Langsung ke konten utama

Mudahnya Membuka Rekening Tabungan Bank Mandiri secara Online

Pembukaan rekening Bank Mandiri dahulu hanya bisa dilakukan di kantor cabang. Namun, seiring perkembangan zaman. Kini sudah ada alternatif pilihan, yaitu pembukaan rekening secara online. Apalagi biaya administrasi dan kartu ATM hanya Rp7.000 per bulan.

Tabungan Mandiri Now dengan Kartu ATM Gold
Tabungan Mandiri Now dengan Kartu ATM Gold

Saya mencoba membuka rekening di Bank Mandiri secara online melalui website join.bankmandiri.co.id (disarankan menggunakan Google Chrome pada smartphone Android). Setelah itu pilih "Buat Rekening Baru". Sebelum melanjutkan kita perlu mempersiapkan KTP, NPWP, dan tanda tangan pada kertas putih. Lalu, pilih "Lanjut"


Mengenal Rekening Tabungan Mandiri NOW 

Maka akan tampil informasi produk tentang "Tabungan Mandiri NOW". (Jenis rekening ini tidak memberikan fasilitas buku tabungan).

-Setoran awal: Rp50.000
-Saldo minimum: Rp10.000
-Biaya administrasi rekening: Rp2.500 (mulai bulan ke-7)
-Biaya administrasi Kartu Mandiri Debit: Rp4.500 (Kartu ATM Gold)

Lalu, kita akan diberikan beberapa pilihan kartu ATM VISA Gold, GPN Gold, VISA Platinum, dan VISA Platinum. (Ada beberapa pilihan untuk mendapatkan kartu ATM, bisa dikirim ke rumah atau diambil ke kantor cabang. Kebetulan saya memilih pengambilan kartu ATM di kantor cabang, mengingat proses pengiriman kartu bisa berlangsung 7-14 hari kerja).

Proses Pembukaan Rekening Bank Mandiri secara Online

Setelah berikan persetujuan pada halaman syarat dan pernyataan pembukaan rekening. Kemudian pilih lanjut, masukan data diri dan upload dokumen yang diperlukan. Jika data sudah lengkap, maka akan sampai pada halaman untuk verifikasi data melalui video call dengan petugas Customer Service.

Proses verifikasi video call dengan Customer Service Bank Mandiri hanya dapat dilakukan setiap hari pada pukul 08.00 WIB - 21.00 WIB. Lalu, petugas Customer Service akan melakukan konfirmasi dan verifikasi data diri. Siapkan juga KTP, karena akan diminta berfoto dengan memegang KTP.

Jika data sudah sesuai dan disetujui oleh petugas. Maka proses pembukaan rekening tabungan Mandiri NOW, berlanjut ke tahap pembuatan tanda tangan digital menggunakan PrivyID. Maka nomor rekening Mandiri Tabungan NOW akan tampil pada layar, lalu segera lakukan setoran awal minimal Rp50ribu

Proses Pengambilan Kartu ATM Bank Mandiri

Berhubung saya memilih pengambilan kartu ATM di kantor cabang Bank Mandiri. Saya datang, membawa KTP dan siapkan email konfirmasi pembukaan rekening. Proses antrean di kantor cabang sekitar satu jam. Saat dipanggil oleh petugas customer service, saya diminta mengisi formulir. 

Lalu, diminta menyerahkan KTP dan email berisikan konfirmasi pembukaan rekening. (Siapkan meterai Rp10ribu untuk ditempelkan pada formulir). Setelah mengambil kartu ATM, saya diminta membuat PIN ATM di teller. Saya diinformasikan Kartu ATM bisa digunakan, sekitar 30 menit setelah PIN kartu ATM dibuat.


Komentar

  1. Era digital sungguh bikin segalanya makin gampilll, yak

    termasuk urusan dgn perbankan.
    udah makin mudah bgt secara digital, ga perlu antre berjam2 di teller/ CS kantor banknya. Asik, asiikk!

    BalasHapus
  2. Biaya administrasi rekening Rp2.500 (mulai bulan ke-7), ini yang sangat menarik dan jarang ada di bank yang lain. Karena biasanya skitar Rp. 5000 - Rp. 15.000 di bank² yang lainnya

    BalasHapus
  3. Lumayan juga antri ke CS nya ya, 1 jam. Kayaknya kalau aku lebih pilih nunggu ATM diantar ke rumah, meski malah lebih lama dari antri ke CS

    BalasHapus
  4. Sekarang bank2 sudah mulai memfasilitasi pembukaan rekening secara online. Sehingga sangat membantu dan memudahkan terutama bagi yang tinggalnya jauh dari kantor cabang.

    BalasHapus
  5. Baru tau nih saldo minimum di bank mandiri ternyata cuma 10 ribu ya. Biasanya di bank lain harus 50 ribu sih. Menarik juga buat buka atm baru lagi nih, mumpung daftarnya gak perlu ke bank.

    BalasHapus
  6. Sekarang masyarakat jadi lebih mudah untuk membuka rekening tabungan di bank ya. Soalnya bisa dilakukan secara online tanpa harus datang ke bank, lebih praktis.

    BalasHapus
  7. Wah bisa online juga ya di Mandiri skrng buka tabungannya? Btw koh aku kepoh bukannya saldo minimum di mandiri tu 100 rb ya? Tp kalau buka online ini minim saldonya 10 ribu aja? Atau ada perbedaan gtu minimun saldonya?

    BalasHapus
  8. Biayanya pembukaan hemat dan bisa siapa saja ya Ko
    aalagi untuk bulanannya ya. Murah banget ini sih termasuknya lo

    BalasHapus
  9. ahhhh senangnya kalau sudah bisa buka tabungan online. Ini memudahkan banget buat diriku yang susah keluar di jam kerja. tinggal di smartphone dengan jaringan lancar

    BalasHapus
  10. Perkembangan jaman yang semakin maju, sungguh memudahkan kita dalam beraktivitas, tak terkecuali dengan kegiatan menabung, terkhusus di Bank Mandiri. Ngomongin soal bank mandiri jadi ingat pperihal kartu atm mandiri saya masih belum memnggunakan chip, dan syukurnya sampai sekarang masih bisa digunakan dengan normal. Ya mungkin nanti kudu membuat jadwal ke bank, buat mengganti kartu atm mandiri yang memiliki chip.

    BalasHapus
  11. Makin kesini makin mudah aja..gaptek jaman swkaramf ketinggalan..gak tau belajar..., bikin rekening gak perlu ngantri..

    BalasHapus
  12. Wah sekarang lebih mudah ya kak. Anyway materai lumayan juga ya 10 ribu hehe. Noted jadi bisa siap2 materainya

    BalasHapus
  13. Eh kebetulan bgt aku mau buka rek baru khusus buat tab penridikan,biar gk tercampur sm rek lain, mudah bgt ya buatny
    Biaya adminny juga murah, saldo minimalpun bisa 10k

    BalasHapus
  14. Oh, meski pembukaan rekening secara online, tetap ada biaya adm ya..
    Hhehe...aku pikir jadi otomatis. Hanya mungkin kalau secara online begini, selain lebih mudah dan praktis, juga kalau mau fasilitas kartu, bisa dengan mudah ke cabang terdekat.

    BalasHapus
  15. Wah info bermanfaat sekali, soalnya kemarin buka rekening ke bank langsung antrenya lumayan pegel dan lama banget, kalau online lebih praktis ya, tinggal ambil aja

    BalasHapus
  16. wuah gampang banget ya
    kebetulan pacarku mau buka rekening tabungan di bank mandiri
    tapi nggak berangkat2 dianya, hadeeeh

    BalasHapus
  17. Wah nanti aku mau bikin lagi ah. Saat ini rekeningku inaktif krn ga ada transaksi dan uangnya ga ada hahaha

    BalasHapus
  18. wah aku mau coba ah krn skrg ini akun rek mandiriku inaktif krn ga ada duitnya dan ga ada transaksi hehe

    BalasHapus
  19. Hmm Mandiriku kayaknya expired, mau coba lagi deh kayaknya. Mudah2an nanti ada saldonya jadi ga inaktif kyk sekarang wkwkwk

    BalasHapus
  20. Biaya administrasinya murah bangett.. 2500 perak doang, wah jadi kepengen nih buat bikin juga...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cukup terjangkau, belum termasuk biaya kartu ATM bulanan ya.

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Transfer Berbeda Bank, Tak Kunjung Sampai? Bisa Jadi Ini Penyebabnya

Proses transfer berbeda bank berapa lama ya? Pertanyaan yang kerap kali ditanyakan kepada saya. Terlebih bagi freelancer termasuk saya, momen menunggu pembayaran dari pemberi kerja adalah momen menegangkan. Kabar dari bagian keuangan perihal dimulai proses pembayaran, bagaikan menemukan oase di tengah padang gurun yang gersang. Namun, setelah ditunggu-tunggu seraya, memerika mutasi rekening. Kerapkali berujung pada di-PHP-in. Katanya sudah ditransfer, kok belum masuk juga ya? Jangan-jangan bagian keuangannya belum memproses. Perasaan menjadi gundah gulana dan galau, tagihan sudah "mengantri" untuk dibayarkan. Namun, apa daya saldo di rekening tabungan belum bertambah. Sampai suatu hari, saya mengujungi salah bank yang ada di Mal Kota Kasablanka. Untuk melakukan pencetakan buku tabungan. Saya masuk ke bank, satpam meminta saya mengambil nomor antrian. Saya duduk dan menunggu nomor dipanggil. Tiba saat nomor antrian saya dipanggil, saya menuju petugas teller. Saya se

Mencoba Kartu Flazz BCA JakLingko, Tarif Rp5.000 Transjakarta dalam Tiga Jam

Akhirnya tersedia juga kartu Flazz BCA edisi JakLingko. Untuk yang belum tahu, sistem JakLingko memberikan tarif penggunaan Transjakarta maksimal Rp5.000 dalam tiga jam. Selain Flazz BCA sebelumnya sudah tersedia kartu JakLingko kerjasama dengan bank lainnya. Kartu JakLingko Flazz BCA Selain dapat digunakan pada bus Transjakarta, kartu JakLingko dapat digunakan pada angkot atau mikrotrans di Jakarta. Tinggal tap in dan tap out pada alat tap.  Untuk mendapatkan kartu JakLingko Flazz BCA, saya menemukannya tersedia pada vending machine. Harga kartu Flazz BCA JakLingko sebesar Rp40ribu dengan isi saldo Rp15ribu. Pembayaran dapat dilakukan dengan scan QRIS dan uang tunai. Perjalanan saya dimulai dari Kota Tangerang menuju Jakarta menggunakan bus tujuan Poris-Bundaran Senayan. Durasi perjalanan berlangsung sekitar satu jam. Saya turun di halte Gelora Bung Karno, kemudian naik bus tujuan Kota dan turun di halte Bendungan Hilir. Perjalanan berlangsung sekitar sepuluh menit. Saat tap out dike

Apa Perbedaan Tahapan dan Tahapan Expresi?

Tahapan dan Tahapan BCA keduanya produk rekening Tabungan BCA. Namun apa saja perbedaan antara Tahapan dan Tahapan Expresi? Setelah saya mencari-cari informasi dari berbagai sumber, ini dia ternyata perbedaan rekening Tahapan dan Tahapan Expresi: 1. Setoran Awal Setoran awal Tahapan BCA minimal 500 ribu (lumayan besar ya) dan Tahapan Xpresi minimal 50 ribu ( ini lebih sesuai dengan kantong). 2. Jenis Kartu ATM yang Diberikan Kartu ATM Tahapan tersedia dalam 3 (tiga) pilihan, yaitu: Silver, Gold dan Platinum. Setiap kartu berbeda limit transaksinya. Kalau Tahapan Xpresi BCA kartu ATMnya terdiri dari berbagai pilihan multidesain dan juga bisa menggunakan foto pribadi. Kan seru nih kartu ATMnya ada foto sama teman, keluarga atau pacar (abaikan yang terakhir). Saat ini baru bisa pakai desain multidesain di cabang tertentu dan My BCA. Kalau pakai kartu ATM Tahapan Xpresi pernah mau pakai bayar di kasir supermarket dan kartunya ditolak. Katanya sih desain kartunya kok beda, setela