Minggu, 31 Januari 2021

Pilah Pilih Perusahaan Sekuritas untuk Investasi Saham

Pilihan perusahaan sekuritas yang bagus cukup sering ditanyakan oleh beberapa teman. Mengingat ada puluhan perusahaan sekuritas di Indonesia, tetapi manakah perusahaan sekuritas yang cocok untuk seseorang yang masih belajar untuk berinvestasi? 

Memilih Perusahaan Sekuritas untuk Investasi Saham
Memilih Perusahaan Sekuritas untuk Investasi Saham


Melalui tulisan ini, saya akan berbagai cerita pengalaman dalam proses membuka akun di beberapa sekuritas dan beberapa keunggulannya:

1. Mirae Asset Sekuritas (YP)

Mirae Asset Sekuritas merupakan perusahaan sekuritas dengan jumlah transaksi terbesar saat ini. Mirae Asset Sekuritas Indonesia merupakan bagian dari Mirae Asset Daewoo Group (Korea Selatan).

Pertimbangan saya dalam memilih Mirae Asset Sekuritas, karena fee transaksinya yang cukup rendah (fee beli 0,15% dan fee jual 0,25%. Selain itu mendapatkan fasilitas harga saham realtime secara gratis.

Pembukaan akun saham secara online, jika memiliki rekening BCA dan memilih RDN BCA. Jika tidak punya rekening BCA, ada pilihan Bank RDN (Rekening Dana Nasabah) cukup beragam: RDN Bank Mandiri, RDN CIMB Niaga, dan RDN Bank Permata. Hanya saja selain RDN BCA, masih perlu kirim dokumen fisik ke kantor cabang Mirae Asset Sekuritas.

Saat saya membuka akun Mirae Asset Sekuritas, perlu waktu sekitar 7 hari sampai akhirnya akun jadi dan bisa digunakan untuk bertransaksi. (Saya memiliki rekening BCA dan memilih RDN BCA). Perihal setoran awal minimal sebesar Rp10juta. Namun, jika membuka akun saat ada acara Sekolah Pasar Modal (SPM) setoran awalnya bisa menjadi minimal Rp100ribu

Transaksi beli, jual, dan analis saham pada Mirae Asset Sekuritas menggunakan aplikasi HOTS (pada laptop/PC) dan Neo HOTS Mobile (pada smartphone).Secara keseluruhan saya cukup puas dengan layanan dari Mirae Asset Sekuritas  Ada grup nasabah dengan staf marketing, sehingga baik sesama nasabah dan staf marketing bisa berbagi informasi. 

Aplikasi Neo HOTS Mirae Asset Sekuritas


Informasi tersebut bisa menjadi pertimbangan dalam berinvestasi saham. Selain itu juga sering ada webinar dengan beberapa perusahaan, membahas kinerja perusahaan dan sesi tanya jawab investor kepada manajemen perusahaan.


2. Indo Premier Sekuritas (PD)

Indo Premier Sekuritas merupakan salah satu sekuritas ritel yang cukup populer, karena setoran awalnya terjangkau mulai dari Rp100ribu saja.  Hanya saja fee transaksi lumayan besar, fee beli 0,19% dan fee jual 0,29%. Selain itu untuk fasilitas tampilan harga saham secara realtime dikenakan biaya bulanan sebesar Rp33.000.

Pembukaan akun saham secara online, jika memiliki rekening BCA akan mendapatkan RDN BCA. Jika memiliki rekening selain rekening Bank BCA, maka akan mendapatkan RDN Bank Permata. Saat saya membuka akun Indo Premier Sekuritas memerlukan waktu sekitar satu hari kerja. Baru akunnya sudah jadi dan bisa digunakan untuk bertransaksi saham. 

Setoran awal minimal hanya Rp100.000 saja. Transaksi beli, jual, dan analisis saham pada Indo Premier Sekuritas menggunakan aplikasi IPOT on Windows (pada laptop/PC) dan Aplikasi IPOT (pada smartphone).

Aplikasi IPOT Indo Premier Sekuritas


Secara keseluruhan Indo Premier layanannya cukup bagus. Sering ada kelas dan webinar edukasi secara rutin. Hanya saja terkadang saya kesulitan untuk login pada awal jam perdagangan saham. 


3. Ajaib Sekuritas (XC)

Ajaib Sekuritas merupakan sekuritas yang mulai populer sejak tahun 2020. Cukup sering dibahas di media sosial, setelah saya mencari tahu Ajaib Sekuritas dahulu bernama Primasia Unggul Sekuritas. Sejak diakusisi oleh Ajaib Techonolgies pada Mei 2020, kemudian berganti nama menjadi Ajaib Sekuritas. Pada awal tahun 2021 Ajaib Sekuritas menjadikan aktor Kim Seon Ho pemeran tokoh Han Ji-pyeong pada film Start-Up sebagai brand ambassador.

Fee transaksi Ajaib Sekuritas untuk transaksi beli sebesar 0,15% dan fee transaksi jual sebesar 0,25%. Hanya saja tampilan harga saham yang tampil delay 10-15 menit, jika transaksi bulanan <25 juta. Pembukaan akun saham secara online dan baru tersedia RDN Bank Permata. Kabarnya pada tahun 2021 akan ada pilihan RDN BCA, tetapi masih dalam pengembangan.

Saat saya membuka akun Ajaib Sekuritas memerlukan waktu sekitar satu hari kerja. Baru akunnya sudah jadi dan bisa digunakan untuk bertransaksi saham. Selain itu tidak ada syarat minimun untuk setoran awal. Tranaksi beli, jual, dan analisis saham menggunakan aplikasi Ajaib pada smartphone.

Aplikasi Ajaib Sekuritas


Sering ada sesi IG Live pada akun Instragram dengan analis dari Ajaib Sekuritas pada hari Senin, Rabu, dan Jumat. Terkadang juga ada edukasi dengan komunitas atau praktisi investasi yang sifatnya tidak rutin.


1 komentar:

  1. Wahh aku baru tau kalo Indopremier ada biaya bulanan buat tampilan harga saham secara realtime. Bukannya free ya? Kok aku gak pernah ditagih ya?

    BalasHapus