Langsung ke konten utama

Tanpa Perlu Ada Waktu Terbuang, Saat Mengurus Uang dengan PermataMobile X

Bertransaksi menjadi kegiatan yang setiap harinya kita lakukan, dalam kehidupan sehari-hari melalui proses pembelian dan pembayaran. Namun, seiring dengan rutinitas kegiatan harian kita, terkadang banyak transaksi yang dilakukan. Terkadang terlupa untuk menyimpan bukti transaksi, tentunya tak banyak orang yang menyimpan bukti pembayaran secara rutin dan rapi.

Pernah pada suatu kejadian, salah satu teman saya harus datang ke kantor cabang, tujuannya untuk melakukan pencetakan rekening koran. Lantaran ia merasa sudah melakukan transaksi transfer kepada rekan bisnisnya, pada beberapa bulan yang lalu. Namun, rekan bisnis teman saya, merasa bahwa teman saya belum mentransfer uang. Bukti transaksi yang berhasil dilakukan, sudah hilang entah di mana.

Saya menyarankan teman untuk memeriksa transaksi melalui layanan internet banking, ternyata data transaksi  bank yang bisa diakses hanya 3 bulan terakhir. Padahal teman saya melakukan transaksi 5 bulan yang lalu, sehingga mau tidak mau, teman saya datang ke kantor cabang bank.

Perjuangan Menembus Kemacetan, Demi Cetak Rekening Koran

Menembus kemacetan Jakarta dengan perjalanan selama 30 menit, sesampainya di kantor cabang, masih harus menunggu antrian selama 30 menit, sampai dilayani petugas customer service. Pada akhirnya teman saya dilayani untuk proses cetak rekening koran.

Proses verifikasi data hingga teman saya memdapatkan lembaran rekening koran berlangsung selama 15 menit. Berbekal lembaran rekening koran, teman saya bisa menunjukan bukti, bahwa benar beberapa bulan lalu transaksi transfer berhasil dilakukan. Kemudian teman saya, kembali ke kantornya dan menempuh waktu perjalanan 30 menit lagi.

Kemacetan Jalanan Jakarta

Bayangkan berapa lama "waktu yang terbuang", hanya untuk mendapatkan mendapatkan data mutasi transaksi 5 bulan yang lalu. Mulai dari perjalanan ke kantor cabang, proses menunggu antrian, proses pelayanan petugas Customer Service, dan perjalanan kembali ke kantor.

Andaikan bank yang digunakan teman saya, memberikan fitur yang memudahkan nasabah mendapatkan informasi transaksi lebih dari tiga bulan terakhir. Tentu teman saya, tak perlu repot untuk datang ke kantor cabang bank.

Perkenalan Awal dengan PermataMobile X dari PermataBank

Sampai pada suatu waktu, saya datang ke acara peluncuran aplikasi PermataMobile X pada bulan Agustus, saya dibuat kagum dengan berbagai fitur yang keren. Saat saya berkenalan dengan aplikasi PermataMobile X dari PermataBank, salah satu fitur yang menarik bagi saya, kemudahan akses data mutasi transaksi hingga 12 bulan terakhir dan kemudahan berbagai bukti transaksi.




Sesuai dengan kutipan pada video aplikasi PermataMobile X di channel YouTube PermataBank "Jangan sampai ada waktu terbuang, saat mengatur uang". Andaikan teman saya nasabah PermataBank, cukup melalui aplikasi PermataMobile X saja untuk bisa mendapatkan data transaksi perbankan 5 bulan terakhir. Tidak perlu sampai repot-repot, menghabiskan waktu datang ke kantor cabang.

Fitur Berlimpah PermataMobile X yang Memudahkan Transaksi

Kemudahan akses transaksi hingga 12 bulan terakhir dan kemudahan pengiriman bukti transaksi, hanyalah salah satu dari berbagai fitur utama. Terdapat  lebih dari 200 fitur pada aplikasi PermataMobile X yang memberikan kemudahan dalam bertransaksi perbankan.



PermataMobile X hadir sebagai inovasi perbankan digital dari PermataBank. Ada makna tersendiri dari huruf "X' pada nama aplikasi PermataMobile X. PermataBank menawarkan "Elevated Experience" kepada nasabah, sehingga mendapatkan pengalaman menyengkan saat bertransaksi perbankan, lebih mudah, cepat, dan dapat diandalkan.

Konsep "Clear Design" yang Kekinian dan Nyaman Dilihat

Kesan pertama saat membuka aplikasi PermataMobile X terlihat desain yang keren. Pada sisi keamanan patut diapresiasi dengan pilihan keamanan untuk logim: memasukan password, menggunakan fingerprint, dan Face ID (pada iPhone X). Setelah berhasil login, terlihat langsung jumlah saldo dan menu transaksi yang sering digunakan.



Saat menekan icon pada pojok kiri atas, PermataMobile X menampilkan berbagai jenis tabungan yang saya miliki. Fitur yang disebut Single Customer View memberikan informasi secara lengkap. Jika memiliki rekening giro, deposito, reksa dana, dan obligasi, maka akan ditampilkan semua akun pada PermataBank dalam satu layar.



Pada sisi konsep "Clean Design" pada PermataMobile X patut diacungi jempol. Tampilan yang simple dengan pemilihan warna putih sebagai latar belakang putih, sedangkan pada icon-icon menu menggunakan kombinasi warna hijau dan putih.

Kemudahan dan Kenyaman Transkasi Transfer dengan PermataMobile X

Pada menu transfer, terdapat pilihan transfer ke bank dan transfer nomor handphone. Fitur yang cukup keren, kirim uang ke teman tanpa perlu mengetahui nomor rekeningnya.


Saat melakukan transaksi transfer, ada pilihan transfer terjadwal dan berkala. Fitur yang membantu kita, sehingga terhindar dari lupa melakukan transaksi rutin, seperti transfer rutin ke ke anggota keluarga.




Proses transfer berjalan cukup lancar dan mudah, proses verifikasi transaksi menggunakan kode OTP yang dikirimkan melalui SMS. Usai transaksi berhasil dilakukan, pada pilihan untuk Share Receipt dan Simpan sebagai Favorit.





Dengan fitur "Simpan Transaksi Favorit,  jika ingin melakukan transaksi, contohnya transfer ke nomor rekening yang sama. Maka akan tampil pilihan rekening yang difavotikan, hal ini akan mempercepat proses transkasi, tanpa perlu memasukan kembali nomor rekening penerima kembali pada transaksi seterusnya.


Tak hanya itu, bukti dari setiap transaksi yang dilakukan melalui fitur "Share Receipt" yang bisa dikirimkan dengan cepat melalui WhatsApp, LINE, SMS, dan email kepada orang yang diinginkan. Fitur Share Receipt pada aplikasi PermataMobile X yang memudahkan pengiriman bukti transaksi.



Berbagai Fitur-Fitur Unggulan PermataMobile X

Fitur cukup unik dan baru pertama kali saya temui pada aplikasi mobile banking, fitur bernama "Peaking" atau Intip Saldo pada aplikasi PermataMobile X, memungkinkan nasabah PertamaBank mengetahui saldo rekening, tanpa perlu melakukan login aplikasi. PermataBank memang memahami nasabahnya, apalagi menjelang tanggal gajian, frekuensi melakukan cek saldo akan meningkat.





Bahkan proses untuk menjadi nasabah PertamaBank, caranya cukup mudah. Proses pembukaan rekening PermataMe bisa dilakukan melalui PermataMobile X, cukup isi data-data pribadi, lakukan verifikasi data-data via video call, dan kartu ATM akan dikirimkan.

Jika sudah menjadi nasabah PermataBank, tetapi ingin membuka rekening tabungan, rekening Giro atau mengajukan kartu kredit, mudah dilakukan melalui menu PermataStore. Tak hanya itu saja proses pembelian dan penjualan Reksa Dana dan Obligasi bisa dilakukan, kapan pun dan di manapun.

Tak berhenti di situ saja, fitur tarik tunai di ATM PermataBank tanpa kartu ATM juga menarik bagi saja. Tidak perlu cemas lagi, saat kejadian dompet tertinggal di rumah dengan fitur Mobile Cash pada aplikasi PermataMobile X. Cukup masukan nominal uang yang ingin ditarik, verifikasi transaksi dengan kode OTP, dan SMS berisikan kode tarik tunai akan diterima.




Kesimpulan:

Inovasi PertamaBank melalui aplikasi PermataMobile X menghadirkan pengalaman transaksi perbankan yang lebih mudah, cepat, dan bisa diandalkan. Tanpa perlu ada waktu terbuang, saat mengurus uang (bertransaksi) melalui pengalaman transaksi yang menyenangkan dengan PermataMobile X, inovasi dari PermataBank.

Komentar

  1. dunia makin cangih, saya suka dengna perkembangan jaman...
    nice

    BalasHapus
  2. Saya menggunakan Permata mobile sudah lama sekali, bahkan sejak sebelum ada mobile x, aktivitas transkasi berjalan lancar dan aman.

    Hingga suatu ketika saya lakukan transkasi ke seorang teman dan saya share receipt nya, dia masih meminta bukti yang ada tulisannya BERHASIL, (seperti bank-bank conventinal lain)
    Disini saya bingung harus ngasih apa, karena bukti yang saya share baginya belum cukup, dan sepertinya dia masih check rekening cara manual ke ATM.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Transfer Berbeda Bank, Tak Kunjung Sampai? Bisa Jadi Ini Penyebabnya

Proses transfer berbeda bank berapa lama ya? Pertanyaan yang kerap kali ditanyakan kepada saya. Terlebih bagi freelancer termasuk saya, momen menunggu pembayaran dari pemberi kerja adalah momen menegangkan. Kabar dari bagian keuangan perihal dimulai proses pembayaran, bagaikan menemukan oase di tengah padang gurun yang gersang. Namun, setelah ditunggu-tunggu seraya, memerika mutasi rekening. Kerapkali berujung pada di-PHP-in. Katanya sudah ditransfer, kok belum masuk juga ya? Jangan-jangan bagian keuangannya belum memproses. Perasaan menjadi gundah gulana dan galau, tagihan sudah "mengantri" untuk dibayarkan. Namun, apa daya saldo di rekening tabungan belum bertambah. Sampai suatu hari, saya mengujungi salah bank yang ada di Mal Kota Kasablanka. Untuk melakukan pencetakan buku tabungan. Saya masuk ke bank, satpam meminta saya mengambil nomor antrian. Saya duduk dan menunggu nomor dipanggil. Tiba saat nomor antrian saya dipanggil, saya menuju petugas teller. Saya se

Mencoba Kartu Flazz BCA JakLingko, Tarif Rp5.000 Transjakarta dalam Tiga Jam

Akhirnya tersedia juga kartu Flazz BCA edisi JakLingko. Untuk yang belum tahu, sistem JakLingko memberikan tarif penggunaan Transjakarta maksimal Rp5.000 dalam tiga jam. Selain Flazz BCA sebelumnya sudah tersedia kartu JakLingko kerjasama dengan bank lainnya. Kartu JakLingko Flazz BCA Selain dapat digunakan pada bus Transjakarta, kartu JakLingko dapat digunakan pada angkot atau mikrotrans di Jakarta. Tinggal tap in dan tap out pada alat tap.  Untuk mendapatkan kartu JakLingko Flazz BCA, saya menemukannya tersedia pada vending machine. Harga kartu Flazz BCA JakLingko sebesar Rp40ribu dengan isi saldo Rp15ribu. Pembayaran dapat dilakukan dengan scan QRIS dan uang tunai. Perjalanan saya dimulai dari Kota Tangerang menuju Jakarta menggunakan bus tujuan Poris-Bundaran Senayan. Durasi perjalanan berlangsung sekitar satu jam. Saya turun di halte Gelora Bung Karno, kemudian naik bus tujuan Kota dan turun di halte Bendungan Hilir. Perjalanan berlangsung sekitar sepuluh menit. Saat tap out dike

Apa Perbedaan Tahapan dan Tahapan Expresi?

Tahapan dan Tahapan BCA keduanya produk rekening Tabungan BCA. Namun apa saja perbedaan antara Tahapan dan Tahapan Expresi? Setelah saya mencari-cari informasi dari berbagai sumber, ini dia ternyata perbedaan rekening Tahapan dan Tahapan Expresi: 1. Setoran Awal Setoran awal Tahapan BCA minimal 500 ribu (lumayan besar ya) dan Tahapan Xpresi minimal 50 ribu ( ini lebih sesuai dengan kantong). 2. Jenis Kartu ATM yang Diberikan Kartu ATM Tahapan tersedia dalam 3 (tiga) pilihan, yaitu: Silver, Gold dan Platinum. Setiap kartu berbeda limit transaksinya. Kalau Tahapan Xpresi BCA kartu ATMnya terdiri dari berbagai pilihan multidesain dan juga bisa menggunakan foto pribadi. Kan seru nih kartu ATMnya ada foto sama teman, keluarga atau pacar (abaikan yang terakhir). Saat ini baru bisa pakai desain multidesain di cabang tertentu dan My BCA. Kalau pakai kartu ATM Tahapan Xpresi pernah mau pakai bayar di kasir supermarket dan kartunya ditolak. Katanya sih desain kartunya kok beda, setela