Langsung ke konten utama

Inspirasi Pijar Ilmu, Bersama Asuransi Astra Memajukan Pendidikan Indonesia

Asuransi Astra kembali mengadakan kegiatan CSR pada kesempatan kali ini melalui kampanye sosial Pijar Ilmu. Setelah tahun lalu melalui kampanye sosial Berkah Senyum, saya mendapat kesempatan berpartisipasi dalam kegiatan sosial #BerkahSenyum Asuransi Astra.

Pengalaman mengikuti kegiatan Berkah Senyum tahun lalu, memberikan kesan tersendiri, bisa berbuka puasa bersama dengan kakek dan nenek penghuni wreda menjadi momen yang tidak terlupakan. Pada tahun ini ketika Asuransi Astra tahun lalu membagikan "Peace of Mind" kepada para manula, pada tahun ini melalui kampaye sosial Pijar Ilmu, Asuransi Astra kembali membagikan "Peace of Mind" kepada murid dan guru sekolah dasar.



Karena pada faktanya yang membuat saya sejenak terdiam ketika mengetahui sebanyam 2,5 juta anak Indonesia tidak bisa menikmati pendidikan lanjutan. Berdasarkan pada data UNICEF pada tahun 2016, terdapat usia anak usia Sekolah Dasar (SD) sebesar 600ribu dan 1,9 juta anak usia Sekolah Menengah Pertama (SMP). Beberapa penyebabnya sebesar 47,3% dikarenakan terkendala biaya, 31% karena ingin membantu orang tua bekerja, dan 9,4% karena ingin melanjutkan pendidikan formal. Sehingga perlu ada upaya penanggulangan dengan memberikan motivasi dan dukungan agar anak-anak berkeinginan melanjutkan pendidikan.

Kick Off Pijar Ilmu Asuransi Astra sudah dilakukan pada pada 12 April 2018 di SDN Wijaya Kusuma 02 Pagi oleh Pak Rudy, CEO Asuransi Astra. Kampanye sosial Pijar Ilmu terdiri dari beberapa kegiatan: kelas inspirasi, workshop manajemen kepemimpinan dan keuangan kepada guru, dan revitalisasi perpustakaan di berbagai wilayah di Indonesia. Berbagai kegiatan dilakukan pada daerah Jatabek, daerah non Jatabek, dan daerah Non Ring 1 (Majene, Jombang, dan Aceh Barat Daya).

Pak Iwan Pranoto, Head of Communication & Event Asuransi Astra menyampaikan "Sebagian besar kegiatan Pijar Ilmu dilakukan di wilayah dekat adanya Kampung Berseri Astra, tetapi tak menutup kemungkinan dilakukan di daerah lainnya." Masyarakat bisa turut mendukung kampanye sosial Pijar Ilmu melalui berbagai cara: kontes foto, donasi buku, dan kelas inspirasi Pijar Ilmu.



Asuransi Astra bekerjasama dengan Ruang Berbagi Ilmu (RuBI) untuk pelaksanaan Kelas Inspirasi di berbagai kota. Ada penyebab tersendiri mengapa RuBI yang dipilih, hadir juga Meylin Chisilia perwakilan dari RuBI menjelaskn kegiatan-kegiatan yang sudah dilakukan.

Relawan yang bergabung di RuBI adalah kalangan profesional yang bersedia membagikan ilmunya kepada guru, kepala sekolah, dan penggerak pendidik (sebagai peserta) di daerah pelosok. Relawan RuBI terdiri dari Relawan Narasumber dan Relawan Dokumentator secara sukarela berangkat atas biaya sendiri ke daerah.


Kegiatan RuBI mengusung konsep Training for Trainers, sehingga peserta pelatihan dapat mengajarkan materi yang diperoleh kepada teman-temannya yang lain. Melalui berbagai kegiatan lanjutan dari RuBI di lingkup yang lebih kecil. Tidak terbayangkan bagaimana suasana dan keadaan di sana, jika harus tinggal beberapa hari daerah yang susah sinyal dan tanpa adanya hiburan seperti kota.

Namun ternyata saat ini sudah ada 47 daerah yang didatangi RuBI dengan total 5.047 peserta pada tahun 2015-2017, pada tahun 2017 total peserta 1.501 peserta dengan 85 relawan narasumber dan 33 relawan dokumentasi. Saya mengapresiasi tim dan relawan RuBI yang berkunjung ke berbagai daerah untuk membagikan ilmunya. Terlebih dalam pelaksaaan Kelas Inspirasi Pijar Ilmu, ternyata tak hanya relawan RuBI saja.

Pelaksanan kampanye sosial Pijar Ilmu pun bertepatan dengan momen Hari Pendidikan Nasional, karyawan Asuransi Astra akan menjadi relawan Kelas Inspirasi di berbagai sekolah dasar untuk anak-anak. Sedangkan jajaran manager hingga direktur Asuransi Astra akan memberikan pelatihan manajemen kepemimpinan dan keuangan kepada para tenaga pendidik. Selain itu untuk meningkatkan minat baca, Asuransi Astra melakukan revitalisasi perpustakaan di sekolah tersebut.

Komentar

  1. keren banget ya program asuransi astra ini. salut atas kiprah mereka dalam Pijar Ilmu dan beragam kegiatan lainnya

    BalasHapus
  2. Selalu memberi jempol pada relawan pendidikan, biar pendidikan dapat dinikmati siapa saja tanpa memandang kelas, ah kalau baca relawan RuBI ini saya jadi ingin ikut :D semoga usaha mereka membuahkan hasil yang manis untuk anak bangsa :D

    BalasHapus
  3. Serius sebanyak itu anak Indonesia yang nggak bisa sekolah? Hiks. Relawan memang penting. Akan lebih bagus lagi kalau trainers bisa memberdayakan masyarakat sekitar sehingga perekonomian naik dan anak-anak yang tadinya terkendala biaya bisa sekolah

    BalasHapus
  4. Wih memprihatinkan ya. Semoga ini cepat selesai kak. Penting sekali buat sekolah yg bener

    BalasHapus
  5. ya Allah sedih banget masih banyak anak Indonesia yang gak bisa sekolah :(
    Moga program2 Astra bisa bantuin mereka. Btw saya penasaran dengan asuransi pendidikan Astra apakah ada bahasannya juga? Kebetulan lg cari2 asuransi pendidikan buat anak2... TFS

    BalasHapus
  6. Aku juga pernah lolos Kelas Inspirasi tahun kemarin. Tapi bentrok dengan program pemerintahan lain. Tahun ini aku juga punya niat untuk gabung di Ruang Berbagi Ilmu (RuBi). Semoga semua pihak yang masih punya kepedulian tinggi, bisa saling berkolaborasi yaa*

    BalasHapus
  7. Ini CSR nya astra ya.. memang banyak programnya n bermanfaat

    BalasHapus
  8. Waduh tahun 2016 aja, data anak yang putus sekolah banyak ya apalagi kalau tahun 2018 ini.. semoga dengan program CSR Astra ini maka banyak anak² yg bisa mengenyam pendidikan yang ideal 12 tahun

    BalasHapus
  9. Senang banget dapat informasi ini. Asuransi Astra, CSR nya bener bener bermanfaat ya, terutama lewat kegiatan pijar ini.. semoga Makin sukses asuransi Astra biar Makin byk yg menikmati programnya

    BalasHapus
  10. Asuransi tapi buat pelatihan juga. Keren!!! Fakta di lapangan memang banyak orang yg tidak menikmati pendidikan mulai dr kemiskinan sampai nikah muda. Kalau semua orang diedukasi, saya percaya SDM kita akan lbh baik

    BalasHapus
  11. Pingin bermanfaat untuk banyak masyarakat terutama di pelosok.
    Ikut program relawan membuat kita beramal lebih panjang.

    BalasHapus
  12. Mantabh nih Astra, peduli terhadap dunia pendidikan kita. Semoga kegiatan yang dilakukan bisa berguna bagi guru2 di daerah yang dituju. Dan semoga meluas ke daerah2 lain juga ya :)

    BalasHapus
  13. Astra memang selalu memberikan makna, bukan hanya sektor otomotif,, tapi dalam bidang Asuransi pun TOP Markotop

    BalasHapus
  14. Wahhh,, semoga Kelas Inspirasinya bisa hadir di seluruh Indonesia. Biar semua insan di nusantara bisa sama-sama dapat ilmunya.

    BalasHapus
  15. Konsepnya Training for Trainers yaa.. jadi bisa menularkan ilmu yang didapat ke teman-temannya dgn lebih mudah. Semoga program-program Astra senantiasa bermanfaat buat masyarakat :)

    BalasHapus
  16. Wah udah ada asuransi nya ya.
    Baru tahu sy
    Krn selama astra dlm pikiran sy identik otomotif saja

    BalasHapus
  17. cukup tercengang dengan jumlah anak Indonesia yang tidak seberuntung kita bisa menikmati pendidikan lanjutan. program-program yang dijalankan Astra untuk dunia pendidikan menjadi setitik cahaya bagi dunia pendidikan kita. semoga terlaksana dengan baik dan memberikan banyak manfaat, aamin!

    BalasHapus
  18. Keren...seneng sekali kalo ada brand besar yang peduli terhadap pendidikan...atau apapun untuk kepentingan dan kemajuan masyarakat..
    Salut untuk Astra..sukses juga untuk programnya

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Transfer Berbeda Bank, Tak Kunjung Sampai? Bisa Jadi Ini Penyebabnya

Proses transfer berbeda bank berapa lama ya? Pertanyaan yang kerap kali ditanyakan kepada saya. Terlebih bagi freelancer termasuk saya, momen menunggu pembayaran dari pemberi kerja adalah momen menegangkan. Kabar dari bagian keuangan perihal dimulai proses pembayaran, bagaikan menemukan oase di tengah padang gurun yang gersang. Namun, setelah ditunggu-tunggu seraya, memerika mutasi rekening. Kerapkali berujung pada di-PHP-in. Katanya sudah ditransfer, kok belum masuk juga ya? Jangan-jangan bagian keuangannya belum memproses. Perasaan menjadi gundah gulana dan galau, tagihan sudah "mengantri" untuk dibayarkan. Namun, apa daya saldo di rekening tabungan belum bertambah. Sampai suatu hari, saya mengujungi salah bank yang ada di Mal Kota Kasablanka. Untuk melakukan pencetakan buku tabungan. Saya masuk ke bank, satpam meminta saya mengambil nomor antrian. Saya duduk dan menunggu nomor dipanggil. Tiba saat nomor antrian saya dipanggil, saya menuju petugas teller. Saya se

Mencoba Kartu Flazz BCA JakLingko, Tarif Rp5.000 Transjakarta dalam Tiga Jam

Akhirnya tersedia juga kartu Flazz BCA edisi JakLingko. Untuk yang belum tahu, sistem JakLingko memberikan tarif penggunaan Transjakarta maksimal Rp5.000 dalam tiga jam. Selain Flazz BCA sebelumnya sudah tersedia kartu JakLingko kerjasama dengan bank lainnya. Kartu JakLingko Flazz BCA Selain dapat digunakan pada bus Transjakarta, kartu JakLingko dapat digunakan pada angkot atau mikrotrans di Jakarta. Tinggal tap in dan tap out pada alat tap.  Untuk mendapatkan kartu JakLingko Flazz BCA, saya menemukannya tersedia pada vending machine. Harga kartu Flazz BCA JakLingko sebesar Rp40ribu dengan isi saldo Rp15ribu. Pembayaran dapat dilakukan dengan scan QRIS dan uang tunai. Perjalanan saya dimulai dari Kota Tangerang menuju Jakarta menggunakan bus tujuan Poris-Bundaran Senayan. Durasi perjalanan berlangsung sekitar satu jam. Saya turun di halte Gelora Bung Karno, kemudian naik bus tujuan Kota dan turun di halte Bendungan Hilir. Perjalanan berlangsung sekitar sepuluh menit. Saat tap out dike

Apa Perbedaan Tahapan dan Tahapan Expresi?

Tahapan dan Tahapan BCA keduanya produk rekening Tabungan BCA. Namun apa saja perbedaan antara Tahapan dan Tahapan Expresi? Setelah saya mencari-cari informasi dari berbagai sumber, ini dia ternyata perbedaan rekening Tahapan dan Tahapan Expresi: 1. Setoran Awal Setoran awal Tahapan BCA minimal 500 ribu (lumayan besar ya) dan Tahapan Xpresi minimal 50 ribu ( ini lebih sesuai dengan kantong). 2. Jenis Kartu ATM yang Diberikan Kartu ATM Tahapan tersedia dalam 3 (tiga) pilihan, yaitu: Silver, Gold dan Platinum. Setiap kartu berbeda limit transaksinya. Kalau Tahapan Xpresi BCA kartu ATMnya terdiri dari berbagai pilihan multidesain dan juga bisa menggunakan foto pribadi. Kan seru nih kartu ATMnya ada foto sama teman, keluarga atau pacar (abaikan yang terakhir). Saat ini baru bisa pakai desain multidesain di cabang tertentu dan My BCA. Kalau pakai kartu ATM Tahapan Xpresi pernah mau pakai bayar di kasir supermarket dan kartunya ditolak. Katanya sih desain kartunya kok beda, setela