Jumat, 11 Juni 2021

Mudahnya Membuka Rekening Tabungan Bank Mandiri secara Online

Pembukaan rekening Bank Mandiri dahulu hanya bisa dilakukan di kantor cabang. Namun, seiring perkembangan zaman. Kini sudah ada alternatif pilihan, yaitu pembukaan rekening secara online. Apalagi biaya administrasi dan kartu ATM hanya Rp7.000 per bulan.

Tabungan Mandiri Now dengan Kartu ATM Gold
Tabungan Mandiri Now dengan Kartu ATM Gold

Saya mencoba membuka rekening di Bank Mandiri secara online melalui website join.bankmandiri.co.id (disarankan menggunakan Google Chrome pada smartphone Android). Setelah itu pilih "Buat Rekening Baru". Sebelum melanjutkan kita perlu mempersiapkan KTP, NPWP, dan tanda tangan pada kertas putih. Lalu, pilih "Lanjut"


Mengenal Rekening Tabungan Mandiri NOW 

Maka akan tampil informasi produk tentang "Tabungan Mandiri NOW". (Jenis rekening ini tidak memberikan fasilitas buku tabungan).

-Setoran awal: Rp50.000
-Saldo minimum: Rp10.000
-Biaya administrasi rekening: Rp2.500 (mulai bulan ke-7)
-Biaya administrasi Kartu Mandiri Debit: Rp4.500 (Kartu ATM Gold)

Lalu, kita akan diberikan beberapa pilihan kartu ATM VISA Gold, GPN Gold, VISA Platinum, dan VISA Platinum. (Ada beberapa pilihan untuk mendapatkan kartu ATM, bisa dikirim ke rumah atau diambil ke kantor cabang. Kebetulan saya memilih pengambilan kartu ATM di kantor cabang, mengingat proses pengiriman kartu bisa berlangsung 7-14 hari kerja).

Proses Pembukaan Rekening Bank Mandiri secara Online

Setelah berikan persetujuan pada halaman syarat dan pernyataan pembukaan rekening. Kemudian pilih lanjut, masukan data diri dan upload dokumen yang diperlukan. Jika data sudah lengkap, maka akan sampai pada halaman untuk verifikasi data melalui video call dengan petugas Customer Service.

Proses verifikasi video call dengan Customer Service Bank Mandiri hanya dapat dilakukan setiap hari pada pukul 08.00 WIB - 21.00 WIB. Lalu, petugas Customer Service akan melakukan konfirmasi dan verifikasi data diri. Siapkan juga KTP, karena akan diminta berfoto dengan memegang KTP.

Jika data sudah sesuai dan disetujui oleh petugas. Maka proses pembukaan rekening tabungan Mandiri NOW, berlanjut ke tahap pembuatan tanda tangan digital menggunakan PrivyID. Maka nomor rekening Mandiri Tabungan NOW akan tampil pada layar, lalu segera lakukan setoran awal minimal Rp50ribu

Proses Pengambilan Kartu ATM Bank Mandiri

Berhubung saya memilih pengambilan kartu ATM di kantor cabang Bank Mandiri. Saya datang, membawa KTP dan siapkan email konfirmasi pembukaan rekening. Proses antrean di kantor cabang sekitar satu jam. Saat dipanggil oleh petugas customer service, saya diminta mengisi formulir. 

Lalu, diminta menyerahkan KTP dan email berisikan konfirmasi pembukaan rekening. (Siapkan meterai Rp10ribu untuk ditempelkan pada formulir). Setelah mengambil kartu ATM, saya diminta membuat PIN ATM di teller. Saya diinformasikan Kartu ATM bisa digunakan, sekitar 30 menit setelah PIN kartu ATM dibuat.


16 komentar:

  1. Era digital sungguh bikin segalanya makin gampilll, yak

    termasuk urusan dgn perbankan.
    udah makin mudah bgt secara digital, ga perlu antre berjam2 di teller/ CS kantor banknya. Asik, asiikk!

    BalasHapus
  2. Biaya administrasi rekening Rp2.500 (mulai bulan ke-7), ini yang sangat menarik dan jarang ada di bank yang lain. Karena biasanya skitar Rp. 5000 - Rp. 15.000 di bank² yang lainnya

    BalasHapus
  3. Lumayan juga antri ke CS nya ya, 1 jam. Kayaknya kalau aku lebih pilih nunggu ATM diantar ke rumah, meski malah lebih lama dari antri ke CS

    BalasHapus
  4. Sekarang bank2 sudah mulai memfasilitasi pembukaan rekening secara online. Sehingga sangat membantu dan memudahkan terutama bagi yang tinggalnya jauh dari kantor cabang.

    BalasHapus
  5. Baru tau nih saldo minimum di bank mandiri ternyata cuma 10 ribu ya. Biasanya di bank lain harus 50 ribu sih. Menarik juga buat buka atm baru lagi nih, mumpung daftarnya gak perlu ke bank.

    BalasHapus
  6. Sekarang masyarakat jadi lebih mudah untuk membuka rekening tabungan di bank ya. Soalnya bisa dilakukan secara online tanpa harus datang ke bank, lebih praktis.

    BalasHapus
  7. Wah bisa online juga ya di Mandiri skrng buka tabungannya? Btw koh aku kepoh bukannya saldo minimum di mandiri tu 100 rb ya? Tp kalau buka online ini minim saldonya 10 ribu aja? Atau ada perbedaan gtu minimun saldonya?

    BalasHapus
  8. Biayanya pembukaan hemat dan bisa siapa saja ya Ko
    aalagi untuk bulanannya ya. Murah banget ini sih termasuknya lo

    BalasHapus
  9. ahhhh senangnya kalau sudah bisa buka tabungan online. Ini memudahkan banget buat diriku yang susah keluar di jam kerja. tinggal di smartphone dengan jaringan lancar

    BalasHapus
  10. Perkembangan jaman yang semakin maju, sungguh memudahkan kita dalam beraktivitas, tak terkecuali dengan kegiatan menabung, terkhusus di Bank Mandiri. Ngomongin soal bank mandiri jadi ingat pperihal kartu atm mandiri saya masih belum memnggunakan chip, dan syukurnya sampai sekarang masih bisa digunakan dengan normal. Ya mungkin nanti kudu membuat jadwal ke bank, buat mengganti kartu atm mandiri yang memiliki chip.

    BalasHapus
  11. Makin kesini makin mudah aja..gaptek jaman swkaramf ketinggalan..gak tau belajar..., bikin rekening gak perlu ngantri..

    BalasHapus
  12. Wah sekarang lebih mudah ya kak. Anyway materai lumayan juga ya 10 ribu hehe. Noted jadi bisa siap2 materainya

    BalasHapus
  13. Eh kebetulan bgt aku mau buka rek baru khusus buat tab penridikan,biar gk tercampur sm rek lain, mudah bgt ya buatny
    Biaya adminny juga murah, saldo minimalpun bisa 10k

    BalasHapus
  14. Oh, meski pembukaan rekening secara online, tetap ada biaya adm ya..
    Hhehe...aku pikir jadi otomatis. Hanya mungkin kalau secara online begini, selain lebih mudah dan praktis, juga kalau mau fasilitas kartu, bisa dengan mudah ke cabang terdekat.

    BalasHapus
  15. Wah info bermanfaat sekali, soalnya kemarin buka rekening ke bank langsung antrenya lumayan pegel dan lama banget, kalau online lebih praktis ya, tinggal ambil aja

    BalasHapus