Langsung ke konten utama

Berencana Investasi ORI017? Ketahui dulu Beberapa Penawaran Menarik dari Mitra Distribusi.

ORI017 atau Obligasi Ritel Indonesia (ORI) seri 017 sudah memasuki masa penawaran pada 16 Juni hingga 9 Juli 2020. ORI merupakan obligasi (surat utang) ritel yang diterbitkan oleh Pemerintah Republik Indonesia untuk investor individu WNI. Selain ORI ada surat utang ritel lain, seperti SBR (Saving Bond Ritel), Sukuk Ritel, dan Sukuk Tabungan. Hal yang menarik dari investasi pada ORI adalah dapat diperjualbelikan (tradeable) di pasar sekunder dengan kupon yang bersifat tetap. ORI017 bisa dijual ke pasar sekunder setelah melewati masa pembayaran kupon kedua (mulai 15 September 2020).


Besaran kupon ORI yang diberikan berada di atas bunga deposito bank BUMN (saat ini suku bunga deposito sekitar 5,5%) dan tidak adanya risiko gagal. Baik besaran pokok surat utang pemerintah dan return (kupon) sudah dianggarkan dalam APBN. Kita bisa berinvestasi ORI 018 mulai dari Rp1juta dan kelipatannya dengan maksinal Rp3Milyar.

Saat berinvestasi ORI017 tidak ada risiko gagal bayar karena dijamin oleh negara, baik pembayaran kupon dan pokok hingga jatuh tempo. Dananya disediakan dalam APBN setiap tahunnya. ORI017 memberikan kupon sebesar 6,4% dengan potongan pajak 15% , berbeda dengan potongan pajak deposito 20%. Misalnya berinvestasi Rp1 juta maka setiap bulannya akan mendapatkan kupon sebesar Rp4.533.

ORI017 bisa dibeli melalui mitra distribusi, yaitu: 16 bank, 4 perusahaan efek, 2 perusahaan fintech peer to peer lending, dan 3 perusahaan efek khusus. Selain mendapatkan keuntungan dari kupon ORI017, ada penawaran menarik dari beberapa mitra distribusi dan berikut ini di antaranya:

1. Bank BCA
BCA merupakan salah mitra distribusi ORI017, proses pemesanan ORI017 bisa dilakukan lewat Klik BCA dan aplikasi WELMA. Sebelumnya harus melakukan pendaftaran SID dengan datang ke kantor cabang BCA yang memiliki layanan prioritas. Jika melakukan pembelian ORI017 melalui aplikasi WELMA minimal Rp10juta akan mendapatkan cashback Rp100ribu (tidak berlaku kelipatan.)



2. Bank DBS Indonesia
Bank DBS Indonesia salah satu mitra distribusi ORI017, proses pendaftaran SID dan pemesanan ORI17 bisa dilakukan melalui aplikasi digibank tanpa perlu ke kantor cabang. Ada beberapa klasifikasi untuk mendapatkan cash reward, yaitu:
-Early Bird: Nasabah melakukan transaksi pemesanan dan pembayaran ORI017 melalui aplikasi digibank by DBS pada tanggal 15 – 19 Juni 2020
-Regular: Nasabah melakukan transaksi pemesanan dan pembayaran ORI017 melalui aplikasi digibank by DBS pada tanggal 20 Juni – 9 Juli 2020



3. Bank BNI
BNI salah mitra distribusi ORI017 dengan proses pendaftran SID dan pemesanan dilakukan melalui kantor cabang BNI. Ada beberapa klasifikasi untuk mendapatkan cash reward, yaitu:



4. Bareksa
Bareksa salah mitra distribusi ORI017 dengan proses pendaftran SID dan pemesanan dilakukan melalui website dan aplikasi Bareksa.  Dikutip dari website Bareksa, "Kode Promo ORI50 hadiah voucher emas Rp50.000
1. Membeli Surat Utang Negara ORI017 senilai minimal Rp 3 juta
2. Promo berlangsung mulai tanggal 15 Juni - 9 Juli 2020
3. Menggunakan kode promo: ORI50
4. Nasabah yang memenuhi persyaratan di atas akan mendapat hadiah voucher BareksaEmas Rp50.000.
5. Pemenang akan diumumkan pada 15 Juli 2020
6. Kuota Terbatas
7. Keputusan penyelenggara tidak dapat diganggu gugat

Kode Promo ORI200 hadiah voucher emas Rp200.000
1. Membeli Surat Utang Negara ORI017 senilai minimal Rp 6 juta
2. Promo berlangsung mulai tanggal 15 Juni - 9 Juli 2020
3. Menggunakan kode promo: ORI200
4. Nasabah yang memenuhi persyaratan di atas akan mendapat hadiah voucher BareksaEmas Rp200.000.
5. Pemenang akan diumumkan pada 15 Juli 2020
6. Kuota Terbatas
7. Keputusan penyelenggara tidak dapat diganggu gugat

Kode Promo ORI300 hadiah voucher emas Rp300.000
1. Membeli Surat Utang Negara ORI017 senilai minimal Rp 10 juta
2. Promo berlangsung mulai tanggal 15 Juni - 9 Juli 2020
3. Menggunakan kode promo: ORI300
4. Nasabah yang memenuhi persyaratan di atas akan mendapat hadiah voucher BareksaEmas Rp300.000.
5. Pemenang akan diumumkan pada 15 Juli 2020
6. Kuota Terbatas
7. Keputusan penyelenggara tidak dapat diganggu gugat

Pilih sendiri hadiah kamu tapi jangan kelamaan mikir, karena kuota hadiah terbatas. Langsung saja pesan di sbn.bareksa.com, dan di aplikasi Bareksa."

5. tanamduit
tanamduit salah mitra distribusi ORI017 dengan proses pendaftran SID dan pemesanan dilakukan melalui website dan aplikasi tanamduit. Dikutip dari website tanamduit,

"Promosi ini berlaku untuk 150 nasabah pertama yang melakukan transaksi pembelian ORI017 melalui aplikasi android tanamduit atau aplikasi ios tanamduit selama periode promosi.
Setiap pembelian produk ORI017 akan mendapatkan bonus emas dengan detail di bawah ini.

"Promosi ini berlaku untuk 150 nasabah pertama yang melakukan transaksi pembelian ORI017 melalui aplikasi android tanamduit atau aplikasi ios tanamduit selama periode promosi. Periode promosi berlaku sejak tanggal 15 Juni 2020 pukul 09.00 WIB sampai dengan 9 Juli 2020 pukul 10.00 WIB.

Transaksi dianggap sebagai transaksi pembelian yang sah apabila telah selesai atau nasabah telah melakukan pembayaran dan menerima NTPN (Nomor Transaksi Penerimaan Negara) atau transaksi tercatat dalam portofolio nasabah.


Kesimpulan: Berinvestasi ORI017 menawarkan return kupon sebesar 6,4% dengan minimal Rp1 juta dan maksimal Rp3milyar, selain itu ORI017 bisa diperdagangkan di pasar sekunder. Tak hanya itu beberapa mitra distribusi ORI017 memberikan penawaran keuntungan tambahan berupa cashback, cash reward, atau hadiah lainnya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Transfer Berbeda Bank, Tak Kunjung Sampai? Bisa Jadi Ini Penyebabnya

Proses transfer berbeda bank berapa lama ya? Pertanyaan yang kerap kali ditanyakan kepada saya. Terlebih bagi freelancer termasuk saya, momen menunggu pembayaran dari pemberi kerja adalah momen menegangkan. Kabar dari bagian keuangan perihal dimulai proses pembayaran, bagaikan menemukan oase di tengah padang gurun yang gersang. Namun, setelah ditunggu-tunggu seraya, memerika mutasi rekening. Kerapkali berujung pada di-PHP-in. Katanya sudah ditransfer, kok belum masuk juga ya? Jangan-jangan bagian keuangannya belum memproses. Perasaan menjadi gundah gulana dan galau, tagihan sudah "mengantri" untuk dibayarkan. Namun, apa daya saldo di rekening tabungan belum bertambah. Sampai suatu hari, saya mengujungi salah bank yang ada di Mal Kota Kasablanka. Untuk melakukan pencetakan buku tabungan. Saya masuk ke bank, satpam meminta saya mengambil nomor antrian. Saya duduk dan menunggu nomor dipanggil. Tiba saat nomor antrian saya dipanggil, saya menuju petugas teller. Saya se

Mencoba Kartu Flazz BCA JakLingko, Tarif Rp5.000 Transjakarta dalam Tiga Jam

Akhirnya tersedia juga kartu Flazz BCA edisi JakLingko. Untuk yang belum tahu, sistem JakLingko memberikan tarif penggunaan Transjakarta maksimal Rp5.000 dalam tiga jam. Selain Flazz BCA sebelumnya sudah tersedia kartu JakLingko kerjasama dengan bank lainnya. Kartu JakLingko Flazz BCA Selain dapat digunakan pada bus Transjakarta, kartu JakLingko dapat digunakan pada angkot atau mikrotrans di Jakarta. Tinggal tap in dan tap out pada alat tap.  Untuk mendapatkan kartu JakLingko Flazz BCA, saya menemukannya tersedia pada vending machine. Harga kartu Flazz BCA JakLingko sebesar Rp40ribu dengan isi saldo Rp15ribu. Pembayaran dapat dilakukan dengan scan QRIS dan uang tunai. Perjalanan saya dimulai dari Kota Tangerang menuju Jakarta menggunakan bus tujuan Poris-Bundaran Senayan. Durasi perjalanan berlangsung sekitar satu jam. Saya turun di halte Gelora Bung Karno, kemudian naik bus tujuan Kota dan turun di halte Bendungan Hilir. Perjalanan berlangsung sekitar sepuluh menit. Saat tap out dike

Apa Perbedaan Tahapan dan Tahapan Expresi?

Tahapan dan Tahapan BCA keduanya produk rekening Tabungan BCA. Namun apa saja perbedaan antara Tahapan dan Tahapan Expresi? Setelah saya mencari-cari informasi dari berbagai sumber, ini dia ternyata perbedaan rekening Tahapan dan Tahapan Expresi: 1. Setoran Awal Setoran awal Tahapan BCA minimal 500 ribu (lumayan besar ya) dan Tahapan Xpresi minimal 50 ribu ( ini lebih sesuai dengan kantong). 2. Jenis Kartu ATM yang Diberikan Kartu ATM Tahapan tersedia dalam 3 (tiga) pilihan, yaitu: Silver, Gold dan Platinum. Setiap kartu berbeda limit transaksinya. Kalau Tahapan Xpresi BCA kartu ATMnya terdiri dari berbagai pilihan multidesain dan juga bisa menggunakan foto pribadi. Kan seru nih kartu ATMnya ada foto sama teman, keluarga atau pacar (abaikan yang terakhir). Saat ini baru bisa pakai desain multidesain di cabang tertentu dan My BCA. Kalau pakai kartu ATM Tahapan Xpresi pernah mau pakai bayar di kasir supermarket dan kartunya ditolak. Katanya sih desain kartunya kok beda, setela