Kamis, 05 Maret 2020

Wujudkan Impian dengan Melakukan Investasi Pendanaan

Sudah memasuki tahun 2020 dengan banyak resolusi, tentunya tak ingin resolusi menjadi sebatas wacana semata. Perlu ada langkah nyata yang diambil untuk mewujudkan impian jadi kenyataan.

Ada yang yang memiliki impian untuk memiliki rumah. Ada juga yang berencana untuk liburan ke luar negeri, wilayah Indonesia yang belum pernah didatangi, memiliki kendaraan baru, dan banyak keinginan lainnya. Wujudkan rencana dengan rutin setiap bulannya, salah satu cara untuk mewujudkannya dengan melakukan investasi pendanaan.

Ada berbagai jenis pilihan instrumen pengembangan dana yang bisa menjadi pilihan, bisa disesuaikan dengan tujuan keuangan: pengembangan dana jangka pendek, pengembangan dana jangka menengah, dan pengembangan dana jangka panjang. Selain itu pastikan juga produk yang dipilih terdaftar atau berizin dan diawasi regulator, seperti Otoritas Jasa Keuangan (OJK) atau Bank Indonesia (BI). Mari, bersama kenali beberapa produk pengembangan dana dengan kelebihan dan kekurangan:

1. Emas
Emas menjadi salah satu produk investasi yang cukup dikenal masyarakat, dikarenakan nilainya cenderung stabil. Namun, kurang cocok dimanfaatkan sebagai produk investasi jangka pendek. Hal ini dikarenakan adanya selisih harga beli dan jual, lebih disarankan pada jangka menengah dan bertujuan melindungi nilai yang dari inflasi. Kekurangan lainnya, perlu tempat untuk menyimpan emas fisik agar tersimpan dengan aman.

2. Saham 
Saham merupakan produk investasi yang menawarkan imbal hasil yang tinggi sebagai investasi jangka panjang. Kini untuk memulai investasi saham sudah bisa dengan nominal yang tidak terlalu besar. Diperlukan pengetahuan dan pemahaman untuk berinvestasi saham, memilih saham yang bagus atau tidak.

3. Reksa Dana
Reksa dana merupakan pilihan investasi dengan besaran yang relatif kecil, bisa disesuaikan dengan profil risiko. Portfolio (isi) dalam reksa dana adalah saham dan obligasi (surat utang) yang dikelola oleh Manager Investasi.

Ada berbagai jenis: Reksa Dana Pasar Uang, Reksa Dana Pendapatan Tetap, Reksa Dana Campuran, dan Reksa Dana Saham. Relatif lebih mudah untuk dilakukan, tetapi ada biaya-biaya (seperti biaya pengelolaan) yang dikenakan dan akan mengurangi keuntungan investasi.

4. Surat Berharga Negara (SBN) Ritel
Surat Berharga Negara (SBN) Ritel merupakan produk investasi berupa surat utang yang diterbitkan oleh negara, dapat dibeli oleh masyarakat Indonesia secara perorangan. Imbal hasil yang ditawarkan berada di atas deposito dan dibayarkan setiap bulan, risikonya relatif kecil karena dijamin oleh pemerintah. Jangka waktu investasinya berkisar 2-3 tahun, tergantung pada jenis SBN Ritel. Selain itu SBN Ritel hanya dapat dibeli pada saat masa penawaran yang sudah ditentukan.

5. Peer to Peer (P2P) Lending
Investasi pendanaan Peer to Peer (P2P) Lending menawarkan tingkat imbal hasil hingga 21% per tahun. Salah satu pilihan yang cocok untuk investasi pendanaan jangka pendek (1-12 bulan), tetapi perlu cermat dalam memilih proyek yang didanai. Hal ini dilakukan karena adanya risiko gagal bayar oleh kreditor, tetapi kini sudah ada juga fasilitas asuransi Kredit sehingga uang yang diinvestasikan tetap terjamin pengembaliannya.


Menurut data Otoritas Jasa Keuangan (OJK) per Februari 2020. P2P Lending yang Berizin dan Terdaftar oleh OJK sebanyak 161 entitas. Tercatat sebanyak 25 P2P lending sudah berizin dan 136 entitas berstatus terdaftar.

Berinvestasi Pendanaan Mulai dari Rp100.000,-

Memilih produk investasi pendanaan perlu pertimbangan yang cukup matang, karena alih-alih mendapatkan untung malah buntung. Untuk itu perlu memerhatikan beberapa hal, untuk terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

PT Akseleran Keuangan Inklusif Indonesia (Akseleran) bisa menjadi salah satu pilihan Anda untuk mengembangkan dana di produk P2P Lending. Kenapa?

A. Berizin dan Terdaftar oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK)

Dalam memilih layanan P2P Lending perlu dipastikan sudah berizin dan terdaftar di OJK. PT Akseleran Keuangan Inklusif Indonesia (Akseleran) merupakan P2P Lending yang sudah berizin dan diawasi oleh OJK, artinya ketika mengembangkan dana di Akseleran keamanan dana dan data Anda pasti terjamin. (fyi, terdaftar dan berizin merupakan hal yang berbeda. TERDAFTAR artinya platform P2P lending baru mendapat status terdaftar di OJK, BERIZIN artinya platform sudah memenuhi persyaratan-persyaratan yang lebih complicated sehingga status BERIZIN lebih tinggi dibandingkan TERDAFTAR).

B. Nilai TKB 90

Akseleran bisa diakses melalui website dan aplikasi pada smartphone Android (Google Play Store) dan Apple Apps Store (iOS). Saat saya membuka aplikasi Akseleran dari smartphone Android, terlihat ada tulisan di pojok kanan atas yang menarik "TKB90=96,41%" per tanggal 5 Maret 2020. Hal itu menunjukan bahwa tingkat keberhasilan Akseleran dalam menjaga tingkat kredit bermasalah (Non Performing Loan) agar tetap rendah.


Pencantuman TKB90 wajib dilakukan oleh layanan entitas P2P Lending yang terdaftar atau berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Tujuannya untuk meningkatkan transparansi sekaligus membantu calon pemberi pinjaman (lender) untuk mengetahui risiko penempatan dananya.

C. Credit Scoring

Selain itu juga terdapat keterangan Credit Scoring  sebagai kriteria penilaian Akseleran melakukan penilaian kelayakan dan risiko pinjaman pelaku usaha dengan internal credit scoring. Sistem credit scoring ini berfokus kepada tiga aspek:

-Keuangan

Validasi atas aspek keuangan dengan melakukan cross check dengan rekening koran yang diberikan peminjam atau riwayat transaksi penjualan di platform online tempat calon peminjam berjualan. Setelah kondisi keuangan divalidasi, Akseleran melakukan analisa atas kemampuan keuangan peminjam, seperti namun tidak terbatas kepada kemampuan membayar utang, perbandingan ekuitas, serta perbandingan aset dan kewajiban peminjam.

-Agunan

Tipe agunan yang diberikan juga menjadi faktor yang dipertimbangkan dalam penilaian risiko dan penentuan bunga pinjaman. Agunan bisa berupa tagihan dari Invoice/PO/SPK/Kontrak, berupa persediaan dagang, peralatan, maupun tanah dan bangunan.

-Credit Behaviour

Akseleran bekerja sama dengan PEFINDO (Pemeringkat Efek Indonesia) sebagai biro kredit dalam melakukan analisis kuantitatif dan kualitatif, berupa pengecekan rekam jejak dan credit behaviour peminjam. Juga mempertimbangkan tingkat pendidikan dan pengalaman usaha atau bekerja peminjam.

Rating pada Akseleran dimulai dari A++ sampai E, namun yang disetujui hanya A++ sampai C detail tampilannya seperti ini:

Rating A++ mempunyai risiko terendah sehingga terefleksi terhadap tingkat suku bunga yang didapatkan yang merupakan paling rendah. Sedangkan untuk rating C mempunyai risiko yang lebih tinggi sehingga tingkat suku bunga yang didapatkan juga semakin tinggi. Hal ini wujud komitmen Akseleran dalam meminimalkan risiko pinjaman dengan menggunakan kriteria-kriteria penilaian risiko

Saya pun sudah mencobanya, nominal investasi pendanaannya cukup terjangkau mulai dari Rp100.000,- dan adanya proteksi asuransi kredit pada kampanye pendanaan, ada logo "Proteksi Asuransi".

D. Proteksi Asuransi Kredit

Akseleran telah bekerja sama dengan Qoala/Simasnet dalam menyediakan fitur proteksi Asuransi Kredit untuk pinjaman Online Merchant Financing dan bekerja sama dengan Marsh/ASEI untuk pinjaman kepada para peminjam UKM secara umum.
Adanya Proteksi Asuransi Kredit sebagai proteksi yang dapat menekan risiko gagal bayar dari borrower dengan jaminan pengembalian dana hingga 85% dari tunggakan pokok.

Pengalaman Melakukan Investasi Pendanaan di Akseleran

Setelah mengenali berbagai hal yang ditawarkan Akseleran. Saya akhirnya yakin untuk melakukan investasi pendanaan di Akseleran pada Januari 2020. Mulai dari pendaftaran, proses pemberian pinjaman, dan berbagi fitur lainnya yang memudahkan penggunaan.

a. Proses Pendaftaran

Proses pendaftaran akun Akseleran cukup mudah, bisa melalui website www.akseleran.co.id dan aplikasi yang tersedia di Android (Google Play Store) danApple  Apps Store (iOS). Lalu pilih Daftar, masukan email dan password, baca dan centang persetujuan privasi, dan selesaikan verifikasi dua langkah. Maka akan diminta kode promo/referral, masukan kode AKSLWILLIAM306618.

Untuk mendapatkan saldo bonus sebesar Rp100.000,- yang bisa digunakan nanti, lalu lakukan verifikasi email dan nomor handphone terdaftar. Pilih preferensi sebagai lender (pemberi pinjaman)  dan tipe perorangan, lalu ikut petunjuk pengisian data-data diri dan berikan tanda tangan perjanjian keanggotaan

b. Memberikan Pinjaman

Setelah proses pendaftaran selesai, jika mengakses dari aplikasi Akseleran pada menu Peluang akan tampil campaign tersedia untuk diberikan pinjaman. Kita bisa melihat detail campaign berupa jumlah pinjaman, tenor, bunga efektif, agunan, masa penggalan dana, tujuan penggalangan dana, identitas usaha, highlight keuangan, jadwal angsuran, dan histori pinjaman.

Jika sudah menemukan campaign yang diinginkan, pilih lanjut, tentukan besaran dana yang ingin dipinjamkan, centang perjanjian risiko pemberian pinjaman, dan pilih lanjut. Proses selesai dan dana sudah berhasil dipinjamkan kepada borrower.
Tersedia fasilitas auto lending yang memudahkan dalam memberikan pinjaman. Kita bisa mengatur campaign yang ingin diberikan pinjaman berdasarkan: rating pinjaman, besaran imbal hasil, lama pinjaman yang diinginkan.

c. Portfolio

Berbagai campaign yang sudah kita berikan pinjaman, bisa dilihat pada menu Portfolio. Tersedia berbagai informasi perihal jadwal angsuran pada campaign yang saya danai dengan tenor 2 bulan. Pada bulan Februari 2020 saya akan menerima bunga sebesar Rp1.583,- dan pada Maret 2020 saya akan menerima bunga dan pokok senilai Rp101.583,- Total bunga yang didapatkan sebesar Rp3.166,-

Bandingkan jika Anda hanya menyimpan dana pada lembaga keuangan konvensional senilai Rp100.000,- dalam dua bulan ke depan, nilainya akan berkurang karena harus membayar biaya administrasi. di P2P lending justru dana Anda akan berkembang.

Kesimpulan:
Mewujudkan impian di tahun 2020 dengan melakukan investasi pendanaan, sesuaikan dengan tujuan keuangan dan jangka waktu. Jika ingin mengenbangkan dana jangka pendek, maka investasi pendanaan pada P2P Lending dengan memenuhi beberapa kriteria, salah satunya Akseleran bisa menjadi tepat karena hanya dengan nominal yang sangat terjangkau mulai dari Rp100.000,- dengan imbal hasil hingga 21% per tahun.

Tak perlu ragu lagi untuk melakukan investasi pendanaan di Akseleran. Gunakan juga kode referal AKSLWILLIAM306618 untuk mendapatkan bonus sebesar Rp100.000,-  Free saldo ini bisa langsung Anda gunakan untuk memberikan pinjaman kepada Campaign yang ada di Akseleran dan akan hangus otomatis dalam 7 hari ke depan jika tidak dipinjamkan ke campaign yang tersedia di Akseleran. Yuk, Maju Lebih Cepat Bersama Akseleran!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar