Langsung ke konten utama

Pilah Pilih Perusahaan Sekuritas untuk Investasi Saham

Pilihan perusahaan sekuritas yang bagus cukup sering ditanyakan oleh beberapa teman. Mengingat ada puluhan perusahaan sekuritas di Indonesia, tetapi manakah perusahaan sekuritas yang cocok untuk seseorang yang masih belajar untuk berinvestasi? 

Memilih Perusahaan Sekuritas untuk Investasi Saham
Memilih Perusahaan Sekuritas untuk Investasi Saham


Melalui tulisan ini, saya akan berbagai cerita pengalaman dalam proses membuka akun di beberapa sekuritas dan beberapa keunggulannya:

1. Mirae Asset Sekuritas (YP)

Mirae Asset Sekuritas merupakan perusahaan sekuritas dengan jumlah transaksi terbesar saat ini. Mirae Asset Sekuritas Indonesia merupakan bagian dari Mirae Asset Daewoo Group (Korea Selatan).

Pertimbangan saya dalam memilih Mirae Asset Sekuritas, karena fee transaksinya yang cukup rendah (fee beli 0,15% dan fee jual 0,25%. Selain itu mendapatkan fasilitas harga saham realtime secara gratis.

Pembukaan akun saham secara online, jika memiliki rekening BCA dan memilih RDN BCA. Jika tidak punya rekening BCA, ada pilihan Bank RDN (Rekening Dana Nasabah) cukup beragam: RDN Bank Mandiri, RDN CIMB Niaga, dan RDN Bank Permata. Hanya saja selain RDN BCA, masih perlu kirim dokumen fisik ke kantor cabang Mirae Asset Sekuritas.

Saat saya membuka akun Mirae Asset Sekuritas, perlu waktu sekitar 7 hari sampai akhirnya akun jadi dan bisa digunakan untuk bertransaksi. (Saya memiliki rekening BCA dan memilih RDN BCA). Perihal setoran awal minimal sebesar Rp10juta. Namun, jika membuka akun saat ada acara Sekolah Pasar Modal (SPM) setoran awalnya bisa menjadi minimal Rp100ribu

Transaksi beli, jual, dan analis saham pada Mirae Asset Sekuritas menggunakan aplikasi HOTS (pada laptop/PC) dan Neo HOTS Mobile (pada smartphone).Secara keseluruhan saya cukup puas dengan layanan dari Mirae Asset Sekuritas  Ada grup nasabah dengan staf marketing, sehingga baik sesama nasabah dan staf marketing bisa berbagi informasi. 

Aplikasi Neo HOTS Mirae Asset Sekuritas


Informasi tersebut bisa menjadi pertimbangan dalam berinvestasi saham. Selain itu juga sering ada webinar dengan beberapa perusahaan, membahas kinerja perusahaan dan sesi tanya jawab investor kepada manajemen perusahaan.


2. Indo Premier Sekuritas (PD)

Indo Premier Sekuritas merupakan salah satu sekuritas ritel yang cukup populer, karena setoran awalnya terjangkau mulai dari Rp100ribu saja.  Hanya saja fee transaksi lumayan besar, fee beli 0,19% dan fee jual 0,29%. Selain itu untuk fasilitas tampilan harga saham secara realtime dikenakan biaya bulanan sebesar Rp33.000.

Pembukaan akun saham secara online, jika memiliki rekening BCA akan mendapatkan RDN BCA. Jika memiliki rekening selain rekening Bank BCA, maka akan mendapatkan RDN Bank Permata. Saat saya membuka akun Indo Premier Sekuritas memerlukan waktu sekitar satu hari kerja. Baru akunnya sudah jadi dan bisa digunakan untuk bertransaksi saham. 

Setoran awal minimal hanya Rp100.000 saja. Transaksi beli, jual, dan analisis saham pada Indo Premier Sekuritas menggunakan aplikasi IPOT on Windows (pada laptop/PC) dan Aplikasi IPOT (pada smartphone).

Aplikasi IPOT Indo Premier Sekuritas


Secara keseluruhan Indo Premier layanannya cukup bagus. Sering ada kelas dan webinar edukasi secara rutin. Hanya saja terkadang saya kesulitan untuk login pada awal jam perdagangan saham. 


3. Ajaib Sekuritas (XC)

Ajaib Sekuritas merupakan sekuritas yang mulai populer sejak tahun 2020. Cukup sering dibahas di media sosial, setelah saya mencari tahu Ajaib Sekuritas dahulu bernama Primasia Unggul Sekuritas. Sejak diakusisi oleh Ajaib Techonolgies pada Mei 2020, kemudian berganti nama menjadi Ajaib Sekuritas. Pada awal tahun 2021 Ajaib Sekuritas menjadikan aktor Kim Seon Ho pemeran tokoh Han Ji-pyeong pada film Start-Up sebagai brand ambassador.

Fee transaksi Ajaib Sekuritas untuk transaksi beli sebesar 0,15% dan fee transaksi jual sebesar 0,25%. Hanya saja tampilan harga saham yang tampil delay 10-15 menit, jika transaksi bulanan <25 juta. Pembukaan akun saham secara online dan baru tersedia RDN Bank Permata. Kabarnya pada tahun 2021 akan ada pilihan RDN BCA, tetapi masih dalam pengembangan.

Saat saya membuka akun Ajaib Sekuritas memerlukan waktu sekitar satu hari kerja. Baru akunnya sudah jadi dan bisa digunakan untuk bertransaksi saham. Selain itu tidak ada syarat minimun untuk setoran awal. Tranaksi beli, jual, dan analisis saham menggunakan aplikasi Ajaib pada smartphone.

Aplikasi Ajaib Sekuritas


Sering ada sesi IG Live pada akun Instragram dengan analis dari Ajaib Sekuritas pada hari Senin, Rabu, dan Jumat. Terkadang juga ada edukasi dengan komunitas atau praktisi investasi yang sifatnya tidak rutin.


Komentar

  1. Wahh aku baru tau kalo Indopremier ada biaya bulanan buat tampilan harga saham secara realtime. Bukannya free ya? Kok aku gak pernah ditagih ya?

    BalasHapus
  2. Makasih infonya koko Giovani,jadi dapwt ilmu soalan saham nih,makasih ya.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Transfer Berbeda Bank, Tak Kunjung Sampai? Bisa Jadi Ini Penyebabnya

Proses transfer berbeda bank berapa lama ya? Pertanyaan yang kerap kali ditanyakan kepada saya. Terlebih bagi freelancer termasuk saya, momen menunggu pembayaran dari pemberi kerja adalah momen menegangkan. Kabar dari bagian keuangan perihal dimulai proses pembayaran, bagaikan menemukan oase di tengah padang gurun yang gersang. Namun, setelah ditunggu-tunggu seraya, memerika mutasi rekening. Kerapkali berujung pada di-PHP-in. Katanya sudah ditransfer, kok belum masuk juga ya? Jangan-jangan bagian keuangannya belum memproses. Perasaan menjadi gundah gulana dan galau, tagihan sudah "mengantri" untuk dibayarkan. Namun, apa daya saldo di rekening tabungan belum bertambah. Sampai suatu hari, saya mengujungi salah bank yang ada di Mal Kota Kasablanka. Untuk melakukan pencetakan buku tabungan. Saya masuk ke bank, satpam meminta saya mengambil nomor antrian. Saya duduk dan menunggu nomor dipanggil. Tiba saat nomor antrian saya dipanggil, saya menuju petugas teller. Saya se

Mencoba Kartu Flazz BCA JakLingko, Tarif Rp5.000 Transjakarta dalam Tiga Jam

Akhirnya tersedia juga kartu Flazz BCA edisi JakLingko. Untuk yang belum tahu, sistem JakLingko memberikan tarif penggunaan Transjakarta maksimal Rp5.000 dalam tiga jam. Selain Flazz BCA sebelumnya sudah tersedia kartu JakLingko kerjasama dengan bank lainnya. Kartu JakLingko Flazz BCA Selain dapat digunakan pada bus Transjakarta, kartu JakLingko dapat digunakan pada angkot atau mikrotrans di Jakarta. Tinggal tap in dan tap out pada alat tap.  Untuk mendapatkan kartu JakLingko Flazz BCA, saya menemukannya tersedia pada vending machine. Harga kartu Flazz BCA JakLingko sebesar Rp40ribu dengan isi saldo Rp15ribu. Pembayaran dapat dilakukan dengan scan QRIS dan uang tunai. Perjalanan saya dimulai dari Kota Tangerang menuju Jakarta menggunakan bus tujuan Poris-Bundaran Senayan. Durasi perjalanan berlangsung sekitar satu jam. Saya turun di halte Gelora Bung Karno, kemudian naik bus tujuan Kota dan turun di halte Bendungan Hilir. Perjalanan berlangsung sekitar sepuluh menit. Saat tap out dike

Apa Perbedaan Tahapan dan Tahapan Expresi?

Tahapan dan Tahapan BCA keduanya produk rekening Tabungan BCA. Namun apa saja perbedaan antara Tahapan dan Tahapan Expresi? Setelah saya mencari-cari informasi dari berbagai sumber, ini dia ternyata perbedaan rekening Tahapan dan Tahapan Expresi: 1. Setoran Awal Setoran awal Tahapan BCA minimal 500 ribu (lumayan besar ya) dan Tahapan Xpresi minimal 50 ribu ( ini lebih sesuai dengan kantong). 2. Jenis Kartu ATM yang Diberikan Kartu ATM Tahapan tersedia dalam 3 (tiga) pilihan, yaitu: Silver, Gold dan Platinum. Setiap kartu berbeda limit transaksinya. Kalau Tahapan Xpresi BCA kartu ATMnya terdiri dari berbagai pilihan multidesain dan juga bisa menggunakan foto pribadi. Kan seru nih kartu ATMnya ada foto sama teman, keluarga atau pacar (abaikan yang terakhir). Saat ini baru bisa pakai desain multidesain di cabang tertentu dan My BCA. Kalau pakai kartu ATM Tahapan Xpresi pernah mau pakai bayar di kasir supermarket dan kartunya ditolak. Katanya sih desain kartunya kok beda, setela