisa properti, sebelum siap jadi pengembang baru. BTN berkontrubusi dalam menciptakan lapangan kerja baru dan mengisi kebutuhan backlog perumahan di Indonesia.

Komentar

  1. Selamat ulang tahun, BUMN! Bangga dengan karya-karya nasional yang mendunia.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Transfer Berbeda Bank, Tak Kunjung Sampai? Bisa Jadi Ini Penyebabnya

Proses transfer berbeda bank berapa lama ya? Pertanyaan yang kerap kali ditanyakan kepada saya. Terlebih bagi freelancer termasuk saya, momen menunggu pembayaran dari pemberi kerja adalah momen menegangkan. Kabar dari bagian keuangan perihal dimulai proses pembayaran, bagaikan menemukan oase di tengah padang gurun yang gersang. Namun, setelah ditunggu-tunggu seraya, memerika mutasi rekening. Kerapkali berujung pada di-PHP-in. Katanya sudah ditransfer, kok belum masuk juga ya? Jangan-jangan bagian keuangannya belum memproses. Perasaan menjadi gundah gulana dan galau, tagihan sudah "mengantri" untuk dibayarkan. Namun, apa daya saldo di rekening tabungan belum bertambah. Sampai suatu hari, saya mengujungi salah bank yang ada di Mal Kota Kasablanka. Untuk melakukan pencetakan buku tabungan. Saya masuk ke bank, satpam meminta saya mengambil nomor antrian. Saya duduk dan menunggu nomor dipanggil. Tiba saat nomor antrian saya dipanggil, saya menuju petugas teller. Saya se

Mencoba Kartu Flazz BCA JakLingko, Tarif Rp5.000 Transjakarta dalam Tiga Jam

Akhirnya tersedia juga kartu Flazz BCA edisi JakLingko. Untuk yang belum tahu, sistem JakLingko memberikan tarif penggunaan Transjakarta maksimal Rp5.000 dalam tiga jam. Selain Flazz BCA sebelumnya sudah tersedia kartu JakLingko kerjasama dengan bank lainnya. Kartu JakLingko Flazz BCA Selain dapat digunakan pada bus Transjakarta, kartu JakLingko dapat digunakan pada angkot atau mikrotrans di Jakarta. Tinggal tap in dan tap out pada alat tap.  Untuk mendapatkan kartu JakLingko Flazz BCA, saya menemukannya tersedia pada vending machine. Harga kartu Flazz BCA JakLingko sebesar Rp40ribu dengan isi saldo Rp15ribu. Pembayaran dapat dilakukan dengan scan QRIS dan uang tunai. Perjalanan saya dimulai dari Kota Tangerang menuju Jakarta menggunakan bus tujuan Poris-Bundaran Senayan. Durasi perjalanan berlangsung sekitar satu jam. Saya turun di halte Gelora Bung Karno, kemudian naik bus tujuan Kota dan turun di halte Bendungan Hilir. Perjalanan berlangsung sekitar sepuluh menit. Saat tap out dike

Apa Perbedaan Tahapan dan Tahapan Expresi?

Tahapan dan Tahapan BCA keduanya produk rekening Tabungan BCA. Namun apa saja perbedaan antara Tahapan dan Tahapan Expresi? Setelah saya mencari-cari informasi dari berbagai sumber, ini dia ternyata perbedaan rekening Tahapan dan Tahapan Expresi: 1. Setoran Awal Setoran awal Tahapan BCA minimal 500 ribu (lumayan besar ya) dan Tahapan Xpresi minimal 50 ribu ( ini lebih sesuai dengan kantong). 2. Jenis Kartu ATM yang Diberikan Kartu ATM Tahapan tersedia dalam 3 (tiga) pilihan, yaitu: Silver, Gold dan Platinum. Setiap kartu berbeda limit transaksinya. Kalau Tahapan Xpresi BCA kartu ATMnya terdiri dari berbagai pilihan multidesain dan juga bisa menggunakan foto pribadi. Kan seru nih kartu ATMnya ada foto sama teman, keluarga atau pacar (abaikan yang terakhir). Saat ini baru bisa pakai desain multidesain di cabang tertentu dan My BCA. Kalau pakai kartu ATM Tahapan Xpresi pernah mau pakai bayar di kasir supermarket dan kartunya ditolak. Katanya sih desain kartunya kok beda, setela