Langsung ke konten utama

Pengalaman Mengunjungi Sentra Layanan Digital BCA pada Hari Pelanggan Nasional

Hari Pelanggan Nasional diperingati setiap tanggal 4 September, berbagai perusahaan memberikan penawaran menarik kepada nasabah, sehingga terjaga hubungan baik antara perusahaan dengan pelanggan. BCA sebagai bank swasta yang sudah memberikan pelayanan secara digital kepada nasabah, menggelar open house bagi nasabah untuk berkunjung ke Sentra Layanan Digital BCA (Center of Digital BCA).

Maskot Halo BCA pada Kunjungan ke Sentra Layanan Digital BCA
Maskot Halo BCA pada Kunjungan ke Sentra Layanan Digital BCA


Perubahan Halo BCA sebagai Call Center, kemudian menjadi Contact Center, dan kini sudah bertransformasi menjadi Sentra Layanan Digital BCA (Center of Digital BCA) pada momen satu dekade Halo BCA. Seiring dengan perkembangan teknologi, sebanyak 97,5% transaksi nasabah BCA dilakukan di luar kantor cabang, sehingga layanan nasabah perbankan digital diperlukan untuk kemudahan bagi nasabah BCA.

Nasabah BCA tidak hanya dapat menyampaikan keluhan dan menanyakan informasi melalui telepon saja. Bisa juga disampaikan melalui email, media sosial, web chat di website BCA, layanan chatbot VIRA, video call banking, dan pembukaan rekening melalui video call di My BCA, dan berbagai layanan digital lainnya. Selama tahun 2017, Halo BCA menerima 14,5 juta panggilan, 368 ribu email, dan akun Twitter resmi @HaloBCA sudah memiliki 162 ribu followers (pada akhir tahun 2017) dengan 227 ribu mention sepanjang tahun 2017.

Pada acara open house Sentra Layanan Digital BCA, Wani Sabu selaku Executive Vice President Center of Digital BCA hadir menyapa dan memberikan informasi kepada nasabah yang datang. Nasabah BCA diajak berkeliling dan secara langsung bisa melihat cara kerja petugas Contact Center Officer (CCO) Halo BCA melayani pelanggan.  Petugas CCO Halo BCA yang melayani pada 4 September menggunakan pakaian dari berbagai daerah, hal ini sesuai dengan tema "Unity in Diversity" yang diangkat Halo BCA pada Hari Pelanggan Nasional pada tahun ini.

Karyawan di Sentra Layanan Digital dengan Pakaian Berbagai Daerah


Pada Sentra Layanan Digital BCA memiliki 1.800 karyawan,  sebanyak 1.600 karyawan di antaranya melayani di Halo BCA sebagai Contact Center Officer (CCO). Sehingga BCA meraih predikat Mega Contact Center dengan berbagai prestasi yang sudah diraih, baik di tingkat nasional, bahkan mencapai prestasi sebagai Best Contact Center in The World.

Prestasi Best Contact Center in The World 2018 Diraih Halo BCA

Melalui layanan digital BCA proses pembukaan rekening BCA bisa dilakukan di My BCA yang tersedia di beberapa mal. Dalam waktu sekitar 12 menit melalui layanan video call banking, proses pembukaan rekening Tahapan Xpresi BCA sudah selesai dan bisa digunakan nasabah. Selain itu juga pembukaan rekening bisa dilakukan pada hari dan jam buka mal, sehingga tidak lagi terbatas lagi pada hari kerja dan jam buka kantor cabang BCA.

Layanan Digital BCA untuk Pembukaan Rekening melalui Video Call
Layanan Digital BCA, Pembukaan Rekening dalam Waktu 12 Menit

Bu Wani Sabu menyampaikan, manajemen BCA berupaya keras membangun Halo BCA, sehingga bisa bertransformasi menjadi Sentra Layanan Digital. Sehingga mampu mengakomodir setiap kebutuhan nasabahnya khususnya pada era digital, sehingga BCA memberikan layanan web chat dalam waktu dua menit saja untuk mendapatkan informasi terkait produk dan layanan BCA.

Pada momentum Hari Pelanggan Nasionalbagi seluruh perusahaan di Indonesia, termasuk BCA merupakan kesempatan untuk mengingatkan dan memotivasi seluruh karyawan, semakin meningkatkan kepuasan dan kenyamanan nasabah dalam memenuhi kebutuhan perbankan di era teknologi digital saat ini.

Bu Wani Sabu saat Memberikan Informasi kepada Nasabah BCA yang Berkunjung
Bu Wani Sabu saat Memberikan Informasi kepada Nasabah BCA yang Berkunjung

Beberapa nasabah BCA yang mengunjungi Halo BCA mengapresiasi cara petugas Contact Center Officer (CCO) dalam melayani nasabah, berbagai fasilitas disediakan untuk kemudahan pelayanan yang cepat berbasis digital. Bu Wani Sabu menyerahkan karangan bunga kepada salah satu nasabah BCA, apresiasi atas kesetiaan menjadi nasabah BCA hingga saat ini.

Komentar

  1. uwaaa maskotnya lucu: gurita pinky. sepertinya memang sesuai dengan visi misi BCA untuk melayani pelanggan dari berbagai sisi.

    sejauh ini aku belum pake bca. padahal client bloger sukanya pake bca ya. duh. Inshaa Allah sebentar lagi pake bca, doain doain. hehee

    BalasHapus
  2. Itu maskotnya gurita warna pink ya mas? Kenapa hampir beberapa bank pakai gurita ya?? Saya termasuk pelanggan setia bca.. udah dari jaman kuliah, saya pake bank bca karena lebih mudah dan banyak fiturnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gurita sebagai maskot Halo BCA sejak 2014-2017 dipilih sebagai pertanda fleksibel dan multitasking. Sejak 2017 maskotnya menjadi Elang Jawa.

      Hapus
  3. Ih koko bikin ngiri deeeh BCA emang dari dulu pertama bikin sampe sekarang sellau kepakeee mantab BCA maju teruuss udah belasan taun jadi nasabah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Asyik sudah belasan tahun menjadi nasabah BCA, pastinya sudah merasakan layanan yang bagus ya.

      Hapus
  4. iya dong! pelayanan ke nasabah harus nomor 1. semakin banyak bang semakin banyak persaingan apalagi rata rata sudah memberikan kemudahan dan keuntungan yang relatif sama. persaingannya ya di pelayanan dong ya. supaya nasabah makin sayang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tentu, pelayanan menjadi hal yang penting agar bisa memenangkan hati nasabah. Sehingga tetap setia jadi nasabah BCA.

      Hapus
  5. maskotnya Halo BCA kok menggemaskan sekali ya. haha. aku malah salah fokus.. eh tapi kenapa kok gurita ya? btw aku dari dulu sampe sekarang merupakan pelanggan setia BCA lho dan bersyukur bgt belum ada keluhan yang gimana gimana bgt tentang BCA, karena pelayanannya juga oke.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gurita sebagai maskot Halo BCA sejak 2014-2017 dipilih sebagai pertanda fleksibel dan multitasking. Jadi ada filosofinya, maskot yang baru si Elang Jawa.

      Syukurlah jika memiliki pengalaman yang baik dengan BCA.

      Hapus
  6. Kami juga nasabah BCA Syariah.
    Bnar-benar puas sama pelayanannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Syukurlah jika begitu. Nasabah BCA Syariah pun dilayani petugas Halo BCA, jika ada keluhan dan pertanyaan yang disampaikan melalui telepon.

      Hapus
  7. Untuk pelayanan, BCA memang keren dan profesional. Kelihatan banget karena aku nasabah di 3 bank lainnya.

    BalasHapus
  8. Maskotnya cute banget. Hehe
    Aku belum jadi punya rekening bca karena dulu nama di ktp dan kkku beda. Dan sekarang belum pengen bikin lagi karena belum perlu. Sementara pakai satu bank dulu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tinggal di daerah manakah? Kalau sudah pakai eKTP bisa buka di layanan My BCA dan BCA Express, nanti bisa coba buka Tahapan Xpresi BCA.

      Hapus
  9. Pelayanan BCA maskin oke ya bisa menyampaikan keluhan melalui berbagai saluran, maskotnya juga kiyut banget hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tinggal nasabah BCA bebas dalam memilih channel pilihan, bisa lewat telepon ataupun media sosial. Bahkan juga sudah bisa lewat web chat juga.

      Hapus
  10. Maskotnya gede bangeet, heheh..pasti ada maksudnya kenapa BCA memilih gurita sebagai maskotnya. Sepertinya disesuaikan dengan misi dan visinya, ya ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tentu aja ada filosofi gurita sebagai maskot Halo BCA sejak 2014-2017. Ada filosofi fleksibel dan multitasking, sejak 2017 maskotnya menjadi Elang Jawa.

      Hapus
  11. BCA keren banget yaa. aku mau dong dikasih maskot Halo BCA satu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh, nanti jika berkunjung juga ke kantor Halo BCA. Siapa tahu nanti diundang juga oleh BCA.

      Hapus
  12. aku kok malah fokus lihat foto gurita itu, lucu aja. sayang di sini ga ada gituan ya, memang di Bengkulu kantornya hanya 1

    BalasHapus
    Balasan
    1. Perkenalkan nama guritanya adalah Acetopus, siapa tahu saat mampir ke Jakarta nanti bisa datang ke kantor Halo BCA.

      Hapus
  13. Seru banget ya hari pelanggan membuat pelanggan jadi merasa diapresiasi. BCA memang top

    BalasHapus
    Balasan
    1. BCA mengapresiasi nasabah di Hari Pelanggan Nasional, pelayanan kepada nasabah adalah hal yang penting.

      Hapus
  14. Salah satu CS yg enak tu BCA, mesti cepet selesai problemku. Gak heran mereka profesional utk berikan layanan terbaik buat nasabah ya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tentunya BCA berusaha memberikan pelayanan terbaik kepada nasabah.

      Hapus
  15. Pengen sih jadi nasabahnya BCA, tapi ditempatku blm ada BCA ...

    BCA banyak banget fasilitas dan kemudahan ..bagi.nasabah BCA, sukses buatBCA

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga nantinya BCA membuka kantor cabang di sana ya! Sehingga bisa menikmati kemudahan transaksi juga.

      Hapus
  16. CS bca itu terbaik, terramah asli deh. Mau di manapun juga cepet bgt jawab apapun. Mau bantu

    BalasHapus
  17. duuuh cs bca memang asiiik banget ya, meskipun nunggunya lama sih tapi selalu puas banget sama pelayanannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga ya nanti waktu tunggunya bisa lebih cepat! Agar kepuasan pelayanannnya bisa semakin meningkat.

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Transfer Berbeda Bank, Tak Kunjung Sampai? Bisa Jadi Ini Penyebabnya

Proses transfer berbeda bank berapa lama ya? Pertanyaan yang kerap kali ditanyakan kepada saya. Terlebih bagi freelancer termasuk saya, momen menunggu pembayaran dari pemberi kerja adalah momen menegangkan. Kabar dari bagian keuangan perihal dimulai proses pembayaran, bagaikan menemukan oase di tengah padang gurun yang gersang. Namun, setelah ditunggu-tunggu seraya, memerika mutasi rekening. Kerapkali berujung pada di-PHP-in. Katanya sudah ditransfer, kok belum masuk juga ya? Jangan-jangan bagian keuangannya belum memproses. Perasaan menjadi gundah gulana dan galau, tagihan sudah "mengantri" untuk dibayarkan. Namun, apa daya saldo di rekening tabungan belum bertambah. Sampai suatu hari, saya mengujungi salah bank yang ada di Mal Kota Kasablanka. Untuk melakukan pencetakan buku tabungan. Saya masuk ke bank, satpam meminta saya mengambil nomor antrian. Saya duduk dan menunggu nomor dipanggil. Tiba saat nomor antrian saya dipanggil, saya menuju petugas teller. Saya se

Mencoba Kartu Flazz BCA JakLingko, Tarif Rp5.000 Transjakarta dalam Tiga Jam

Akhirnya tersedia juga kartu Flazz BCA edisi JakLingko. Untuk yang belum tahu, sistem JakLingko memberikan tarif penggunaan Transjakarta maksimal Rp5.000 dalam tiga jam. Selain Flazz BCA sebelumnya sudah tersedia kartu JakLingko kerjasama dengan bank lainnya. Kartu JakLingko Flazz BCA Selain dapat digunakan pada bus Transjakarta, kartu JakLingko dapat digunakan pada angkot atau mikrotrans di Jakarta. Tinggal tap in dan tap out pada alat tap.  Untuk mendapatkan kartu JakLingko Flazz BCA, saya menemukannya tersedia pada vending machine. Harga kartu Flazz BCA JakLingko sebesar Rp40ribu dengan isi saldo Rp15ribu. Pembayaran dapat dilakukan dengan scan QRIS dan uang tunai. Perjalanan saya dimulai dari Kota Tangerang menuju Jakarta menggunakan bus tujuan Poris-Bundaran Senayan. Durasi perjalanan berlangsung sekitar satu jam. Saya turun di halte Gelora Bung Karno, kemudian naik bus tujuan Kota dan turun di halte Bendungan Hilir. Perjalanan berlangsung sekitar sepuluh menit. Saat tap out dike

Apa Perbedaan Tahapan dan Tahapan Expresi?

Tahapan dan Tahapan BCA keduanya produk rekening Tabungan BCA. Namun apa saja perbedaan antara Tahapan dan Tahapan Expresi? Setelah saya mencari-cari informasi dari berbagai sumber, ini dia ternyata perbedaan rekening Tahapan dan Tahapan Expresi: 1. Setoran Awal Setoran awal Tahapan BCA minimal 500 ribu (lumayan besar ya) dan Tahapan Xpresi minimal 50 ribu ( ini lebih sesuai dengan kantong). 2. Jenis Kartu ATM yang Diberikan Kartu ATM Tahapan tersedia dalam 3 (tiga) pilihan, yaitu: Silver, Gold dan Platinum. Setiap kartu berbeda limit transaksinya. Kalau Tahapan Xpresi BCA kartu ATMnya terdiri dari berbagai pilihan multidesain dan juga bisa menggunakan foto pribadi. Kan seru nih kartu ATMnya ada foto sama teman, keluarga atau pacar (abaikan yang terakhir). Saat ini baru bisa pakai desain multidesain di cabang tertentu dan My BCA. Kalau pakai kartu ATM Tahapan Xpresi pernah mau pakai bayar di kasir supermarket dan kartunya ditolak. Katanya sih desain kartunya kok beda, setela