Selasa, 18 September 2018

Lima Aplikasi Keuangan dengan Manfaat Gratis Biaya Transfer ke Bank Lain

Transaksi transfer ke bank lain, tentunya pernah kita lakukan baik melalui berbagai channel perbankan. Biasanya jenis pilihan transfer ke bank lain, dilakukan melalui jaringan ATM Prima dan ATM Bersama. Biaya transfer ke bank lain yang dikenakan sebesar Rp 6.500-Rp7.500 per transaksi.

Seorang teman pernah menanyakan kepada saya, apakah ada bank yang memberikan fasilitas bebas transfer ke bank lain? Kebetulan teman saya, berencana melakukan transfer ke beberapa orang lain yang berbeda bank yang dimiliki. Saya mengajukan beberapa alternatif pilihan aplikasi dengan fasilitas bebas biaya transfer ke bank lain.

Pilihan Beberapa Aplikasi Bebas Biaya Transfer ke Bank Lain


Jika dipikirkan lebih lanjut, jika frekuensi transaksi ke bank lain hanya sesekali, tentu tak terasa besaran biayanya. Namun, bagaimana jika dalam sebulan kita perlu melakukan banyak transaksi transfer ke bank lain?

Syukurlah saat ini sudah ada beberapa aplikasi perbankan dan uang elektronik, memberikan fasilitas bebas biaya biaya transfer ke bank lain. Mari, kenali apa saja aplikasi dan layanan tersebut!

1. Jenius dari BTPN

Jenius adalah aplikasi yang diperkenalkan Bank Tabungan Pensiunan Nasional (BTPN) pada 11 Agustus 2016 di Indonesia. Melalui aplikasi Jenius kita dipermudah untuk menabung dan mengelola keuangan, hal yang saya suka dengan fasilitas bebas biaya transfer ke bank lain 25 kali dalam sebulan, dan bebas tarik tunai di ATM bank lain 25 kali dalam sebulan.

Aplikasi Jenius BTPN Bebas Biaya Transfer ke Bank Lain
Aplikasi Jenius dari BTPN

Sejak 14 September 2018 Jenius mengumumkan perubahan ketentuan, jumlah besaran bebas transfer ke bank lain via aplikasi Jenius dan tarik tunai di ATM bank lain sesuai dengan jumlah saldo yang ada pada aplikasi Jenius. Ketentuan tersebut akan berlaku mulai 1 November 2018, terdapat tiga kategori pengguna: Basic, Smart, dan Jenius.

Setelah melakukan tarik tunai di ATM bank lain dengan kartu ATM Jenius, jangan lakukan cek saldo melalui ATM dikarenakan akan terkena biaya sebesar Rp 4.000 (biaya cek saldo di ATM bank lain di jaringan ATM Prima dan ATM Bersama).

2. Digibank dari DBS Indonesia

Digibank dari DBS Indonesia adalah aplikasi yang diperkenalkan pada 29 Agustus 2017 di Indonesia. Melalui aplikasi Digibank DBS kita melakukan berbagai transaksi, termasuk gratis transfer ke bank lain tanpa adanya batasan frekuensi. Selain itu juga kemudahan untuk tarik tunai di ATM bank lain, tanpa dikenakan biaya dengan kartu ATM Digibank. (Per 13 September 2018 diberlakukan biaya transfer ke bank lain melalui ATM sebesar Rp 6.500 per transaksi).

Aplikasi Digibank DBS Indonesia Bebas Biaya Transfer ke Bank Lain
Aplikasi Digibank DBS Indonesia


3. D-Save dari Bank Danamon

D-Save dari Bank Danamon adalah jenis tabungan yang diperkenalkan pada April 2018. Kemudahan dalam bertransaksi dengan rekenung D-Save melalui aplikasi D-Bank dengan fasilitas bebas biaya transfer sebanyak 10 kali per bulan ke bank lain, selain itu juga bisa dilakukan di ATM Bank Danamon, dan Danamon Online
Banking.

D-Save Bank Danamon Bebas Biaya Transfer ke Bank Lain
 Tabungan D-Save Bank Danamon 


4. PermataMe dari PermataBank

PermataMe dari Permata Bank adalah jenis tabungan dari bank Permata yang diperkenalkan pada 18 April 2018 di Indonesia. Untuk pembukaan rekening dan kemudahan transaksi melalui dari aplikasi Permata Mobile dan Permata Mobile X. Terdapat manfaat bebas biaya transfer ke bank lain tanpa adanya batasan frekuensi, jika transaksi dilakukan melalui: ATM PermataBank, aplikasi Permata Mobile atau Permata Mobile X, dan Permata Net.

Tabungan PermataMe Bebas Biaya Transfer ke Bank Lain


Namun, setiap kali melakukan transaksi di aplikasi aplikasi Permata Mobile atau Permata Mobile X, dan Permata Net dikenakan biaya OTP sebesar Rp 550 per SMS yang diterima. Selain itu juga, jika melakukan transfer ke bank lain, dengan besaran mulai Rp500.000 atau lebih, akan menerima SMS Notification yang dikenakan biaya Rp 550 per transaksi.

5. OVO dari PT Visionet International

OVO dari PT Visionet International adalah produk uang elektronik yang diperkenalkan pada Desember 2016 dengan dua jenis pengguna OVO, yaitu OVO Club dan OVO Premier. Perlu menjadi jenis anggota OVO Premier agar bisa, menikmati fasilitas bebas biaya transfer ke bank lain, tanpa adanya batasan frekuensi melalui aplikasi OVO di smartphone.

OVO Premier Bebas Biaya Transfer ke Bank Lain
Aplikasi Uang Elektronik OVO


Setiap aplikasi yang memberikan fasilitas bebas transfer, memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Tinggal digunakan sesuai dengan kebutuhan dan frekuensi transaksi transfer ke bank lain, manakah yang pernah kalian coba? Mari, berbagi cerita dan pengalaman tentang aplikasi dengan fasiltas biaya transfer ke bank lain lainnya!

1 komentar: