Rabu, 01 Februari 2017

Inovasi Digital Detik dan Jenius BTPN Mudahkan Kehidupan

Inovasi menjadi menjadi hal penting untuk terus dilakukan, termasuk Detikcom dan BTPN lewat layanan yang diberikan. Detikcom menyajikan layanan berita online terpercaya dan BTPN menghadirkan layanan perbankan yang bermanfaat bagi masyarakat.

Dalam acara talkshow DetikxJeniusTalk2 dengan tema "Inovasi Digital untuk Kemudahan" dijelaskan secara detail inovasi digital dari Detikcom dan BTPN



A. Inovasi Digital Detik

Detik dikenal sebagai website berita online yang dikenal saat ini. Berbagai perubahan dilakukan untuk selalu memberikan experience bagi pembaca. Namun, tak banyak yang tahu perjalanan Detikcom hingga saat ini. Bu Sena Achari, Head of Product Detik.com dan CNNIndonesia.com berbagi cerita inovasi yang dilakukan detikcom untuk memberikan kemudahan pada masyarakat.



Detikcom menjadi media online pada 9 Juli 1998 didirikan oleh empat orang: Budiono Darsono, Yayan Sopyan, Abdul Rahman, dan Didi Nugrahadi. Detikcom dimulai dari Stadion Lebak Bulus dengan satu reporter dan HTML manual. Detikcom mendapatkan momen yang tepat dalam jurnalistik, yaitu: running news.


Detikcom terus berinovasi memberikan tampilan website, sejak tahun 1998 hingga saat ini dilakukan tiga kali perubahan tampilan yang disesuaikan dengan experience pembaca. Detik sejak tahun 2008 mulai hadir dalan versi mobile site hingga kini sudah tiga terjadi perubahan tampilan.



B. Inovasi Journalisme 3.0

Semakin besarnya kepercayaan masyarakat pada Detikcom, Detikcom pun membuat layanan user generate content bernama: Pasang Mata. Masyarakat bisa mengirimkan foto yang dimoderasi Detikcom sebelum ditayangkan, masyarakat pun bisa terlibat aktif berkontribusi. Data Detikcom dalam angka meningkat dengan kontrbusi masyarakat.



Konsep Jurnalisme 3.0 diusung Detikcom tak semata hanya berita dalam bentuk teks, juga dalam bentuk foto dan streaming video yang memperkaya konten berita di Detikcom. Terlebih dengan hadirnya aplikasi Detikcom, pembaca disuguhkan berita. Pembaca tak perlu repot untuk mencari berita, terlebih di era saat ini yang serba multitasking.


Berita yang singkat dan akurat menjadi ciri khas Detikcom, Detikcom memastikan berita yang dipublikasikan terpercaya. Saat ini sedang hangat beredar berita hoax, Detikcom memiliki layanan untuk memeriksa suatu berita hoax atau tidak. Lewat website http://hoaxornot.detik.com menjadi inovasi dari Detikcom yang bermanfaat agar terhindar dari berita hoax.

Detikcom juga terus mengembangankan bisnis model, kini Detikcom fokus mengembangankan layanan Solusi UKM dan Nativa Ads.



C. Inovasi Digital Jenius BTPN

Saat mendengar  nama Bank Tabungan Pensiunan Nasional (BTPN) yang terpintas di benak saya, bank untuk pensiunan. Namun, BTPN membuat inovasi digital yang unik dengan layanan aplikasi life finance bernama Jenius.



Pak Irwan Sutjipto Tisnabudi, Product and Value Preposition Head Jenius berbagi cerita perjalanan inovasi BTPN hingga memiliki produk Jenius. Perjalanan pada Januari 2015, selama 18 bulan proses inovasi untuk pengembangan Jenis dan resmi diluncurkan pada 11 Agustus 2016.


Jenius layanan yang dirancang untuk generasi digital savy, seperti saya dan anak muda lainnya. Seakan-akan kita tidak lepas dari smartphone kita, saat bangun tidur, barang yang kita cari pertama kali adalah smartphone. Dalam sehari bahkan kita bisa memegang smartphone kita 100-200 kali per hari.

Lewat fitur-fitur yang ada ada Jenius Apps, Bank BTPN tak sekedar mendorong penggunaan untuk keperluan konsumsi, tapi juga meningkatkan literasi keuangan. Jenius dibuat dan dikembangan sebagai hasil co-creation berbagai pihak, blogger dan youtuber juga ikut terlibat.

D. Fitur Jenius Mudahkan Kelola Keuangan

Karena setiap orang unik, Jenius memiliki fitur Cashtag. Memudahkan untuk melakukan transfer antar pengguna Jenius, sehingga tak perlu repot menghafalkan nomor rekening. Selain itu cashtag menjadi "branding" tersendiri, terutama banyak digunakan untuk home industy. Bisa menggunakan cashtag sesuai nama store.


Selain itu juga ada fitur dari Jenius seperti Send It, Pay Me, One Touch, Dream Saver , Card Center dan Split Bill. Fitur Send It memberikan kemudahan untuk melakukan transfer dan pembayaran berbagai tagihan. Pay Me fitur yang memberikan kemudahan meminta uang pada teman, saat dompet kita ketinggalan. One Touch akan bermanfaat pada smartphone yang mendukung sensor sidik jari, akses aplikasi Jenius dengan sidik jari sebagai pengganti PIN.

Dream Saver adalah fitur tabungan yang memberikan bunga 5%, membantu kita mencapai target untuk keperluan yang kita rencanakan seperti berlibur. Selain itu juga ada Flexy Saver dengan flesibilitas tabungan dengan bunga 5% yang bisa diambil kapan saja. Tabungan ada Jenius dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) sehingga dijamin aman.

Card Center fitur untuk  memblock dan unblock kartu ATM. Pernah kehilangan kartu ATM? Prosesnya kita harus telepon call center bank dan cukup lama. Lewat fitur Card Center kita bisa lakukan blokir permanen dan sementara pada kartu ATM kita. Saat melakukan blokir permanen, maka dalam waktu beberapa hari kartu ATM baru akan dikirimkan kembali. Saat merasa ketinggalan kartu ATM bisa lakukan blokir sementara, saat kartu sudah ditemukan tinggal unlock kartu.

Fitur yang rasanya bermanfaat adalah Split Bill. Saat makan bersama dengan teman, tinggal dibagi tagihannya dan diatur besarannya dari aplikasi Jenius. Tak kejadian teman terlupa membayar usai saat makan bersama.

Sebagai pengguna Jenius kita akan mendapatkan M-Card Visa Paywave, E-card (kartu virtual), dan X-card. Hal ini memudahkan kita untuk membagi-bagi uang dimiliki ke berbagai keperluan. M-card sebagai kartu berwarna orange yang bisa digunakan berbelanja di toko fisik dan E-Card untuk berbelanja di e-commerce. Belanja dengan E-Card lebih aman, saldo yang digunakan untuk belanja online bisa disesuaikan.



Yang terbaru adalah X-Card kartu tambahan yang bisa diberikan pada orang yang dipercaya. Misalnya untuk anak yang akan belanja dan supir untuk beli bensin, semua transaksi bisa dilihat dari aplikasi Jenius. X-Card bisa didapatkan dengan maksimal tiga kartu dan tiga warna pilihan: ungu, biru, dan hijau.

Dalam hal layanan pelanggan, Jenius bisa dilakukan lewat platform digital: Email, Line, dan Live Chat. Yang paling penting tidak ada saldo minumum, tidak ada biaya administrasi, dan tidak ada biaya tambahan untuk transaksi.


Inovasi digital dari Detikcom dengan inovasi yang memudahkan masyarakat, mendapatkan berita yang cepat dan terpercaya. Inovasi digital dari Bank BTPN dengan layanan Jenius, mengelola keuangan lebih mudah. Membagi budget dan menabung menjadi lebih menyenangkan.


1 komentar:

  1. HASHTAG OPTION merupakan platform trading Online berbasis di Indonesia.
    Hanya dengan Deposit 50.000 anda bisa bermain trading.
    PILIHAN TRADER #1
    - Teregulasi FCA UK
    - Tanpa Komisi dan Bebas Biaya Admin.
    - Sistem Edukasi Professional
    - Trading di peralatan apa pun
    - Ada banyak alat analisis
    - Sistem penarikan yang mudah dan dipercaya
    - Transaksi Deposit dan Withdrawal TERCEPAT

    Jika anda bingung mencari broker, anda bisa bergabung bersama kami
    Dengan modal kecil anda bisa berinvestasi dengan keuntungan hingga 80%

    Bersama Hashtag Option trading lebih mudah dan rasakan pengalaman trading yang light.

    Proses deposit via transfer bank lokal yang cepat dan withdrawal dengan metode yang sama
    Bonus Referral 1% dari profit investasi tanpa turnover......

    Kunjungi website kami di HASHTAGOPTION

    BalasHapus