Jumat, 31 Agustus 2018

Berbekal Smartphone, Abadikan Berbagai Momen Keren Asian Games 2018

Ajang olahraga berskala internasional yang dinantikan, Asian Games 2018 berlangsung di Indonesia. Banyak cabang olaharaga yang dipertandingkan, harapannya atlet Indonesia bisa meraih prestasi dan medali. Pastinya kita ingin juga mendukung atlet Indonesai, salah satu caranya dengan menyaksikan langsung pertandingan.

Biasanya saat menyaksikan pertandingan berlangsung, biasanya kita akan mengambil foto-foto dengan smartphone dan dibagikan ke media sosial. Namun, kita perlu tahu cara mengabadikan momen pertandingan olahraga, sehingga foto yang dihasilkan bagus.

Stadion Utama Gelora Bung Karno
Stadion Utama Gelora Bung Karno

Pada momen Asian Games 2018 VIVA.co.id sebagai 1newstainment di Indonesia, mengajak blogger untuk belajar "Mobile Photography Like A Pro" didukung oleh Samsung Indonesia. Tak hanya belajar secara pengetahuan, tetapi juga mencoba langsung pengalaman mengabadikan berbagai hal tentang Asian Games 2018 dengan smartphone Samsung J Series. Tidak harus membawa kamera berukuran besar untuk mendapatkan hasil foto yang bagus, berbekal smartphone berbagai foto keren bisa dihasilkan.

Pastikan saat mengambil foto dengan smartphone memiliki rencana, sehingga tahu foto apa saja yang ingin diambil. Juga disarankan menggunakan Airplane Mode untuk menghemat penggunaan baterai, lakukan pengambilan foto dalam posisi landscape agar lebih banyak ruang yang nantinya leluasa dilakukan pengeditan, foto dalam keadaan stabil dengan posisi berdiri dan tahan nafas, dan sempurnakan hasil foto dengan aplikasi edit foto.

Tips Mobile Fotografi
Tips Mobile Fotografi

Ada beberapa teknik foto yang perlu diperhatikan dan digunakan saat mengambul foto: Komposisi foto, Arsitektur, Simetris, Siluet, Framing, Black and White, Rule of Third. Sesuaikan dengan objek yang akan diambil, gunakan bantuan gridline yang ada pada kamera untuk menentukan posisi objek terbaik untuk dipotret.

Sempurnakan Hasil Foto dengan Aplikasi Editing
Sempurnakan Hasil Foto dengan Aplikasi Editing


Gunakan juga mode Pro yang ada pada smartphone, sehingga pencahayaan dan kecepatan shutter kamera bisa diatur. Misalnya, saat objek dengan bergerak cepat, gunakan slow shutter speed untuk mendapatkan foto yang tidak blur. Setelah mendapatkan pembekalan cara mengambil foto dengan smartphone. Para blogger berkesempatnan menonton pertandingan final Atletik yang berlangsung, sambil mengabadikan momen-momen di Gelora Bung Karno.

Kemudian blogger dibagi menjadi beberapa kelompok, saya dan Mbak Rismayani menjadi Team 007. Kami mendapatkan Samsung Galaxy J6 dan diberikan tantangan, mengambil foto dengan lima kategori: Selfie, Atlet, Euphoria, Merah Putih, dan Landscape Gelora Bung Karno dalam waktu 1,5 jam. Sejak berjalan memasuki area Gelora Bung Karno, saya dan mba Rismayani memperhatikan sepanjang jalan berbagai objek sesuai kategori yang bagus untuk diabadikan.

Foto Selfie dengan Samsung Galaxy J6
Foto Selfie dengan Samsung Galaxy J6

Kaldera Api Obor Asian Games 2018
Kaldera Api Obor Asian Games 2018
Samsung Galaxy J6 yang memiliki satu kamera belakang dengan resolusi 13 megapiksel dan aperture f/1.9, juga kamera depan berkonfigurasi 8 megapiksel dengan bukaan f/1.9 dilengkapi dengan LED flash. Sehingga dengan Samsung Galaxy J6 bisa mengambil foto minim cahaya, berkat bukaan kamera yang besar mampu mendapatkan banyak cahaya. Selain itu juga tersedia juga mode Pro untuk mengatur White Balance, ISO, dan Shutter Speed kamera untuk memotret objek selama pertandingan atletik di GBK berlangsung.

Cukup kagum dengan Gelora Bung Karno, setelah selesai direnovasi dan siap digunakan sebagai tempat pertandingan Asian Games. Sarana dan prasana olahraga berkelas internasional, kini hadir di Indonesia dan bisa diabadikan foto-fotonya oleh masyarakat. Terima kasih untuk Viva.co.id dan Samsung!

1 komentar:

  1. Berbekal smarphone bisa mengabdikan apa saja yang ingin di tangkap.

    BalasHapus