Senin, 28 Mei 2018

Pengalaman Ganti Kartu ATM Magnetik menjadi Kartu ATM Chip

Kartu ATM chip sudah dikeluarkan oleh beberapa bank, sehingga nasabah bisa mengganti kartu ATM magnetik yang sebelum sudah dimiliki menjadi kartu ATM Chip. Dari sisi keamanan kartu ATM chip pun lebih aman dan cepat. Hal ini dikarenakan adanya teknologi terbaru yang membuat data kartu tidak mudah digandakan. Terlebih cukup marak aksi kejahatan skimming, penggandaan kartu ATM oleh oknum tertentu untuk digunakan bertransaksi.

Kebetulan beberapa kartu ATM yang saya miliki, sejak awal pembukaan rekening tabungan sudah mendapatkan kartu ATM chip. Namun, pada rekening tabungan Bank Mandiri yang sudah lama saya miliki, masih menggunakan kartu ATM dengan pita magnetik. Sehingga saya berinisiatif untuk mengganti kartu ATM pita magnetik menjadi kartu ATM chip.

Kartu ATM Chip Mandiri Visa
Kartu ATM Chip Mandiri Visa Silver

Persiapkan KTP, buku tabungan, dan kartu ATM, kemudian datang ke kantor cabang bank. Saya pun mendatangi kantor cabang Bank Mandiri yang ada di daerah Tangerang, tetapi sayangnya persediaan kartu ATM chip berjenis Silver sedang habis.

Pada akhirnya saya mengganti kartu pada kantor cabang Bank Mandiri di daerah Jakarta Barat. Saat melakukan penggantian menjadi kartu ATM chip, tersedia pilihan kartu ATM Mandiri berlogo Visa atau kartu ATM berlogo GPN.

Kartu ATM Mandiri Chip GPN
Pilihan Kartu ATM Mandiri Chip GPN

Saya memilih kartu ATM chip Silver dengan Visa Bank Mandiri, karena sudah memiliki kartu ATM chip GPN BCA. Selain itu alasan saya masih setia dengan kartu ATM Silver, karena memang belum memerlukan limit transaksi yang besar dengan administrasi kartu hanya Rp2.500 per bulan (Per 30 September 2018 menjadi Rp4.500) untuk kartu ATM Mandiri Visa. Tersedia juga pilihan lain, kartu ATM Mandiri Visa Gold dan Platinum.

Pilihan Kartu ATM Mandiri Chip Visa
Pilihan Kartu ATM Mandiri Chip GPN

Saya pun lebih sering bertransaksi melalui aplikasi mobile banking dan internet banking, dibandingkan transaksi melalui ATM. Transaksi di ATM sebatas melakukan penarikan tunai dan mengisi saldo kartu e-Money saja.

Proses penggantian kartu ATM magnetik menjadi kartu ATM chip cukup mudah dan cepat, cukup menyerahkan kartu ATM magnetik, buku tabungan, dan KTP. Petugas customer service meminta saya mengisi data-data pada formulir yang disediakan, kemudian melakukan verifikasi data-data pribadi. Setelah proses selesai kartu lama magnetik digintung, kemudian saya diberikan kartu ATM chip.

Petugas customer service mempersilakan menuju counter teller, dilakukan proses pembuatan PIN kartu ATM baru. Setelah proses pembuatan PIN kartu ATM baru selesai, kemudian kembali ke meja customer service untuk aktivasi kartu ATM baru. Saya pun meminta agar kartu ATM chip tercetak nama saya, ternyata hanya bisa dilakukan cetak nama bisa, tidak bisa cetak timbul. Baiklah, tidak apa jika tak bisa tercetak timbul.

Proses penggantian kartu ATM magnetik menjadi kartu ATM chip, cukup mudah dan cepat, serta tidak dikenakan biaya penggantian kartu. Namun, petugas customer service memberitahukan, bahwa kartu ATM chip baru bisa digunakan 15 menit kemudian. Kemudian KTP dan buku tabungan milik saya dikembalikan, selesailah proses penggantian kartu ATM magnetik menjadi kartu ATM chip.

Saya menyarankan menelepon ke kantor cabang yang akan didatangi, memastikan jenis kartu ATM chip yang tersedia. Baik jenis kartu silver, gold, dan platinum ataupun kartu ATM berjenis Visa dan kartu ATM GPN. Selain itu juga lebih baik datang pada pagi hari, sehingga bisa menghindari antrian lama di customer service bank

3 komentar:

  1. Melalui tulisan baru kamu di blog, saya ingin berbagi pengalaman ketika mengganti kartu debit dari Bank Mandiri. Pada hari Rabu, tanggal 21 Pebruari 2018, kasir PAPA RON'S PIZZA Cabang Bekasi BLU PLAZA menggesek Bank Mandiri VISA Platinum Debit milik saya tetapi kartu debit saya tidak terbaca oleh mesin mandiri EDC karena patah di bagian pita magnetik hitamnya. Dan akhirnya pada hari Kamis, tanggal 08 Maret 2018, saya putuskan untuk mengganti kartu debit saya menjadi yang berchip di mandiri cabang Bekasi Taman Galaxi Indah, terus kartu debit lama saya digunting oleh orang cabang untuk bukti bahwa saya sudah mengganti mandiri debit card saya sekalian aktivasi layanan mandiri online banking. Untuk kartu debit yang berchip, saya masih tetap memilih VISA Platinum Debit, karena kartu ini sangat cocok untuk nasabah yang mobilitasnya sangat tinggi seperti saya, karena dengan kartu debit Bank Mandiri VISA Platinum Debit memungkinkan saya untuk melakukan transfer ke semua bank sampai seratus juta rupiah. Limit transaksi debit di mandiri EDC dan/atau mesin EDC off us lain berlogo VISA dan GPN serta merchant e-commerce berlogo Verified By VISA adalah sebesar seratus juta rupiah. Kemudian pada hari Rabu, tanggal 09 Mei 2018, saya melakukan update nomor handphone saya pada layanan mandiri debit online Verified By VISA dan setelah tiga hari kerja langsung aktif dan bisa dipake di merchant e-commerce.

    BalasHapus
  2. Kalau ga salah sekarang biaya bulananya bukan 2.500 tapi 4.500 deh mas soalnya kemaren saya cek transaksi dipotong 4.500 sedangkan yang gold 5.000

    BalasHapus
    Balasan
    1. Per 30 September 2018 ada perubahan biaya bulanan kartu ATM Silver menjadi 4.500. Sudah saya tambahan informasi ya pada tulisan.

      Hapus