Kamis, 05 Oktober 2017

Indonesia Knowledge Forum 2017 Hari Kedua: Manfaat Teknologi Digital untuk Pertumbuhan Bisnis

Pada Indonesia Knowledge Forum 2017 hari pertama, lebih banyak pembahasan tentang keadaan perekonomian digital Indonesia saat ini. Pada hari kedua pembahasan lebih banyak ke manfaat ekonomi digital bagi bisnis.


Diawali dengan sesi seminar "Bagaimana Menggabungkan Strategi Bisnis Offline dan Online" berdasarkan apa yang sudah dilakukan Alfamart oleh pak Anggara Hans Prawira, CEO PT Sumber Alfaria Trijayaja.


Kita tentu tak asing lagi dengan gerai toko berwarna merah yang hadir di dekat rumah kita, bernama Alfamart. Tahun ini Alfamart memasuku usia yang ke-17 tahun dan memiliki 13.376 gerai di seluruh Indonesia. Alfamart sejak tahun 2003 sudah mulai menggunakan channel digital untuk berbagi tips, pada 2010-2015 Alfamart mulai membangun aset digital, pada 2016-2018 pada masa konversi, dan mulai 2018 dilakukan personalizations. Bahkan saat ini di Alfamart menyediakan 330 Digital Avatar (DAV) untuk menempatkan iklan.



Alfamrt sukses membangun aset digital terutama di Official Account Line dengan 15 juta followers. Tahun lalu pada periode campaign Alfamart bersama Line, periode 22 Oktober-28 November 2016 terjadi penjualan 176 Milyar. Pada campaign koin Stawars Alfamart meraih reach 450 Juta di media sosial. Pelanggan Alfamart berdasarkan member yang terdaftar ada 8,5 juta orang, berusia 21-30 tahun, dan didominasi oleh perempuan.


Namun, Alfamart juga mempunyai pembelajaran dari Alfacart yang sempat berjalan satu tahun, 80% transaksi pembayaran dilakukan secara tunai di Alfamart dan 85% transaksi diambil di toko. Alfamart kini menempatkan Alfacart sebagai agregator untuk pembelian groceries. Alfacart menjadi bagian dari lima pilar bisnis Alfamart saat ini: Alfamart Micro Apps (AMA), Alfamind, Alfa Purchase Point, Alfacart as Aggregator, dan Alfagift.


Pada sesi selanjutnya pak Irvan Yasni, CTO Sinarmasland mempresentasikan, bagaimana Sinarmasland membangun BSD City untuk mendukung ekosistem bisnis digital. Di kawasan BSD City penataan kabel fiber optik diatur di area khusus bernama "Meet Me Room 1 dan 2", kemudian baru disalurkan ke rumah. Hal ini untuk mengantisipasi galian kabel fiber optik secara  sembarangan. Bahkan tersedia akses wifi public gratis, cukup  login via aplikasi One Smile. Sinarmasland juga menyediakan layanan Cloud yang sudah bekerjasama dengan berbagai negara.



Usai jam makan siang sesi dilanjutkan dengan sesi diskusi "Bagaimana Cara Menciptakan Ekosistem Kreatif dan Kolaborasi untuk mengembangkan Ekonomi Digital" bersama pak Alexander Rusli (CEO Indosat Ooredoo), Hengky Prihatna (Country Industry Head Google Indonesia), dan pak Kusumo Martanto (CEO Bliblicom). Pak Alexander memaparkan bagaimana mengubah budaya perusahaan di Indosat Ooredoo, pak Hengky memaparkan hasil riset Indonesia Venture Capital Outlook 2017, dan pak Kusumo menjelaskan kunci membangun ekosistem inovasi di Blibli.




Berlanjut ke sesi penutup dengan kesimpulan dari berbagai seminar Indonesia Knowledge Forum 2017 oleh pak Jahja Setiaatmadja, diharapkan bisa memberikan pengetahuan untuk pengembangan bisnis lewat pemanfaatan ekonomi digital. Berlanjut ke Inspire Closing Speech oleh Pak Ignatius Jonan, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia.


Pak Jonan berbagai pengalaman menerapkan teknologi di PT Kereta Api Indonesia untuk melakukan transformasi bisnis. Hal itu berdampak pada pendapatan PT KAI yang meningkat. Saat dipercaya menjadi Menteri Perhubungan RI pak Jonan mengagas aplikasi untuk memantau waktu penerbangan maskapai. Saat ini sebagai Menteri ESDM dimplementasikan teknologi lewat berbagai aplikasi One Map ESDM, aplikasi Monitoring Produksi Batubara, aplikasi Sistem Perizinan Online, Dashborad Biro Keuangan, dan aplikasi Magma Indonesia

Pak Jonan mengajak seluruh peserta untuk menonton video dari Jack Ma tentang kebutuhan EQ, IQ, and LQ, juga video bagaimana pemerintah India memperlakukan sistem lesscash yang kini sudah menjangkau 90% penduduk India. Seluruh peserta diajak untuk fleksibel dalam menghadapi perubahan dan memanfaatkan ekonomu digital untuk terus mengembangakan inovasi bisnis.

22 komentar:

  1. Wah udah 17 tahun aja alfamart ya. Dan gerainya memang byk bgt seiring waktu. Sukses online offline

    BalasHapus
  2. Baru sadar lah alfamart 17 tahun berdiri.... Dan twrnyataa penataan kabel fiber d kawasan bsd juga mempengaruhi digital banget

    BalasHapus
  3. teknologi digital saat ini memang sangat bermanfaat ya koh, enggak ahanya untuk blogger seperti kita tetapi juga untuk bisnis2 tersebut. pokoknya yang enggak pakai teknologi digital saat ini udah jarang kecuali yang grass root economy

    BalasHapus
  4. Sekarang semua digital ya, Gio. Jadi penasaran mau mengeluti dunia digital lebih dalam, nih!

    BalasHapus
  5. Jaman sekarang, berkat kemajuan teknologi semuanya bisa dipesan serba digital. Pesan makanan tinggal order via aplikasi pemessn makanan. Mau pergi jalan2, tinggal order gojek/grab..

    Mungkin beberapa tahun kemudian bakalan ada "nikah digiital" ^^

    BalasHapus
  6. wih, dah lama ya, 17 tahun aja. semoga semakin berjaya dan banyak menebar manfaat

    BalasHapus
  7. Iya, mau enggak mau kita harus fleksibel dalam menghadapi perubahan. Apalagi dlm dunia ekonomi, kalau enggak bisa memanfaatkan teknologi digital untuk inovasi bisnis, bisa-bisa ya tersisihkan oleh yg lain..

    BalasHapus
  8. Kalo ekonomi pasti Jack Ma ya kiblatnya, tapi emang strateginya bagus gitu, apalagi jaman sekarang yang persaingannya nggak cuma banyak tapi terus berkembang, penting banget buat pebisnis buat terus memantau biar nggak ditinggal konsumen

    BalasHapus
  9. Udh sweet seventeen toh alfamart, skrg gerai toko offline ssh semakin bersaing dgn hadirny online shop, musti pintar cari cara promosi yg gk ketinggalan zaman dan memudahkan konsumen.

    BalasHapus
  10. Kamis lalu saya sempat datang ke salah satu customer care Indosat lalu saya tanya perihal resignation Alexander Rusli sbg CEO Indosat. Saya kaget ketika pegawainya bilang kl beliau sudah resign 3 minggu-an lalu. Saya reflek bertanya kembali : "lah, dia kasih kata pembukaan di event2 nasional dlm rangka apa mas?"
    "Ya gitu, deh." Jawabnya
    Saya pun diam dalam bingung.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pak Alex masih berstatus CEO non aktif hingga akhir November. Saat ini Indosat dipimpin Plt CEO hingga pemegang saham, menentukan orang yang tepat mengisi posisi CEO pada akhir November nanti.

      Hapus
  11. dalam perkembangan jaman yang super cepat, teknologi ngga bisa dihindari. walaupun masih banyak yang menolak. Uang digital sudah kumanfaatkan beberapa tahun terakhir sih untuk bayar ini itu. jarang juga bawa uang banyak2 kan ya. klo ilang ngga nyesek soalnya udah pengalaman beberapa kali hehehehe

    BalasHapus
  12. Makin ke sini, semua serba terkoneksi via digital. Mau belanja kebutuhan rumah, mau pesan makanan, makin mudah. Belanja gak usah bawa uang cash, ribet sama kembalian hahahha

    Alfamart udah 17 tahun? Makin subur dan menjamur yaa

    BalasHapus
  13. Salah satu pelanggan alfamart heheheh.
    Sangat terbantu sih
    Semoga dapat berkembang terus yahh

    BalasHapus
  14. Alfamart ternyata udah 17 th ya. Gak sering blanja di sana wong jauh dr rumah. Kalau ada promo baru lari, hahaha

    Skrg jamannya serba online, alfamart jg ada online tp ku blm coba. Kalau ngandalin offline, sayang dong perkembangan teknologinya

    BalasHapus
  15. Oalah ini toh tulisan yang nyinggung Alfacart yang tadi sempet disebut-sebut Ko Gio di grup hwehehe
    Makin enak ya kalo belanja bulanan yang besar dan banyak jadi bisa diantar ke rumah.
    Sweet seventeen semoga Alfamart semakin sweet hubungannya dengan masyarakat Indonesia, ya. Jangan kayak mantan pacar. Egimana?

    BalasHapus
  16. Yang penting jangan jadi korban teknologi digital aja, ambil manfaatnya ttp kontrol diri yang utama..

    Tp kalau saya sih ckp terbantu secara positif dgn segala perkembangan dunia digital..

    BalasHapus
  17. Waw... Alfamart udah 17 tahun, lama juga ya. Semoga terus berinovasi dan memudahkan masyarakat untuk belanja

    BalasHapus
  18. Giat berinovasi yaa...si Alfamart ini.
    Karena baru-baru ini, Alfamart di Bandung juga mengadakan even besar untuk memfasilitasi komunitas koin Starwars.

    Ternyata karena usianya 17 tahun juga yaa...

    BalasHapus
  19. Alfamart gak kerasa sudah 17 tahun ya? Saya kebetulan pelanggan setia alfamart :D
    Btw itu kabel optik yg dipasang Sinarmasland, maksudya buat ISP? Semua ISP kah ataukah ISP yg msh masuk perusahaan yg msh segrup sama Sinarmasland?

    BalasHapus
  20. Seiiring perkembangan teknologi memang sih harus serba digital.

    Ntah kenapa alfamart ini cepet banget pertumbuhannya mencari celah strategi sangat bagus dgn teknologi digital

    BalasHapus
  21. kesaksian nyata dan kabar baik !!!

    Nama saya mohammad, saya baru saja menerima pinjaman saya dan telah dipindahkan ke rekening bank saya, beberapa hari yang lalu saya melamar ke Perusahaan Pinjaman Dangote melalui Lady Jane (Ladyjanealice@gmail.com), saya bertanya kepada Lady jane tentang persyaratan Dangote Loan Perusahaan dan wanita jane mengatakan kepada saya bahwa jika saya memiliki semua persyaratan bahwa pinjaman saya akan ditransfer kepada saya tanpa penundaan

    Dan percayalah sekarang karena pinjaman rp11millar saya dengan tingkat bunga 2% untuk bisnis Tambang Batubara saya baru saja disetujui dan dipindahkan ke akun saya, ini adalah mimpi yang akan datang, saya berjanji kepada Lady jane bahwa saya akan mengatakan kepada dunia apakah ini benar? dan saya akan memberitahu dunia sekarang karena ini benar

    Anda tidak perlu membayar biaya pendaftaran, biaya lisensi, mematuhi Perusahaan Pinjaman Dangote dan Anda akan mendapatkan pinjaman Anda

    untuk lebih jelasnya hubungi saya via email: mahammadismali234@gmail.com
    dan hubungi Dangote Loan Company untuk pinjaman Anda sekarang melalui email Dangotegrouploandepartment@gmail.com

    BalasHapus