Langsung ke konten utama

Google Edukasi Masyarakat Pentingnya #JagaPrivasimu

Suatu pagi saya terbangun dari lelapnya tidur, reflek mengambil smartphone untuk melihat jam. Namun, betapa terjekutnya saya ketika mendapatkan notifikasi ada yang berupaya mengakses akun Google saya dari luar negeri. Syukurlah saya menggunakan verifikasi dua langkah sebagai pengaman akses akun. Hal tersebut tergambar melalui salah satu komik karya Aulia Azziawaty, salah satu pemenang Kompetisi Komik #JagaPrivasimu Kreavi Challenge.
Edukasi Jaga Privasimu oleh Google Lewat Kompetisi Komik
Edukasi Jaga Privasimu oleh Google Lewat Kompetisi Komik

Google bersama Kementerian Komunikasi dan Informatika RI (Kominfo), Badan Siber dan Sandi Negera RI (BSSN), Siberkreasi, ID-IGF, IGF Youth, ICT Watch, dan Kreavi membuat inisiasi #JagaPrivasi. Inisiatif yang bertujuan meningkatkan kesadaran masyarakat Indonesia untuk menjaga keamanan dan privasi ketika berinternet.

Kompetisi komik #JagaPrivasimu merupakan salah satu kegiatan dari rangkaian kegiatan, berlangsung sejak 14 Juli 2019 yang dikurasi oleh Kreavi. Hingga terpilihlah 25 hasil karya terbaik yang dikurasi, akhirnya pada 20 Agustus 2019 dilakukan pengumuman 5 juara utama. Seperti inilah beberapa hasil karya komik pata juara yang dipamerkan, edukasi keamanan dan privasi berinternet sehingga lebih mudah dipahami oleh masyarakat.

Lima Juara Karya Komik Jaga Privasimu
Lima Juara Karya Komik Jaga Privasimu

Menjaga Keamanan di Dunia Digital

Tak berhenti pada kompetisi komik, acara pun dilanjutkan dengan kegiatan Workshop #JagaPrivasimu bagi para orang tua dan anak-anak muda. Saya berkesempatan menjadi peserta pada Workshop #JagaPrivasimu bersama anak-anak muda para mahasiswa. Narasumber pertama, Aldrich Christoper (Google) menjelaskan topik "Keep Yourself Safe in the Digital World" dan mengajak anak-anak mudah untuk belajat tiga hal:

1. Cara Mengenali Hal-Hal Berbahaya di Internet.

a. Phising
Pernah menerima email dari perusahaan yang meminta akses ke akun? Coba lihat dengan teliti nama pengirim email, aksi phising kerap terjadi saat berinternet. Ada pihak yang menyamar dan mengatasnamakan orang atau lembaga terpecaya, pastikan alamat pengirim pada email yang memang asli dan bisa dipercaya.

Edukasi Bahaya dalam Berinternet
Edukasi Bahaya dalam Berinternet

b. Virus. Waspadalah terhadap penyebaran virus! Yang bisa tersebar melalui "attachment" email, mendownload file dari internet, dan link yang diklik dari postingan di media sosial. Jika membuka link website, kemudian pada browser Google Chrome ada tulisan "This site may be hack', jangan lanjutkan akses ke link tersebut.

c. Informasi di Internet. Tetaplah kritis dan jeli saat menerima informasi di internet, terlebih menjelang bulan April. Pada YouTube Channel BBC (dengan centang biru sekalipun) pernah membuat video dokumentasi, bahwa penguin bisa terbang dan video tersebut adalah bagian dari April Mop.

2. Cara Menjaga Privasi

Lakukan Security Check-up pada link g.co/SecurityCheckup terlebih jika, memiliki banyak device (perangkat) yang mengakses akun Google dan pastikan hijau semua. Akan muncul pada tampilan semua device yang tersambung dengan akun Google. Misalnya kita pernah login di laptop teman, tetapi terlupa logout sehingga bisa diakses oleh orang lain. Melalui Security Check-up kita bisa melakukan logout akun Google pada perangkat tersebut.

Selanjutkan lakukan Privacy Check Up pada link g.co/PrivacyCheckup untuk melakukan pengaturan data apa saja yang ingin disimpan dan dibagikan dengan Google. Misalnya saja, lokasi dan penggunaan Google Assitant. Ada tips tambahan untuk menjaga privasi dan keamanan akun Google.
Cara Menjaga Privasi dan Mengamankan Akun Google
Cara Menjaga Privasi dan Mengamankan Akun Google

Gunakan kata sandi akun (password) yang kuat, sebaiknya password Google dan password akun media dibuat berbeda. Hindari penggunaan tangga lahir, nama sekolah, dan nama binatang peliharaan pada password. Karena dengan mudahnya bisa diketahui orang lain untuk mengakses akun kita. Gunakan juga verifikasi dua langkah untuk menambah keamanan, jika sedang berada di luar negeri bisa gunakan Google Authenticator untuk memudahkan.

3. Menggunakan Teknologi. Kendalikan teknologi untuk membantu kita, jangan sampai dikendalikan teknologi. Saat ini deteksi dini kanker payudara, sudah bisa dilakukan dengan teknologi machine learning.

Menjaga Privasi, Perlindungan Data Pribadi, dan Penyalahgunaannya

Narasumber kedua ada adalah Ellen Kusuma (SAFENet) mengajak peserta workshop menyadari, manakah jenis SMS promosi yang melanggar privasi kita. Tentunya teman-teman juga sering mendapatkan SMS penawara di handphone kan? Ada SMS promosi dari operator selular yang disebut Location Base Service, saat berada di suatu daerah dapat SMS promosi di daerah tersebut. SMS Location Base Service tidaklah melanggar privasi, karena data yang diberikan operator selular kepada pihak ketiga bukanlah data pribadi.
Memahami Pelanggaran Privasi melalui SMS
Memahami Pelanggaran Privasi melalui SMS

Lain hal dengan SMS yang menawarkan pinjaman, bahkan mengetahui nama kita. Hal itu melanggar data privasi kita, tanpa sadar nomor hp dan nama kita diakses oleh pihak lain melalui aplikasi. Mungkin kita tidak menggunakan aplikasi itu, tetapi teman  menggunakan dan data kontak kita didapatkan oleh pihak lain.

Hal seperti itulah yang menjadi salah satu penyebab, pentingnya data pribadi karena menyangkut hal yang privasi. Privasi sendiri adalah image yang ingin kira berikan kepada orang lain pada ruang lingkup tertentu. Misalkan, perilaku kita di dalam rumah dan luar rumah tentu akan berbeda.

Sedangkan data pribadi merupakan infomasi yang menyangkut privasi seseorang, misalkan: alamat rumah, tanggal ulang tahun, status, data keuangan pribadi. Di dunia digital data pribadi yang kita miliki seperti email dan IP Address, perlu untuk dijaga dan dilindungi.

Indonesia melindungi privasi warganya melalui UUD 1945 pada pasal 28G ayat 1 yang menjamin masyatakat atas perlindungan diri pribadi, rasa aman, dan perlindungan dari ancaman ketakutan. Saat ini masih dalam perbincangan tentang RUU Perlindunhn Data Pribadi, kabarnya definisi privasi dihilangkan.

Level Keamanan vs Level Kenyamanan

Pahami privasi kita pada level nyaman dan aman setiap orang berbeda. Misalnya aktivis HAM dan artis akan berbeda cara dalam menonjolkan diri. Seorang aktivis HAM akan menjaga data pribadinya, bisa saja hal itu akan dimanfaatkan menjadi kelemahannya. Berbeda dengan artis yang menjadi data pribadi sebagai nilai jual, menampilkan pakaian yang dikenakan dengan harganya dan lokasi tempat tinggal artis.
Level Aman dan Nyaman Setiap Orang Berbeda
Level Aman dan Nyaman Setiap Orang Berbeda

Di masa lalu dan masa kini bagi seseorang level amannya berbeda. Dahulu kita cukup percaya diri menjadi blog sebagai buku harian (diary), jika kita membaca tulisan blog di masa lampan tentunya akan membuat kita tersenyum. Lalu bertanya dalam hati, "Mengapa dulu saya bisa menuliskan hal itu di blog ya?"

Pada akhirnya jadilah detektif bagi diri sendiri di dunia digital, ketahui data pribadi kita apa saja yang sudah tersebar. Bisa jadi melalui data pribadi yang tersebar kita diuntit oleh orang lain. Jangan instal aplikasi jangan sembarangan, baca izin-izin yang diminta aplikasi! Apakah wajar jika aplikasi editing foto meminta izin akses mikrofon?

Kenalilah bentuk-bentuk pelanggaran privasi yang terjadi di internet:

-Data Mining dan profilling tanpa persetujuan atau dengan persetujuan meragukan

-Pencurian Data

-Data Abusing, seperti ancaman dan pelecehan pada aplikasi pinjaman online ilegal dan transportasi online.

-Pengawasan yang tidak diinginkan

-Doxing, pencari data orang lain dan menyebarkan tanoa izin untuk tujuan kejahatan.

-Persekusi Online

-Deep Fakes, manipulasi video seakan-akan seseorang mengucapkan sesuatu. Padahal tidak demikian (Contoh, Video You Won't Believe What Obama Says In This Video)

-Fake profiling, ada orang lain yang menggunakan foto kita pada sebuah profil dan informasi lainnya tanpa izin.

Jenis-jenis Pelanggaran Privasi
Jenis-jenis Pelanggaran Privasi

Kita harus menjadi detektif bagi diri kita sendiri di dunia digital. Selalu cek dan ricek data privasi yang tersebar di Google, Facebook, dan Twitter. Jika diperlukan lakukan detox data juga. Jika mengalami permasalahan dan penyalahgunaan data pribadi, ada fitur reporting pada Google, Facebook, dan Twitter yang bisa digunakan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Transfer Berbeda Bank, Tak Kunjung Sampai? Bisa Jadi Ini Penyebabnya

Proses transfer berbeda bank berapa lama ya? Pertanyaan yang kerap kali ditanyakan kepada saya. Terlebih bagi freelancer termasuk saya, momen menunggu pembayaran dari pemberi kerja adalah momen menegangkan. Kabar dari bagian keuangan perihal dimulai proses pembayaran, bagaikan menemukan oase di tengah padang gurun yang gersang. Namun, setelah ditunggu-tunggu seraya, memerika mutasi rekening. Kerapkali berujung pada di-PHP-in. Katanya sudah ditransfer, kok belum masuk juga ya? Jangan-jangan bagian keuangannya belum memproses. Perasaan menjadi gundah gulana dan galau, tagihan sudah "mengantri" untuk dibayarkan. Namun, apa daya saldo di rekening tabungan belum bertambah. Sampai suatu hari, saya mengujungi salah bank yang ada di Mal Kota Kasablanka. Untuk melakukan pencetakan buku tabungan. Saya masuk ke bank, satpam meminta saya mengambil nomor antrian. Saya duduk dan menunggu nomor dipanggil. Tiba saat nomor antrian saya dipanggil, saya menuju petugas teller. Saya se

Mencoba Kartu Flazz BCA JakLingko, Tarif Rp5.000 Transjakarta dalam Tiga Jam

Akhirnya tersedia juga kartu Flazz BCA edisi JakLingko. Untuk yang belum tahu, sistem JakLingko memberikan tarif penggunaan Transjakarta maksimal Rp5.000 dalam tiga jam. Selain Flazz BCA sebelumnya sudah tersedia kartu JakLingko kerjasama dengan bank lainnya. Kartu JakLingko Flazz BCA Selain dapat digunakan pada bus Transjakarta, kartu JakLingko dapat digunakan pada angkot atau mikrotrans di Jakarta. Tinggal tap in dan tap out pada alat tap.  Untuk mendapatkan kartu JakLingko Flazz BCA, saya menemukannya tersedia pada vending machine. Harga kartu Flazz BCA JakLingko sebesar Rp40ribu dengan isi saldo Rp15ribu. Pembayaran dapat dilakukan dengan scan QRIS dan uang tunai. Perjalanan saya dimulai dari Kota Tangerang menuju Jakarta menggunakan bus tujuan Poris-Bundaran Senayan. Durasi perjalanan berlangsung sekitar satu jam. Saya turun di halte Gelora Bung Karno, kemudian naik bus tujuan Kota dan turun di halte Bendungan Hilir. Perjalanan berlangsung sekitar sepuluh menit. Saat tap out dike

Apa Perbedaan Tahapan dan Tahapan Expresi?

Tahapan dan Tahapan BCA keduanya produk rekening Tabungan BCA. Namun apa saja perbedaan antara Tahapan dan Tahapan Expresi? Setelah saya mencari-cari informasi dari berbagai sumber, ini dia ternyata perbedaan rekening Tahapan dan Tahapan Expresi: 1. Setoran Awal Setoran awal Tahapan BCA minimal 500 ribu (lumayan besar ya) dan Tahapan Xpresi minimal 50 ribu ( ini lebih sesuai dengan kantong). 2. Jenis Kartu ATM yang Diberikan Kartu ATM Tahapan tersedia dalam 3 (tiga) pilihan, yaitu: Silver, Gold dan Platinum. Setiap kartu berbeda limit transaksinya. Kalau Tahapan Xpresi BCA kartu ATMnya terdiri dari berbagai pilihan multidesain dan juga bisa menggunakan foto pribadi. Kan seru nih kartu ATMnya ada foto sama teman, keluarga atau pacar (abaikan yang terakhir). Saat ini baru bisa pakai desain multidesain di cabang tertentu dan My BCA. Kalau pakai kartu ATM Tahapan Xpresi pernah mau pakai bayar di kasir supermarket dan kartunya ditolak. Katanya sih desain kartunya kok beda, setela