Langsung ke konten utama

Allianz Life Mengajak Generasi Milenial Menjadi Life Changer

Generasi milenial saat ini belum banyak yang menyadari, pentingnya memiliki asuransi dikarenakan berbagai hal. Allianz Indonesia menyadari hal tersebut dan berupaya memberikan edukasi pentingnya asuransi, terutama pada segmen usia 18-28 tahun.

Allianz Life Indonesia menyadari bahwa perlindungan asuransi, maupun perencanaan keuangan yang baik merupakan bagian penting dalam upaya mengubah diri sendiri maupun orang lain (secara finansial). Allianz Life Indonesia hadir sebagai pilihan asuransi milenial, sehingga rencana keuangan bisa tercapai.



Sehingga Joos Louwerier, Country Manager & Presiden Direktur Allianz Life Indonesia memperkenalkan melalui campaign Life Changer. Melalui program Life Changer, Allianz Indonesia memberikan kesempatan bagi generasi milenial mewujudkan aspirasinya. Membangun bisnis yang dapat membawa perubahan positif bagi diri sendiri dan sesama, melalui edukasi pentingnya berasuransi.


Karin Zulkarnaen, Head of Market Management Allianz Indonesia mengenalkan perilaku dan potensi generasi milenial. Dengan segmen pendapatan 45-600 juta per tahun dan berstatus belum menikah, memiliki potensi melakukan pembayaran premi asuransi 7,5 juta per tahun.

Saat ini generasi milenial memiliki karakteristik: masih tinggal bersama orang tua dan kakek/nenek, bekerja kantoran, memiliki satu orang saudara, dan keinginan untuk memiliki properti sendiri.



Faktanya baru sekitar 31% dari generasi milenial yang punya perencanaan keuangan yang matang. Ada sekitar 13% dari generasi milenial yang tidak memiliki perencanaan keuangan sama sekali. Namun, baru sekitar 2% dari generasi milenial yang memiliki perencanaan keuangan yang baik, memilih asuransi sebagai salah satu instrumen.

Sedangkan generasi milenial lainnya, memilih untuk menabung dan berinvestasi pada usaha. Dikarenakan menurut generasi milenial bahwa premi asuransi masih mahal (52%), kurangnya pengetahuan akan asuransi (45%), kendala kanal distribusi (34%), proses yang sulit (47%), dan alasan pribadi 8%.



Sehingga Allianz Life melakukan pendekatan berbeda kepada generasi milenial, melalui campaign Life Changer untuk memberikan edukasi pentingnya asuransi kesehatan dan jiwa kepada milenial. Ada potensi besar yang dilihat segmen generasi milenial untuk memiliki asuransi. Pada tahun 2020 diprediksi segmen generasi milenal yang mencapai nilai pasar 7,5 Triliun, atau 20% dari total pendapatan premi bruto asuransi jiwa.

Selain itu 31 dari 100 orang milenial belum merencanakan keuangan, hanya 2 dari 31 orang yang menyiapkan perlindungan. Hal ini dikarenakan 45% generasi milenial belum berasuransi, dikarenakan masih belum teredukasi dan 52% generasi milenial belum berasuransi, dikarenakan harga premi yang kurang bersahabat.

Padahal generasi milenial memiliki banyak impian yang diraih, ada risiko yang bisa saja terjadi. Memiliki pasangan hidup, karir yang bagus, dan properti yang sama bagusnya dengan rumah orang tua yang ditempati saat ini. Namun, ada kecemasan generasi milenial jika terjadi musibah, sehingga ada biaya-biaya yang akan membebani orang tua.

Biasanya generasi milenial akan mencari informasi tentang asuransi, jika ada suatu kejadian yang terjadi pada orang yang dikenal atau orang terdekat. Apalagi saat ini dengan mudahnya pencarian informasi melalui internet, termasuk mencari informasi di website Allianz Indonesia.

Generasi milenal ingin kemudahan dalam pembelian dan klaim asuransi, jika bertemu agen asuransi biasanya generasi milenial sudah memahami pentingnya asuransi. Dengan mulai adanya kesadaran berasuransi oleh generasi milenial, termasuk adanya pengecualian saat klain, premi, dan lainnya. Maka seteleh memahami dan sadar pentingnya asuransi, maka keinginan berasuransi akan hadir tanpa adanya paksaan.



Allianz Indonesia menyadari cara pendekatan terhadap generasi milenial berbeda, melalui Life Changer proses edukasi kepada generasi milenial dilakukan oleh agen asuransi Allianz yang juga adalah generasi milenial, melalui platform digital. Para agen Life Changer akan memberikan konten edukasi di media sosial dan menjadi partner bagi milenial.

Generasi milenial menyenangi gaya hidup sehat, kegiatan volluntering, dan konser musik. Allianz Indonesia pun turut mendukung berbagai kegiatan milenail, seperti Allianz Sweat Challenge, di Allianz Ecopark Ancol dan Allianz World Run Indonesia. Diharapkan setiap agen Life Changer memberikan manfaat bagi diri sendiri dan orang lain, melalui prinsip Life Changer 360.

Komentar

  1. Iyes penting banget nih pendekatan yang lebih fun biar generasi milenials sadar pentingnya asuransi.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Transfer Berbeda Bank, Tak Kunjung Sampai? Bisa Jadi Ini Penyebabnya

Proses transfer berbeda bank berapa lama ya? Pertanyaan yang kerap kali ditanyakan kepada saya. Terlebih bagi freelancer termasuk saya, momen menunggu pembayaran dari pemberi kerja adalah momen menegangkan. Kabar dari bagian keuangan perihal dimulai proses pembayaran, bagaikan menemukan oase di tengah padang gurun yang gersang. Namun, setelah ditunggu-tunggu seraya, memerika mutasi rekening. Kerapkali berujung pada di-PHP-in. Katanya sudah ditransfer, kok belum masuk juga ya? Jangan-jangan bagian keuangannya belum memproses. Perasaan menjadi gundah gulana dan galau, tagihan sudah "mengantri" untuk dibayarkan. Namun, apa daya saldo di rekening tabungan belum bertambah. Sampai suatu hari, saya mengujungi salah bank yang ada di Mal Kota Kasablanka. Untuk melakukan pencetakan buku tabungan. Saya masuk ke bank, satpam meminta saya mengambil nomor antrian. Saya duduk dan menunggu nomor dipanggil. Tiba saat nomor antrian saya dipanggil, saya menuju petugas teller. Saya se

Mencoba Kartu Flazz BCA JakLingko, Tarif Rp5.000 Transjakarta dalam Tiga Jam

Akhirnya tersedia juga kartu Flazz BCA edisi JakLingko. Untuk yang belum tahu, sistem JakLingko memberikan tarif penggunaan Transjakarta maksimal Rp5.000 dalam tiga jam. Selain Flazz BCA sebelumnya sudah tersedia kartu JakLingko kerjasama dengan bank lainnya. Kartu JakLingko Flazz BCA Selain dapat digunakan pada bus Transjakarta, kartu JakLingko dapat digunakan pada angkot atau mikrotrans di Jakarta. Tinggal tap in dan tap out pada alat tap.  Untuk mendapatkan kartu JakLingko Flazz BCA, saya menemukannya tersedia pada vending machine. Harga kartu Flazz BCA JakLingko sebesar Rp40ribu dengan isi saldo Rp15ribu. Pembayaran dapat dilakukan dengan scan QRIS dan uang tunai. Perjalanan saya dimulai dari Kota Tangerang menuju Jakarta menggunakan bus tujuan Poris-Bundaran Senayan. Durasi perjalanan berlangsung sekitar satu jam. Saya turun di halte Gelora Bung Karno, kemudian naik bus tujuan Kota dan turun di halte Bendungan Hilir. Perjalanan berlangsung sekitar sepuluh menit. Saat tap out dike

Apa Perbedaan Tahapan dan Tahapan Expresi?

Tahapan dan Tahapan BCA keduanya produk rekening Tabungan BCA. Namun apa saja perbedaan antara Tahapan dan Tahapan Expresi? Setelah saya mencari-cari informasi dari berbagai sumber, ini dia ternyata perbedaan rekening Tahapan dan Tahapan Expresi: 1. Setoran Awal Setoran awal Tahapan BCA minimal 500 ribu (lumayan besar ya) dan Tahapan Xpresi minimal 50 ribu ( ini lebih sesuai dengan kantong). 2. Jenis Kartu ATM yang Diberikan Kartu ATM Tahapan tersedia dalam 3 (tiga) pilihan, yaitu: Silver, Gold dan Platinum. Setiap kartu berbeda limit transaksinya. Kalau Tahapan Xpresi BCA kartu ATMnya terdiri dari berbagai pilihan multidesain dan juga bisa menggunakan foto pribadi. Kan seru nih kartu ATMnya ada foto sama teman, keluarga atau pacar (abaikan yang terakhir). Saat ini baru bisa pakai desain multidesain di cabang tertentu dan My BCA. Kalau pakai kartu ATM Tahapan Xpresi pernah mau pakai bayar di kasir supermarket dan kartunya ditolak. Katanya sih desain kartunya kok beda, setela