Langsung ke konten utama

Review Oppo F3 Plus: Smartphone Selfie Paket Komplit

Oppo kembali menghadirkam inovasi dengan smartphone "Selfie Expert" dengan keunggulan fitur Dual Selfie Camera, Oppo menghadirkan Oppo F3 Plus pada 23 Maret 2017 secara resmi di Indonesia.

Sekilas terlihat di atas kertas spesifikasi yang digunakan Oppo F3 Plus terbilang bagus sebagai smartphone kelas menengah. Tidak hanya unggul di sektor kamera depan saja, fitur-fitur lainnya juga wajib dicoba. Saya menyebutkan fitur "Paket Komplit" yang tersedia pada Oppo F3 Plus, untuk "user experience" terbaik saya menggunakan Oppo F3 Plus selama dua minggu dengan pemakaian sehari-hari.

A. Desain dan Tampilan

Oppo F3 Plus dengan body metal pada bagian belakang, terdapat tiga garis antena di bagian atas dan bawah. Pada sisi-sisi Oppo F3 Plus berbentuk lengkung dengan teknologi kaca.

Sisi Belakang Oppo F3 Plus
Sisi Belakang Oppo F3 Plus

Bagian depan Oppo F3 Plus terdapat layar JDI Incell berukuran layar 6 inchi beresolusi Full HD 1920x1080p yang terlindungi Gorilla Glass 5.

Sisi Depan Oppo F3

Oppo F3 Plus hadir dengan tampilan antar muka Color OS 3.0 berbasis Android 6.0 Marshmallow, tanpa apps drawer. Dengan layar 6 inchi Oppo F3 Plus lebih nyaman digunakan dengan dua tangan. Urusan tampilan cukup nyaman bagi mata saat digunakan.

Pada bagian atas Oppo F3 Plus  terdapat dua kamera, lubang earfone, dan LED Notification. Pada bagian bawah layar terdapat tombol recent apps, tombol home, dan tombol back. Ketiga tombol disertai dengan back light, memudahkan digunakan pada keadaan ruangan minim cahaya.


Tombol home pada Oppo F3 ternyata cukup disentuh, tidak perlu ditekan. Tombol home juga sekaligus berfungsi sebagai sensor fingerprint super cepat hanya 0,02 detik.

Tombol Fisik dan  Sensor Sidik Jari Oppo F3 Plus
Tombol Fisik dan
Sensor Sidik Jari Oppo F3 Plus

Pada sisi kanan terdapat slot SIM Card untuk Nano SIM Card. Slot SIM Card bertipe hybrid, pada slot kedua harus memilih menggunakan SIM Card atau Micro SD. Pada sisi bawah terdapat speaker, slot Micro USB, dan jack audio 3.5mm.

Slot SIM Card Hybrid Oppo F3 Plus
Slot SIM Card Hybrid
Oppo F3 Plus

B. Spesifikasi Hardware

Oppo F3 Plus dengan ruang penyimpinan yang cukup besar, terdapat sebesar RAM 4 GB dan memori internal 64 GB. Diperlengkapi System on Chip (SoC) Qualcomm Snapdragon 653 (MSM8976) Quad Core 1.95Ghz.

RAM dan ROM
Oppo F3

System on Chip Oppo F3 Plus
System on Chip
Oppo F3 Plus

Saat saya gunakan  untuk keperluan sehari-hari hingga gaming dan multimedia, Oppo F3 Plus bisa menjadi pilihan yang diandalkan. Berdasarkan hasil Antutu Benchmark mencapai angka 92.160 poin. Sensor yang tersedia pada Oppo F3 Plus juga terbilang cukup lengkap.

Skor Antutu Oppo F3 Plus
Skor Antutu
Oppo F3 Plus
Sensor pada  Oppo F3 Plus
Sensor pada
 Oppo F3 Plus

C. Baterai dan VOOC Flash Charge

Oppo F3 Plus dibekali dengan baterai 4.000 mAh, pengisian daya pada Oppo F3P Plus didukung teknologi VOOC Flash Charge. Namun, diperlukan charger khusus yang disediakan untuk VOOC Flash Charge dengan output voltase 4 Ampere.

Charger Khusus  VOOC Flash Charge
Charger Khusus
VOOC Flash Charge

Selama menggunakan Oppo F3 Plus, saya merasa teknologi VOOC sangat ngebut, untuk melakukan pengisian daya dari 20% ke 100% hanya dalam waktu kira-kira 1,5 jam.
Proses Pengisian Daya VOOC Oppo F3 Plus
Proses Pengisian Daya
VOOC Oppo F3 Plus

D.  Kamera dan Hasil Gambar

Sektor kamera menjadi keunggulan Oppo F3 Plus, terdapat dua kamera pada sisi depan dan satu kamera. Kamera pertama dengan angle normal dengan resolusi 16MP, pada kamera depan kedua beresolusi 8MP untuk wide angle 125 derajat. One for selfie, One for Group Selfie menjadi tagline yang diusung Oppo F3 Plus.

Selfie sendiri dan selfie ramai-ramai dengan mudah dilakukan dengan Oppo F3. Tersedia juga mode Beautify sehingga hasil selfie dan group selfie lebih sempurna. Fitur Palm Shutter juga tersedia untuk memudahkan pengambilan gambar. Pada kondisi minim cahaya, berkat Screen Flash pada Oppo F3 Plus hasil foto tetap bagus.

Dua Kamera Depan Oppo F3 Plus
 Dua Kamera Depan
Oppo F3 Plus

Tak hanya mengadalakan kamera depan, terdapat satu kamera belakang pada Oppo F3 Plus dengan resolusi 16MP bersensor kamera Sony IMX 398 kustomisasi, diperlengkapi dengan Dual PDAF untuk fokus memotret yang lebih cepat 40%. Kamara belakang Oppo F3 Plus dengan bukaan f/1.7 untuk menangkap cahaya lebih banyak, gambar yang ditangkap lebih jelas dan tajam, dan hasil.

Berikut ini beberapa hasil foto-foto yang diambil dengan Oppo F3 Plus:

Kamera Depan:

Selfie Angle Normal

Selfie Wide Angle



Group Selfie Wide Angle
Grup Selfie Wide Angle

Grup Selfie Wide Angle

Kamera Belakang:

Auto - Oppo F3 Plus

Auto - Oppo F3 Plus

Expert Mode - Oppo F3 Plus

Bokeh Mode - Oppo F3 Plus

Low Light Oppo F3 Plus


E. Kesimpulan:
Oppo F3 Plus menyediakan paket komplit, tak sekedar unggul di kamera depan saja, spesifikasi dan VOOC Flash Charge juga jadi fitur andalan. Pengalaman saya menggunakan Oppo F3 Plus dengan kesan sangat baik. Namun, ada sedikit catatan pada ukuran layar yang besar 6,0 inchi yang terbilang besar bisa mengurangi kenyaman penggunaan.

Catatan: Tulisan review murni berdasarkan pengalaman pribadi, sehingga bisa saja terjadi perbedaan user experience. Oppo F3 Plus yang saya gunakan adalah unit pinjaman, kelengkapan aksesoris bisa saja berbeda dengan unit yang dijual.

Komentar

  1. Bokehnya kurang ngeblur ya, apa setingannya belum dimaksimalkan?

    Over all, OPPO F3+ keren. Cuma untuk selfie kayaknya terlalu terang ya, eh kan bisa disetting juga ya 😂😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pengaturan bokehnya memang belum maksimal, kalau selfie brightness dan screen flash bisa diatur juga. Kebetulan saya jarang foto di tempat remang-remang, jadinya hasilnya selalu terang.

      Hapus
  2. Kohhh, aku mupeng nih sama HP ini. Kemarin liat hasil fotonya emang bikin cantik, yak. Hhaha

    BalasHapus
  3. Wah keren nih uda 4000 mAh ya baterenya. Emang sih kl ga pake flash charging bs lama bgt ngisinya huehe

    BalasHapus
  4. Gileee pixel kameranya kek kamera digital.

    BalasHapus
  5. Oppooo....
    impian aku banget!

    Oppo f3 ini dibandrol dengan harga berapa, mas?

    Jatuh cinta sama Oppo dari kamera depannya yang bikin siapa aja bisa terlihat kaya Raisa. Ahhha...hhah...

    BalasHapus
  6. Udah kebeli dulu xiomi a4 trus muncul tu oppo f3 fiuuuh

    BalasHapus
  7. Kameranya jernih. Bentuknya classy.. Oppo keren banget ya ternyata..

    BalasHapus
  8. temenku ada yang beli. kamera depannya kinclong abis, jerawat hilang, bintik wajah ilang bahkan wajah jadi bersinar dan berseri. belom lagi sudut pengambilannya lebih luas

    BalasHapus
  9. Mantap bener ini oppo f3 plus tapi sayangnya harganya juga mantap mahalnya wkwkw mungkin oppo f3 ya bisa jadi rekomen

    BalasHapus
  10. Kece bener kameranya, Mas
    BErsih bingit tanpa blur...

    BalasHapus
  11. Aduh kameranya kece bener 😍 keren nih buat narsisan 😍😍😍

    BalasHapus
  12. Aku takut membaca tulisan ini. AKu takut aku jatuh hati kembali pada si Oppo ini. Dan benar saja, melihat ada foto aku di sana, aku jatuh hati lagi pada Oppo F3 ini. Ko, aku ulang tahun bentar lagi. Mau ngadoin ini ga?

    BalasHapus
  13. Lama-lama makin keren aja ini Oppo. Cuma Kemaren ada isu mengenai margin yang bikin harga jualnya murah aku jadi ragu sama si Oppo ini.

    BalasHapus
  14. Aku selalu jatuh hati sm oppo, apalgi skrg fiturnya tambah bagus ya. Dgn ram 2 aja aku udh ckup puas,apalagi ramnya 4.

    BalasHapus
  15. Buat selfie dududu
    Tapi aku gak suka Slot SIM Card bertipe hybrid. Mau buka kartu kaya buka laci, hihihi

    BalasHapus
  16. Ah itu simcard diisi memori juga. Kalau sim dobel gak bs isi memori dong?!

    BalasHapus
  17. Mupeeng... Lum pernah dpt rejeki dpt Oppo hiks hiks

    BalasHapus
  18. Oppo lagi lagi oppo. Dari dulu kepengen, belum kesampaian.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama ni. kapan ya ko gio ngasih #eh infoin kalau ada ajang yg berpeluang dapat oppo hehe

      Hapus
  19. Kece banget Oppo F3 ini. Kapan hari nyobain punya temen buat selfie, wajahku jadi kinclong :D

    BalasHapus
  20. Asik kokoh dapet hapenya kirim kirim dong buat di review bersama. Tapi memang bagus sih kamera depan oopo F3plus ini bikin putih

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Transfer Berbeda Bank, Tak Kunjung Sampai? Bisa Jadi Ini Penyebabnya

Proses transfer berbeda bank berapa lama ya? Pertanyaan yang kerap kali ditanyakan kepada saya. Terlebih bagi freelancer termasuk saya, momen menunggu pembayaran dari pemberi kerja adalah momen menegangkan. Kabar dari bagian keuangan perihal dimulai proses pembayaran, bagaikan menemukan oase di tengah padang gurun yang gersang. Namun, setelah ditunggu-tunggu seraya, memerika mutasi rekening. Kerapkali berujung pada di-PHP-in. Katanya sudah ditransfer, kok belum masuk juga ya? Jangan-jangan bagian keuangannya belum memproses. Perasaan menjadi gundah gulana dan galau, tagihan sudah "mengantri" untuk dibayarkan. Namun, apa daya saldo di rekening tabungan belum bertambah. Sampai suatu hari, saya mengujungi salah bank yang ada di Mal Kota Kasablanka. Untuk melakukan pencetakan buku tabungan. Saya masuk ke bank, satpam meminta saya mengambil nomor antrian. Saya duduk dan menunggu nomor dipanggil. Tiba saat nomor antrian saya dipanggil, saya menuju petugas teller. Saya se

Mencoba Kartu Flazz BCA JakLingko, Tarif Rp5.000 Transjakarta dalam Tiga Jam

Akhirnya tersedia juga kartu Flazz BCA edisi JakLingko. Untuk yang belum tahu, sistem JakLingko memberikan tarif penggunaan Transjakarta maksimal Rp5.000 dalam tiga jam. Selain Flazz BCA sebelumnya sudah tersedia kartu JakLingko kerjasama dengan bank lainnya. Kartu JakLingko Flazz BCA Selain dapat digunakan pada bus Transjakarta, kartu JakLingko dapat digunakan pada angkot atau mikrotrans di Jakarta. Tinggal tap in dan tap out pada alat tap.  Untuk mendapatkan kartu JakLingko Flazz BCA, saya menemukannya tersedia pada vending machine. Harga kartu Flazz BCA JakLingko sebesar Rp40ribu dengan isi saldo Rp15ribu. Pembayaran dapat dilakukan dengan scan QRIS dan uang tunai. Perjalanan saya dimulai dari Kota Tangerang menuju Jakarta menggunakan bus tujuan Poris-Bundaran Senayan. Durasi perjalanan berlangsung sekitar satu jam. Saya turun di halte Gelora Bung Karno, kemudian naik bus tujuan Kota dan turun di halte Bendungan Hilir. Perjalanan berlangsung sekitar sepuluh menit. Saat tap out dike

Apa Perbedaan Tahapan dan Tahapan Expresi?

Tahapan dan Tahapan BCA keduanya produk rekening Tabungan BCA. Namun apa saja perbedaan antara Tahapan dan Tahapan Expresi? Setelah saya mencari-cari informasi dari berbagai sumber, ini dia ternyata perbedaan rekening Tahapan dan Tahapan Expresi: 1. Setoran Awal Setoran awal Tahapan BCA minimal 500 ribu (lumayan besar ya) dan Tahapan Xpresi minimal 50 ribu ( ini lebih sesuai dengan kantong). 2. Jenis Kartu ATM yang Diberikan Kartu ATM Tahapan tersedia dalam 3 (tiga) pilihan, yaitu: Silver, Gold dan Platinum. Setiap kartu berbeda limit transaksinya. Kalau Tahapan Xpresi BCA kartu ATMnya terdiri dari berbagai pilihan multidesain dan juga bisa menggunakan foto pribadi. Kan seru nih kartu ATMnya ada foto sama teman, keluarga atau pacar (abaikan yang terakhir). Saat ini baru bisa pakai desain multidesain di cabang tertentu dan My BCA. Kalau pakai kartu ATM Tahapan Xpresi pernah mau pakai bayar di kasir supermarket dan kartunya ditolak. Katanya sih desain kartunya kok beda, setela