Langsung ke konten utama

Obligasi Negara FR, Pilihan Investasi Menarik yang Patut Dilirik pada Tahun 2024

Dalam berinvestasi, diversifikasi diperlukan untuk meminimalisir risiko. Kabar menariknya, selain berinvestasi atau trading di saham dan reksa dana, kini kamu dapat berinvestasi di bond, khususnya government bond di Ajaib!

Sebagai aplikasi Pilihan #1 Investor Indonesia, Ajaib selalu menghadirkan berbagai inovasi. Yang terbaru, kini kamu bisa berinvestasi di berbagai instrumen investasi hanya dari 1 akun Ajaib.

Apalagi tahun 2024 ini menjadi tahun bersinarnya Obligasi Negara. Sebab, suku bunga acuan (BI rate) diprediksi akan turun pada semester II tahun 2024, sehingga harga obligasi diekspektasikan naik. Maka dari itu, kini saat yang tepat untuk akumulasi pada instrumen Obligasi Negara.

Obligasi juga cocok apalagi di tengah kondisi ekonomi yang serba tidak pasti atau volatile. Berbeda dengan saham, keuntungan obligasi yang ditawarkan relatif lebih pasti. Khususnya Obligasi Negara FR (fixed rate). 

Obligasi Negara FR adalah surat utang yang diterbitkan oleh negara dalam jangka waktu tertentu dengan kupon tetap. Artinya instrumen obligasi FR ini aman karena 100% dijamin oleh pemerintah.

Meski kondisi ekonomi tengah volatile, sebagai pemegang obligasi FR kamu akan tetap mendapatkan profit dari kupon yang dibayarkan sesuai periode yang ditentukan.

Selain itu, obligasi FR cocok untuk beragam jangka waktu investasi. Baik bagi investor jangka panjang atau jangka pendek, serta cocok untuk trader. Hal ini karena obligasi FR dapat kamu jual belikan di pasar sekunder. Jadi harga obligasi negara FR ini agak fluktuatif, sehingga kamu juga bisa mendapatkan profit dari capital gain. Namun, memang tidak sefluktuatif instrumen saham ya.

Salah satu tips dari saya, Obligasi FR ini bisa menjadi pilihan untuk mengamankan sebagian keuntungan dari saham yang kamu dapatkan. Jadi keuntungannya diputar pada instrumen obligasi, sehingga kamu bisa memperbanyak sumber penghasilan tambahan. Ingat ya, kamu bisa mendapatkan pendapatan pasti dari kupon obligasi FR. Biasanya kupon akan dibayarkan secara periodik sesuai dengan waktu yang sudah ditentukan, misalnya per 6 bulan.

Serunya lagi, dengan berinvestasi di obligasi negara, kamu tidak hanya mendapatkan profit tapi juga turut membantu berkontribusi pada pembangunan negara. 

Beli Bond di Ajaib Bisa Kapan Saja!

Seperti yang sudah saya sebutkan di awal, kini kamu dapat melakukan pembelian Obligasi Negara atau Goverment Bond di aplikasi Ajaib, lho! Beli bond lebih mudah karena bisa dilakukan kapan saja (24/7), prosesnya mudah dan praktis! Semuanya online, jadi lebih mudah.



Dapatkan obligasi FR dengan kupon 8,375% untuk seri FR0070, atau ada juga seri FR0077 dengan kupon 8,125%, atau FR seri lainnya yang tentunya tersedia di aplikasi Ajaib. 

Senangnya, Ajaib memang pilihan #1 Investor Indonesia. Memberikan kemudahan bagi investor dalam diversifikasi portfolio investasi. Tersedia secara lengkap: reksa dana, saham, dan kini obligasi sebagai pilihan instrumen investasi. 

Pada aplikasi Ajaib Bonds atau Obligasi ini, ada perhitungan yang dapat membantu kamu memilih obligasi FR yang sesuai dengan kebutuhan kamu. Berikut istilah-istilah yang ada di aplikasi Ajaib sebelum kamu membeli obligasi. 



Performa

Grafik performa di sini menggambarkan performa obligasi. Dihitung berdasarkan, pergerakan harga dan akumulasi kupon obligasi yang dihitung setiap hari. 

Performa negatif bisa terjadi, jika penurunan harga lebih besar dari akumulasi kupon obligasi. Jadi di sini, kamu bisa lihat mana Obligasi yang performanya bagus dan pergerakannya cukup fluktuatif. Hanya saja, pergerakannya tidak sefluktuatif saham. 

Memahami perhitungan performa ini tentu akan bermanfaat, bagi trader dan investor yang hold dalam jangka pendek. 


Coupon

Selanjutnya ada Coupon atau Kupon, yaitu imbal hasil yang diberikan oleh penerbit obligasi kepada pemegang obligasi. Jadi kupon ini sebagai reward buat kamu karena sudah “meminjamkan” dana kepada penerbit obligasi atau pemerintah. 

Setiap obligasi memiliki berbagai jenis jangka waktu, pembayaran kupon. Ada yang setiap tiga bulan sekali, dan enam bulan sekali. Misalnya pada Obligasi FR, pembayaran kupon setiap enam bulan sekali.

Contohnya: FR070 dengan kupon 8,375% per tahun dengan besaran investasi Rp10.000.000. Setiap enam bulan mendapatkan pembayaran kupon, senilai Rp376.875 (sudah termasuk potongan pajak 10%)

Besaran kupon obligasi relatif lebih besar daripada deposito bank loh, jadi ini menarik banget!


Yield to Maturity

Yield to Maturity (YTM) merupakan tingkat pengembalian yang diharapkan oleh investor jika obligasi tersebut dipegang hingga jatuh tempo. Perhitungan ini mencakup pembayaran kupon tahunan, potensi kenaikan atau penurunan nilai obligasi, dan pembayaran kembali nilai nominal pada saat jatuh tempo. 

YTM memberikan gambaran lengkap tentang potensi keuntungan atau kerugian, mungkin akan yang didapat oleh pemegang obligasi. Hal ini perlu diperhatikan bagi investor jangka panjang, dalam memperhitungkan potensi keuntungan.

Jadi, jika kamu berniat memegang obligasi FR hingga jatuh tempo, maka kamu perlu memperhatikan perhitungan yield to maturity ini.

Jadi, setelah memahami beberapa hal tentang obligasi, kini saatnya kamu membeli obligasi. Di aplikasi Ajaib semuanya mudah karena informasinya ditampilkan dengan jelas. 

Kita bisa pilih obligasi dengan coupun/perfoma/yield tertinggi di Ajaib. Lalu, kamu tinggal memilih obligasi yang sesuai dengan profil risiko kamu. 



Sebelum membeli, pastikan saldo RDN kamu cukup ya. Untuk pembelian obligasi menggunakan satuan unit, seperti inilah tampilannya.



Demikian juga jika ingin melakukan penjualan obligasi FR. Ada potensi kenaikan harga (capital gain) dan penurunan harga (capital loss). Namun, imbal hasil kupon yang diterima tetap pasti dibayarkan sesuai periode yang ditentukan.

Yuk, manfaatkan momentum penurunan suku bunga ini untuk menjalankan #misiinvestasi beli obligasi FR di Ajaib Bond. Selain aman dan dapat passive income dari kupon, kamu juga berkontribusi pada pembangunan negara, lho. 

Jangan lupa daftar akun Ajaib dengan menggunakan kode Ajaib saya Ceri141 untuk mendapatkan hadiah gratis 1 lot saham ya. 



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Transfer Berbeda Bank, Tak Kunjung Sampai? Bisa Jadi Ini Penyebabnya

Proses transfer berbeda bank berapa lama ya? Pertanyaan yang kerap kali ditanyakan kepada saya. Terlebih bagi freelancer termasuk saya, momen menunggu pembayaran dari pemberi kerja adalah momen menegangkan. Kabar dari bagian keuangan perihal dimulai proses pembayaran, bagaikan menemukan oase di tengah padang gurun yang gersang. Namun, setelah ditunggu-tunggu seraya, memerika mutasi rekening. Kerapkali berujung pada di-PHP-in. Katanya sudah ditransfer, kok belum masuk juga ya? Jangan-jangan bagian keuangannya belum memproses. Perasaan menjadi gundah gulana dan galau, tagihan sudah "mengantri" untuk dibayarkan. Namun, apa daya saldo di rekening tabungan belum bertambah. Sampai suatu hari, saya mengujungi salah bank yang ada di Mal Kota Kasablanka. Untuk melakukan pencetakan buku tabungan. Saya masuk ke bank, satpam meminta saya mengambil nomor antrian. Saya duduk dan menunggu nomor dipanggil. Tiba saat nomor antrian saya dipanggil, saya menuju petugas teller. Saya se

Mencoba Kartu Flazz BCA JakLingko, Tarif Rp5.000 Transjakarta dalam Tiga Jam

Akhirnya tersedia juga kartu Flazz BCA edisi JakLingko. Untuk yang belum tahu, sistem JakLingko memberikan tarif penggunaan Transjakarta maksimal Rp5.000 dalam tiga jam. Selain Flazz BCA sebelumnya sudah tersedia kartu JakLingko kerjasama dengan bank lainnya. Kartu JakLingko Flazz BCA Selain dapat digunakan pada bus Transjakarta, kartu JakLingko dapat digunakan pada angkot atau mikrotrans di Jakarta. Tinggal tap in dan tap out pada alat tap.  Untuk mendapatkan kartu JakLingko Flazz BCA, saya menemukannya tersedia pada vending machine. Harga kartu Flazz BCA JakLingko sebesar Rp40ribu dengan isi saldo Rp15ribu. Pembayaran dapat dilakukan dengan scan QRIS dan uang tunai. Perjalanan saya dimulai dari Kota Tangerang menuju Jakarta menggunakan bus tujuan Poris-Bundaran Senayan. Durasi perjalanan berlangsung sekitar satu jam. Saya turun di halte Gelora Bung Karno, kemudian naik bus tujuan Kota dan turun di halte Bendungan Hilir. Perjalanan berlangsung sekitar sepuluh menit. Saat tap out dike

Apa Perbedaan Tahapan dan Tahapan Expresi?

Tahapan dan Tahapan BCA keduanya produk rekening Tabungan BCA. Namun apa saja perbedaan antara Tahapan dan Tahapan Expresi? Setelah saya mencari-cari informasi dari berbagai sumber, ini dia ternyata perbedaan rekening Tahapan dan Tahapan Expresi: 1. Setoran Awal Setoran awal Tahapan BCA minimal 500 ribu (lumayan besar ya) dan Tahapan Xpresi minimal 50 ribu ( ini lebih sesuai dengan kantong). 2. Jenis Kartu ATM yang Diberikan Kartu ATM Tahapan tersedia dalam 3 (tiga) pilihan, yaitu: Silver, Gold dan Platinum. Setiap kartu berbeda limit transaksinya. Kalau Tahapan Xpresi BCA kartu ATMnya terdiri dari berbagai pilihan multidesain dan juga bisa menggunakan foto pribadi. Kan seru nih kartu ATMnya ada foto sama teman, keluarga atau pacar (abaikan yang terakhir). Saat ini baru bisa pakai desain multidesain di cabang tertentu dan My BCA. Kalau pakai kartu ATM Tahapan Xpresi pernah mau pakai bayar di kasir supermarket dan kartunya ditolak. Katanya sih desain kartunya kok beda, setela