Langsung ke konten utama

Setelah Sebulan Menggunakan OPPO Reno3


OPPO Reno seri smartphone yang diperkenalkan oleh OPPO sejak tahun 2019, smartphone dengan inovasi yang cukup membuat saya kagum dan takjub. Mulai dari seri Reno dan Reno 10x Zoom, dilanjutkan seri Reno2 dan Reno2 F, dan pada Maret 2020 diperkenalkan seri OPPO Reno3.


Diperkenalkan dengan harga OPPO Reno semakin terjangkau, OPPO Reno diperkenalkan dengan harga Rp 5.199.000. Adanya berbagai fitur unggulan, salah satunya kamera belakangnya mampu menghasilkan foto hingga 108 MP dan kamera depan 48 MP dengan Night Mode.

Saya akhirnya memutuskan untuk menggunakan OPPO Reno3 sejak akhir bulan Maret 2020. Tak terasa sebulan berlalu mengggunakan OPPO Reno3 cukup memuaskan, saat dipegang cukup ringan dan enak untuk digenggam tangan. Ada beberapa hal menarik selama saya menggunakan OPPO Reno3 sebulan terakhir.

A. Desain dan Tampilan

Sekilas melihat Oppo Reno 3 tampil warna hitam yang elegan, varian desain Midnight Black. Tak seperti pada desain smartphone pada umumnya yang bermotif pelangi. Namun, ada juga varian Aurora Blue bagi yang menyukai warna gradasi.
Terlihat bezel pada bagian depan cukup tipis, terlihat pada bagian bawah. Namun, hal itu tak mengurangi sisi elegan OPPO Reno3.


OPPO Reno3 sudah menggunakan layar AMOLED dengan rate 60 Hz, ukuran layar 6,4 inchi dengan resolusi Full High Definition ( 1080 x 2400 piksel) dengan rasio 20:9. Tampilannya yang cukup memanjakan mata saat digunakan. OPPO Reno3 sudah menggunakan sistem operasi Color OS 7 berbasis Android 10, tanpa apps drawer.


Terdapat satu kamera depan dengan resolusi 44MP dengan Night Mode, pada bagian bawah jack audio 3.5mm, speaker, dan port USB Type C. Posisi sensor fingerprint berada di dalam layar yang cukup cepat cepat dalam membuka kunci layar.

B. Spesifikasi Hardware

Oppo Reno3 memiliki kapasitas penyimpanan yang cukup besar, memori internal 128GB dan RAM 8GB sebesar RAM. Performa OPPO Reno3 didukung System on Chip (SoC) MediaTek Helio P90 yang memberikan pengalaman penggunaan yang dapat diandalkan dan nyaman. Berdasarkan hasil Antutu Benchmark mencapai angka 190ribuan poin.




C. Baterai dan VOOC Flash Charge

Oppo Reno 3 dibekali dengan kapasitas baterai 4.025 mAh yang mendukung teknologi pengisian cepat VOOC Flash Charge. Proses pengisian baterai dari 20% ke 100% hanya berlangsung sekitar satu jam lebih. Dalam paket penjualan tersedia charger dengan output 5V dan 4A.

Pengisian VOOC Flash Charge pada OPPO Reno3
Pengisian VOOC Flash Charge pada OPPO Reno3


D.  Kamera dan Hasil Gambar

Sektor kamera menjadi keunggulan Oppo Reno 3, terdapat empat kamera pada bagian belakang: kamera utama 48 MP (f/1.79 wide) dengan Ultra Night Mode, kamera ultrawide 8 MP (f/2.2), 13 MP Telephoto 2x optical/5x hybrid zoom (F/2.4) , dan 2 MP (f/2.4 depth). Pada kamera 48 MP mendukung pengambilan foto dengan resolusi 108 MP melalui Expert Mode pada menu kamera untuk menghasilkan foto yang lebih detail.







Terdapat juga satu kamera pada bagian depan dengan resolusi 44 MP (f/2.4) yang dengan Ultra Night Mode. Sehingga mampu mengabadikan momen foto selfie dalam keadaan minim cahaya terlebih pada malam hari.

Pada sisi perekaman video didukung fitur Ultra Steady Video 2.0 yang membuat pengambilan video menjadi lebih stabil. Resolusi video yang dihasilkan mendukung hingga 4K dan mendukung video zoom.

E. Kesimpulan

OPPO Reno3 hadir sebagai smartphone penerus OPPO Reno2 F untuk pengguna pekerja profesional. Keunggulan pada kamera OPPO Reno3 tak perlu diragukan, hasilnya detail dan tetap bagus dalam keadaan minim cahaya. 

Didukung performa hardware yang mumpuni, kapasitas memori internal dan RAM dan fitur pengisian cepat VOOC 4.0 akan menghadirkan kenyamanan penggunaan tersendiri. OPPO Reno3 desainnya elegan dan enak digenggam tangan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Transfer Berbeda Bank, Tak Kunjung Sampai? Bisa Jadi Ini Penyebabnya

Proses transfer berbeda bank berapa lama ya? Pertanyaan yang kerap kali ditanyakan kepada saya. Terlebih bagi freelancer termasuk saya, momen menunggu pembayaran dari pemberi kerja adalah momen menegangkan. Kabar dari bagian keuangan perihal dimulai proses pembayaran, bagaikan menemukan oase di tengah padang gurun yang gersang. Namun, setelah ditunggu-tunggu seraya, memerika mutasi rekening. Kerapkali berujung pada di-PHP-in. Katanya sudah ditransfer, kok belum masuk juga ya? Jangan-jangan bagian keuangannya belum memproses. Perasaan menjadi gundah gulana dan galau, tagihan sudah "mengantri" untuk dibayarkan. Namun, apa daya saldo di rekening tabungan belum bertambah. Sampai suatu hari, saya mengujungi salah bank yang ada di Mal Kota Kasablanka. Untuk melakukan pencetakan buku tabungan. Saya masuk ke bank, satpam meminta saya mengambil nomor antrian. Saya duduk dan menunggu nomor dipanggil. Tiba saat nomor antrian saya dipanggil, saya menuju petugas teller. Saya se

Mencoba Kartu Flazz BCA JakLingko, Tarif Rp5.000 Transjakarta dalam Tiga Jam

Akhirnya tersedia juga kartu Flazz BCA edisi JakLingko. Untuk yang belum tahu, sistem JakLingko memberikan tarif penggunaan Transjakarta maksimal Rp5.000 dalam tiga jam. Selain Flazz BCA sebelumnya sudah tersedia kartu JakLingko kerjasama dengan bank lainnya. Kartu JakLingko Flazz BCA Selain dapat digunakan pada bus Transjakarta, kartu JakLingko dapat digunakan pada angkot atau mikrotrans di Jakarta. Tinggal tap in dan tap out pada alat tap.  Untuk mendapatkan kartu JakLingko Flazz BCA, saya menemukannya tersedia pada vending machine. Harga kartu Flazz BCA JakLingko sebesar Rp40ribu dengan isi saldo Rp15ribu. Pembayaran dapat dilakukan dengan scan QRIS dan uang tunai. Perjalanan saya dimulai dari Kota Tangerang menuju Jakarta menggunakan bus tujuan Poris-Bundaran Senayan. Durasi perjalanan berlangsung sekitar satu jam. Saya turun di halte Gelora Bung Karno, kemudian naik bus tujuan Kota dan turun di halte Bendungan Hilir. Perjalanan berlangsung sekitar sepuluh menit. Saat tap out dike

Apa Perbedaan Tahapan dan Tahapan Expresi?

Tahapan dan Tahapan BCA keduanya produk rekening Tabungan BCA. Namun apa saja perbedaan antara Tahapan dan Tahapan Expresi? Setelah saya mencari-cari informasi dari berbagai sumber, ini dia ternyata perbedaan rekening Tahapan dan Tahapan Expresi: 1. Setoran Awal Setoran awal Tahapan BCA minimal 500 ribu (lumayan besar ya) dan Tahapan Xpresi minimal 50 ribu ( ini lebih sesuai dengan kantong). 2. Jenis Kartu ATM yang Diberikan Kartu ATM Tahapan tersedia dalam 3 (tiga) pilihan, yaitu: Silver, Gold dan Platinum. Setiap kartu berbeda limit transaksinya. Kalau Tahapan Xpresi BCA kartu ATMnya terdiri dari berbagai pilihan multidesain dan juga bisa menggunakan foto pribadi. Kan seru nih kartu ATMnya ada foto sama teman, keluarga atau pacar (abaikan yang terakhir). Saat ini baru bisa pakai desain multidesain di cabang tertentu dan My BCA. Kalau pakai kartu ATM Tahapan Xpresi pernah mau pakai bayar di kasir supermarket dan kartunya ditolak. Katanya sih desain kartunya kok beda, setela